7 Usaha Rumahan yang sangat Menjanjikan (Jenis, keuntungan dan Tips)

Usaha Rumahan – Usaha rumahan merupakan beragam jenis bisnis yang bisa dijalankan di rumah dengan berbagai variasi modal dan bidang tertentu. Usaha rumahan kerap diminati karena kisaran modalnya terbilang lebih ekonomis dari usaha lain. Dari pertimbangan tempat saja tidak perlu menyewa sebuah tempat usaha.

Ide berbisnis usaha ala rumahan sangat cocok dilakukan oleh orang-orang yang fleksibel, seperti ibu rumah tangga dan juga mahasiswa. Pembagian waktu ketika mendirikan usaha di rumah bergantung pada diri sendiri.

Jenis Usaha Rumahan yang Mudah untuk Dijalankan

Ada berbagai jenis usaha di rumah yang bisa dipilih oleh berbagai profesi, baik yang menjalankan usaha secara total atau yang menjadikan usaha tersebut sebagai sampingan di luar pekerjaan tetap. Di bawah ini kita akan ulas satu per satu poin serta pembahasan berbagai usaha di rumah yang menguntungkan.

1. Usaha Laundry

Usaha Laundry

Menjalankan usaha laundry di rumah bisa menjadi kesempatan bagus jika Anda memiliki fasilitas, salah satunya mesin cuci. Peluang menguntungkan bagi orang yang membuka bisnis laundry dapat dirasakan apabila lokasi rumah dekat dengan pusat pendidikan, seperti kampus atau pusat perkantoran.

Untuk memulai bisnis laundry ini, Anda setidaknya harus mempersiapkan beberapa alat pendukung usaha, seperti mesin cuci, setrika, timbangan, keranjang, dan berbagai hal lainnya. Jangan lupa juga untuk menyediakan mesin pengering jika mesin cuci yang Anda gunakan hanya untuk mencuci pakaian.

Persiapan untuk bisnis laundry ini tidaklah sulit, untuk media promosi saja Anda bisa menempelkan papan laundry di depan rumah. Sebagai alat informasi, Anda bisa menyebarkan pesan melalui media sosial atau menyebarkan informasi dari mulut ke mulut ketika berbelanja sayur atau ketika arisan.

Bukan hal sulit untuk mempersiapkan bisnis laundry di rumah, namun Anda juga akan diberikan penawaran lain jika sekiranya mempersiapkan sendiri berbagai alat dan bahannya terlalu repot. Bisnis laundry adalah bisnis yang bisa dijalankan dengan cara franchise, asalkan asal usul franchise itu jelas.

2. Usaha Warnet

Usaha Warnet

Usaha warnet saja sebenarnya kurang menjanjikan, kecuali Anda melengkapi usaha tersebut dengan fasilitas game online. Sekarang ini sudah banyak orang yang memiliki personal computer atau laptop, kecuali Anda membuka warnet di daerah terpencil, asalkan koneksi bagus, otomatis usaha akan ramai.

Bermain game online memang bisa dilakukan di rumah saja jika perangkat memadai, namun sensasi bermain sendiri dengan bermain bersama teman di warnet tentu jauh berbeda. Di warnet, permainan tidak sekadar teknis, namun juga suasana yang hangat dan canda tawa renyah bersama teman-teman.

Semakin zaman berjalan, semakin tinggi kebutuhan setiap orang akan internet maka tidak heran jika bisnis yang satu ini sangat menguntungkan. Mahalnya harga satu pc membuat banyak orang enggan memulai bisnis warnet, padahal pembelian pc tidak perlu yang baru, bekas pun tak apa asal kualitasnya.

Apa pun jenis kegiatan yang dilakukan pengunjung ketika ke warnet, tentu pertimbangan utama adalah kecepatan koneksi internetnya. Hal ini wajib menjadi perhatian Anda untuk mendapatkan server yang terbaik dan terpercaya. Kecepatan koneksi merupakan daya tarik utama dari berjalannya bisnis warnet.

3. Usaha Catering

Usaha Catering

Usaha berikutnya yang bisa dijalankan dengan mudah di rumah adalah usaha catering, usaha yang bisa memanfaatkan berbagai alat di rumah serta memberikan penghasilan bagi ibu-ibu tetangga. Untuk menjalankan usaha ini, Anda harus inovatif dalam membuat daftar menu sebagai isian kotak makanan.

Makanan catering sekarang ini ada banyak jenisnya, bergantung pada target pemasaran catering untuk siapa. Misal, untuk pekerja kantoran, untuk acara hajatan, untuk acara anak-anak atau untuk acara arisan. Banyaknya menu yang ditawarkan bisa membuat pelanggan lebih mudah menyesuaikan selera.

Untuk mempromosikan bisnis kuliner satu ini Anda bisa meminta bantuan suami dan juga anak untuk mempromosikan usaha ke rekan-rekan mereka di kantor atau di sekolah. Anda bisa memberikan taster terlebih dahulu dan membuka sistem pre order jika tidak mau menerima risiko di awal membuka usaha.

Bermula dari produksi catering satu demi satu, lama-lama Anda bisa mengembangkan bisnis tersebut ke ranah lebih besar jika mampu mempertahankan cita rasa yang lezat. Variasi lauk harus diperhatikan, di samping itu Anda juga harus memerhatikan hal lain, seperti menu tambahan minuman yang variatif.

4. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha Kerajinan Tangan

Hobi membuat kerajinan tangan akan sangat terasa percuma jika Anda tidak memanfaatkan kemampuan tersebut untuk membuka usaha kerajinan tangan. Bisnis kerajinan tangan ini sudah pasti menjanjikan jika Anda bisa merebut pangsa pasar yang dimulai dari lingkungan Anda sendiri dulu saja.

Mampu membuat berbagai jenis kerajinan tangan adalah hal unik karena tidak semua orang bisa membuat kreativitas seperti itu. Jenis kerajinan tangan bisa beragam, misal bunga dari sedotan, gantungan kunci, lilin aromaterapi, lukisan, kerajinan tanah liat, dan banyak lagi kerajinan lainnya.

Insting berbisnis Anda untuk menjalankan usaha ini harus berjalan dengan baik karena harga ditentukan dari seberapa kreatif kreasi Anda dan seberapa relevan harga untuk ditawarkan pada pasar. Untuk memulai usaha ini juga Anda tidak perlu membeli barang baru, bisa memanfaatkan barang bekas.

Sekarang ini sudah dapat banyak disaksikan bagaimana kreativitas ibu rumah tangga mendesain tas dari bungkus kopi atau bungkus makanan lainnya. Alih-alih berbagai kemasan tersebut terbuang dan menjadi sampah yang lama terurai, alangkah lebih baiknya jika dimanfaatkan menjadi kreasi unik dan menawan.

5. Usaha Jual Pulsa

Usaha Jual Pulsa

Usaha jual pulsa di zaman yang sudah serba gadget ini juga merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi jika Anda menambahkan usaha tersebut dengan layanan pulsa khusus paket data, pembayaran bpjs, pembayaran listrik pra bayar, pembayaran tagihan listrik pasca bayar, dan lainnya.

Berjualan pulsa saja tidak akan menarik jika Anda tidak melengkapi usaha tersebut dengan layanan pengisian paket data. Sekarang ini banyak orang lebih memilih ada pulsa internet dibandingkan ada pulsa sms atau telpon. Pasalnya berbagai komunikasi sudah dilakukan melalui jejaring sosial.

Menyediakan voucher game juga bisa menjadi inspirasi bagus untuk menggaet lebih banyak konsumen ke tempat usaha Anda. Tidak dapat dimungkiri memang bahwa sekarang tidak sedikit juga orang di perkotaan yang lebih memilih memasang wifi dan tv kabel dibandingkan membeli paket data.

Hal ini bisa menjadi peluang usaha jika Anda menyediakan layanan untuk membayar wifi dan tv kabel. Inti dari usaha pulsa ini adalah Anda harus terus berinovasi dan membuka diri terhadap segala perubahan. Sebab bisnis yang bertahan lama adalah bisnis yang dijalankan dengan tak henti berinovasi.

6. Usaha Souvenir

Usaha Souvenir

Memiliki link yang luas bisa menjadi kesempatan Anda untuk membuka usaha souvenir dari rumah. Beragam acara, seperti pernikahan, ulang tahun, sampai dengan acara formal seperti seminar bisa menjadi ladang usaha Anda. Anda bisa mempromosikan usaha melalui teman dekat atau media sosial.

Untuk menjalankan usaha ini, sebagai daya tarik, Anda bisa memberikan bonus untuk setiap berapa pcs pembelian souvenir. Berikan juga berbagai contoh souvenir yang diperjualbelikan kepada calon konsumen agar mereka memiliki gambaran seperti apa hasil pekerjaan tangan yang Anda lakukan.

Ada banyak jenis souvenir yang bisa diproduksi, misal untuk acara pernikahan saja ada gantungan kunci, pouch, gelas sablon, mangkuk sambal sablon, sendok nasi, sendok dan garpu, serta banyak souvenir lainnya. Sebagai promosi, Anda bisa memanfaatkan sosial media dengan angle foto yang bagus.

Penampilan pertama yang diperlihatkan dari foto ini akan sangat berpengaruh pada penilaian orang terhadap produk yang Anda hasilkan. Untuk memperluas pemasaran, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace online yang sekarang banyak berkembang.

Buat produk contohnya saja dulu baru kemudian produksi barang setelah Anda mendapatkan pesanan dari kostumer.

7. Usaha Kos-kosan

Usaha Kos-kosan

Terakhir, bisnis yang bisa mendatangkan banyak keuntungan tanpa harus Anda mengeluarkan modal adalah membuka usaha kos-kosan di rumah. Jangan dulu membayangkan kos-kosan dengan puluhan pintu, sebab ini jelas membutuhkan suntikan dana yang sangat besar untuk pembangunannya.

Jika di rumah ada beberapa kamar kosong yang memungkinkan untuk disewakan, manfaatkan saja fasilitas yang sudah ada tersebut dengan membuka usaha kosan. Anda bisa menjalankan bisnis sembari mengontrol langsung bisnis tersebut sebab penghuni kosan akan bertemu setiap hari dengan Anda.

Yang harus digarisbawahi ketika membuka usaha kos-kosan adalah mengetahui detail data orang yang menyewa kamar di rumah Anda. Biasakan untuk meminta data diri, seperti kartu tanda penduduk. Menerapkan aturan untuk seluruh penghuni kosan juga merupakan poin penting demi ketentraman.

Sebaiknya juga menetapkan aturan untuk membuka usaha kosan bagi perempuan saja atau untuk laki-laki saja. Penerapan aturan ini guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, baik itu datang dari penghuni kosan atau pandangan tetangga sekitar terhadap bisnis kos-kosan yang Anda jalankan.

Keuntungan Membangun Usaha Rumahan

Keuntungan Membangun Usaha Rumahan

Dari berbagai bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan di atas, mana yang paling efektif dan memungkinkan untuk dijadikan ladang keuntungan? Pastikan saja bahwa fasilitas yang dimiliki berikut kemampuan untuk mengolah usaha sudah sesuai dengan ketentuan agar bisnis berjalan panjang.

Jika melihat berbagai jenis bisnis rumahan di atas, dapat dikatakan bahwa bisnis rumahan ini memiliki berbagai keunggulan. Berbagai keuntungan tersebut setidaknya dijelaskan dalam beberapa hal di bawah ini:

  • Usaha rumahan merupakan salah satu bisnis yang bisa dijalankan tanpa harus Anda mengeluarkan modal besar. Anda bisa memaksimalkan dulu fasilitas yang ada di rumah untuk kemudian menambah modal apabila ada keuntungan dari bisnis yang sudah dijalankan. Tidak perlu terburu-buru untuk membesarkan usaha, lambat asal pasti lebih baik bagi keuntungan.
  • Kedua, keuntungan yang akan Anda rasakan ketik membuka usaha dari rumah adalah waktu yang lebih fleksibel karena Anda yang menjadi bos atas bisnis tersebut. Pebisnis sejatinya tidak terikat waktu seperti pekerja kantoran yang wajib masuk kerja pukul sekian dan wajib meninggalkan kantor pukul sekian. Pekerjaan di rumah bisa disesuaikan dengan waktu luang.
  • Ketiga, berbagai bisnis yang dijalankan langsung di rumah akan sepenuhnya di bawah kendali Anda. Sekalipun Anda memiliki karyawan, seperti misalnya pekerja catering, pekerja kerajinan tangan, pekerja souvenir, dan sebagainya, Anda bisa mengontrol pekerjaan mereka rutin. Yang menarik adalah ketika ada kesalahan Anda dapat merevisinya langsung di tempat saat itu juga.
  • Berikutnya, keuntungan mendirikan usaha di rumah adalah sumber daya manusia mudah dicari tanpa proses yang rumit. Bandingkan dengan Anda melamar pekerjaan ke kantor yang harus melalui berbagai tahapan. Sementara mencari pekerja di rumah tinggal berkomunikasi dengan tetangga saja dan mereka bisa bekerja serta mendapatkan bayaran sesuai kinerja nyatanya.

Banyak sekali keuntungan pebisnis yang membuka usaha di rumah tanpa mengeluarkan modal uang serta tempat begitu besar.

Memanfaatkan ruangan dari mulai dapur sampai halaman rumah bisa berpotensi bisnis yang menjanjikan dan bukan tidak mungkin juga ke depannya Anda bisa menyewa tempat usaha.

Belajar bisnis dari hal-hal kecil tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mendirikan merek dagang atau merek usaha sendiri di kemudian hari. Menelisik keuntungannya tentu banyak orang tergiur untuk memulai usaha di rumah.

Namun, tidak semua orang pula dapat mencecap keuntungan jika trik yang dijalankan tidak rapi. Lebih baik mempersiapkan semuanya secara maksimal di awal untuk hasil optimal di akhir.

Tips dalam Menjalankan Usaha Rumahan

Tips dalam Menjalankan Usaha Rumahan

Sebagai tambahan informasi, di bawah ini ada beberapa tips jitu menjalankan bisnis rumahan untuk meraup keuntungan maksimal. Tips-tips tersebut diantaranya:

  • Pertimbangkan dulu fasilitas apa yang sudah ada dan kemampuan apa yang Anda miliki. Jangan latah mengikuti bisnis teman atau orang lain hanya karena melihat mereka berhasil. Jangan memaksakan membuka bisnis warung bakso jika Anda tidak bisa membuat bakso. Lebih baik membuka bisnis kos-kosan jika fasilitas di rumah sudah tersedia berbagai kamar kosong.
  • Jangan pernah menyatukan antara uang bisnis dengan uang rumah tangga. Meskipun akhirnya hasil dari berbisnis pasti tersalurkan juga dengan kebutuhan rumah tangga. Namun, pemisahan ini jelas dibutuhkan sebagai acuan sudah seberapa berhasil Anda menjalankan bisnis dan seberapa bagus perputaran modal yang dihasilkan dari bisnis yang Anda jalankan di rumah.
  • Selanjutnya, pastikan bahwa rumah Anda memiliki ruang yang cukup untuk menjalankan usaha. Jika hanya berjualan pulsa, Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah, asalkan tidak menjorok ke jalan. Jika membuka catering, pertimbangkan luas dapur atau ruangan lain yang efektif untuk menampung sumber daya manusianya serta untuk menyimpan berbagai makanan.
  • Yang tidak boleh luput dari perhatian berikutnya adalah membuat jadwal jelas waktu kerja bagi para pekerja. Sekalipun usaha di rumah tidak membutuhkan dokumen-dokumen banyak selayaknya bekerja di kantor, namun penetapan jadwal kerja ini tetap penting. Agar menjadi jelas untuk pekerja dan tidak mengganggu keluarga juga ketika produksi dilakukan di rumah.
  • Selanjutnya yang pasti harus diperhatikan ketika membuka usaha, apa pun jenisnya harus mempertimbangkan seberapa jitu strategi pemasaran yang diterapkan. Marketing adalah hal utama karena tanpa market, produk Anda tidak akan mendapatkan pelanggan. Untuk ajang marketing ini Anda bisa memanfaatkan para pekerja untuk menyebarluaskan informasi.
  • Terakhir, jika produk Anda sudah memiliki merek, sebaiknya melakukan branding dengan maksimal. Anda bisa menyebarluaskan info produk dengan bantuan media internet maupun cara konvensional. Untuk menyaring lebih banyak pelanggan, Anda bisa memasang logo usaha di profil media sosial atau tidak henti mempromosikan merek dagang di postingan sosial media.

Menjalankan usaha rumahan yang berawal dari modal seminim mungkin bukan berarti tidak bisa menjadi peluang keuntungan semaksimal mungkin. Anda bisa mendapatkan keuntungan optimal dari manajemen yang bagus.

Yang terpenting untuk usaha rumahan agar terus berkembang adalah keseriusan dalam menjalankan bisnis tersebut.

7 Usaha Rumahan yang sangat Menjanjikan (Jenis, keuntungan dan Tips)

Leave a Reply