Peluang Usaha Martabak beserta Analisa Bisnis (Terlengkap)

Peluang Usaha Martabak – Siapa sih yang tidak mengenal martabak? Martabak merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki nilai gizi dan tentunya menjadi favorit di kalangan masyarakat. Permintaan yang tinggi di masyarakat penjadikan peluang usaha martabak sangat besar untuk meraih kesuksesan.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha kuliner, pastikan untuk memilih martabak sebagai salah satu pilihan usaha untuk ibu rumah tangga dirumah. Jika Anda memiliki kesungguhan hati untuk memulai bisnis, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Martabak?

Bagaimana Cara Memulai Usaha Martabak?

Cara memulai usaha martabak ini gampang-gampang susah. Sama halnya apabila Anda akan membuka usaha bakso yang tentunya memiliki tantangan tersendiri. Meskipun jenis makanan ringan ini dinilai cukup sederhana, namun ketika membangun usaha Anda tidak boleh setengah-setengah.

Lain halnya dengan usaha ice cream yang membutuhkan pendingin, dalam mengembangkan bisnis martabak ini Anda harus menyiapkan penggorengan yang tentunya dapat menghangatkan. Martabak dapat menjadi cemilan yang cocok dihidangkan dengan segala jenis minuman.

Langkah awal untuk berbisnis ini bulatkan tekad untuk memberikan pemikiran, harta, dan tenaga Anda khusus untuk menjalankan usaha kuliner ini. Kumpulkan segala motivasi yang dapat membuat Anda semakin tertantang untuk melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan usaha kuliner ini.

Kemudian siapkan martabak yang ingin Anda jual. Dalam hal ini Anda harus mencari karakteristik yang terdapat pada martabak yang diciptakan. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah soal rasa. Apabila rasa martabak tersebut enak dan lezat, maka sudah dapat dipastikan usaha martabak Anda laku keras.

Setelah menyiapkan martabak yang siap dijual, Anda juga harus mempersiapkan cara penjualannya. Anda dapat memilih penjualan dengan cara menjemput bola atau berdiam diri menyewa ruko. Dengan penjualan menjemput bola, Anda dapat membeli gerobak untuk menjualkan martabak secara keliling.

Selanjutnya lokasi merupakan salah satu hal terpenting untuk menunjang penjualan martabak Anda. pastikan untuk mencari lokasi yang aman, strategis, dan dapat memberikan kemudahan bagi orang lain untuk mengakses usaha martabak yang Anda buka.

Kemudian siapkan modal untuk membeli segala kebutuhan untuk memulai bisnis kuliner ini. Sebagai langkah awal, pastikan untuk menuliskan jumlah serta harga kebutuhan Anda sebagai arsip. Kemudian carilah modal sebanyak-banyaknya untuk memperlancar membangun usaha.

Jenis Martabak yang Cocok untuk Usaha

Jenis Martabak yang Cocok untuk Usaha

Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai jenis makanan yang dapat menggugah selera Anda. Bahkan dalam satu jenis makanan ringan bernama martabak saja negara ini memiliki berbagai jenis yang tentunya dapat digunakan sebagai produk unggulan.

1. Martabak Air Mancur

Martabak air mancur ini biasanya disebut dengan martabak telur di kalangan masyarakat. Dengan bahan daging serta telur yang dipadukan dalam satu jenis martabak air mancur ini, Anda dapat merasakan sensasi gurih serta asin yang dapat disegarkan dengan topping timur yang tersedia.

Martabak air mancur ini dapat menjadi salah satu pilihan menu pada usaha yang akan Anda buka. Karena martabak air mancur ini merupakan salah satu jenis martabak yang memiliki penggemar yang banyak di Indonesia.

Apabila ingin menjadikan martabak telur sebagai menu pada usaha yang akan Anda jalankan, pastikan untuk membuat ciri khas yang berbeda. Lakukan penelitian terlebih dahulu dengan berbagai martabak telur yang ada di daerah Anda lalu rasakan perbedaannya.

2. Martabak Bangka

Bagi Anda yang belum mengetahui, biasanya martabak bangka ini disebut sebagai martabak manis. Berbagai varian martabak manis ini dapat menjadi salah satu layanan terbaik bagi Anda yang memiliki yang bermacam-macam.

Bagi Anda yang menyukai makanan manis pasti gemar mengkonsumsi martabak bangka. Selain disediakan berbagai menu yang bervariasi, Anda juga dapat menjadikan menu ini sebagai salah satu daftar pada usaha martabak yang akan dijalankan.

3. Martabak Har

Martabak har merupakan martabak yang berasal dari Palembang. Martabak khas Palembang ini memiliki tekstur yang berbeda dengan martabak pada umumnya. Hanya berisikan telur bebek atau telur ayam, martabak har ini disantap dengan kuah bumbu beserta campuran ketan.

Martabak har dapat menjadi salah satu pilihan yang unik dan cocok disajikan pada usaha yang akan Anda buka. Jenis martabak ini memiliki keunikan sehingga dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Strategi Pemasaran Usaha Martabak

Strategi Pemasaran Usaha Martabak

Meskipun merupakan usaha kecil, Anda juga harus menerapkan strategi usaha agar semakin mudah memperoleh keuntungan. Setiap strategi pasti memiliki manfaat tersendiri, terlebih apabila Anda sama sekali belum pernah menjalankan bisnis sebelumnya.

Persaingan yang ketat berkaitan dengan usaha martabak merupakan salah satu tantangan yang wajib dihadapi. Meskipun secara bahasa matabak merupakan salah satu produk yang pasaran, namun Anda harus menemukan titik keunikan dan karakteristik atas martabak yang Anda jual.

Jadikan kompetitor di sekitar Anda sebagai pemicu semangat untuk lebih rajin dan fokus dalam mengembangkan bisnis kuliner ini. Anda juga dapat melakukan tiga trik jitu bisnis yaitu amati, tiru, dan modifikasi bisnis martabak yang telah ada sebelumnya.

Penyajian martabak juga menjadi salah satu strategi pemasaran lho. Jika Anda memberikan tampilan yang cantik dan unik, orang pasti akan mempostingnya ke media sosial. Sehingga usaha martabak Anda akan terkenal.

Ketika menjual martabak, pastikan harga yang dijual merupakan harga yang kompetitif. Tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Apabila Anda memberikan harga yang lebih tinggi, pastikan untuk memberikan nilai plus di dalam martabak yang Anda jual sehingga pantas untuk mendapatkan harga tersebut.

Hal yang terpenting dalam memasarkan produk ini adalah menjaga kualitas. Terdapat pepatah yang mengatakan mendapatkan lebih mudah daripada mempertahankan. Mendapatkan resep martabak tentu sangat mudah karena tersedia dimanapun.

Sedangkan mempertahankan cita rasa martabak tersebut sangat susah. Terlebih apabila banyaknya konsumen yang datang dengan berbagai jenis permintaan. Dalam setiap situasi dan kondisi apapun, pastikan untuk menjaga kualitas martabak agar selalu mendapatkan nilai bagus di masyarakat.

Anda juga dapat melakukan promosi dalam bentuk offline maupun online. Secara offline, Anda dapat membuat spanduk besar yang berisi tentang informasi penjualan martabak Anda disertai promo yang dapat mengundang pembeli.

Sedangkan dalam promosi secara online dapat dilakukan melalui hp android. Masyarakat saat ini lebih banyak menggunakan media sosial sehingga informasi tentang usaha martabak Anda akan lebih diketahui secara luas melalui media sosial.

Simulasi Perhitungan Modal dan Keuntungan Usaha Martabak

Simulasi Perhitungan Modal dan Keuntungan Usaha Martabak

Melakukan simulasi perhitungan keuntungan tentu akan memberikan nilai plus bagi Anda. Tidak hanya sebagai pemicu semangat, dalam hal ini Anda juga dapat mengetahui berapa modal yang dibutuhkan di awal dan berapa keuntungan yang diperoleh secara kasar.

1. Modal awal

Modal awal ini berisi daftar biaya untuk membeli perlengkapan yang digunakan untuk pembuatan martabak. Peralatan untuk membuat martabak ini dapat menjadi pengeluaran pertama yang dapat menjamin kesuksesan usaha martabak Anda.

  • Gerobak : Rp. 2.000.000
  • Satu set alat memasak : Rp. 500.000
  • Satu set alat pembungkus makanan : Rp. 100.000
  • Wadah dan lain-lain : Rp. 500.000

Total : Rp. 3.100.000

2. Biaya operasional

Biaya operasional ini merupakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat martabak manis yang diakumulasikan dalam 1 bulan. Adapun daftar yang termasuk dalam jenis biaya operasional adalah sebagai berikut :

  • Tepung terigu : Rp. 90.000 x 30 = Rp. 2.700.000
  • Ragi instan : Rp. 6000 x 30 = Rp. 180.000
  • Baking powder : Rp. 5000 x 30 = Rp. 165.000
  • Telur : Rp. 5.500 x 30 = Rp. 660.000
  • Gula pasir : Rp. 22.000 x 30 = Rp. 900.000
  • Garam : Rp. 30.000 x 30 = Rp. 45.000
  • Susu kental manis : Rp. 1.500 x 30 = Rp. 300.000
  • Meises : Rp. 10.000 x 30 = Rp. 300.000
  • Keju cheddar : Rp. 12.000 x 30 = Rp. 360.000
  • Pembungkus : Rp. 8.500 x 30 = Rp. 255.000
  • Gas 3 kg : Rp 18.000 x 10 = Rp. 180.000

Total: Rp. 6.045.000

3. Pendapatan

Jika penjualan secara rata-rata 1 hari menjual 30 porsi martabak manis dengan 1 porsi martabak seharga Rp. 15.000. maka pendapatan dalam 1 bulan yaitu Rp. 13.500.000. Pendapatan yang dihitung ini masih kasar dan belum dihitung dengan modal awal serta biaya operasional.

4. Laba bersih

Rumus laba bersih yaitu jumlah pendapatan dikurangi biaya operasional dikurangi modal awal. Rp. 13.500.000 – Rp. 6.045.000 – Rp. 3.100.000 = Rp. 4.355.000.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Martabak

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Martabak

Seperti bisnis yang lain, usaha martabak juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentunya harus dihadapi. Berbagai kelebihan dan kekurangan tersebut dapat menjadi salah satu alat untuk meningkatkan kualitas Anda dalam melakukan usaha.

1. Kelebihan

  • Modal awal untuk membuka usaha ini sangat terjangkau. Anda dapat membuat martabak dengan biaya terjangkau lalu dapat menjual martabak dengan harga yang kompetitif dengan usaha yang lainnya
  • Bahan untuk membuat martabak dapat ditemukan dimanapun dan kapanpun, karena bahan untuk membuat martabak selalu tersedia di supermarket terdekat. Sedangkan untuk martabak telur, bahan-bahan dasar pembuatannya juga sangat mudah ditemukan dan tentunya dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau
  • Martabak merupakan salah satu jenis makanan ringan yang telah digemari oleh masyarakat sejak lama, sehingga tidak perlu melakukan promosi besar-besaran, pembeli sudah datang terlebih dahulu mengunjungi Anda
  • Usaha martabak ini termasuk dalam jenis usaha kecil yang tentunya mudah dibuka kapanpun dan dimanapun tanpa harus memenuhi syarat hukum tertentu

2. Kekurangan

  • Banyaknya kompetitor yang menjual bisnis martabak membutuhkan perhatian yang lebih besar untuk menciptakan inovasi baru dalam jenis martabak untuk memberikan ciri khas tersendiri. Apabila rasa dan harga martabak Anda tidak dapat bersaing dengan kompetitor lain, maka akan menyebabkan kebangkrutan
  • Martabak ini dijual di malam hari, sehingga bagi Anda yang membuka bisnis ini harus rela menahan rasa kantuk dan lelah di malam hari. Karena semakin malam bisnis martabak ini semakin ramai dikunjungi orang

Penjelasan tentang usaha martabak di atas dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk menggunakan strategi agar memperoleh kesuksesan. Pastikan untuk memulai dari sekarang lalu kenali berbagai tantangan ketika menjalankan bisnis sehingga Anda dapat terlatih mengembangkan usaha.

Peluang Usaha Martabak beserta Analisa Bisnis (Terlengkap)

Add Comment