Peluang Usaha Kue beserta analisa Bisnis (Menjanjikan)

Peluang Usaha Kue  РKue merupakan makanan ringan yang memiliki rasa sangat nikmat, dimana kue ini menjadi salah satu kudapan yang harus ada dalam setiap acara. Oleh karena itu permintaan kue di pasaran sangatlah tinggi, hal inilah yang membuat usaha kue mempunyai peluang yang sangat besar.

Usaha di bidang pembuatan kue bisa Anda mulai dengan modal kecil sekalipun, cukup membukanya di rumah saja Anda sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Apalagi resep serta cara membuat kue yang nikmat, bisa dengan mudah Anda pelajari melalui media internet.

Alasan Mengapa Usaha Kue Sangat Menjanjikan

Alasan Mengapa Usaha Kue Sangat Menjanjikan

Bisnis kue di masa kini belumlah banyak diminati oleh orang, sedangkan permintaan akan kue tiap tahun semakin bertambah. Hal ini tentu saja menjadi peluang yang sangat besar untuk diambil, apalagi bila di lingkungan Anda masih belum banyak produsen kue yang berdiri.

Produksi kue hari ini masih banyak yang menggunakan sistem musiman, dimana hanya waktu-waktu tertentu saja produsen kue membuat produknya. Misalnya saja saat hari besar, hajatan, ataupun acara penting lainnya, hal ini dikarenakan kebanyakan produsen masih berskala rumahan.

Nah bagi Anda yang ingin berbisnis di bidang ini, tentu saja memiliki peluang yang sangat besar. Anda bisa membuat target pasar yang lebih luas, mulai dari jajanan pasar, kue ulang tahun, kue kemasan, hingga menerima pesanan dalam jumlah yang besar.

Cara Memulai Usaha Kue

Cara Memulai Usaha Kue

Usaha untuk ibu rumah tangga ini sebenarnya bisa dimulai dari rumah sendiri, tentunya lebih mudah karena Anda tidak perlu lagi membeli peralatan yang dibutuhkan. Cukup siapkan bahan-bahan dasar pembuatan kue, seperti tepung, telur, gula pasir, dan bahan pelengkap lainnya.

Pertama buatlah kue-kue pesanan terlebih dahulu, barulah bila sudah memiliki stand atau toko Anda bisa mulai menjual kue kemasan. Disini buatlah nama brand kue Anda sendiri, tentunya dengan menerapkan inovasi atau bentuk kue khas miliki Anda sendiri.

Jenis Kue yang Cocok Untuk Usaha Kue

Jenis Kue yang Cocok Untuk Usaha Kue

1. Kue Bolu

Jenis-jenis kue sangatlah banyak dan juga beragam, salah satu yang paling terkenal ialah kue bolu. Kue tersebut menjadi jenis kue pertama yang paling cocok untuk Anda jadikan sebagai usaha, selain mudah untuk dibuat kue ini juga sangat laris di pasaran.

Kue bolu bisa Anda buat menjadi berbagai produk, mulai dari bolu aneka rasa, bolu cup, hingga untuk kue ulang tahun sekalipun. Pesanan akan kue yang satu ini memang sangatlah banyak, oleh karena itu jenis kue ini bisa menjadi pilihan pertama saat Anda baru memulai usaha di bidang ini.

2. Kue Kukus

Selain kue bolu ada juga yang namanya kue kukus, seperti namanya jenis kue ini dibuat dengan cara di kukus. Biasanya kue tersebut memiliki ukuran yang kecil, sehingga cocok untuk digunakan sebagai kudapan atau oleh-oleh pada acara tertentu.

Jenis kue yang satu ini juga bisa Anda masukkan dalam menu usaha Anda, bentuk yang cantik serta rasa yang nikmat membuat kue ini menjadi kue wajib pada acara-acara penting.

3. Kue Bakar

Apabila Anda ingin membuka usaha kue yang lebih unik, maka kue bakar bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus. Usaha roti bakar atau kue bakar ini memang memiliki peluang yang cukup besar, terutama di tempat-tempat wisata yang ada di dalam Kota.

Kue bakar menjadi makanan ringan yang paling dicari saat malam hari tiba, rasanya yang nikmat dengan tekturnya yang hangat memiliki cita rasa tersendiri. Kue bakar bisa Anda buat menggunakan roti tawar, kemudian di bakar dan diberi isian keju, cokelat, susu, ataupun toping lainnya.

4. Kue Tradisional

Terakhir adalah usaha kue atau jajanan tradisional, makanan ringan ini memang sangat digemari oleh semua kalangan. Biasanya kue tradisional bisa ditemui di warung ataupun pasar tradisional, nah disini Anda bisa mencoba untuk memasarkan kue tradisional ini secara lebih modern.

Cara Memasarkan Usaha Kue

Cara Memasarkan Usaha Kue

Pada dasarnya terdapat beberapa cara untuk memasarkan kue buatan Anda, yaitu dengan menjualnya secara langsung, menerima pesanan, ataupun dengan membuat brand sendiri. Bentuk pemasaran tersebut umumnya disesuaikan dengan jenis kue yang Anda buat.

Misalnya saja Anda membuat kue sederhana tanpa tambahan toping, jenis kue ini lebih cocok untuk Anda pasarkan secara langsung. Sedangkan untuk kue dengan beraneka toping lebih sesuai melalui pesanan terlebih dahulu, hal ini dikarenakan ia tidak memiliki masa tahan yang lama.

Apabila Anda ingin membuat brand atau nama kue Anda sendiri, maka memilih jenis kue kering bisa menjadi pilihan. Kue kering cenderung mempunyai kekuatan serta ketahanan yang tinggi, sehingga bisa Anda jual ke luar kota sekalipun.

Agar pemasaran lebih efektif dan efisien, Anda bisa menerapkan penjualan secara online. Media online sendiri memang bisa menunjang penjualan, seperti membuat website resmi, sosial media, dan media online lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kue

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kue

Setiap usaha pastinya memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing, dimana usaha kue cenderung mempunyai banyak sekali kelebihan. Sedangkan risiko usaha di bidang ini sangatlah kecil, bahkan hampir tidak ada sama sekali.

– Kelebihan Usaha Kue

Kelebihan usaha kue ialah pasar yang masih sangat luas, belum banyak pengusaha berskala besar melirik usaha tersebut. Sebagian besar usaha kue masih berskala rumahan dan hanya menerima pesanan saat ada acara tertentu saja.

Apalagi usaha ini bisa dengan mudah dilakukan, bahkan orang awam sekalipun bisa belajar usaha kue secara autodidak. Selain itu kue juga bisa dibuat dengan lebih bervariatif, sehingga memiliki masa depan yang lebih menjanjikan dari pada jajanan pasar lainnya.

– Kekurangan Usaha Kue

Sedangkan kekurangan dari usaha ini ialah permintaan yang tidak stabil, masih banyak masyarakat yang membeli kue karena sebuah kepentingan saja. Hal ini dikarenakan harga kue dinilai lebih mahal dari pada makanan ringan lainnya.

Terkadang juga, ada beberapa jenis kue yang ‘musiman’, mungkin hal tersebut bisa jadi tantangan atau kekurangan usaha ini. Mengapa? Karena terkadang, omzet penjualan kue akan berkurang ketika kue yang dijual tidak sesuai lagi permintaan pasar.

Terlebih lagi sifat kue yang mudah basi, membuat para pembuat kue sering merugi saat kue yang dijualnya tidak segera laku. Namun hal ini bisa diatasi apabila anda membuat kue kering, dimana kue ini memiliki masa ketahanan yang lebih lama dari pada jenis kue basah.

Tips Usaha Kue Supaya Laris di Pasaran

Tips Usaha Kue Supaya Laris di Pasaran

1. Buat Kue dengan Rasa Baru

Tips membuat kue yang pertama pastinya ialah sebuah inovasi, ide baru di dunia kue bisa Anda ciptakan menyesuaikan dengan permintaan pasar. Anda bisa menggabungkan beberapa makanan ke sebuah kue untuk menciptakan rasa yang lebih fresh.

Di masa kini membuat kue dengan rasa baru mulai dilakukan oleh pengusaha kue. Biasanya mereka membuat kue dengan menambahkan makanan seperti buah, manisan, ataupun bahan lainnya untuk membuat kue mempunyai rasa yang lebih berbeda.

2. Kue Ringan

Membuat kue tidak harus berukuran besar dengan tambahan berbagai toping, namun membuat kue ukuran kecil bisa menjadi tips yang bagus untuk Anda terapkan. Kue jenis ini cenderung diminati sebagai camilan ringan, teman bersantai, ataupun kudapan sembari menikmati minuman di cafe.

Permintaan akan kue mini sangatlah besar di masa kini, hal ini tidak lepas dari banyaknya tempat bersantai yang menawarkan menu kue mini tersebut. Disini Anda bisa bekerja sama dengan tempat-tempat tersebut untuk dapat menjual produk Anda tersebut.

3. Promosikan Kue di Berbagai Media

Jangan lupa juga untuk mempromosikan kue di berbagai media, mulai dari penawaran secara langsung ataupun melalui online. Sosial media bisa menjadi salah satu media promosi yang bisa Anda lakukan, dimana media ini kini sangat efektif untuk memasarkan berbagai produk.

Cukup foto produk kue Anda dan upload ke sosial media, maka Anda akan segera menerima pesanan dari orang yang tertarik dengan produk Anda. Disini Anda juga bisa memulai membuat brand atau nama sendiri untuk usaha kue yang didirikan.

4. Pelayanan yang Responsif

Pelayanan adalah hal terakhir yang perlu diperhatikan, Anda harus memberi pelayanan yang ramah dan juga responsif. Hal ini bisa menjadi modal awal yang sangat bagus untuk pertumbuhan usaha ke depannya.

Modal Awal dan Keuntungan Usaha Kue

Modal Awal dan Keuntungan Usaha Kue

1. Modal

Saat pertama kali akan membuat usaha pastinya modal menjadi faktor yang sangat vital. Modal ini bisa berupa penyewaan tempat, pembelian alat-alat, hingga biaya operasional. Umumnya peralatan pada usaha es krim, kue, roti, ataupun makanan ringan lainnya cenderung sangat sederhana.

Sehingga seringkali peralatan tersebut bisa diganti dengan peralatan alternatif, sedangkan untuk tempatnya sendiri Anda bisa menggunakan rumah sendiri terlebih dahulu. Sehingga modal awal yang Anda perlukan hanyalah biaya operasional pembuatan kue tersebut.

2. Biaya Operasional

Biaya operasional merupakan biaya yang dikeluarkan saat Anda melakukan sebuah produksi, dimana dalam biaya tersebut terdapat beberapa poin penting. Berikut adalah rincian kasar biaya pembuatan kue selama satu bulan:

  • Bahan Pembuatan Kue : Rp. 2.500.000
  • Gas 30 Hari : Rp. 300.000
  • Listrik dan Air : Rp. 500.000
  • Transportasi : Rp. 300.000
  • Gaji 2 Karyawan : Rp. 2.000.000
  • Lain-lain : Rp. 500.000

Dari biaya-biaya di atas dapat disimpulkan bahwa biaya produksi selama satu bulan berkisar sekitar Rp. 6.100.000. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat memenuhi stok kue, baik kue bijian maupun kue pesanan.

3. Keuntungan

Keuntungan Usaha kue terdiri dari dua macam jenis, yaitu keuntungan kue yang dijual dan juga kue pesanan. Misalnya saja kue bijian terjual 30 biji per hari dengan satu kue berharga Rp. 5.000, maka dalam satu bulan Anda mampu menghasilkan total Rp. 4.500.000.

Sedangkan untuk kue pesanan per bulan Anda mampu menerima pesanan sebanyak 10 kali. Dengan estimasi per satu pesanan Anda bisa menerima Rp. 500.000, maka satu bulan anda mampu mendapatkan Rp. 5.000.000.

Sehingga pendapatan selama satu bulan penuh ialah Rp. 9.500.000, dimana biaya produksi sekitar Rp. 6.100.000. Dengan begini keuntungan bersih yang Anda terima selama satu bulan adalah Rp. 3.400.000.

Usaha di bidang pembuatan kue memanglah sangat menjanjikan, apalagi bila usaha tersebut dijalankan dan dikelola dengan baik. Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan oleh semua orang, baik ibu rumah tangga, mahasiswa, ataupun pekerja kantoran sekalipun.

Peluang Usaha Kue beserta analisa Bisnis (Menjanjikan)

Leave a Reply