Peluang Usaha Warung Kopi beserta Analisa Bisnisnya (Terlengkap)

Usaha Warung Kopi – Sejak dahulu, kopi merupakan minuman yang terkenal baik di Indonesia maupun di luar negeri. Semua kalangan baik bawah maupun atas gemar dengan kopi. Akibat kepopuleran tersebut, banyak bermunculan usaha warung kopi, mulai dari kedai tradisional sampai kafe modern.

Banyaknya peminat kopi menjadikan bisnis ini tak pernah sepi pengunjung dan menjadi incaran pengusaha baru untuk membuka usaha. Bisnis warung kopi merupakan usaha yang menjanjikan. Sebab, pertumbuhan profitnya cenderung naik setiap hari.

Sejarah Warung Kopi di Indonesia

Sejarah Warung Kopi di Indonesia

Warung kopi sudah berdiri di Indonesia sejak empat abad yang lalu. Bibit biji kopi pertama kali dikirimkan oleh India kepada Pemerintah Belanda di Batavia tahun 1696. Jenis biji kopi yang dikirim tersebut adalah kopi Yemen atau dengan Arabica.

Bibit kopi pertama tersebut gagal tumbuh di Batavia dikarenakan banjir. Kemudian, pada pengiriman kedua, bibit tersebut berhasil tumbuh dan mulai dikirim ke Eropa pada tahun 1711. Pengiriman kopi meningkat sampai 60 ton per tahun dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

Koffie Warung Tinggi adalah salah satu kedai kopi legendaris yang masih berdiri hingga saat ini. Kedai tersebut terletak di Jalan Sekolah Tangki No 26, Hayam Wuruk, Jakarta Barat dan sudah berusia 138 tahun.

Sebelumnya, kedai kopi yang didirikan oleh Liaw Tek Soen pada tahun 1878 ini bernama Tek Sun Ho. Kedai kopi ini sudah melewati lima generasi dan mampu bertahan hingga saat ini. Kedai juga memiliki cabang yaitu di mall yang berada di Jakarta Pusat, yaitu Grand Indonesia.

Kopi Jantan dan Kopi Betina merupakan menu khas di kedai Koffie Warung Tinggi. Rasa yang keras dan pekat memiliki khasiat meningkatkan vitalitas merupakan ciri khas kopi jantan, sedangkan kopi betina banyak digemari anak muda.

Warung Tinggi juga menyuplai kopi ke berbagai hotel, supermarket, dan perkantoran. Produk Warung Tinggi ini juga berhasil menembus pasar internasional. Produk mereka sudah diekspor ke Jepang dan Amerika.

Langkah Memulai Usaha Warung Kopi

Langkah Memulai Usaha Warung Kopi

1. Menyusun konsep

Anda tidak bisa membuka warung kopi begitu saja tanpa sebuah konsep yang matang, sebab akan tersaingi oleh usaha warung kopi yang lain. Pelanggan tidak akan mengingat warung kopi Anda jika tidak memiliki konsep yang jelas.

Banyak tema yang biasa diterapkan oleh warung kopi, misalnya tradisional, vintage, literasi dan sebagainya. Anda harus bisa menemukan ide konsep yang unik untuk warung kopi Anda agar berbeda dengan warung kopi lainnya dan memudahkan pelanggan mengingat warung kopi Anda.

2. Menentukan lokasi usaha

Tempat akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha Anda. Jadi, pastikan memilih tempat yang strategis. Pilihlah lokasi yang dekat dengan kampus karena pasti banyak mahasiswa yang akan datang ke warung kopi Anda, baik untuk sekadar minum kopi maupun mengerjakan tugas.

Jika warung kopi Anda ditujukan ke mahasiswa, usahakan cari tempat yang luas. Anda juga harus menyediakan fasilitas yang mungkin diperlukan yaitu wifi, toilet, stop kontak dan lain-lain. Buat warung kopi Anda senyaman mungkin agar para pelanggan betah berada di warung kopi Anda.

3. Menyusun menu yang akan dijual

Warung kopi tak harus hanya menjual berbagai jenis kopi. Tambahan menu lain yang ditawarkan juga merupakan faktor yang penting. Dengan menu yang bervariasi, pelanggan akan betah berlama-lama di warung kopi Anda.

Untuk makanan pendamping Anda bisa menyediakan roti bakar, sosis bakar, kentang goreng, donat, waffle dan sebagainya. Anda juga bisa menambahkan menu makanan berat seperti nasi goreng, ayam goreng, pasta, ayam goreng, dan sebagainya.

4. Mengurus perizinan usaha

Perizinan usaha merupakan hal terpenting dalam membangun sebuah usaha. Terlebih lagi usaha warung kopi biasanya buka 24 jam. Untuk kebaikan ke depannya, surat perizinan usaha harus diurus terkait berjalannya usaha kopi Anda kedepannya.

Tips Usaha Kopi Bagi Pemula

Tips Usaha Kopi Bagi Pemula

Kesuksesan bisnis itu bergantung pada cara mengelola dan mengembangkan bisnis tersebut. Berikut ini adalah tips bagi pemula dalam membuka usaha kopi.

1. Cari supplier tingkatan terendah

Dengan supplier ditingkatan paling bawah, harapannya adalah mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sebab harganya masih murah. Namun Anda juga harus memperhatikan kualitas, jangan sampai memberikan kualitas yang buruk pada konsumen.

2. Promosi

Anda harus melakukan promosi usaha warung kopi agar dikenal masyarakat luas. Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mulut ke mulut, review melalui media sosial hingga diskon kepada pengunjung.

Buat promosi yang menarik sehingga akan membuat konsumen penasaran kemudian berkunjung ke warung kopi Anda. Inovasi juga dibutuhkan untuk mempertahankan eksistensi warung kopi Anda dan pengembangan usaha.

3. Kreatif dan inovatif

Kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha apapun itu. Terutama usaha warung kopi ini, sebab sudah banyak kedai-kedai kopi yang berdiri. Anda harus terus memikirkan cara agar warung kopi Anda terus berkembang.

Anda harus bisa menciptakan keunikan tersendiri untuk warung kopi milik Anda. Tujuannya agar pengunjung terkesan dan nyaman dengan warung kopi Anda. Pengunjung pun tak kapok dan akan datang kembali.

Kelebihan Usaha Warung Kopi

Kelebihan Usaha Warung Kopi

1. Profit tinggi

Bisnis kopi berbeda dengan bisnis lainnya, omzet dari usaha ini biasanya didapat per hari. Pada hari libur atau weekend omzet dipastikan akan meningkat. Akan tetapi, Anda juga harus menyediakan kopi yang nikmat serta tempat yang nyaman untuk mendapat keuntungan besar.

2. Target pasar luas

Dari kalangan atas hingga kalangan bawah dan remaja hingga dewasa dapat dipastikan gemar dengan kopi. Hal tersebut yang menyebabkan bisnis ini mendapat keuntungan yang besar. Ditambah lagi, sekarang sedang tren di kalangan remaja membuat feeds instagram ketika sedang di kafe.

3. Hanya perlu tempat nyaman dan menu sederhana

Unsur yang terpenting adalah menciptakan kenyamanan di warung kopi Anda. Jangan lupa untuk memberi fasilitas yang kerap dibutuhkan pengunjung. Dengan hal tersebut, memudahkan pengunjung yang ingin mengerjakan tugas sekaligus minum kopi.

Tidak seperti usaha kuliner lainnya, usaha warung kopi hanya memerlukan kreativitas Anda dalam menawarkan menu sederhana yang dikemas secara modern dan unik agar dapat menarik minat konsumen. Contohnya variasi kopi yang dicampur dengan susu, green tea, moka, dan lain-lain.

Ide Bisnis Usaha Dunia Kopi

Ide Bisnis Usaha Dunia Kopi

Apabila Anda ingin membuka usaha kopi, namun terkendala modal. Berikut 3 ide usaha kopi dengan modal yang tak akan menguras kantong.

1. Bisnis cold brew

Saat ini sedang marak tren cold brew atau kopi seduh dingin. Anda bisa membuat brand cold brew sendiri tanpa harus ke kafe atau kedai kopi besar. Anda hanya perlu kepiawaian dalam marketing guna menjual brand kopi Anda melalui media sosial.

Untuk modal, Anda harus mengeluarkan sekitar dua ratus ribuan hingga jutaan untuk membeli alat seduh dingin. Apabila modal yang ada tidak terlalu besar Anda dapat memilih alat pembuat cold brew sesuai kantong dan kebutuhan Anda seperti Hario Mizudashi Coffe Pot sekitar dua ratus ribuan.

Alat seduh manual pour over digunakan beberapa pengusaha cold brew untuk meracik kopinya. Melakukan eksperimen dengan beberapa biji kopi juga harus Anda lakukan sesuai brand cold brew yang Anda ciptakan. Jangan lupa untuk mendesain kemasan agar menarik minat masyarakat.

2. Bisnis biji kopi

Bisnis ini hanya perlu menjual kembali biji-biji kopi dari pabrik kopi atau petani kopi ke berbagai orang, bisa coffe shop atau perorangan. Anda hanya perlu ketelitian dalam memilih biji kopi yang terbaik dan layak jual. Anda juga bisa me-rebrand biji kopi tersebut dengan brand Anda sendiri jika memungkinkan.

Saat ini juga sedang hits pengharum dari biji kopi, baik untuk pengharum ruangan maupun pengharum mobil. Anda hanya perlu mengemas semenarik mungkin dan memilih biji kopi berkualitas agar aromanya juga berkualitas.

3. Kopi manual

Kedai kopi tak selamanya soal tempat yang mewah, mesin espresso mahal, sofa mewah dan modal mahal. Usaha warung kopi sederhana pun bisa menjadi berkualitas jika Anda benar-benar berniat membuat kedai kopi berkualitas.

Anda bisa memilih alat seduh manual yang harganya tidak mencekik leher seperti Rok Presso atau Bellman untuk menghasilkan espresso. Sediakan juga manual brew yang lain seperti Chemex, Aeropress, alat-alat tersebut tidak menggunakan listrik jadi bisa menghemat modal.

Penyebab Kegagalan Dalam Usaha Kopi

Penyebab Kegagalan Dalam Usaha Kopi

1. Pengetahuan yang kurang tentang kopi

Sebelum memulai usaha dalam dunia perkopian, setidaknya Anda harus mengetahui kopi dan jenis-jenisnya. Mungkin Anda sudah mahir dalam bisnis food and beverage, tetapi itu tak cukup untuk dijadikan patokan Anda akan sukses juga dalam dunia kopi.

2. Keliru dalam memilih tim kerja

Salah memilih manusia yang terlibat dalam bisnis yang Anda jalankan merupakan kesalahan yang fatal. Anda harus pandai dalam memilih orang untuk bekerja sesuai passion bukan karena uang semata saja.

Anda dapat melihat karakter calon pegawai Anda dengan melakukan tes wawancara. Anda juga harus teliti dalam mengambil keputusan saat menentukan siapa yang akan menjadi bagian dari tim untuk mengembangkan bisnis Anda.

3. Salah dalam memilih partner bisnis

Masalah krusial lain selain tim kerja adalah partner bisnis. Apabila Anda ingin membangun warung kopi dengan rekan bisnis, pilihlah orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dengan Anda. Pilih orang yang bisa menghargai pendapat dan mendukung ide Anda.

Jangan sampai usaha yang sudah dibangun dengan susah payah tutup ditengah jalan, karena perbedaan pendapat yang tidak diselesaikan antara keduanya. Bila perlu buat perjanjian hitam di atas putih sebelum memutuskan segala sesuatu.

4. Mindset yang salah

Mindset yang dimaksud adalah “uang adalah segalanya”. Uang bukan merupakan tolak ukur seseorang berhasil dalam berbisnis. Tetapi modal yang kuat, tim kerja yang solid, pengetahuan yang mumpuni merupakan faktor utama penentu berhasil tidaknya suatu usaha.

Akan sangat percuma jika ketiga hal di atas tidak dipenuhi. Pastikan Anda paham benar sebelum memulai menjalankan sebuah usaha. Pikirkan dahulu strategi, perdalam pengetahuan dan konsep, siapkan modal usaha juga tim kerja yang solid.

Setelah usaha warung kopi Anda berhasil, Anda harus memulai membuat laporan keuangan. Dengan laporan keuangan tersebut Anda akan lebih mudah dalam melihat pendapatan dan pemasukan. Sehingga memudahkan Anda dalam mengambil keputusan untuk mengembangkan bisnis ini. Selain usaha warung kopi, Anda juga bisa mencoba usaha angkringan atau usaha air isi ulang.

Peluang Usaha Warung Kopi beserta Analisa Bisnisnya (Terlengkap)

Add Comment