8 Tanaman Wortel (Lengkap dengan kandungan, manfaat, dan pengolahan)

Tanaman Wortel – Tanaman wortel adalah salah satu sayuran yang sangat digemari oleh orang di seluruh dunia, juga di Indonesia. Setiap Anda pergi kepasar sayur atau mall bagian sayuran pasti akan menemui wortel. Karena banyak digemari maka wortel juga banyak dijual sehingga Anda akan lebih mudah ketika akan membelinya. Ada banyak jenis wortel namun umumnya yang dijual adalah yang orange.

Sayuran wortel ini mudah diolah menjadi berbagai macam masakan yang menggugah selera Anda. Selain itu banyak juga yang mengkonsumsinya dalam keadaan mentah karena memiliki rasa yang segar dan manis. Wortel juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan mata sehingga banyak orang yang berlomba-lomba mengkonsumsinya.

Sejarah Singkat Wortel

Sejarah Singkat Wortel

Wortel adalah tanaman umbi yang berasal dari daerah Asia yaitu tepatnya Asia Timur dan Tengah dengan iklim negara subtropis. Tanaman ini awalnya adalah tumbuhan liar biasa yang tidak digunakan sebagai sayuran seperti saat ini. 6.500 tahun lalu wortel bahkan belum digemari dan dijadikan bahan makanan sehat seperti saat ini.

Awalnya wortel hanya diambil bagian daun dan bunganya saja karena memiliki bau yang khas. Ahli botani membagi wortel menjadi dua yaitu wortel timur dan barat. Wortel timur ini dibudidayakan di Afganistan pada abad ke 10 M sedangkan wortel barat pada abad ke 15 M di Belanda. Perbedaan antara kedua wortel ini yaitu wortel barat berwarna orang namun wortel timur berwarna ungu.

Negara Cina adalah penghasil terbesar wortel sekitar sepertiga wortel yang ada didunia. Disusul dengan negara lain seperti Rusia dan Amerika Serikat menurut FAO (Organisasi Makanan dan Pertanian PBB). Ada sebuah kota di Amerika Serikat yang menyatakan diri sebagai “Carrot Capital og the World” dan mengadakan festival wortel setiap tahunnya di sana.

Morfologi Wortel

1. Daun

Daun

Wortel memiliki daun dengan bentuk yang bersifat majemuk karena menyirip ganda dua atau bisa juga ganda tiga. Selain itu juga ada bagian anak daun dengan bentuk yang lanset atau seperti garis-garis. Daun dilengkapi dengan tangkai dengan ukuran agak panjang, setiap tanaman akan memiliki 5 hingga 7 tangkai daun. Tangkai ini bersifat kaku, tebal, permukaan halus dan daun yang lemas.

2. Batang

Batang

Sebenarnya tanaman ini juga memiliki batang namun sangat pendek sehingga tidak tampak. Ciri-ciri batangnya adalah memiliki bentuk bulat dengan diameter 1-1,5 cm. Selain itu bagian batang ini tidak berkayu namun agak keras dan memiliki warna hijau tua. Batang kecil ini juga tidak bercabang namun dilengkapi dengan tangkai daun secara langsung sehingga tampak seperti bercabang.

3. Akar

Akar

Akar serabut atau akar dan akar tunggang adalah dua jenis akar yang dimiliki oleh wortel. Bagian akar inilah yang bisa Anda makan atau biasa disebut dengan bagian umbi. Dalam pertumbuhannya akar tunggang akan menjadi umbi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Diameter akar akan mencapai besar hingga berdiameter 6 cm dan memiliki panjang 30 cm.

4. Bunga

Bunga

Wortel memiliki bunga yang tumbuh pada bagian sama dengan daunnya. Warna bunga berbentuk payung berganda ini ada dua jenis, yaitu warna putih atau merah jambu pucat. Bunga ini tumbuh langsung dari tangkai yang tebal namun pendek. Bunga ini nantinya bisa mengalami penyerbukan dan menghasilkan buah serta biji yang kecil juga berbulu.

5. Umbi

Umbi

Bagian umbi ini sebenarnya adalah akar tunggang wortel yang berkembang karena digunakan untuk menyimpan cadangan makanan. Umbi ini umumnya memiliki warna orange yang cerah atau kemerah-merahan karena mengandung zat warna karoten A tinggi. Banyak sekali vitamin dan mineral yang terkandung didalam umbi ini seperti vitamin B, C dan beberapa mineral lain.

5 Jenis Wortel

1. Imperator

Imperator

Tanaman wortel ini memiliki bentuk yang agak bulat dan memanjang dengan bagian paling ujung meruncing atau sedikit seperti kerucut. Ada dua varietas populer wortel jenis ini yaitu Atomic Red dan Autumn King dengan rasa yang sangat lezat. Wortel ini memiliki kulit yang tipis sehingga sangat memudahkan ketika akan dikupas, selain itu juga bisa tumbuh hingga 9 inci (20-30 cm).

Untuk rasa jenis satu ini memang kurang manis karena mengandung sedikit gula namun tetap segar apalagi jika baru saja dipetik. Dagingnya juga sangat renyah dan tentunya tidak memiliki biji. Wortel ini juga memiliki tekstur yang lebih keras sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama dibanding jenis lainnya. Selain itu wortel ini sangat mudah tumbuh dan bisa dipanen dalam 75 hari.

2. Chantenay

Chantenay

Jenis satu ini banyak direkomendasikan oleh pencinta wortel karena memiliki rasa manis yang bisa dinikmati baik dalam keadaan mentah atau dimasak. Bentuknya agak bulat dengan bagian paling bawah umbi yang tumpul. Wortel ini bisa tumbuh sepanjang 10 hingga 12 cm saja, jadi jauh lebih pendek dibanding jenis pertama. Warnanya orenge cerah dan memiliki kulit yang halus.

Royal Chantenay dan Red Chentenay adalah dua varietas terkenal dari banyak jenis lain dari wortel chantenay. Wortel satu ini bisa Anda gunakan untuk menu makanan baik mentah ataupun dioleh dulu seperti dimasak. Rasa manis tetap akan muncul meski wortel telah dimasak, selain itu juga umbi wortel ini jika dimasak akan menjadi lembut.

3. Nantes

Nantes

Jika Anda ingin wortel yang tidak perlu lagi dikupas sebelum dikonsumsi maka pilihlah jenis nantes. Ukuran wortel ini cukup bervariasi mulai dari yang kecil hingga yang besar dengan panjang sekitar 15 hingga 20 cm. Bentuknya seperti silinder dengan bagian paling bawah tumpul dan memiliki warna orange atau orange kemerahan. Selain itu bagian daging wortel ini juga berwarna orange.

Daging wortel yang juga menjadi salah satu favorite banyak orang ini memiliki bulir yang halus, renyah, berair dan inti yang kecil. Rasanya juga manis dan lembut sehingga sangat cocok sebagai salah satu wortel untuk dikonsumsi semua usia. Beberapa varietas yang terkenal adalah Early Nantes, Scarlet Antes, Nantes Half Long dan Nantes Coreless.

4. Danvers

Danvers

Sesuai dengan namanya wortel satu ini dikembangkan di Danvers sebuah daerah di Massachusetts tahun 1870. Jenis satu ini memerlukan waktu penanaman 65 hingga 85 hari hingga siap dilakukan panen. Bentuknya cukup berbeda karena memiliki visual yang panjang, bagian bawah runcing, kurus berisi dan memiliki banyak warna seperti orange.

Jenis Danvers ini menjadi benih yang populer karena memiliki warna orange yang dalam dan rasa yang lebih kaya. Selain itu tanaman ini juga sangat mudah tumbuh, memiliki rasa manis, aroma wangi dan kulit yang halus. Jenis ini juga sama dengan jenis lainnya memiliki banyak varietas namun ada tiga yang popoler. Yellowstone, Danvers Half Long dan Healthmaster adalah yang populer.

5. Round /Mini /Ball

Round /Mini /Ball

Bentuk wortel satu ini juga sesuai dengan namanya yang mini, round atau ball. Jadi wortel ini memiliki bentuk yang bulat dan ukuran yang kecil yaitu 3-4 inci saja. Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah mencoba wortel unik ini dengan penyajian secara utuh dan masih dilengkapi dengan daunnya. Karena bentuknya kecil wortel ini sangat cocok Anda tanam sendiri di rumah.

Rasanya yang manis dan segar sangat cocok sebagai salah satu sayuran untuk keluarga Anda. Diameter wortel mini ini hanya sekitar 1 hingga 2 inci saja sehingga bisa Anda tanam di pot atau polybag kecil. Waktu penanamannya juga cukup singkat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 60 hari saja. Anda bisa mengolah jenis ini sama seperti jenis wortel lainnya dengan dimasak.

Kandungan Gizi Dalam Wortel

1. Beta Karoten

Beta Karoten

Wortel memiliki warna orange cerah karena memiliki beta karoten yang merupakan bahan utama untuk membentuk vitamin A didalam tubuh. Beta karoten ini didalam tubuh Anda akan diubah menjadi vitamin A dengan banyak manfaat lainnya. Dalam 1000 g wortel ini bisa mengandung 8.285 mg beta karoten dan 16.706 IU vitamin A.

2. Mineral

Mineral

Tanaman wortel juga mengandung mineral-mineral seperti sodium, kalsium, fosfor, kalium, mangan, magnesium, zat besi dan tembaga. Mineral tersebut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda yang membutuhkannya. Seperti mineral kalium yang sangat berperan penting dalam mengontrol fungsi detal jantung dan tekanan darah Anda.

3. Antioksidan

Antioksidan

Selain itu wortel juga mengandung antioksidan dalam jumlah banyak yaitu poliacetylene dan juga falcarinol. Antioksidan ini juga sangat diperlukan untuk menjaga tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker. Sebuah study yang dilakukan oleh para ilmuan di University of Newcastle menemukan jika antioksidan falcarinol bisa membunuh sel kanker serta sel prakanker.

4. Vitamin

Vitamin

Dengan konsumsi wortel rutin maka Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin harian seperti vitamin C. Wortel memberikan sekitar 9% vitamin C untuk kebutuhan harian Anda untuk menyingkirkan banyak penyakit dan radikal bebas. Selain itu juga mengandung vitamin B kompleks seperti vitamin B6 /pyridoxine, asam folat, asam pantotenat, thiamin dan lainnya.

5. Serat, Air dan Lainnya

Serat, Air dan Lainnya

Sayuran wortel ini mengandung serat dan air yang sangat sehat untuk sistem pencernaan dan metabolisme tubuh Anda. Juga banyak lagi zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, lemak tak jenuh ganda, kalori dan gula. Jadi sudah saatnya memasukkan wortel sebagai salah satu diet harian Anda karena memiliki banyak sekali manfaat baik asal tidak dikonsumsi berlebihan.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Banyak yang percaya bahwa wortel bisa sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi kerusakan mata. Namun hal ini bukan hanya mitos belaka karena memang wortel mengandung zat yang baik untuk mata yaitu vitamin A. Selain itu wortel juga mengandung lutein yang merupakan sebuah zat untuk aktioksidan kesehatan mata Anda.

2. Merawat Kulit

Merawat Kulit

Wortel juga bisa digunakan untuk merawat kulit agar lebih lembut, bersih dan sehat. Anda yang memiliki masalah kulit berminyak sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi wortel. Jika Anda rajin mengkonsumsi wortel setiap hari maka kulit berminyak dan wajah kusam akan menghilang. Selain itu kulit juga akan terasa lebih lembut dan bersih karena wortel banyak mengandung vitamin.

3. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan

Wortel adalah sayuran yang mengandung banyak serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Serat ini dapat mengatur pergerakan usus sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan dan menurunkan berat badan. Jika Anda sering mengalami sembelit bisa mengkonsumsi wortel untuk mengatasinya daripada terus meminum obat kimia.

4. Membuat Kehamilan Lebih Sehat

Membuat Kehamilan Lebih Sehat

Wortel mengandung banyak mineral yang sangat penting dalam mendukung perkembangan janin di dalam rahim. Ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi wortel karena mengandung banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Jika Anda rajin mengkonsumsi wortel saat hamil maka akan terhindar dari bayi yang lahir cacat. Juga kandungan antioksidan yang baik untuk menurunkan risiko infeksi.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh yang tidak baik akan menyebabkan banyak masalah kesehatan lain. Hal ini bisa saja menjadi sangat parah jika tidak ditangani dengan baik dan benar. Namun Anda juga bisa mulai rutin mengkonsumsi wortel agar meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan vitamin B dalam wortel ini mampu memecah protein, lemak hingga glukosa sehingga metabolisme lebih efisien.

6. Baik Untuk Jantung

Baik Untuk Jantung

Wortel juga sangat baik untuk kesehatan jantung dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini karena kandungan gizi yang terdapat di dalam wortel seperti vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini seperti vitamin A, fosfor, beta karoten dan kalsium. Semuanya itu dapat berfungsi sebagai penjaga agar jantung tetap sehat dan tidak mengalami masalah serius.

7. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang karena bisa membunuh dengan cepat. Namun jika rajin mengkonsumsi wortel diketahui dapat menurunkan resiko Anda terserang penyakit kanker. Hal ini karena kandungan antioksidan pada wortel yang telah diteliti mampu membunuh sel kanker dan sel yang berpotensi menjadi kanker.

8. Mempertajam Memori Otak

Mempertajam Memori Otak

Vitamin B yang terkandung di dalam wortel sangat baik untuk otak karena mampu mempertajam ingatan atau memori. Jika Anda rajin mengkonsumsi wortel maka biasanya akan lebih mudah dalam mempelajari atau mengerjakan sesuatu. Anda yang memiliki anak juga bisa memasukkan wortel sebagai menu wajib untuk kesehatan otaknya.

9. Memperlambat Penuaan

Memperlambat Penuaan

Menjadi tua adalah hal yang pasti namun memperlambat penuaan sangat penting agar tubuh tetap bugar dan sehat meski sudah cukup berumur. Beta karoten yang terkandung dalam jumlah besar dalam wortel bisa membersihkan sel-sel yang telah mati. Hal ini tentunya sangat bermanfaat sehingga bisa memperlambat penuaan dini dalam diri Anda.

10. Kesehatan Mulut

Kesehatan Mulut

Mulut yang sehat dan nafas segar sangat penting terutama jika Anda termasuk sering betemu banyak orang. Wortel mengandung banyak mineral yang salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan mulut. Meneral tersebut memiliki sifat khas antibakteri yang bisa mencegah kerusakan gigi dan mulut. Juga riboflavin dalam wortel yang bisa membuat flak menghilang dari gigi Anda.

11. Menghilangkan Bekas Luka dan Masker

Menghilangkan Bekas Luka dan Masker

Wortel juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka atau sebagai masker yang merawat wajah Anda. Gunakan wortel untuk menghilangkan bekas luka atau wajah yang kemerahan akibat sengatan panas matahari. Untuk masker Anda bisa membuat wortel menjadi jus serta dicampur dengan outmeal sehingga menjadi lebih padat dan digunakan seperti masker.

12. Meningkatkan Kualitas Sperma

Meningkatkan Kualitas Sperma

Wortel juga memiliki dampak yang positif jika dikonsumsi oleh kaum pria. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah meningkatkan kualitas sperma. Vitamin A dengan kandungan tinggi dalam wortel inilah yang membantu menjaga kualitas sperma pria. Oleh sebab itu sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang program untuk segera memiliki anak.

13. Anti Radang

Anti Radang

Kandungan yang terdapat di dalam wortel seperti vitamin dan mineral sangat berguna untuk obat anti radang. Anda yang biasa mengkonsumsi obat-obatan bisa beralih ke wortel yang lebih alami namun memiliki fungsi yang sama. Anti radang dari wortel sama dengan ketika Anda mengkonsumsi obat seperti ibuprofen atau aspirin dari apotek.

14. Baik Untuk Kesehatan Rambut

Baik Untuk Kesehatan Rambut

Anda yang memiliki masalah kesehatan rambut bisa mencoba mulai mengkonsumsi wortel secara rutin. Wortel ini bisa mengatasi berbagai masalah rambut seperti kerontokan yang bisa menyebabkan kebotakan. Wortel juga bisa membuat rambut lebih cepat tumbuh dan menebalkannya. Rambut Anda akan lebih sehat, tebal dan kuat dengan konsumsi wortel rajin.

15. Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan sakit kepala parah bahkan penyakit berbahaya lainnya. Anda tidak akan bisa menikmati makanan bersantan dengan baik saat hari lebaran tiba. Saatnya mulai rajin mengkonsumsi wortel untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Serat yang terdapat dalam wortel mampu menghambat lemak sehingga menurunkan jumlah kolesterol di darah.

16. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat baik dari wortel adalah untuk meningkatkan daya tahun tubuh Anda, terutama jika sedang sakit. Sup wortel yang dicampur dengan ketumbar adalah paduan sehat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan cepat. Kombinasi dua bahan makanan ini juga mampu menjauhkan tubuh dari berbagai infeksi yang disebabkan oleh virus berbahaya.

17. Menyamarkan Flek Hitam di Wajah

Menyamarkan Flek Hitam di Wajah

Wajah adalah bagian yang sangat penting terutama bagi kaum wanita kerana terlihat cantik adalah impian semua orang. Jika ada flek hitam maka bukan tidak mungkin akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Anda bisa menggunakan campuran jus wortel dan olive oil untuk membuat masker yang secara rutin akan menyamarkan flek hitam di wajah.

18. Relaksasi Kulit

Relaksasi Kulit

Setiap hari Anda beraktivitas sehingga terkena berbagai debu dan polusi dimanapun itu. Belum lagi stress akibat tekanan pekerjaan dan harus mengurus rumah tangga. Gunakan masker wortel dengan campuran sedikit air mawar untuk membuat wajah lebih rileks. Cara ini ampuh untuk membuat wajah menjadi lebih cerah, segar dan tidak lagi tampak kelelahan.

19. Stimulasi Produksi Kolagen

Stimulasi Produksi Kolagen

Kolagen adalah zat yang diproduksi dalam tubuh namun bisa mengalami penurunan akibat bertambahnya usia. Agar stimulasi kolagen tetap baik Anda bisa mengkonsumsi wortel dengan rutin untuk menjaga elastisitas kulit. Kolagen ini bukan hanya untuk kulit namun juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain seperti mencegah penyakit tulang osteoporosis.

Tips Memilih dan Menyimpan Wortel

1. Memilih Wortel

Memilih Wortel

Wortel sangat mudah ditemukan dipasar mana saja namun Anda tetap harus memilih yang berkualitas baik. Pilih wortel dengan ciri-ciri masih agak muda, lembut dan warna cerah yang merata. Hindari memilih wortel yang mengkerut kering, lunak, lembek atau memiliki goresan atau luka. Juga jangan memilih ukuran wortel yang sangat besar karena kualitas buruk atau kadaluarsa.

2. Menyimpan Wortel

Menyimpan Wortel

Sebelum menyimpannya Anda harus mencuci wortel terlebih dahulu hingga bersih agar bebas dari debu, tanah dan pestisida. Gunakan air yang dingin dan mengalir untuk melakukan pencucian wortel tersebut. Anda bisa menyimpan wortel dalam waktu 1 hingga 2 minggu saja di dalam kulkas dengan suhu dibawah 35 derajat F. Pastikan kelembaban terjaga agar wortel tetap segar saat dikonsumsi.

Pengolahan Wortel

1. Konsumsi Mentah

Konsumsi Mentah

Anda bisa langsung mengkonsumsi wortel yang sudah dicuci dengan bersih secara langsung untuk menikmati rasa yang manis dan segar. Selain itu olahan lain dalam bentuk masih mentah bisa Anda temukan pada salad dan acar. Anda juga bisa membuat jus wortel yang sehat dengan atau tanpa ditambah dan sayuran lain.

2. Dimasak

Dimasak

Wortel umumnya dimasak dengan cara direbus dengan berbagai tambahan sayur lainnya. Namun saat ini sudah banyak sekali resep masakan lain seperti di tumis atau disayur. Anda bisa menyesuaikan saja dengan selera masing-masing. Wortel juga banyak ditambahkan sebagai menu makanan sehat untuk balita dengan cara dihaluskan dan dicampur bahan lainnya.

Cara Menanam Wortel dari Sampah Wortel

Jika Anda suka mengkonsumsi wortel tentunya akan banyak sampah wortel yaitu bagian atas antara daun dan umbi. Bagian atas umbi ini sering dibuang karena memiliki tekstur yang lebih keras jadi tidak disukai. Namun ternyata bagian tersebut bisa digunakan untuk bibit kembali dan menghasilkan tanaman wortel baru. Berikut tiga cara untuk menanam wortel menggunakan sampah wortel sisa.

1. Menggunakan Air

Menggunakan Air

Siapkan media tanam berupa air di dalam gelas dan ditempat yang terang namun tidak langsung terpapar sinar matahari. Potonglah wortel bagian atas yang tidak digunakan untuk makanan sekitar 3 cm saja. Gunakan tusuk gigi sebagai penahan agar potongan batang wortel tidak tenggelam masuk ke dalam air di gelas.

Lanjutkan dengan meletakkan wortel pada gelas dengan bagian bawah mengenai air namun dalam posisi menggantung. Cek setiap hari dan lakukan penambahan air jika mulai berkurang dan tidak mengenai bagian bawah wortel. Nantinya tunas serta akar akan muncul dan bibit wortel ini bisa Anda pindahkan ketanah untuk prose pertumbuhan selanjutnya.

2. Menggunakan Piring

Menggunakan Piring

Sisa bagian atas wortel yang keras bisa Anda potong sama menjadi ukuran sekitar 3 cm saja. Lalu letakkan bagian tersebut dalam piring, karena piring cukup luas maka Anda bisa meletakkan beberapa potongan wortel. Tambahkan air ke dalam piring berisi wortel dengan menyisakan bagian atasnya sekitar 2 cm yang tidak terendam air.

Letakkan media tanam piring dan wortel ini ditempat yang menpunyai suplay cahaya matahari cukup namun tidak terpapar langsung. Jika air berkurang Anda bisa mulai menambahkan kembali dengan cara yang sama. Saat akar dan daun sudah mulai muncul siapkan media tanam sungguhan menggunakan tanah yang diberi pupuk kompas.

3. Menggunakan Koran

Menggunakan Koran

Sediakan beberapa lembar koran dalam sebuah wadah seperti piring atau wadah lain yang lebih lebar. Susun dan rendam koran dengan air hingga basah, jika air berlebih maka Anda bisa membuang sisa tersebut. Susunlah wortel sisa pada bagian atas koran yang telah basah karena diberi air. Perhatikan agar keadaan koran tetap basah dengan menambah air secara berkala.

Setelah beberapa hari kemudian maka akan muncul tunas daun dna juga akar dibagian bawah wortel. Jika tunas telah muncul maka saatnya wortel tersebut dipindahkan ke tanah agar pertumbuhannya lebih baik lagi. Rajinlah melakukan penyiraman dan pemupukan dengan bahan alami agar wortel dapat tumbuh dengan baik dan bisa dikonsumsi kembali.

Wortel dengan segudang manfaat dan rasa yang enak adalah makanan yang wajib ada dalam menu diet Anda. Harganya yang murah dan mudah ditemukan dimana saja sehingga akan lebih mudah untuk membelinya. Tanaman wortel juga bisa dibudidayakan kembali menggunakan sampah sisa dengan tiga cara pembibitan seperti di atas.

8 Tanaman Wortel (Lengkap dengan kandungan, manfaat, dan pengolahan)

Leave a Reply