Peluang Usaha Kos-kosan (Yang Menjanjikan)

Peluang Usaha Kos-kosan – Menjalankan usaha kos-kosan sepertinya bisnis tepat untuk Anda yang hanya ingin berdiam di rumah atau tidak perlu setiap waktu mengontrol usaha tersebut. Merupakan keuntungan bagi Anda yang memiliki rumah dengan banyak kamar kosong di sekitar area kampus, kantor, rumah sakit, pabrik.

Daripada kamar kosong tanpa penghuni, akan lebih menguntungkan jika Anda memulai berbisnis kosan untuk memanfaatkannya sebagai ladang uang. Selain rumah menjadi ramai, Anda juga mendapatkan tambahan uang.

Alasan Usaha Kos-kosan itu Menjanjikan

Alasan Usaha Kos-kosan itu Menjanjikan

Memiliki rumah atau properti di dekat kampus, kantor, dan berbagai tempat ramai lainnya akan mendatangkan keuntungan bagi Anda. Sebab di tempat strategis tersebut, permintaan kosan tidak akan ada matinya. Berbagai orang dari berbagai wilayah akan mencari kosan dengan ragam fasilitas.

Berbisnis kosan juga menjanjikan pendapatan rutin untuk tanpa harus gambling per bulannya mendapatkan keuntungan berapa. Bisnis ini memberikan penghasilan tetap per bulan selama ada orang yang menyewa kamar kos. Namun, mendirikan kosan di area kampus jelas besar kemungkinan peminat.

Anda tidak perlu turun langsung ke lapangan untuk mengontrol bisnis yang dijalankan. Jika bisnis kos-kosan terpisah dari rumah atau bahkan ada di kota lain, Anda bisa menggunakan jasa penjaga kosan untuk memantau situasi anak-anak kosan setiap hari. Sementara Anda cukup memantau sebulan sekali.

Bisnis kos-kosan dengan banyak pintu tentunya memberikan keuntungan lebih banyak, namun sekalipun Anda tidak memiliki properti melainkan hanya beberapa kamar kosong di rumah, tetap bisa menjadi ladang keuntungan. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari pemanfaatan sewa kamar ini.

Anda sendiri bahkan bisa mengontrol aktivitas orang yang menyewa kamar kosan karena mereka tinggal satu rumah dengan Anda. Namun, bagi Anda yang menjalankan bisnis kos-kosan di satu rumah, sebaiknya jeli memerhatikan keamanan, terutama mengunci ruangan pribadi tempat menyimpan uang.

Waspada adalah hal penting, sekalipun tidak ada tanda-tanda bahwa penghuni kosan adalah orang tidak baik. Hanya saja, tinggal bersama dengan orang asing tentu tidak akan terasa seperti tinggal bersama anggota keluarga sendiri. Jika ada keluhan, Anda dapat menyelesaikannya sendiri dengan cepat.

Gambaran Modal dan Keuntungan Berbisnis Kos-kosan

Gambaran Modal dan Keuntungan Berbisnis Kos-kosan

Sebagai gambaran, jika Anda memiliki niat untuk membuka bisnis kosan, ada dua hal yang harus diperhatikan, pertama biaya investasi di awal dan kedua biaya operasional per bulannya. Misalkan saja untuk investasi awal dibutuhkan dana sekitar 60 juta untuk 6 pintu kamar kos-kosan di rumah.

Lantas ditambah lagi dengan biaya promosi usaha sebesar kurang lebih 1 juta rupiah. Untuk modal investasi awal saja Anda sudah dikenakan biaya senilai 61 juta rupiah. Hal ini belum termasuk dengan biaya per bulannya yang wajib Anda bayarkan ketika nantinya bisnis kos-kosan sudah berjalan.

Misalkan saja dari semua kamar kosan per bulannya menghabiskan biaya listrik senilai satu juta rupiah. Belum ditambah dengan biaya penjaga kosan yang membersihkan sekitar kamar kos, patokannya sebesar satu juta rupiah. Berarti biaya operasional per bulan menghabiskan dana dua juta rupiah.

Anda bisa menambahkan fasilitas kamar mandi di dalam kamar supaya bisa memasang harga lebih mahal. Misalkan saja untuk satu kamar kos-kosan dipatok harga senilai 1,5 juta rupiah. Berarti selama satu bulan dari 6 kamar, Anda akan mendapatkan penghasilan kotor senilai 6 juta rupiah.

Penghasilan ini belum dikurangi oleh biaya operasional sebesar 2 juta rupiah, maka keuntungan bersih yang akan Anda dapatkan per bulan ialah senilai 7 juta rupiah. Dengan keuntungan bersih senilai 7 juta rupiah maka selama kurun waktu kurang dari 10 bulan Anda sudah bisa mengembalikan modal investasi.

Untuk gambaran harga tersebut tentu menyesuaikan kembali dengan di mana Anda membuka bisnis kos-kosan. Jika lokasinya di perkotaan yang ramai dan kerap didatangi oleh pengunjung, tentu nilai sewa bisa lebih tinggi. Namun, tidak demikian halnya jika usaha tersebut dijalankan di tempat jauh dari kota.

Mempertimbangkan akses menuju keramaian, bisnis kosan di tempat yang jauh dari kota tentu kurang pas jika dipatok dengan harga tinggi. Harga kos-kosan bergantung pula pada fasilitas yang diberikan, seperti ada tidaknya kamar mandi dalam kamar, ac, dan wifi serta dekat tidak dari usaha laundry.

Tantangan yang Harus Dihadapi Pebisnis Kos-kosan

Tantangan yang Harus Dihadapi Pebisnis Kos-kosan

Sebagai pebisnis, Anda tentu harus mempersiapkan berbagai keuntungan dan tantangan secara beriringan. Bukan hanya iming-iming keuntungan yang akan Anda dapatkan, namun berbisnis kos-kosan juga lengkap dengan berbagai rintangannya. Seperti ketika mesti menghadapi anak kosan sulit diatur.

Tidak sedikit anak kos yang tujuannya kuliah atau bekerja merasa bebas karena tinggal jauh dari keluarga. Asumsinya jika tinggal di kosan akan lebih bebas, termasuk membawa tamu lawan jenis ke dalam kamar. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda wajib menegaskan bahwa kosan untuk satu jenis.

Maksudnya adalah demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya menegaskan kosan untuk wanita saja atau kosan untuk pria saja. Tujuannya supaya lebih mudah untuk mereka berbaur satu sama lain serta lebih aman serta nyaman pula bagi Anda sebagai pemilik kosan jika terjadi pelanggaran aturan.

Tantangan lainnya yang harus bersiap dihadapi oleh para pebisnis kosan adalah ketika kamar kos sepi akan peminat. Memiliki properti yang dekat dengan keramaian memang sangat menguntungkan, akan tetapi juga bisa menjadi tantangan tatkala sudah banyak orang menjalankan bisnis kos-kosan di sana.

Tantangan bagi Anda adalah bagaimana caranya menggaet peminat untuk menyewa kamar kos karena fasilitas yang lengkap, harga bersahabat, kebersihan kosan yang terjamin, dan pelayanan yang ramah. Jika Anda bertindak langsung di lapangan maka usahakan untuk berbaur dengan para anak kos.

Jika Anda menggunakan jasa penjaga kosan maka pastikan orang yang Anda tunjuk adalah orang terbaik dan bisa menjalin komunikasi dengan baik pula dengan anak kos. Memulai komunikasi lebih dulu demi mengakrabkan diri dengan anak kos tentu tidak ada salahnya demi mempererat tali silaturahmi.

Bahkan untuk jenjang yang lebih jauh, Anda bisa memanfaatkan anak kos untuk membuka usaha sampingan, seperti menjalankan usaha souvenir. Anda bisa bertindak selaku pemilik modal dan anak kos akan diuntungkan karena mendapatkan keterampilan serta mendapatkan tambahan uang jajan.

Trik Menjalankan Usaha Kos-kosan Menguntungkan

Trik Menjalankan Usaha Kos-kosan Menguntungkan

Pintar dalam membaca peluang usaha, itu sepertinya hal yang tepat untuk mengungkapkan solusi atas berbagai tantangan yang akan dihadapi pebisnis kosan seperti di atas. Kemunculan pesaing adalah faktor eksternal yang tidak bisa dibendung oleh Anda dari dalam sebab hak setiap orang untuk berbisnis.

Namun, setidaknya Anda bisa meraih keuntungan dengan berbisnis kos-kosan dengan menjalankan beberapa tips jitu di bawah ini:

1. Memilih Lokasi Kosan yang Tepat

Membuka usaha kosan di perkampungan tentu bukan pilihan tepat sebab tidak menjamin orang akan menyewanya. Membuka usaha kosan di kota pun membutuhkan survey mendalam apakah ada orang yang mau menyewa kamar kos. Berbagai hal harus dipikirkan ketika membuka bisnis diĀ  bidang kosan.

2. Menerapkan Harga Masuk Akal

Mencari keuntungan dari bisnis yang dijalankan tentu penting, namun menerapkan harga terlalu tinggi di luar akal sehat juga tidak menjamin Anda meraih banyak keuntungan. Secara tidak langsung, usaha kosan adalah usaha menjual jasa, salah satunya kenyaman penyewa kamar dari penetapa harga kosan.

3. Memberikan Fasilitas Terjamin

Range harga yang ditawarkan mesti seimbang dengan fasilitas yang diberikan. Tidak mungkin Anda mematok harga kosan tinggi jika di kamar kos hanya berupa kotak kosong tanpa kamar mandi di dalam. Sebaliknya, Anda bisa bebas menentukan harga dari kamar kos dengan kamar mandi, ac, dan dapur.

4. Mengurus Perizinan dan Pajak

Ini juga tidak kalah penting supaya usaha kosan Anda tidak bermasalah di kemudian hari. Pengurusan izin membangun dan membayar pajak rutin di waktu yang ditentukan wajib ditaati. Dengan demikian, Anda sudah bertindak sebagai warga negara dan pebisnis yang taat pada ketentuan dan aturan negara.

Mengurus izin dan pajak tidak perlu lagi Anda lakukan jika usaha kosan dijadikan sebagai salah satu usaha rumahan yang artinya tidak membangun properti di tanah terpisah dari rumah. Anda cukup meminta izin kepada RT dan RW untuk membuka bisnis kosan supaya pejabat setempat mengetahuinya.

Kesalahan Fatal yang Perlu Dihindari Ketika Usaha Kos Kosan

Kesalahan Fatal yang Perlu Dihindari Ketika Usaha Kos Kosan

Setiap pebisnis yang menjalankan usaha, apa pun jenisnya pasti mengharapkan keuntungan dari usaha yang dijalankan. Demikian juga halnya dengan berbisnis kos-kosan. Namun, keuntungan tersebut tidak akan Anda dapatkan jika masih melakukan berbagai hal keliru, seperti keputusan-keputusan ini:

1. Tidak Ada Promosi

Promosi atau beriklan adalah hal penting untuk apa pun jenis usaha yang dijalankan. Terutama ketika Anda berbisnis di lokasi yang banyak orang menjalankan bisnis serupa. Misalkan mahasiswa ditawari berbagai jenis kosan, tentu mereka akan memilih penawaran dari yang lebih bisa meyakinkan.

2. Menentukan Harga Asal-asalan

Tidak memerhatikan harga pasaran dari para pesaing juga bisa menjadi batu sandungan yang sulit membuat bisnis Anda berkembang. Belajar dari pesaing bukanlah hal memalukan sebab Anda bisa mengambil banyak pelajaran untuk bisnis serupa yang dijalankan, terutama penentuan harga.

Salah-salah tanpa membaca harga yang diterapkan pesaing, Anda justru menerapkan harga terlalu tinggi atau bukan tidak mungkin penerapan harganya terlalu rendah.

3. Abai pada Perawatan

Setelah membangun kosan, bukan berarti begitu saja Anda terlepas dan tinggal mengeruk untung dari biaya sewa per bulan. Ibaratkan kos-kosan seperti rumah yang Anda huni, di mana membutuhkan perawatan rutin dan juga perawatan tahunan. Setidaknya kosan disapu dan dipel setiap hari.

Tidak sedikit bisnis kos-kosan yang akhirnya ditinggalkan peminatnya karena pemilik kosan tidak memiliki dana untuk servis atau memberikan perawatan rutin. Padahal, hal utama orang menyewa kamar kos adalah untuk mendapatkan kenyamanan.

4. Tidak Menerapkan Aturan

Menerapkan aturan adalah hal yang penting untuk menjaga kenyamanan antara pemilik kosan, penjaga kosan, dan penghuni kosan. Dengan disodorinya penghuni kosan atas beberapa butir aturan, dengan demikian terdapat batas-batas yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan oleh penghuni di kos-kosan.

Meskipun bisnis kos-kosan ini tidak mengharuskan Anda stay di lokasi selama 24 jam, bukan berarti Anda terlepas dari beban biaya perawatan, seperti cat ulang dan penggantian berbagai properti yang lapuk termakan usia. Dari berbagai keuntungan usaha kos-kosan, sisihkan sebagian untuk perawatan.

Peluang Usaha Kos-kosan (Yang Menjanjikan)

Add Comment