Peluang Usaha Laundry Rumahan (Analisa Lengkap)

Usaha Laundry – Usaha laundry kiloan adalah salah satu usaha yang bisa dijalankan cukup dari rumah dan menjanjikan keuntungan besar asalkan usaha Anda tepat dijalankan pada pasar yang benar. Biasanya berbisnis laundry akan sangat ramai apabila ditempatkan di area kampus atau area perkantoran di perkotaan.

Peluang bisnis di berbagai bidang hadir dari seberapa besar kepekaan orang untuk membuka usaha sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar. Pemilihan tempat adalah poin yang menentukan keuntungan paling utama.

Siapa yang Menjalankan Bisnis Laundry?

Siapa yang Menjalankan Bisnis Laundry?

Bisnis laundry ini terbilang sebagai bisnis yang menjanjikan sebab bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus berhenti bekerja atau menghentikan aktivitas lainnya. Mulai dari ibu rumah tangga, pekerja kantoran, sampai dengan mahasiswa bisa berpeluang besar mendapatkan keuntungan dari laundry.

Mahasiswa yang cerdik membaca situasi tentu akan memanfaatkan kebutuhan rekan-rekannya akan laundry dengan membuka usaha, bukan menggunakan jasa tersebut. Namun, tidak bisa asal pula usaha di bidang laundry dilakukan tanpa adanya pertimbangan penting, seperti pengetahuan bahan pakaian.

Bukan hanya mahasiswa, para pekerja kantoran juga bisa menjalankan usaha di bidang laundry tanpa mengganggu jam kerja mereka. Pekerja kantoran bisa bertindak sebagai penanam modal yang mempekerjakan orang-orang profesional, tentu saja dengan kontrol rutin setiap waktu untuk memantau.

Selanjutnya, ibu rumah tangga juga bisa menjalankan usaha laundry bahkan dengan keleluasaan waktu lebih banyak karena sehari-hari di rumah saja. Usaha di bidang laundry ini cukup fleksibel untuk ibu yang harus mengurus anak dan membereskan rumah. Tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan uang.

Berbisnis di bidang laundry tidak akan pernah mati selama rumah Anda berlokasi di jantung kesibukan, baik itu area kampus maupun area perkantoran.

Usaha ini merupakan usaha yang menjanjikan sebab orang-orang seperti mahasiswa sampai dosen kemudian para pekerja kantoran biasanya tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Belum lagi hal lain, seperti sepre, alat solat, dan lainnya.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry

Sekilas berbisnis laundry memang memberikan keuntungan berlipat ganda bagi pelakunya. Namun, penting pula untuk diperhatikan di sini bahwa segala jenis usaha tidak mungkin berhasil dijalankan dengan asal-asalan.

Termasuk dengan bisnis laundry, tentu ada beragam tips yang mendukung kesuksesan Anda. Berbagai tips tersebut terangkum dalam berbagai poin pembahasan di bawah ini:

1. Menentukan Lokasi

Lokasi yang tepat akan menentukan seberapa besar keuntungan yang bisa Anda raup dari usaha di bidang laundry tersebut. Untuk menentukan lokasi yang tepat atau kurang, Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu terhadap potensi lokasi tersebut. Misal, tempat yang tepat sudah memiliki target pasar.

2. Menentukan Harga

Untuk menentukan harga, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu berapa harga pasaran yang sudah ditawarkan oleh para pesaing. Setelah itu, lakukan survey terhadap berapa modal dan biaya lainnya yang akan rutin dan tidak terduga dikeluarkan.

Jika sudah, Anda baru bisa menentukan harga. Pelanggan akan suka dengan penawaran harga seminimal mungkin, namun hasil pekerjaan yang sebagus mungkin.

3. Meningkatkan Pelayanan

Pelayanan merupakan poin penting ketika memutuskan berbisnis di bidang jasa, seperti bisnis laundry. Pelayanan yang ramah akan menentukan apakah pelanggan mau kembali lagi ke tempat Anda atau tidak. Ini pentingnya menerapkan aturan untuk selalu memasang senyum kepada karyawan laundry.

4. Memerhatikan Waktu

Ketepatan waktu untuk menjalankan usaha di bidang laundry jelas akan menjadi pertimbangan pelanggan mau menggunakan jasa Anda atau tidak. Percuma juga jika penawaran harganya miring, namun waktu penyelesaian terlalu lama sehingga pelanggan berpotensi mencari tempat laundry lain.

Namun, perlu diperhatikan juga, waktu yang cepat harus diimbangi dengan kualitas laundry yang maksimal. Jangan sampai, pelanggan mengeluhkan kualitas kebersihan laundry yang buruk atau jauh dari apa yang dijanjikan.

5. Memberikan Variasi Pelayanan

Maksud dari poin ini adalah misalkan jika Anda bisa memberikan promosi dengan syarat serta ketentuan khusus, kenapa tidak? Tujuannya untuk menambah semakin banyak pelanggan ke tempat laundry Anda. Misal, ide promosinya mencuci minimal 10 kali bisa mendapatkan satu kali mencuci gratis.

Banyak lagi tips yang bisa Anda aplikasikan untuk mendapatkan keuntungan besar dari berbisnis di bidang laundry. Dari semua tips yang sudah disebutkan, hal tidak kalah penting adalah jangan pernah berhenti mengembangkan potensi bisnis melalui penyerapan ilmu dari siapa saja, terutama pelanggan.

Kendala dalam Bisnis Laundry

Kendala dalam Bisnis Laundry

Ketika menjalankan bisnis, baik itu berbisnis di bidang laundry atau seperti usaha jasa lainnya, layaknya usaha kos-kosan, Anda harus bersiap dengan risiko yang mengikuti. Seorang pebisnis tentu harus mempersiapkan baik dan buruknya usaha yang dijalankan.

Dengan demikian, siapa pun bisa bersiap menghadapi kendala dengan solusi terbaik untuk kemudian bangkit lagi, bukan malah terpuruk.

Ketika berbisnis laundry, biasanya kendala pertama yang akan didapatkan adalah terjadinya kerusakan alat, baik faktor usia atau karena keteledoran karyawan. Untuk hal seperti ini, mau tidak mau Anda dari awal harus mempersiapkan dana untuk memperbaiki atau bahkan mengganti baru alat-alat laundry.

Kedua, hal yang tidak bisa dihindari ketika membuka bisnis laundry adalah adanya komplain dari pelanggan yang disebabkan kelalaian karyawan atau bisa juga dari kesalahan dari pelanggannya langsung.

Untuk mengatasi hal ini, jangan terburu-buru emosi, selesaikan semua dengan kepala dingin untuk mendapatkan solusi terbaik.

Selanjutnya, kendala yang tidak bisa dihindari ketika berbisnis laundry adalah keluhan limbah cucian yang tidak dibuang pada tempat tepat dari masyarakat.

Ini tentu penting dijadikan pertimbangan dari awal karena Anda berbisnis bukan hanya untuk mengeruk keuntungan, namun mesti mempertahankan kenyamanan bertetangga, apalagi ini bisnis rumahan.

Kendala berikutnya yang bisa diantisipasi dari awal adalah apabila Anda membuka usaha di pemukiman orang-orang yang sudah memiliki mesin cuci.

Hal ini tidak akan terjadi jika sebagian besar penduduk adalah orang yang menyewa kosan atau kontrakan. Inilah pentingnya melakukan survey pasar terlebih dahulu.

Mempersiapkan diri untuk berbagai kendala seperti di atas adalah hal yang harus dihadapi sebab berbisnis pasti ada keuntungan dan risikonya.

Semakin sigap Anda dalam mempersiapkan berbagai solusi atas beragam permasalahan, akan semakin besar juga potensi bisnis Anda untuk berkembang lebih besar.

Gambaran Modal dan Keuntungan Berbisnis Laundry

Gambaran Modal dan Keuntungan Berbisnis Laundry

Laundry adalah salah satu usaha rumahan yang tidak membutuhkan modal besar jika skala bisnis Anda dimulai dari skala kecil. Namun, kisaran modal ini tentunya bergantung dari seberapa banyak alat yang digunakan serta fasilitas apa saja yang diberikan kepada pelanggan.

Kisaran modalnya tentatif, namun untuk referensi kasar saja, beberapa keterangan di bawah ini sekiranya bisa memberikan gambaran.

a. Modal

Untuk menentukan modal, kita pisahkan dulu antara alat-alat yang harus dibeli serta biaya rutin per bulan. Pertama untuk berbagai alat yang bisa dibeli bisa dirinci dari beberapa hal di bawah ini:

  • Mesin Cuci 2 Unit : Rp 4.000.000
  • Mesin Pengering 2 Unit : Rp 3.500.000
  • Setrika 5 Unit : Rp 750.000
  • Timbangan : Rp 100.000
  • Rak Baju dari Kayu : Rp 600.000
  • Meja : Rp 250.000
  • Kursi Plastik : Rp 150.000
  • Hanger dan Jepitan 5 Pak : Rp 150.000
  • Ember 3 Buah : Rp 120.000

Total biaya yang dibutuhkan adalah Rp 9.620.000.

Itu untuk kisaran alat-alat yang harus dibeli apabila Anda hendak membuka usaha dalam skala kecil terlebih dahulu. Sekarang kita bayangkan jika per bulannya ada berbagai tagihan yang harus dibayarkan. Berbagai tagihan tersebut secara kasarnya digambarkan dalam beberapa hal di bawah ini:

  • Gaji Karyawan : Rp 800.000
  • Listrik : Rp 500.000
  • Air : Rp 400.000
  • Buku Nota : Rp 30.000
  • Pewangi Pakaian : Rp 150.000
  • Detergen : Rp 200.000
  • Pewangi Setrika : Rp 100.000

Total biaya yang dibutuhkan untuk dikeluarkan setiap bulannya kurang lebih Rp 2.180.000. Jika ditambahkan dengan biaya pembelian alat-alat di awal maka Anda diperkirakan harus mengeluarkan modal sebesar Rp 11.800.000.

b. Keuntungan

Kini coba kita ibaratkan keuntungan dari bisnis laundry yang dijalankan. Coba ambil rata-rata harga saja di mana laundry per kilonya ditetapkan sebesar Rp 6.000. Kemudian bayangkan jika Anda per hari mendapatkan orderan laundry dari pelanggan senilai 50 kilogram dari keseluruhan pakaian yang datang.

Estimasi keuntungannya bisa didapatkan dengan mudah, yakni kalikan saja Rp 6.000 x 5- kg x 30 hari maka keuntungan kotor yang akan Anda dapatkan per bulannya senilai Rp 9.000.000.

Sekarang jika kita kurangi dengan pengeluaran rutin per bulan senilai Rp 2.180.000 maka hasil bersih yang akan Anda dapatkan ialah sebesar Rp 6.820.000 per bulan. Dalam waktu dua bulan, Anda sudah bisa balik modal.

Peluang Usaha Laundry di Rumah

Peluang Usaha Laundry di Rumah

Sebagai salah satu bisnis rumahan, usaha di bidang laundry memang memberikan banyak keuntungan. Hal tersebut tidak ubahnya seperti Anda mendapatkan keuntungan dari usaha catering. Berbagai hal bisa menjadi alasan laundry ini menjanjikan peluang yang bagus.

  • Area kampus tidak akan pernah sepi mahasiswa sehingga Anda akan terus mendapatkan pelanggan asalkan pelayanan ramah. Area kos-kosan atau ekspat juga bisa jadi pilihan.
  • Sekarang ini pasangan suami istri banyak yang memilih untuk bekerja di luar rumah sehingga dengan membuka bisnis laundry, Anda sedikitnya meringankan beban pekerjaan rumah mereka. Ini tentu tidak termasuk apabila Anda membuka usaha di tempat elite yang memiliki asisten rumah tangga.
  • Peluang membuka usaha di bidang laundry juga sangat menjanjikan apabila ditempatkan di lokasi kos-kosan atau kontrakan. Banyak orang lebih memilih tinggal sendiri di kosan atau kontrakan dengan alasan tempat kerja mereka jauh, terutama untuk para pekerja yang berasal dari luar pulau.
  • Potensi berbisnis di bidang laundry juga akan terasa menguntungkan ketika Anda membaca peluang semakin sempitnya lahan perumahan, semakin minim juga kemungkinan penghuninya untuk membuat jemuran. Mungkin mereka akan mencuci pakaian sehari-hari sendiri, namun untuk¬† berbagai hal, seperti selimut, sepre, dan gorden tentu tidak cukup jika dijemur di halaman rumah yang terbatas.

Berbagai potensi bisnis tersebut bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan besar. Yang terpenting adalah sebelum memulai usaha, pastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan segalanya dengan matang. Berbagai hal teknis maupun non teknis harus dipertimbangkan guna mendapatkan keuntungan maksimal.

Siapkan diri juga untuk menghadapi berbagai kondisi terburuk, seperti komplain pelanggan dan tidak mendapatkan karyawan yang diinginkan. Bersabar adalah kunci utama dalam menjalankan bisnis di bidang apa pun itu, sekalipun terkesan kecil dengan bisnis yang sifatnya dijalankan di rumah saja. Selamat mencoba!

Peluang Usaha Laundry Rumahan (Analisa Lengkap)

Leave a Reply