Peluang Usaha Roti Bakar beserta analisa (yang menjanjikan)

Usaha Roti BakarĀ  – Usaha di bidang makanan dan minuman sekarang ini memang sedang populer, salah satunya adalah usaha roti bakar atau roti panggang. Roti bakar sendiri merupakan makanan yang terbuat dari roti tawar, dimana di dalamnya terdapat tambahan toping lalu dibakar atau dipanggang hingga matang.

Roti bakar di masa kini menjadi favorit oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun menyukai makanan ringan yang satu ini. Oleh karena itulah peluang usaha di bidang ini sangatlah besar dan menjanjikan.

Mengapa Usaha Roti Bakar Sangat Menjanjikan?

Mengapa Usaha Roti Bakar Sangat Menjanjikan?

Terdapat beberapa hal mengapa usaha roti bakar sangatlah menjanjikan, salah satunya adalah minat masyarakat yang sangat tinggi terhadap makanan tersebut. Hal ini tentunya tidak lepas dari rasa nikmat yang diberikannya, apalagi bila ia dimakan saat cuaca dingin seperti malam hari.

Selain itu usaha roti bakar juga tidak membutuhkan modal yang besar, dimana usaha ini bisa Anda lakukan di stand kecil atau di pinggir jalan sekalipun. Bahan dasar yang dibutuhkan hanyalah roti tawar dan bahan pelengkap seperti cokelat, susu, keju, dan bahan tambahan lainnya.

Apalagi bila Anda memadukan makanan ini dengan minuman hangat, tentu saja akan menambah rasa nikmat dari roti bakar itu sendiri. Membuka sebuah cafe dengan menu khas roti bakar bisa menjadi ide yang bisa dilakukan, pastinya akan banyak sekali pelanggan yang tertarik dengan usaha Anda tersebut.

Jenis Usaha Roti Bakar yang Paling Laris di Pasaran

Jenis Usaha Roti Bakar yang Paling Laris di Pasaran

1. Roti Bakar Aneka Rasa

Pada dasarnya terdapat beberapa jenis roti bakar yang sering diminati oleh para pelanggan, salah satunya adalah roti bakar aneka rasa. Pastinya tidak asing lagi bagi pecinta kuliner di luar sana, dimana roti bakar ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat.

Rasa susu cokelat, keju, pandan, hingga nanas adalah beberapa contoh varian rasa dari roti bakar tersebut. Anda bisa memulai usaha roti bakar ini dari aneka rasa tersebut, selain rasanya yang enak proses pembuatan roti bakar ini juga sangatlah sederhana.

2. Roti Bakar Lapis

Usaha untuk ibu rumah tangga ini juga memiliki varian jenis roti bakar lapis, seperti namanya roti bakar ini memiliki bentuk berlapis-lapis. Roti bakar lapis mempunyai dua bagian yaitu bagian atas dan bawah, sedangkan di tengah-tengahnya terdapat isian berupa meses, keju, ataupun isian lainnya.

Roti ini kemudian di bakar dan dihidangkan selagi panas, tentunya rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukai roti bakar jenis ini. Sangat cocok untuk anda masukkan ke dalam menu usaha Anda.

3. Roti Bakar Mini

Akhir-akhir ini terdapat roti bakar yang sedang menjadi tren, roti tersebut ialah roti bakar mini. Roti bakar mini sebenarnya sama seperti roti bakar pada umumnya, namun setelah matang ia akan dipotong menjadi kecil-kecil. Yang menjadi daya tarik dari roti bakar jenis ini adalah bentuknya yang kecil dan imut.

Setiap roti bakar mini biasanya memiliki rasa yang berbeda-beda, bahkan dalam satu kemasan bisa terdapat 5 sampai 7 varian rasa. Hal inilah yang membuatnya sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat, karena selain murah ia juga mempunyai varian yang sudah lengkap.

Tahapan Memulai Usaha Roti Bakar

Tahapan Memulai Usaha Roti Bakar

1. Buat Konsep Usaha Roti Bakar

Sebenarnya memulai usaha di bidang roti bakar sangatlah mudah, pertama yang harus dilakukan adalah membuat konsep usaha. Disini Anda bisa mulai membuat konsep seputar jenis roti bakar, cara pemasaran, hingga harga yang akan ditawarkan.

Usahakan buatlah konsep yang lebih menarik dari pada penjual roti bakar lainnya, tentu saja hal ini membutuhkan survei terlebih dahulu di lapangan. Ketahuilah terlebih dahulu permintaan pasar, harga roti bakar pesaing, hingga keunikan dari roti bakar tersebut.

2. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Setelah Anda sudah membuat konsep roti bakar Anda sendiri, maka tahap selanjutnya adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan ini bisa anda beli ataupun menggunakan peralatan yang sudah ada.

Terlebih lagi membuat roti bakar tidaklah membutuhkan peralatan yang rumit, cukup dengan alat pemanggang dan gerobak saja Anda siap memulai usaha yang satu ini. Namun bila memungkinkan sewalah stand atau toko untuk membuat usaha lebih terlihat bagus dan berkualitas.

3. Ketahui Cara Membuat Roti Bakar yang Nikmat

Jangan lupa juga untuk mencari dan mempelajari resep membuat roti bakar yang nikmat, memang membuat roti bakar tidak hanya sebatas memanggang roti saja. Namun terdapat cara atau tekniknya tersendiri.

Selain mencari teknik memanggang roti bakar yang baik, Anda juga bisa sekaligus mempelajari cara pembuatan berbagai jenis roti bakar. Dengan cara ini nantinya Anda bisa membuat menu roti bakar yang lebih bervariasi.

4. Tentukan Target Pasar

Terakhir tentukan pula target pasar yang akan Anda masuki, misalnya saja pelajar, mahasiswa, anak-anak, atau bahkan orang tua sekalipun. Tentunya membidik pasar yang tepat bisa membuat bisnis lebih cepat untuk berkembang.

Tips Sukses Usaha Roti Bakar

Tips Sukses Usaha Roti Bakar

1. Membuat Roti Bakar yang Bervariasi

Memulai usaha di bidang pembuatan roti bakar memang tidaklah mudah, apalagi bila di lingkungan anda sudah banyak orang yang mendirikan usaha tersebut. Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini yaitu membuat sebuah inovasi.

Selain itu buatlah roti bakar yang bervariasi, hal ini akan membuat para pelanggan tidak mudah bosan dengan roti bakar yang Anda buat. Apalagi bila Anda bisa membuat produk roti bakar yang berbeda dengan yang ada di pasaran, maka hal tersebut akan menjadi kelebihan tersendiri bagi usaha Anda.

2. Lokasi Strategis

Saat ingin memulai usaha roti bakar, alangkah baiknya mencari lokasi yang strategis terlebih dahulu. Dimana lokasi sangat berperan terhadap bisnis yang akan dilakukan, lokasi yang cocok untuk usaha roti bakar bisa berupa tempat wisata, pusat kota, sekolah, ataupun yang dekat dengan institusi-institusi.

Bukan hanya untuk usaha roti bakar saja, namun tempat tersebut juga sangat bagus untuk mendirikan berbagai jenis usaha lainnya. Misalnya saja Usaha keripik singkong, es krim, ataupun makanan ringan lainnya.

3. Buat Stand Semenarik mungkin

Tips yang tak kalah efektif lainnya adalah membuat stand yang menarik, dimana Anda bisa menambahkan banner ataupun brosur pada stand tersebut. Cara ini sangat ampuh untuk dapat menarik minat masyarakat membeli roti bakat yang Anda buat.

4. Sediakan Berbagai Layanan

Segi pelayanan juga harus Anda perhatikan dengan baik, mulai dari pelayanan yang ramah hingga menyediakan berbagai layanan menarik. Contohnya seperti Delivery Order, COD, ataupun fitur layanan lainnya.

Semakin banyak fitur layanan yang dibuat, maka semakin bagus pula untuk perkembangan usaha Anda nantinya. Usahakan buatlah pelayanan yang akan mempermudah konsumen dalam menikmati roti bakar yang Anda buat tersebut.

Biaya dan Keuntungan Usaha Roti Bakar

Biaya dan Keuntungan Usaha Roti Bakar

1. Biaya Operasional Usaha Roti Bakar

Biaya operasional pastilah menjadi poin penting dalam memulai usaha, untuk usaha roti bakar sendiri bisa Anda mulai dengan modal yang cukup terjangkau. Berikut adalah rincian modal yang digunakan untuk memulai usaha roti bakar:

  • Peralatan dan stand : Rp.1.500.000
  • Bahan pembuatan roti bakar : Rp.2.000.000
  • Gas elpiji : Rp.300.000
  • Transportasi : Rp.300.000
  • Lain-lain : Rp.200.000

Jadi biaya total yang dikeluarkan saat pertama kali memulai usaha roti bakar ialah sekitar Rp.4.300.000. Dengan modal tersebut Anda sudah bisa memulai usaha roti bakar kecil-kecilan di sekitar rumah.

2. Estimasi Keuntungan Usaha Roti Bakar

Roti bakar biasa dijual per porsi sekitar Rp.10.000, apabila Anda bisa menjual roti bakar sebanyak 20 porsi per hari. Maka pendapatan yang bisa Anda dapatkan per harinya ialah Rp.200.000, dengan demikian dalam satu bulan 30 x 200.000. Maka per bulan penjualan bisa mencapai Rp.6.000.000.

Sedangkan untuk pendapatan bersih, Anda bisa meraup keuntungan Rp.1.700.000 per satu stand yang Anda buat. Bayangkan saja bila Usaha roti bakar Anda bisa memiliki 2 sampai 3 cabang yang berbeda, maka pendapatan yang diterima juga akan berkali-kali lipat.

Namun jangan lupa untuk memperhitungkan lokasi yang akan dibuatkan cabang tersebut, usahakan tempat itu tidak jauh atau tidak terlalu dekat dengan usaha roti bakar utama Anda. Hal ini dilakukan untuk membuat usaha lebih efektif dan efisien dari segi biaya operasional yang dimilikinya.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Roti Bakar

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Roti Bakar

– Kelebihan Usaha Roti Bakar

Usaha roti bakar tidaklah seperti usaha lainnya seperti Usaha kue, usaha es krim, atau usaha makanan ringan lainnya. Usaha roti bakar cenderung mudah untuk dilakukan, bahkan orang biasa sekalipun bisa memulai usaha ini tanpa harus belajar terlebih dahulu. Yang penting, Anda mempunyai kemampuan untuk menggoreng roti saja sudah cukup.

Pasar yang luas juga menjadi alasan mengapa usaha ini sangat menjanjikan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai kudapan yang satu ini. Sehingga pastinya Anda tidak akan kesusahan mencari pelanggan sama sekali.

Makanan yang nikmat dan tidak bersifat musiman, tentunya hal tersebut juga menjadi kelebihan usaha ini. Dimana setiap hari roti bakar selalu dicari oleh orang, terutama saat malam hari tiba.

– Kekurangan Usaha Roti Bakar

Walaupun roti bakar memiliki banyak sekali kelebihan, namun usaha roti bakar ternyata juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah proses pembuatan yang cukup lama, disini Anda harus melalui serangkaian proses yang cukup panjang.

Mulai dari menyiapkan roti, mengolesnya dengan margarin, menambahkan toping, hingga memanggangnya. Proses pemanggangan sendiri juga harus diperhatikan dengan baik, suhu tidak boleh terlalu panas ataupun dingin.

Perlu kesabaran untuk dapat menghasilkan roti bakar yang matang secara sempurna, hal ini pastinya akan membuat Anda merasa kesusahan saat terdapat antrean pelanggan yang cukup banyak. Namun hal ini bisa diatasi dengan mencari karyawan atau menambah alat pemanggangan.

Usaha roti bakar memang menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, proses yang mudah serta luasnya pasar menjadi salah satu alasannya. Tentu saja usaha ini sangat cocok untuk dilakukan oleh Anda seorang pemula di dunia bisnis.

Apalagi usaha roti bakar tersebut tergolong ke dalam usaha yang minim risiko, modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha ini juga sangatlah minim. Mulailah dari usaha yang kecil terlebih dahulu, kemudian saat usaha sudah dikenal banyak orang, maka Anda bisa mulai untuk menyewa toko.

Peluang Usaha Roti Bakar beserta analisa (yang menjanjikan)

Add Comment