Peluang Usaha Bakso beserta Analisa Bisnis (terlengkap)

Peluang Usaha Bakso – Bakso merupakan makanan ringan yang dapat ditemukan dimanapun Anda berada di berbagai wilayah. Semua orang di Indonesia menggemari jenis makanan ini. Sehingga bagi Anda yang ingin membuka bisnis di bidang kuliner dapat mencoba usaha bakso.

Usaha untuk ibu rumah tangga ini cocok untuk mengisi waktu luang ataupun sekedar menambah pendapatan. Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis dalam bidang kuliner secara aman, dapat menjual produk bakso karena mendapat permintaan yang tinggi di masyarakat.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Bakso?

Bagaimana Cara Memulai Usaha Bakso?

Memulai usaha bakso tidak sama dengan melakukan usaha pecel lele. Selain dapat lebih divariasikan, bakso juga memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Biasanya, bakso menjadi makanan wajib dan praktis apabila disuguhkan kepada tamu, keluarga, teman, dan lain sebagainya.

Bakso juga biasanya sering hadir pada berbagai acara yang terdapat ramah tamah seperti pada acara pernikahan, pesta, seminar, workshop, dan lain sebagainya. Sehingga peluang bisnis bakso ini sangat besar sekali untuk dijual di Indonesia.

Memulai usaha bakso ini dapat disamakan dengan memulai usaha martabak, seperti yang diketahui bahwa martabak merupakan salah satu jenis makanan ringan terfavorit yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Langkah yang pertama untuk memulai usaha makanan yang digemari masyarakat Indonesia ini adalah niat dan motivasi diri. Ketika Anda sudah memiliki motivasi terkuat untuk melakukan sebuah usaha, bagaimanapun tantangan yang dihadapi pasti dilakukan dengan sepenuh hati.

Kedua, lakukan penelitian terlebih dahulu terhadap berbagai jenis bakso yang ada di sekitar daerah Anda. Kemudian buatlah resep atau topping tertentu yang membuat bakso Anda lebih unik. Sehingga ketika launching, Anda akan menarik banyak pembeli.

Ketiga, pilih cara penjualan yang akan Anda lakukan. Hal ini dapat disesuaikan dengan budget yang dipersiapkan untuk modal awal memulai usaha. Sebelumnya, lihat lingkungan Anda terlebih dahulu apakah ada tempat yang dapat dimanfaatkan untuk berjualan sehingga dapat menekan pengeluaran.

Apabila tidak ada, Anda dapat memilih menyewa ruko, kontrak tempat, maupun membeli gerobak sebagai sarana untuk menjual bakso. Anda juga dapat memulai dari melakukan penjualan melalui gerobak terlebih dahulu, apabila sudah berkembang dapat menyewa ruko.

Terakhir adalah siapkan modal untuk memulai bisnis. Pastikan untuk mempersiapkan modal dalam jumlah yang banyak dan tanpa hutang. Meskipun usaha bakso merupakan salah satu bisnis yang pasti berkembang, pastikan untuk menjauhkan diri dari hutang untuk menghindari permasalahan.

Bagaimana Cara Menentukan Jenis Bakso yang Cocok untuk Usaha?

Bagaimana Cara Menentukan Jenis Bakso yang Cocok untuk Usaha?

Pada perkembangan zaman saat ini, bakso juga memiliki inovasi sehingga melahirkan berbagai jenis bakso kekinian. Anda dapat mencoba minat tertinggi masyarakat pada pemilihan jenis bakso yang ada di lingkungan Anda.

Saat ini terdapat beberapa jenis bakso yang memiliki variasi isi dari cabe, telur puyuh, coklat, keju, jamur, dan lain sebagainya yang dapat dimodifikasi menjadi olahan bakso yang enak dan tentunya mengenyangkan.

Tidak hanya sebagai daya tarik, berbagai variasi bakso tersebut juga memiliki kandungan gizi yang bermacam-macam pula. Sehingga Anda memberikan kualitas terbaik baik dari segi rasa maupun dari segi kesehatan.

Ketika memilih jenis bakso yang akan dijual, Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu berkaitan dengan selera masyarakat disekitar tempat berjualan. Apabila Anda menjual jenis bakso sesuai dengan selera masyarakat, maka usaha bakso Anda akan laku keras.

Lain halnya apabila Anda hanya mengikuti trend untuk membuka jenis bakso yang akan dijual. Hal tersebut akan membuat orang penasaran di awal, namun ketika sudah selesai mencoba akan sepi pengunjung. Tentunya Anda tidak ingin mengalami hal tersebut bukan?

Selain menentukan sesuai selera masyarakat, Anda juga dapat memilih jenis bakso yang memiliki bahan yang mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk mengolah dan memperoleh keuntungan yang besar.

Dalam hal ini, Anda juga dapat menentukan berbagai jenis bakso namun terdapat satu menu yang dibuat unik dan best seller. Selain dapat menarik konsumen, jenis bakso yang Anda ciptakan juga dapat menjadi ciri khas yang akan selalu diingat oleh masyarakat.

Jenis bakso ini juga dapat Anda kombinasikan dengan menu lain. Contohnya seperti menggabungkan antara mie dan bakso. Anda dapat memberikan sentuhan istimewa pada jenis menu bakso tersebut sehingga dapat menjadi primadona pada usaha bakso Anda.

Strategi Pemasaran Usaha Bakso

Strategi Pemasaran Usaha Bakso

Seperti yang Anda ketahui, bakso merupakan salah satu jenis makanan yang menjamur di seluruh nusantara. Untuk membuat suatu usaha dengan menu bakso, pastikan untuk melakukan pemasaran yang baik. Karena salah satu faktor untuk mengembangkan bisnis adalah dengan promosi yang tepat.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memilih tempat atau lokasi penjualan yang tepat. Dimana lokasi tersebut memudahkan akses orang lain untuk datang dan berkunjung ke tempat menjual bakso yang telah Anda buka.

Strategi ini dapat memudahkan Anda untuk mencari pelanggan karena secara tidak langsung pelanggan akan datang karena daya tarik jenis bakso Anda. Ketika rasa bakso yang telah Anda ciptakan cocok di lidah klien tersebut, maka orang tersebut akan kembali dan menjadi pelanggan tetap Anda.

Selain memilih tempat yang tepat, Anda juga perlu melakukan promosi dalam bentuk online maupun offline. Jika secara offline, Anda dapat membuat sebuah spanduk besar yang dapat dipasang pada tempat Anda jual bakso sehingga dapat memberitahukan orang lain bahwa Anda membuka usaha bakso.

Dalam melakukan promosi secara online, Anda harus menyediakan waktu untuk bermain internet. Dalam hal ini, media sosial dapat menjadi salah satu alat promosi paling efektif karena memberikan kesempatan promosi tanpa batas waktu dan wilayah.

Saat ini, semua kalangan baik dari kalangan muda maupun tua menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi maupun mencari informasi. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan beberapa media sosial seperti Instagram, Path, Facebook, dan Twitter sebagai alat promosi online.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan promosi dengan membuat promo tertentu yang menarik pengunjung. Seperti promo beli satu dapat satu apabila customer makan di tempat. Anda juga dapat membandrol semua harga serba Rp. 10.000 untuk menarik pengunjung terutama kalangan muda.

Simulasi Perhitungan Modal dan Untung Usaha Bakso

Simulasi Perhitungan Modal dan Untung Usaha Bakso

Sebagai pemula, tentunya Anda mengalami kesulitan untuk menganalisis perhitungan keuntungan. Oleh karena itu artikel ini akan membahas tentang Analisa usaha dalam bentuk simulasi perhitungan biaya yang Anda keluarkan ketika membuka usaha bakso.

1. Modal utama

Modal utama merupakan pengeluaran awal yang digunakan untuk biaya yang memiliki nilai guna yang lama. Sehingga beberapa alat yang dibeli tersebut memiliki nilai penyusutan yang lebih lama. Sehingga dalam satu kali pengeluaran dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Sewa tempat : Rp. 2.000.000
  • Gerobak : Rp. 1.500.000
  • Satu set meja dan kursi : Rp. 2.000.000
  • Satu set peralatan makan : Rp. 500.000
  • Satu set alat masak : Rp. 1.000.000

Total                                        : Rp 7.000.000

2. Biaya operasional

Biaya operasional ini dihitung berdasarkan 30 hari kerja. Dalam hal ini, biaya sehari-hari untuk membuat bakso tentunya dapat menjadi salah satu pengeluaran yang wajib dihitung. Adapun biaya operasional pembuatan usaha bakso adalah sebagai berikut.

  • Daging sapi 3 kg          : Rp. 9.000.000
  • Tepung tapioka            : Rp. 200.000
  • Rempah-rempah         : Rp. 450.000
  • Sayuran                         : Rp. 450.000
  • Gas 3 kg                         : Rp. 500.000

Total                                : Rp. 10.600.000

3 Pendapatan

Apabila Anda menjual 1 porsi bakso lengkap sebanyak Rp 15.000, maka apabila dalam 1 hari Anda mendapatkan 50 customer, maka hasil yang Anda dapatkan adalah Rp. 22.500.000. Ini merupakan pendapatan bersih dalam satu bulan ketika Anda membuka usaha bakso.

4. Laba

Laba bersih dari penjualan bakso tersebut dihitung dari pendapatan dikurangi biaya operasional. Rp. 22.500.000 – Rp. 10.600.000 = Rp. 19.600.000 dalam satu bulan. Hasilnya sangat mencengangkan bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Bakso

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Bakso

Seperti jenis usaha pada umumnya, bisnis kuliner bakso ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kedua hal ini pasti ada dalam setiap menjalankan bisnis. Tinggal bagaimana Anda sebagai owner menanggapi dan menyelesaikannya. Kelebihan dan kekurangan bisnis bakso dijelaskan di bawah ini.

1. Kekurangan

  • Untuk menjaga bakso tetap segar ketika dimakan, olahan bakso hanya dapat bertahan selama 2 hari saja
  • Bahan pembuatan bakso terkadang mengalami kenaikan sehingga dapat berpengaruh terhadap manajemen keuangan bisnis Anda
  • Banyaknya kompetitor dalam bidang yang sama membuat Anda harus membuat inovasi agar bisnis bakso Anda tetap bertahan
  • Apabila proses pengolahan uang kas tidak berjalan dengan disiplin, akan menimbulkan permasalahan keuangan yang mengakibatkan kebangkrutan

2. Kelebihan

  • Resep pembuatan bakso dapat secara gampang diperoleh, sehingga secara mudah juga dapat diolah dan diduplikasi sendiri oleh Anda
  • Proses penjualan yang mudah dapat menjadikan usaha kuliner Anda selalu mendapatkan keuntungan
  • Semua orang menyukai bakso, sehingga dimanapun Anda berada pasti bakso yang dijual akan selalu ramai pembeli
  • Bahan dan peralatan pembuatan bakso dapat secara mudah ditemukan di berbagai wilayah sehingga dapat memudahkan proses produksi
  • Kini tersedia mesin yang dapat memproduksi bakso secara efisien dalam kuantitas yang tinggi sehingga dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda
  • Alat untuk melakukan promosi juga sangat mudah dan membutuhkan biaya yang murah. Setiap orang dapat melakukan promosi dari mulut ke mulut. Selain itu, adanya sosial media juga dapat memudahkan pemasaran bakso
  • Permintaan yang tinggi di kalangan masyarakat dalam berbagai acara memilih bakso sebagai salah satu menu wajib. Sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan yang besar pada setiap event-event tertentu
  • Kandungan gizi yang terdapat pada bakso dapat memberikan jaminan kesehatan bagi para customer Anda. Dalam hal ini Anda juga dapat memberikan variasi bakso tanpa msg khusus bagi customer yang menginginkannya
  • Bisnis bakso yang Anda buka ini memiliki kesederhanaan dalam prosedur hukum. Sehingga Anda dapat secara mudah mendirikan bisnis bakso tanpa harus memenuhi syarat bentuk hukum yang kompleks

Cara memulai bisnis kuliner dengan menu bakso di atas dapat menjadi salah satu rujukan. Pada kenyataannya terdapat beberapa permasalahan yang mungkin tidak dijelaskan di atas. Oleh karena itu, Anda harus merumuskan problem solving yang tepat dalam setiap kondisi.

Peluang Usaha Bakso beserta Analisa Bisnis (terlengkap)

Add Comment