Peluang Usaha Souvenir yang menjanjikan (Lengkap)

Peluang Usaha – Usaha souvenir merupakan salah satu bisnis rumahan yang bisa dijalankan dengan modal tidak terlalu besar. Di samping itu jenis usaha ini bisa memberikan keuntungan lain, berupa terasahnya kreativitas orang yang menjalankan usaha. Souvenir bisa dimanfaatkan untuk menyemarakkan pernikahan.

Tidak hanya itu, souvenir juga bisa menjadi cenderamata yang tidak mudah dilupakan dari terselenggaranya acara ulang tahun. Kesannya kecil, namun benda ini memiliki daya tarik tersendiri.

Alasan Usaha Souvenir itu Menjanjikan

Alasan Usaha Souvenir itu Menjanjikan

Berbagai perayaan di Indonesia bisa menjadi peluang bagus untuk para pebisnis souvenir dalam memanfaatkan keuntungan. Seperti halnya pernikahan yang pasti membutuhkan beragam souvenir sebagai kenang-kenangan untuk para tamu undangan. Nyaris semua mempelai memikirkan hal ini.

Memang tidak bisa dimungkiri bahwa keberadaan souvenir menjadi salah satu hal menarik ketika setiap tamu undangan mendatangi pernikahan. Tidak jarang para tamu undangan akan bertanya, apa souvenir yang disiapkan oleh tuan rumah. Sementara untuk tuan rumah, tentu mencari souvenir berharga murah.

Bukan hanya acara pernikahan yang bisa dijadikan peluang besar untuk menjual souvenir, pebisnis souvenir juga akan diuntungkan dengan digelarnya beragam perayaan, seperti ulang tahun dan kelahiran anak. Souvenir tidak hanya diberikan sebagai kenang-kenangan, namun tanda terima kasih.

Bisnis souvenir ini dapat diprediksikan sebagai bisnis rumahan yang nyaris tidak akan menemui kepunahan karena bukan bisnis kagetan yang sekali booming dan kemudian menghilang. Terlebih, berbagai acara non perayaan, seperti seminar atau acara formal juga kerap membagikan souvenir.

Untuk memulai bisnis souvenir ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar atau bahkan tidak sama sekali mengeluarkan modal. Jika Anda menerapkan sistem pesan baru membuat, otomatis tidak akan ada modal keluar sama sekali. Anda bisa meminta dp terlebih dahulu seharga modal yang dibutuhkan.

Ketika souvenir sudah jadi, pembeli akan melunasi sisa pembayaran dan uang itu sepenuhnya laba bersih yang Anda dapatkan. Namun, untuk promosi di awal memang sebaiknya Anda membuat beberapa item sebagai contoh produk yang ditawarkan kepada para calon konsumen di pasaran.

Jenis-jenis Usaha Souvenir untuk Berbagai Acara

Jenis-jenis Usaha Souvenir untuk Berbagai Acara

Berbagai bisnis di bidang souvenir sendiri ada banyak ragamnya. Mulai dari yang mengedepankan kreativitas sampai yang memerhatikan lingkungan sekitar. Di bawah ini merupakan beberapa contoh souvenir untuk berbagai acara yang bisa Anda jadikan inspirasi ketika memulai usaha menjanjikan ini:

1. Souvenir dari Kain Perca

Kain perca atau flanel berbahan dasar tebal sehingga cocok apabila dijadikan boneka, bros, atau sekadar jepit rambut. Souvenir dari boneka, semisal gantungan kunci atau boneka biasa tentu mendatangkan ketertarikan bagi orang banyak. Terlebih jika digunakan untuk memberikan kado pada wisudawan.

Tinggal memberikan aksen selempang dan toga, lalu nama si wisudawan, siapa pun akan senang mendapatkan hadiah seperti ini dan pasti bersuka hati untuk menyimpannya di rumah.

2. Souvenir dari Bahan Daur Ulang

Tidak perlu membeli barang-barang baru jika barang-barang bekas saja bisa difungsikan untuk membuat souvenir. Misalkan penyumbang sampah terbesar di bumi adalah botol plastik, Anda bisa menjadi salah satu agen perubahan dengan mendaur ulang botol plastik menjadi sesuatu yang lebih menguntungkan.

Botol plastik bisa didaur ulang sebagai vas bunga, celengan, atau tempat menyimpan alat tulis. Berbagai bahan daur ulang lainnya juga bisa dimanfaatkan, seperti daun kering untuk pembuatan kap lampu.

3. Souvenir dari Pemerhati Lingkungan

Terakhir, untuk para pemerhati lingkungan, yang peduli dengan keasrian bumi tercinta ini, bisa menjajal bisnis di bidang souvenir. Sekarang ini tidak sedikit mempelai pengantin yang memiliki souvenir pernikahan berupa tumbuhan hijau, seperti kaktus atau bahkan benih tanaman hidroponik.

Pemilihan souvenir dari hasil alam ini bukan hanya unik, namun terkesan memberikan nilai tersendiri, seperti pesan untuk senantiasa menjaga lingkungan. Di samping itu memupuk tanaman dari benih hingga besar seakan memberikan filosofi bahwa cinta dalam rumah tangga harus selalu dipupuk.

Berbagai pilihan usaha rumahan souvenir di atas bisa menjadi ide bagi Anda yang belum terpikirkan untuk memproduksi benda apa. Di samping itu tentu masih banyak lagi jenis souvenir yang bisa Anda produksi. Semakin luas pemasaran, tentu harus semakin kreatif pula Anda dalam mengembangkan ide.

Gambaran Modal dan Keuntungan Usaha Souvenir

Gambaran Modal dan Keuntungan Usaha Souvenir

Menjalankan usaha apa pun, termasuk dalam usaha souvenir ini pastinya membutuhkan modal, baik modal kemampuan atau modal uang. Sebagai gambaran, di bawah ini kita akan membahas apa saja dan berapa kiranya besaran modal yang harus dikeluarkan supaya bisa memulai usaha.

A. Modal Awal

Untuk modal awal ini, kita membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang disesuaikan dengan kebutuhan produk souvenir. Kali ini kita akan coba mengilustrasikan souvenir dari pita dan kertas.

– Peralatan

Untuk menjalankan bisnis souvenir jenis ini, alat-alat yang dibutuhkan kurang lebih gunting dan penggaris senilai Rp 120.000.

Dari biaya di atas, penting dipahami bahwa peralatan akan mengalami penyusutan. Katakanlah nilai residu penyusutan barang selama 4 tahun sama dengan Rp 1.000. Maka hitungannya Rp 120.000 – Rp 1.000 dibagi 4, hasilnya Rp 29.750 per bulan.

– Perlengkapan

Sementara untuk perlengkapan adalah benda-benda yang mudah habis, seperti halnya lem, pita, kertas cantik, dan sebagainya. Katakanlah gambaran biayanya Rp 1.500.000 dan untuk biaya kemasan plastiknya sebesar Rp 250.000. Total perlengkapan yang dibutuhkan adalah senilai Rp 1.750.000.

B. Keuntungan

Dari modal yang dikeluarkan di atas, kita tarik perhitungan keuntungan apabila sudah dikurangi dengan berbagai beban biaya yang mesti dibayarkan rutin. Coba simak pembahasan di bawah ini:

– Pesanan

Kita gambarkan apabila pesanan souvenir terjadi dua kali dalam satu bulan dan masing-masing pemesan memesan 20 kodi. Langsung saja kalikan 40 dengan Rp 100.000 maka hasilnya sama dengan Rp 4.000.000.

– Biaya yang Dibayarkan

Keuntungan dari pesanan di atas belum dikurangi dengan berbagai biaya yang harus dibayarkan. Diantaranya biaya yang wajib dibayarkan ialah:

  • Transportasi : Rp 150.000
  • Listrik dan Telepon : Rp 150.000
  • Penyusutan Alat : Rp 2.479
  • Biaya Perlengkapan : Rp 1.750.000
  • Dan Biaya Tak Terduga : Rp 100.000

Adapun jumlah biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 2.152.479

C. Laba/Rugi

Dengan begitu, keuntungan bersih yang akan Anda dapatkan dari penjualan souvenir sebagai usaha rumahan ialah senilai Rp 4.000.000 – Rp 2.152.479 sama dengan Rp 1.847.521.

Peluang Menguntungkan Usaha Souvenir

Peluang Menguntungkan Usaha Souvenir

Menjalankan bisnis souvenir merupakan usaha yang menjanjikan karena Anda tidak hanya menempatkan diri sebagai orang yang memproduksi langsung souvenir tersebut. Yang terpenting adalah mengerti seperti apa manajemen bisnis rumahan satu ini untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya.

Anda bisa memilih tiga peranan atau tiga cara berbisnis souvenir di bawah ini untuk mendapatkan keuntungan berlipat ganda, diantaranya:

1. Orang yang Memproduksi Souvenir Sendiri

Poin ini jelas memberikan penegasan bahwa untuk menjalankan bisnis souvenir, Anda bisa berperan sebagai orang yang memproduksi sendiri souvenir untuk beragam acara. Mulai dari menyiapkan bahan baku sampai dengan proses pemasaran harus sudah dipertimbangkan secara matang dalam berbisnis.

Keuntungan memproduksi sendiri souvenir yang akan diperjualbelikan adalah Anda bisa menekan biaya seminimal mungkin, mulai dari pemilihan bahan baku dan pembelian lainnya.

2. Orang yang Memproduksi Souvenir Semi Sendiri

Orang yang menjalankan bisnis souvenir semi produksi sendiri maksudnya adalah tidak betul-betul membeli bahan mentah dan mengolahnya dari 0 sampai menjadi souvenir utuh. Anda bisa saja membeli barang setengah jadi untuk kemudian diproduksi kembali menjadi barang yang lebih bernilai kreatif.

Misalkan Anda membeli tas polos dari kanvas lalu Anda kreasikan dengan lukisan atau sablonan sehingga nilai jual dari tas tersebut pun akan bernilai lebih tinggi dari harga jual sebelumnya.

3. Berperan sebagai Distributor

Peranan yang satu ini terbilang lebih simpel dari kedua peranan  di atas. Di mana Anda seolah bertindak sebagai penengah antara produsen dengan konsumen. Misalkan Anda sudah mendapatkan link penjualan souvenir murah di Yogyakarta, lalu Anda menjualkannya kembali di kota Bandung.

Jika sudah mendapatkan pangsa pasar yang jelas, tidak perlu ragu untuk membeli souvenir dalam jumlah banyak, sesuai dengan pesanan konsumen kepada Anda.

Dari ketiga peranan di atas, Anda bisa menentukan mana yang paling cocok untuk dijalankan sebagai salah satu usaha kerajinan tangan berupa souvenir. Semakin menguntungkan posisinya, tentu semakin menguntungkan pula hasilnya. Pemilihan peran harus diseimbangkan dengan kapasitas Anda sendiri.

Tips Sukses Usaha Souvenir

Tips Sukses Usaha Souvenir

Semua orang yang menjalankan bisnis di bidang kerajinan tangan seperti halnya souvenir tentu mendambakan keuntungan berlipat ganda. Namun, dalam berbisnis apa pun tidak semua pebisnis bisa mencapai puncak keberhasilan. Alasannya sederhana, kurang strategi dan kurang menguatkan tekad.

Padahal, semua bisa sukses menjalankan bisnis apa pun, termasuk bisnis souvenir asalkan memerhatikan tips dan trik di bawah ini:

1. Inovasi

Inovasi adalah poin penting yang dalam menjalankan bisnis apa pun wajib dimiliki oleh para pebisnis. Inovasi dalam berbagai bidang merupakan bukti bahwa selaku pebisnis, Anda dapat membaca peluang pasar dengan baik. Mustahil ada bisnis yang terus bertahan tanpa mengikuti perkembangan zaman.

2. Memanfaatkan Momen

Membaca momen atau tren yang sedang berkembang dan menghubungkannya dengan usaha Anda adalah poin tidak kalah penting. Di sini Anda harus memerhatikan tren apa yang sedang digandrungi publik dan apa jadinya jika tren tersebut diberikan sebagai sentuhan unik pada produk souvenir Anda.

3. Menjalin Relasi

Dalam berbisnis, relasi adalah hal penting. Inilah kenapa sebagai pebisnis, Anda juga diwajibkan memiliki keramahtamahan terhadap konsumen. Mendapatkan langganan bukanlah hal mudah karena seperti Anda membuat orang yakin bahwa produk dan pelayanan Anda adalah yang terbaik.

Padahal, banyak sekali tantangan, salah satunya dari pesaing di bidang bisnis yang sama. Ini pentingnya menjalin relasi sebanyak mungkin untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dan selanggeng  mungkin.

4. Pemasaran Offline dan Online

Pemasaran produk tidak hanya dilakukan secara offline di zaman sekarang ini. Anda bisa memasarkan produk dengan lebih sederhana melalui media online.

Memanfaatkan sosial media untuk berjualan bukan lagi fenomena aneh, asalkan kapasitas postingnya tidak mengganggu orang lain. Selain itu, digital marketing juga bisa menjadi peluang yang tinggi untuk meningkatkan omzet penjualan bisnis souvenir.

Empat hal di atas wajib diperhatikan untuk kelancaran bisnis rumahan seperti halnya bisnis souvenir ini. Inovasi adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam berbagai jenis usaha, diantaranya bisnis souvenir atau bisnis skala besar lainnya, seperti usaha kos-kosan.

Peluang Usaha Souvenir yang menjanjikan (Lengkap)

Add Comment