Peluang Usaha Es Krim yang menjanjikan (Analisa Bisnis Lengkap)

Peluang Usaha Es Krim – Es krim merupakan sejenis makanan dingin yang memiliki tekstur lembut, dimana rasa manis adalah ciri khas dari produk yang satu ini. Umumnya es krim dijual dan di pasarkan di pinggir jalan, namun seiring berkembangnya zaman, usaha es krim kini dibuat dengan sangat modern.

Di Indonesia sendiri es krim sangat disukai oleh semua kalangan, baik anak-anak hingga dewasa sekalipun juga sering menikmati produk ini saat cuaca panas. Bahkan kini es krim dapat dijumpai di mana saja, mulai dari cafe, mall, warung, hingga pinggiran jalan sekalipun.

Apa yang Membuat Usaha Es Krim Sangat Menjanjikan?

Apa yang Membuat Usaha Es Krim Sangat Menjanjikan?

Apabila Anda ingin membuat sebuah usaha, maka es krim bisa menjadi salah satu pilihan menarik yang bisa Anda coba. Pasalnya produk dingin ini sekarang sangatlah digemari, tak heran mengingat es krim mulai banyak di produksi dengan berbagai macam varian.

Hal tersebutlah yang membuat banyak masyarakat menyukai produk yang satu ini, dimana persepsi akan makanan untuk anak kecil juga sudah hilang dari produk tersebut. Kini es krim bisa dinikmati oleh siapa saja dengan cara yang lebih modern dan rasa yang lebih nikmat.

Jenis Es Krim yang Cocok Dijadikan Sebagai Usaha

Jenis Es Krim yang Cocok Dijadikan Sebagai Usaha

1. Es Krim Cone

Bagi Anda yang ingin memulai usaha es krim, alangkah baiknya Anda mengetahui jenis es krim yang populer untuk dijadikan sebagai usaha. Salah satu diantaranya ialah es krim cone, seperti namanya es krim tersebut berbentuk cone atau mengerucut.

Umumnya es krim cone disajikan dengan menggunakan wadah berbentuk kerucut, kemudian wadah tersebut diisi menggunakan es krim dan tambahan toping. Uniknya wadah es krim cone juga dapat dimakan dan memiliki rasa yang gurih, wadah disini dimaksudkan jika wadahnya berbentuk atau berbahan dasar wafer.

2. Es Krim Bucket

Berikutnya terdapat es krim bucket atau cup, es krim ini mempunyai ukuran yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana. Jenis es krim bucket lebih disukai oleh orang dewasa, karena selain bentuknya yang simpel es krim tersebut juga bisa dinikmati walaupun sudah cair.

Proses pembuatan es krim inipun juga sangatlah mudah, sehingga es krim bucket sangat cocok menjadi salah satu usaha untuk ibu rumah tangga. Apalagi bahannya juga sangat simpel dan tidak membutuhkan banyak toping di atasnya.

3. Es Krim Tangkai

Es krim tangkai adalah jenis yang paling sering ditemui di pasaran, dimana es krim ini mempunyai stik sebagai pegangannya. Umumnya es krim tangkai disediakan secara terbungkus dan memiliki berbagai varian rasa. Biasanya es krim tangkai ini banyak diminati oleh anak-anak kecil

4. Es Krim Parfait

Cara menikmati es krim memang semakin maju tiap tahunnya, salah satunya ialah adanya es krim parfait. Es krim ini biasa disajikan di cafe dengan gelas transparan, tentu saja rasanya yang nikmat membuatnya menjadi salah satu jenis es krim yang cocok untuk dijadikan sebagai usaha.

5. Es Krim Cake

Terakhir ada juga yang namanya es krim cake, es krim ini merupakan paduan antara dinginnya es krim dan juga manisnya kue. Biasanya es krim tersebut menjadi hidangan utama di cafe atau restaurant ternama, namun kini es krim cake juga bisa Anda jual dengan cara yang lebih sederhana. Berjualan es krim jenis ini, bisa barengan dengan usaha kue juga loh!

Cara Memulai Usaha Es Krim

Cara Memulai Usaha Es Krim

1. Ketahui Peluang Usaha Es Krim

Sebelum Anda memulai menjual produk es krim milik sendiri, ketahuilah terlebih dahulu peluang-peluang yang ada dalam bisnis ini. Misalnya saja modal, target pemasaran, dan juga keuntungan yang bisa didapatkan.

Dengan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan es krim, nantinya Anda bisa membuat konsep usaha es krim tersebut. Seperti jenis es krim yang ingin dijual, varian rasa, harga es krim, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Kemudian siapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk berjualan es krim, namun untuk pertama kali memulai usaha Anda bisa menggunakan peralatan seadanya terlebih dahulu. Perlengkapan seperti stand, banner, mixer, hingga mesin pendingin juga harus Anda siapkan.

Walaupun perlengkapan usaha es krim cenderung membutuhkan modal besar, akan tetapi hal ini sangat sepadan dengan keuntungan yang akan Anda hasilkan nantinya.

3. Pelajari Cara Membuat Berbagai Jenis Es Krim

Es krim memang mempunyai beragam jenis bentuk serta variannya, semakin banyak pengetahuan cara membuat es krim tersebut juga akan semakin baik bagi usaha Anda. Terutama apabila Anda ingin membuat es krim yang lebih berbeda dengan yang lainnya.

Cara membuat es krim sendiri juga sangat beragam, mulai dari es serut, es putar, hingga berupa batangan. Tentunya setiap jenis cara pembuatan es krim akan menghasilkan rasa yang berbeda pula, sehingga sangat bagus untuk Anda pelajari setiap cara pembuatan es krim tersebut.

Tips Usaha Es Krim

Tips Usaha Es Krim

1. Mencoba Bereksperimen Rasa Es Krim

Agar Usaha es krim dapat berkembang dengan pesat, maka sangat diperlukan sebuah hal baru atau variasi. Disini Anda bisa mulai mencoba-coba varian es krim yang lebih berbeda, sehingga dapat menarik perhatian para pelanggan.

Anda bisa menggabungkan teknik-teknik membuat es krim, sehingga menghasilkan sebuah es krim yang unik. Selain itu menambahkan varian rasa seperti buah, sayuran, ataupun manisan bisa juga Anda lakukan untuk menambah daya tarik usaha tersebut.

2. Buat Iklan yang Menarik

Selain mencoba hal yang lebih baru, jangan lupa juga untuk membuat iklan semenarik mungkin. Promosikan usaha Anda ini dengan banner, spanduk, ataupun brosur untuk menambah minat masyarakat membeli es yang Anda jual.

Buatlah stand Anda dengan banyak banner yang menggugah selera, hal ini dinilai sangat efektif untuk menarik pelanggan. Usahakan buatlah stand dengan sangat berwarna, sehingga terlihat lebih mencolok dari pada stand yang ada di sekitarnya.

3. Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi merupakan poin yang sangat menentukan keramaian para pelanggan, pilihlah lokasi yang dekat dengan keramaian seperti pusat kota. Dengan menerapkan cara ini usaha yang Anda buat bisa lebih cepat untuk berkembang.

Tempat yang bagus untuk Anda berjualan es krim bisa berupa sekolah, tempat wisata, dekat instansi, atau tempat keramaian lainnya. Es krim sangat cocok dijual saat siang hari, selain rasanya yang nikmat karakteristiknya yang dingin sangatlah dicari oleh sebagian besar masyarakat.

4. Perkenalkan Es Krim Melalui Event-event Kota

Apabila di kota tempat Anda tinggal terdapat event, maka hadirlah di setiap event-event tersebut. Hal ini agar usaha es krim Anda bisa lebih dikenal oleh banyak orang, apalagi saat event pastinya akan membuat produk es krim yang dijual bisa laku keras. Memberikan gratis atau free untuk mencoba juga bisa meningkatkan branding.

Event seperti car free day, jalan sehat, konser, ataupun event lainnya sangatlah bagus untuk Anda hadiri. Bukan hanya usaha es krim saja, namun event seperti ini sangat cocok untuk memperkenalkan berbagai produk. Misalnya saja usaha martabak, kue, minuman jus, dan lain sebagainya.

Modal dan Keuntungan Usaha Es Krim

Modal dan Keuntungan Usaha Es Krim

1. Modal dan Biaya Operasional Usaha Es Krim

Modal awal untuk operasional usaha es krim sebenarnya sangatlah terjangkau, dimana bahan-bahan dasar pembuatan es krim memang sangatlah murah. Berikut adalah rincian modal awal pembuatan usaha es krim:

  • Stand dan banner : Rp. 2.000.000
  • Bahan dasar : Rp. 1.500.000
  • Perlengkapan dapur : Rp. 500.000
  • Transportasi : Rp. 200.000
  • Karyawan : Rp. 1.500.000
  • Lain-lain : Rp. 300.000

Sehingga total biaya modal dan operasional awal ialah Rp. 6.000.000, dengan modal tersebut Anda sudah bisa menjalankan usaha es krim tersebut. Bahkan apabila Anda sudah mempunyai stand atau tempat berjualan sendiri, maka modal yang dikeluarkan juga bisa diminimalisir kembali.

2. Keuntungan Usaha Es Krim

Apabila es krim yang Anda buat dijual Rp. 10.000 per porsi, sedangkan satu hari dapat terjual hingga 30 porsi es krim. Maka dalam satu hari Anda bisa mendapatkan 30 × Rp. 10.000 = Rp. 300.000. Sehingga dalam satu bulan 30 × Rp. 300.000 = Rp. 9.000.000.

Dengan keuntungan tersebut maka modal awal serta operasional, 100% dapat tertutupi dalam kurun waktu satu bulan. Ditambah lagi Anda juga mendapat keuntungan bersih sebesar Rp. 3.000.000 di bulan pertama.

Bahkan bila Anda sudah bisa membuka cabang usaha, maka keuntungan yang Anda dapatkan bisa berkali-kali lipat. Usahakan juga untuk membuat produk yang bisa dijual hingga ke luar kota, misalnya saja es krim kemasan dengan brand atau merek ciptaan sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Es Krim

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Es Krim

1. Kelebihan Usaha Es Krim

Usaha es krim mempunyai banyak sekali kelebihan untuk dijadikan sebagai bisnis, dimana usaha ini cenderung mudah untuk dilakukan. Selain itu pasarnya yang luas, membuat Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan yang menyukai es krim buatan sendiri tersebut.

Terlebih lagi es krim semakin hari mulai banyak disukai, tentu saja usaha ini memiliki masa depan yang sangat menjanjikan. Bahkan tidak menuntut kemungkinan bahwa nantinya Anda bisa membuat sebuah cafe dengan menu utama es krim.

Keuntungan yang besar pastinya juga menjadi kelebihan tersendiri, dimana keuntungan berjualan es krim bisa 2 sampai 3 kali lipat. Oleh karena itu usaha ini menjadi salah satu usaha yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama Anda.

2. Kekurangan Usaha Es Krim

Memulai usaha pastinya selalu dihadapkan dengan yang namanya risiko, usaha es krim ini juga mempunyai beberapa risiko yang perlu diperhatikan. Misalnya saja ketahanan es krim yang tidak terlalu lama, sulit dipasarkan secara online, kurang laku saat musim hujan, dan masih banyak lainnya.

Usahakan untuk mempertimbangkan beberapa hal di atas, jangan sampai Usaha es krim yang Anda buat harus berhenti akibat menghadapi masalah tersebut. Sebisa mungkin tutupi kekurangan usaha ini dengan ide atau inovasi terbaru.

Usaha es krim pastinya menjadi peluang usaha yang sangat besar, mengingat Indonesia sendiri merupakan negara tropis. Sehingga makanan yang dingin menjadi favorit bagi masyarakatnya, apalagi usaha yang satu ini bisa Anda mulai dengan modal yang sangat minim sekalipun.

Hanya bermodal stand dan kemampuan membuat es krim saja, Anda sudah bisa memulai usaha yang satu ini. Tidak usah khawatir dengan sejumlah modal yang akan Anda keluarkan, karena modal tersebut akan kembali dalam hitungan beberapa bulan saja.

Peluang Usaha Es Krim yang menjanjikan (Analisa Bisnis Lengkap)

Add Comment