Usaha Cuci Mobil : Peluang beserta Analisa Bisnisnya (Terlengkap)

Usaha Cuci Mobil – Ada banyak sekali bisnis yang bisa Anda geluti, mulai dari perusahaan yang bergerak di bidang barang maupun jasa. Salah satu bisnis jasa yang berpotensi mendatangkan banyak profit adalah usaha cuci mobil. Hal ini dikarenakan kebutuhan untuk mencuci mobil sudah layaknya kebutuhan primer. Hampir semua orang di kota memiliki mobil, tetapi disaat yang bersamaan tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci mobilnya.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Cuci Mobil?

Bagaimana Cara Memulai Usaha Cuci Mobil?

Bisnis jasa dalam hal mencuci mobil dapat menjadi usaha yang menjanjikan. Tetapi, tidak banyak yang tahu bagaimana cara untuk memulai jenis usaha yang satu ini. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha cuci mobil!

1. Memilih jenis usaha cucian mobil apa yang ingin Anda jalankan

Ada banyak konsep usaha cucian mobil yang bisa Anda pilih. Misalnya, apakah usaha Anda tersebut merupakan usaha cuci mobil secara manual, robotik, atau mungkin car wash otomatis. Ini sangat penting karena menentukan konsep adalah hal yang paling krusial sebelum Anda membuka jenis usaha apapun.

Anda juga dapat mulai memikirkan tentang bagaimana sistem usaha Anda jalankan. Misalnya, dari segi pelayanan dengan motto tanpa harus menunggu lebih dari 30 menit, dengan sistem uang kembali jika mobil tidak bersih, dan lain sebagainya. Konsep adalah hal yang sangat penting yang harus Anda pikirkan ketika akan memulai jenis usaha apapun.

2. Menyediakan modal untuk usaha Anda

Setelah menentukan konsep, langkah Anda yang selanjutnya dalam menyediakan sumber modal untuk mewujudkan konsep Anda. Untuk modal sendiri, Anda tidak perlu khawatir seandainya tabungan Anda tidak cukup. Hal ini dikarenakan zaman sekarang banyak sekali alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan modal usaha Anda.

Misalnya, Anda bisa meminjam di bank untuk modal usaha. Jika Anda tidak memiliki jaminan untuk meminjam di bank, mungkin Anda bisa meminjam uang kepada kerabat, teman, dan kolega. Bahkan, saat ini banyak sekali fintech yang mau memodali para pengusaha pemula. Yang perlu Anda lakukan adalah menyerap informasi sebanyak-banyaknya tentang ini.

3. Menentukan lokasi

Lokasi menjadi hal yang tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan ketika Anda akan membuka suatu tempat bisnis. Usahakan lokasi tempat usaha cuci mobil Anda berada pada tempat yang strategis. Dengan lokasi yang strategis, maka potensi pelanggan melihat bisnis Anda pun akan semakin tinggi.

Umumnya lokasi yang strategis untuk membuka usaha ini adalah dipinggir jalan. Dipinggir jalan adalah tempat yang sering dilalui oleh kendaraan bermotor. Dengan begitu, potensi calon pelanggan untuk menjajal tempat usaha Anda pun semakin besar.

4. Membeli segala perlengkapan usaha

Selanjutnya Anda perlu membeli segala perlengkapan untuk cuci mobil Anda mulai dari mesin car wash otomatis, sabun pencuci mobil, hidrolik, dan lain sebagainya. Misal Anda akan membuka usaha rangkap beserta usaha rental mobil, Anda juga harus membeli beberapa unit mobil untuk disewakan.

Jika Anda masih kebingungan dengan apa saja yang harus dilengkapi untuk tempat cuci mobil Anda, maka Anda dapat menanyakan kepada ahlinya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan studi literatur karena saat ini pun ketersediaan informasi sangat banyak, baik melalui buku maupun melalui internet.

5. Merekrut karyawan dan juga mempromosikan usaha Anda

Langkah dasar terakhir untuk memulai usaha ini adalah dengan merekrut pegawai dan juga segera mempromosikan tempat usaha Anda. Rekrutlah pegawai yang memiliki sifat jujur, cinta kebersihan, ramah, dan lain sebagainya. Anda juga dapat memberikan promo dan mengeluarkan ekstra biaya untuk mengiklankan tempat cuci mobil Anda.

Jenis Usaha Tempat Cuci Mobil

Jenis Usaha Tempat Cuci Mobil

Ada banyak jenis usaha tempat cuci mobil yang sebelumnya telah dibahas pada point pertama. Jika Anda belum terlalu mengetahui apa saja jenisnya, maka setelah ini Anda akan segera mengetahuinya!

1. Manual

Jenis cuci mobil satu ini dilakukan dengan cara manual. Tempat cuci mobil secara manual umumnya hanya membutuhkan sedikit sekali peralatan dan juga simpelnya proses pencucian. Mencuci mobil secara manual umumnya membersihkan sebatas apa yang nampak mata seperti bodi, ban, dan juga pelek.

Anda dapat merangkap usaha cuci mobil manual tidak terbatas untuk mobil saja, tetapi sekaligus usaha cuci motor juga. Dengan begini maka keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa dua kali lipat.

2. High pressure pump tanpa tangga

Jenis tempat pencucian mobil selanjutnya adalah menggunakan high pressure pump. Tapi untuk jenis yang satu ini tanpa menggunakan tangga dan dapat dikatakan sebagai tempat usaha cuci modern paling sederhana. Yang dibutuhkan adalah tempat, pompa tekanan tinggi, sabun, dan juga air.

3. High pressure pump dengan tangga

Jenis pencucian mobil ini telah masuk kelas menengah. Dengan tangga yang ada, maka bagian mobil bawah akan terjangkau sehingga kebersihan mobil lebih menyeluruh.

4. High pressure pump dengan menggunakan single post lift

Jenis pencucian mobil selanjutnya ini mengangkat mobil menggunakan lift sehingga tingkat kebersihan kolong mobil sangat tinggi. Umumnya yang menggunakan jenis cuci mobil ini adalah jenis cuci mobil yang besar.

5. Automatic car wash

Jenis cuci mobil satu ini telah lama digunakan di banyak negara maju, sedangkan di negara Indonesia sendiri mulai ramai di tahun 2000-an. Menggunakan jenis mesin cuci mobil ini akan sangat mempersingkat waktu dalam membersihkan mobil.

6. Steam

Steam adalah jenis cuci mobil yang memang jarang digunakan. Ini merupakan jenis cuci mobil menggunakan uap dengan temprature air sekitar 60 hingga 80 derajat celcius.

Simulasi Perhitungan Modal dan Keuntungan Usaha Cuci Mobil

Simulasi Perhitungan Modal dan Keuntungan Usaha Cuci Mobil

Berapa kisaran uang yang dibutuhkan untuk membangun usaha tempat cuci mobil ini? Bagaimana dengan keuntungannya? Berikut Anda akan disajikan simulasi untuk perhitungan modal beserta simulasi keuntungannya. Simulasi dibawah ini mengasumsikan bahwa Anda memilih jenis cuci mobil hidrolik.

1. Modal awal peralatan

Perkiraan modal awal yang dibutuhkan adalah sekitar Rp. 52.000.000. Dengan uang modal sebesar itu, telah diasumsikan bahwa Anda akan mendapatkan peralatan berupa: dua buah hidrolik mobil, power spray, kompresor, vacuum cleaner, lap, tabung snow, biaya untuk instalasi pemasangan berbagai peralatan, dan lain sebagainya.

2. Pemasukan rutin harian

Diasumsikan setidaknya ada dua puluh unit mobil yang menggunakan jasa cuci mobil Anda. Jika satu kali cuci mobil yakni sebesar Rp 30.000 maka pemasukan rutin harian Anda adalah sekitar Rp. 600.000.

3. Pengeluaran rutin harian

Diasumsikan bahwa Anda memperkerjakan lima karyawan, maka gajinya dari 40% pendapatan kotor yakni Rp. 240.000. Selain itu, pengeluaran untuk listrik diasumsikan sebesar Rp 100.000, semir ban sebesar Rp. 25.000, servis peralatan Rp 20.000 sehingga jika ditotal pengeluaran harian adalah Rp. 395.000

4. Pendapatan bersih

Jika dihitung, maka pendapatan bersih yang Anda dapatkan setiap hari adalah kira-kira Rp 205.000. Jika asumsi tersebut diakumulasikan dalam satu bulan, maka kira-kira keuntungan Anda adalah Rp. 5.330.000.

Perhitungan diatas sifatnya adalah perkiraan. Meskipun mungkin pada kenyataan dilapangan modal yang akan Anda keluarkan akan jauh lebih banyak atau lebih sedikit, tetapi setidaknya kini Anda telah mendapatkan gambaran tentang modal tersebut.

Tips Usaha Cuci Mobil yang Harus Anda Ketahui

Tips Usaha Cuci Mobil yang Harus Anda Ketahui

Menjalankan bisnis cuci mobil memang dapat memberikan Anda keuntungan yang menggiurkan. Oleh karena itu, Anda harus menyimak beberapa tips dalam menjalani usaha ini agar bisnis yang Anda jalankan berjalan dengan lancar. Tips-tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memilih lokasi yang strategis, khususnya yang banyak dilalui oleh kendaraan mobil. Biasanya, lokasi ini terletak di jalan raya besar.
  2. Mencari karyawan yang jujur serta telah terlatih di bidang pelayanan pencucian mobil.
  3. Gunakan sistem gratis cuci mobil setelah beberapa kali pencucian. Ini merupakan trik yang dapat Anda gunakan agar pelanggan mau mencuci mobilnya kembali di tempat Anda.
  4. Tentukan harga cuci mobil yang bersaing dengan tempat cuci mobil lainnya. Jika Anda mematok harga cuci mobil yang terlalu mahal, dikhawatirkan tempat cuci mobil Anda akan kalah saing dan sepi.
  5. Terapkan manajemen sumberdaya manusia di perusahaan Anda dengan baik. Misalnya, Anda menetapkan peraturan yang harus ditaati, sistem bonus yang menarik, dan juga aturan yang tegas.
  6. Melakukan evaluasi secara berkala. Ini penting dilakukan agar tempat usaha Anda selalu mengerti letak kelemahannya sehingga dapat diperbaiki pada periode selanjutnya.
  7. Selalu utamakan kualitas pelayanan. Karena pada dasarnya usaha Anda merupakan bisnis yang bergerak dibidang jasa, maka kualitas pelayanan adalah hal yang nomer satu. Misalnya, tonjolkan bahwa karyawan pencuci mobil adalah orang yang ramah dan juga memastikan mobil keluar dari tempat tersebut dalam keadaan bersih dan kinclong.

Hambatan dalam Usaha Cuci Mobil

Hambatan dalam Usaha

Semua bidang bisnis selalu memiliki hambatan dan tantangannya tersendiri. Begitu juga dengan bisnis cuci mobil yang satu ini. Pada dasarnya, usaha ini sangat bergantung dari cuaca yang ada. Usaha cuci mobil akan ramai ketika sedang memasuki musim penghujan karena mobil yang dimiliki orang-orang akan rentan kotor.

Bagaimana dengan keadaan usaha ini jika tiba saatnya musim kemarau? Biasanya, usaha ini tergolong sepi ketika kemarau telah datang. Bukan hanya itu saja, usaha tempat cuci mobil juga memiliki banyak saingan. Anda akan mudah menemukan tempat cuci mobil di kota Anda.

Meskipun begitu, jangan khawatir. Hal ini dikarenakan di Indonesia sendiri banyak sekali masyarakatnya yang memiliki kendaraan bermotor. Menurut data statistik, ternyata bahkan di taun 2016 jumlah pemilik kendaraan roda empat ini mencapai 14.580.666. Angka tersebut menunjukkan bahwa membuka usaha tempat cuci mobil merupakan langkah yang tepat untuk mengakomodasi angka yang fantasis tersebut.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan berbagai inovasi baik di bidang pelayanan yang Anda berikan dan produk yang Anda tawarkan. Anda juga bisa merangkap usaha Anda dengan berbagai usaha lainnya disana, misalnya sembari menjual beragai makanan ringan.

Memang, usaha cuci mobil dengan segala kelebihan dan kekurangannya tetap menjadi pilihan dari banyak orang. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda semakin yakin untuk memulai usaha tempat cuci mobil Anda dan memberikan informasi yang dibutuhkan.

Pelaung Usaha Cuci Mobil beserta Analisa Bisnisnya (Terlengkap)

Add Comment