Peluang Usaha Keripik Singkong beserta analisa bisnis (Terlengkap)

Peluang Usaha – Keripik singkong merupakan olahan makanan khas dari Indonesia, dimana keripik ini dibuat dari singkong yang diiris tipis-tipis. Umumnya makanan ini dibuat sebagai camilan untuk masyarakat zaman dahulu, namun seiring berkembangnya zaman usaha keripik singkong menjamur dimana-mana.

Dikemas dengan lebih modern membuat camilan tersebut sangat populer di masa kini, apalagi varian rasa yang ada juga semakin banyak. Hal inilah yang membuat keripik singkong sangat disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Kenapa Usaha Keripik Singkong Sangat Menjanjikan?

Kenapa Usaha Keripik Singkong Sangat Menjanjikan?

Apabila Anda ingin membuka sebuah usaha sampingan, maka keripik singkong bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dicoba. Mengingat keripik singkong bisa dibuat dengan mudah dan bisa bertahan cukup lama.

Oleh karena itulah makanan ini sangat cocok sebagai usaha untuk ibu rumah tangga, karena selain mudah usaha tersebut bisa dilakukan sembari mengurus keluarga di rumah. Cukup buat keripik singkong kemudian kemas makanan ini, Anda sudah bisa menjualnya secara langsung ataupun online.

Bukan hanya cocok untuk ibu rumah tangga saja, namun usaha keripik singkong bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Pasar dari camilan ini masih sangatlah luas, dimana belum banyak olahan keripik singkong yang dijual dengan menggunakan kemasan.

Tentu saja disini Anda bisa menjual keripik singkong dengan lebih modern, salah satunya ialah membuat brand atau nama produk sendiri. Kemudian pasarkan melalui berbagai media, mulai dari stand, marketplace, sosial media, dan masih banyak lagi lainnya.

Varian Rasa Keripik Singkong yang Laris di Pasaran

Varian Rasa Keripik Singkong yang Laris di Pasaran

1. Keripik Singkong Original

Pada dasarnya terdapat beberapa jenis keripik singkong yang laris di pasaran, salah satunya adalah keripik singkong original. Biasanya rasa dari keripik ini sangatlah gurih dan juga renyah, ada juga yang memiliki rasa khas yang asin.

Bila Anda membuka usaha keripik singkong, maka varian rasa yang satu ini tidak boleh dilupakan. Hal ini dikarenakan rasa tersebutlah yang cenderung disukai oleh orang dewasa, sehingga keripik singkong original sangat cocok untuk dijual di sekitar instansi-instansi.

2. Keripik Singkong Manis

Bukan hanya orang dewasa saja yang menyukai makanan ini, namun anak-anak juga menyukai olahan keripik singkong tersebut. Varian rasa manis menjadi favorit sebagian besar anak kecil, disini Anda bisa membuat varian rasa tersebut dan menjualnya di sekolah-sekolah ataupun tempat bermain anak-anak.

Keripik singkong jenis ini cenderung lebih mudah di pasarkan, mengingat banyak sekali anak-anak yang menyukai jajanan. Tentu saja buatlah produk tersebut dengan kemasan yang lebih menarik, agar anak-anak semakin tertarik dengan olahan keripik singkong yang Anda buat.

3. Keripik Singkong Pedas

Jangan lupa juga untuk menyediakan varian rasa pedas atau balado, jenis keripik singkong ini merupakan produk yang paling laris di pasaran. Rasa pedas serta gurih akan membuat siapa saja ketagihan memakan camilan ini.

Usahakan buatlah keripik tersebut dengan warna semerah mungkin, hal ini akan berkesan bahwa produk tersebut memiliki rasa pedas yang tinggi. Sehingga akan lebih menarik para konsumen, terutama para remaja ataupun orang dewasa.

4. Keripik Singkong Pedas Manis

Produk keripik singkong pedas manis juga tak kalah laris di pasaran, keripik singkong ini biasanya sangat disukai oleh kaum remaja putri. Oleh karena itu buatlah keripik singkong manis sebagai varian menu utama, kemudian pasarkan di kampus-kampus ataupun melalui sosial media.

Cara tersebut lebih ampuh dilakukan, mengingat remaja putri sering sekali menggunakan gadget mereka. Selain itu menjualnya di cafe-cafe bisa menjadi hal yang sangat bagus, dimana para remaja putri menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat-tempat tersebut.

Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Keripik Singkong

Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Keripik Singkong

1. Pikirkan Skala Usaha yang Akan Didirikan

Sebelum memulai usaha di bidang keripik singkong ini, alangkah baiknya bila terlebih dahulu memikirkan konsep usaha yang akan dibuat. Misalnya saja skala usaha yang akan Anda dirikan, seperti stand, jual online, pasarkan ke toko-toko, ataupun yang lainnya.

Selain itu konsep usaha yang baik terdiri dari bagian-bagian, seperti bagian produksi, pemasaran, penjualan, keuangan, dan lain sebagainya. Dengan membuat struktur usaha yang rapi, nantinya akan mempernudah Anda dalam mengelola usaha.

2. Cari Partner Usaha

Mencari partner bisnis adalah hal yang perlu dilakukan sebelum memulai usaha, seorang teman atau saudara bisa menjadi orang yang paling cocok untuk Anda pilih. Partner biasanya memiliki peran yang sangat penting, mulai dari mempermudah pekerjaan, memberi solusi, tambahan modal, dan lain-lain.

Usahakan pilihlah partner yang memang sudah Anda percayai sejak dahulu, sehingga usaha keripik singkong yang dimulai bisa berjalan dengan lancar. Tidak ada yang namanya konflik ataupun kegagalan usaha yang bisa saja terjadi.

3. Cari Distributor Singkong Paling Bagus

Bahan dasar keripik singkong pastinya harus terbuat dari singkong berkualitas, disini Anda bisa mulai mencari pasar atau distributor singkong yang bagus. Selain mempengaruhi cita rasa, distributor juga sangat penting untuk keberlangsungan produksi yang dilakukan.

Jangan sampai Anda memilih distributor yang tidak berkualitas, dimana selain singkong yang jelek bisa juga ditributor tidak mempunyai stok saat Anda membutuhkan. Sebisa mungkin carilah distributor yang siap mengirim singkong kapanpun Anda membutuhkannya.

Tips Membuka Usaha Keripik Singkong

Tips Membuka Usaha Keripik Singkong

1. Lakukan Berbagai Jenis Pemasaran

Cara agar usaha keripik singkong Anda bisa berkembang sangatlah banyak, salah satunya adalah melakukan pemasaran dengan sangat gencar. Seperti mendirikan stand, menjual ke toko atau warung, memasarkan secara online, menerima pesanan, dan masih banyak lainnya.

Adanya berbagai jenis pemasaran ini akan membuat usaha Anda terlihat profesional, sehingga akan banyak konsumen yang tertarik membeli keripik tersebut. Selain keripik singkong cara ini juga sangat efektif untuk usaha lainnya, seperti usaha roti bakar, kue, es krim, ataupun produk makanan lainnya.

2. Buatlah Varian Rasa Baru Keripik Singkong

Pemasaran memang sangatlah penting, namun dalam segi produksi juga harus sangat diperhatikan. Untuk membuat produksi keripik singkong menjadi lebih menarik, Anda bisa menambahkan berbagai varian rasa pada keripik tersebut.

Umumnya rasa keripik singkong hanya rasa original, manis, dan balado saja. Tentu saja Anda bisa membuat varian rasa yang lebih baru lagi, hal ini akan sangat bagus untuk membuat konsumen ingin membeli produk keripik singkong yang Anda jual.

3. Kemasan Keripik Singkong yang Menarik

Apabila Anda juga membuat keripik singkong dalam kemasan, usahakan buatlah kemasan yang semenarik mungkin. Tambahkan gambar singkong, logo bisnis, komposisi, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar produk tersebut terlihat lebih berkualitas.

Jangan lupa juga untuk memilih kemasan yang kuat dan juga tahan lama, dimana kemasan yang kuat dapat menjaga kualitas dari keripik singkong dengan baik.

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Saat mendirikan stand atau toko milik Anda sendiri, carilah lokasi yang strategis. Lokasi ini memang sangat berpengaruh terhadap ramai tidaknya usaha keripik singkong, mengingat usaha camilan ini cukup banyam disukai oleh kebanyakan orang.

Pilihlah lokasi yang berdekatan dengan sekolah, instansi, toko besar, pusat kota, ataupun tempat ramai lainnya. Umumnya keripik singkong bisa Anda jual saat siang hari ataupun malam hari, hal ini sangat bagus untuk meningkatkan penjualan yang ada.

Analisa Usaha Keripik Singkong

Analisa Usaha Keripik Singkong

1. Modal Usaha Keripik Singkong

Modal usaha keripik singkong sebenarnya sangatlah terjangkau, Anda hanya perlu menyiapkan bahan dasar dan bumbu dari keripik tersebut. Secara garis besar berikut ini adalah modah usaha yang dibutuhkan untuk memulai usaha keripik singkong:

  • Bahan dasar: Rp.2.000.000
  • Gas dan bumbu dapur: Rp.500.000
  • Kemasan: Rp.300.000
  • Transportasi: Rp.300.000
  • Gaji 2 karyawan: Rp.2.500.000
  • Lain-lain: Rp.300.000

Total modal awal yang Anda perlukan sekitar Rp.5.900.000, dengan modal awal tersebut Anda sudah bisa mulai menjual keripik singkong. Namun modal tersebut belum termasuk stand atau tempat Anda berjualan secara offline.

2. Analisa Keuntungan Usaha Keripik Singkong

Misalnya saja Anda dapat menjual keripik singkong sebanyak 50 bungkus, dimana setiap bungkus memiliki harga Rp.5.000. Maka dalam sehari Anda mampu menghasilkan Rp.250.000, sehingga dalam satu bulan pendapatan usaha keripik singkong sebesar Rp.7.500.000.

Keuntungan tersebut masih harus dikurangi biaya modal, sehingga Rp.7.500.000-Rp.5.900.000 = Rp.1.600.000. Tentu saja keuntungan tersebut masih bisa bertambah, apalagi bila Anda sudah bisa membuka cabang atau memiliki pemasaran yang lebih luas.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Keripik Singkong

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Keripik Singkong

1. Kelebihan Usaha Keripik Singkong

Usaha keripik singkong umumnya sangat mudah dilakukan, dimana usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, pekerja kantoran, dan masih banyak lainnya. Proses pembuatan serta pengemasan menjadi poin penting dalam usaha yang satu ini.

Keripik singkong juga bisa bertahan beberapa hari, bahkan bila dikemas secara rapat maka makanan ini bisa tahan selama berbulan-bulan. Tak heran keripik singkong sangat cocok untuk Anda jual dengan menggunakan kemasan.

Tidak seperti usaha lainnya seperti usaha mie ayam, kue, ataupun usaha makanan lainnya. Keripik singkong cenderung bisa dilakukan dengan modal yang minim, dimana anda bisa menjualnya tanpa membuat stand atau toko terlebih dahulu.

2. Kekurangan Usaha Keripik Singkong

Selain mempunyai kelebihan yang cukup menguntungkan, usaha keripik singkong ini pastinya memiliki kelemahan. Salah satunya ialah risiko apabila keripik tidak terjual, disini pastinya kerugian akan menjadi rintangan paling berat dalam memulai usaha ini.

Apalagi bila usaha keripik singkong baru saja Anda dirikan, belum banyak orang yang mengetahui tentang produk yang Anda buat tersebut. Usahakan saat membuat keripik ini buatlah sesuai dengan kapasitas, jangan membuat terlalu banyak sebelum pemasaran Anda sangat luas.

Hal tersebut berguna untuk meminimalisir kerugian yang bisa saja Anda alami, apabila Anda menerima pesanan barulah produksi banyak bisa dilakukan. Jangan sampai keripik yang dibuat banyak yang tidak laku, hal ini akan membuat Anda mengalami kerugian yang cukup besar.

Usaha di bidang keripik singkong memang sangat menjanjikan, namun Anda harus tetap cermat dalam melihat kondisi pasar di sekitar. Dengan begitu nantinya usaha yang anda tekuni ini, nantinya bisa berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Dalam memulai usaha keripik singkong janganlah terlalu tergesa-gesa, sebisa mungkin tetap tenang dan jalani bisnis dengan teratur. Sehingga dengan sendirinya usaha tersebut akan berkembang, dimana Anda tidak perlu lagi memikirkan yang namanya keuntungan atau risiko yang akan dialami.

Peluang Usaha Keripik Singkong beserta analisa bisnis (Terlengkap)

Add Comment