Site icon Sumber Informasi

20 Tanaman Venus Yang Meghasilkan Milyaran Rupiah Tiap Panen

Tanaman Venus – Tanaman venus merupakan jenis tumbuhan yang mendapatkan nutrisi dengan cara memakan serangga. Hal tersebut harus dilakukan untuk bisa menutrisi dan memberikan energi untuk pertumbuhan venus. Kondisi inilah yang kemudian membuat jenis tanaman ini terkenal dengan sebutan tanaman karnivora.

Untuk bisa tumbuh dengan baik, tumbuhan perlu nutrisi seperti fosfor, nitrogen dan karbon. Umumnya, tanaman bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari tanah tempatnya tumbuh. Namun venus cenderung tumbuh di tanah yang kurang bagus dan tidak banyak mengandung mineral dan bahan organik lainnya. Itulah mengapa tumbuhan ini membutuhkan serangga.

Cara Tanaman Venus Mencerna Makanannya

Ternyata tanaman tidak hanya mengandalkan unsur hara yang terdapat di tanah saja. Namun terdapat beberapa tanaman lain yang harus memangsa serangga untuk bisa memenuhi nutrisinya seperti tanaman venus. Tumbuhan ini memiliki mulut yang bisa menutup dengan sangat cepat. Sehingga ketika ada serangga yang menempel maka katup mulut akan menutup.

Tanaman ini menarik perhatian serangga seperti lalat, semut, nyamuk dan lain sebagainya dengan warna rahang yang menawan. Warna merah pada rahang tidak terlihat menyeramkan justru sangat indah. Hal inilah yang membuat serangga tertarik untuk hinggap. Ketika serangga masuk ke dalam rahang akan langsung dicerna.

Pada sisi rahang terdapat terdapat rambut sensori yang memiliki panjang sekitar 0.5 cm. Ketika serangga menyentuh rambut tersebut dua kali, maka secara otomatis dalam waktu 20 detik rahang tumbuhan akan menutup. Mengapa harus dua kali? Untuk membedakan mangsa dengan tetesan hujan ataupun sentuhan lain yang bukan mangsa.

Ketika rahang sudah tertutup, maka tidak akan ada lagi udara yang bisa masuk ataupun keluar. Kelenjar yang terdapat di rahang akan menghasilkan enzim untuk bisa mencerna serangga. Enzim yang pertama akan dihasilkan adalah eksoskeleton yang terbuat dari kitin kemudian darah yang banyak mengandung nitrogen yang disebut dengan hemolymph.

Setiap serangga memiliki waktu yang berbeda-beda untuk bisa dicerna dengan baik oleh venus. Ketika rahang sudah kembali terbuka, maka yang tersisa hanyalah tulang serangga yang akan menjadi debu ketika tertiup oleh angin. Cara kerja tumbuhan ini sangat berpengaruh dengan hormon jasmonate.

Manfaat Tanaman Venus Untuk Tubuh Manusia

Tanaman venus memiliki banyak kandungan senyawa yang bisa bermanfaat untuk tubuh manusia. Hal tersebut terjadi mungkin karena kandungan zat dari berbagai serangga yang sudah dimakannya. Meskipun tumbuh di daerah yang cukup berawa dan dikategorikan sebagai tumbuhan karnivora, namun senyawa penting dalam venus bisa dimanfaatkan untuk berbagai penyakit.

Selain itu, venus juga bisa menghasilkan sebuah enzim yang berfungsi untuk mengobati peradangan. Apa saja manfaat venus yang lainnya, simaklah informasi di bawah ini.

1. Meningkatkan HDL

Kolesterol di dalam tubuh tidak selamanya mengandung hal buruk, namun juga ada yang bersifat baik seperti HDL. Kandungan plumbagin yang terdapat pada tumbuhan venus bisa membantu tubuh untuk meningkatkan HDL secara lebih maksimal.

HDL berperan penting untuk membersihkan pembuluh darah dari berbagai jenis kotoran yang berasal dari luar tubuh. Selain itu, HDL juga bisa membersihkan darah Anda dari jenis kolesterol buruk yang mampu membahayakan kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan telah terbukti bahwa bunga venus bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu maka Anda bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Meskipun dianggap sebagai jenis tumbuhan karnivora, namun jenis tumbuhan ini bisa memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi sari bunga venus untuk menjaga kesehatan tubuh secara lebih maksimal.

3. Mengatasi infeksi

Infeksi seringkali menyerang tubuh dan bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya untuk tubuh. Infeksi seringkali terjadi akibat serangan virus atau bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Bunga venus bisa bermanfaat untuk menurunkan resiko terserang bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi. Dengan begitu Anda bisa menjaga kesehatan tubuh secara lebih maksimal.

4. Mengobati penyakit kanker

Sebuah studi yang di Jepang, menyimpulkan bahwa kandungan plumbagin yang terdapat dalam tumbuhan venus bisa bermanfaat untuk mengurangi ukuran tumor yang ada di bagian usus. Senyawa ini bersifat anti-inflamasi, anti-malaria dan anti-mikroba.

Ekstrak tumbuhan ini bisa dijadikan obat yang cukup efektif untuk mengobati sel kanker tanpa harus melakukan kemoterapi ataupun terapi radiasi yang lainnya. Jenis tumbuhan ini diketahui bisa menyembuhkan berbagai jenis kanker kecuali leukimia.

5. Membunuh parasit berbahaya yang ada di dalam tubuh

Berbagai penyakit atau gangguan bisa diakibatkan dari serangan parasit yang berbahaya untuk tubuh. Untuk bisa melindungi diri dari gangguan tersebut, Anda bisa mengkonsumsi bunga venus. Jenis tumbuhan ini bisa berfungsi untuk membunuh parasit berbahaya yang bisa menyebabkan perut kembung, jerawat, mencret dan lain sebagainya.

Jika Anda mulai merasakan gejala-gejala seperti perut kembung atau mencret bisa langsung mengkonsumsi bunga venus untuk mengatasi keluhan tersebut.

6. Mengatasi alergi

Kandungan bioflavonoid pada tumbuhan venus bisa berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Dengan begitu Anda bisa menjaga kesehatan kulit secara lebih efektif. Bukan hanya itu, venus juga memiliki kandungan quercetin yang bisa berperan penting untuk modulasi alergi sehingga bisa berfungsi untuk menstabilkan sel dalam tubuh.

Senyawa ini memungkinkan untuk terhindar dari berbagai jenis alergi yang bisa membahayakan kulit. Berbagai jenis alergi bisa menjadi sebuah penyakit yang serius jika tidak bisa diatasi dengan cepat.

Cara Membudidayakan Tanaman Venus

Manfaat tanaman venus yang cukup beragam untuk tubuh membuat jenis tumbuhan ini harus dibudidayakan dan jangan sampai rusak. Hal tersebut dilakukan agar manusia bisa memiliki berbagai obat tradisional untuk bisa menyembuhkan penyakit. Untuk itu berikut akan diuraikan tentang beberapa cara membudidayakan tumbuhan venus.

1. Siapkan bibit venus yang berkualitas

Tumbuhan venus memiliki bibit yang berbentuk biji. Melalui cara inilah venus bisa tumbuh. Perkembangan jenis tanaman yang satu ini bisa dibilang cukup lama yaitu sekitar 4-20 minggu. Anda perlu bersabar dan melakukan perawatan secara teratur agar venus bisa tumbuh dengan baik.

Tanaman yang satu ini tidak cocok bagi Anda yang ingin menghasilkan tumbuhan dengan cepat. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, maka Anda juga harus memilih bibit yang berkualitas.

2. Menyemai bibit

Setelah mendapatkan bibit yang berkualitas, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyemai bibit. Proses ini perlu dilakukan untuk memelihara pertumbuhan biji venus sebelum dipindahkan ke pot yang lebih besar. Anda harus melakukan proses penyemaian dengan baik agar bibit bisa tumbuh dengan lebih maksimal.

Waktu yang dibutuhkan oleh biji untuk berubah menjadi kecambah membutuhkan waktu sekitar 28-156 hari. Tanaman ini memang tidak mudah tumbuh, untuk itu Anda harus bersabar hingga tumbuhan bisa berkembang biak dengan sempurna.

3. Siapkan media untuk menanam

Jika kecambah mulai muncul, Anda bisa langsung menyiapkan media tanah di dalam pot untuk bisa memindahkan venus. Perpindahan ini harus dilakukan agar bisa mendukung pertumbuhan venus yang semakin besar. Pada bagian dasar pot yang akan digunakan, tambahkan kerikil atau pecahan genting.

Campurkan tanah yang digunakan untuk menanam dengan pasir agar hasilnya bisa lebih maksimal. Setelah itu letakkan pot di wilayah yang terkena sinar matahari agar bisa tumbuh dengan baik.

4. Siram secara teratur

Venus merupakan jenis tumbuhan yang membutuhkan kelembaban tanah yang tinggi, untuk itu Anda harus melakukan penyiraman secara teratur. Sebaiknya Anda tidak menggunakan air biasa untuk menyiram jenis tanaman ini.

Akan lebih baik jika menggunakan air hujan yang sudah diendapkan atau menggunakan air AC. Jika tanah terlihat kering, maka segera lakukan penyiraman untuk menjaga kelembabannya dengan baik.

5. Berikan sinar matahari yang cukup

Pencahayaan yang dibutuhkan oleh jenis tumbuhan venus idealnya adalah 35-50 derajat fahrenheit. Untuk itu Anda harus meletakkannya di wilayah yang terkena sinar matahari cukup. Venus yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup akan memiliki daun berwarna merah muda.

Anda bisa meletakan jenis tanaman ini di dekat jendela agar mudah mendapatkan sinar matahari. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan cahaya buatan seperti lampu pijar.

6. Berikan makanan yang sesuai

Agar tumbuh dengan baik dan maksimal, Anda harus memberikan venus makanan secara teratur. Jika tumbuhan diletakkan pada luar ruangan maka biarkan tumbuhan menangkap serangga yang hinggap pada daunnya dengan sendirinya.

Namun jika tumbuhan Anda letakan di dalam rumah, maka sebaiknya berikan ulat atau serangga kecil untuk pakannya. Berikan makanan secara teratur agar venus bisa tumbuh secara maksimal.

Ciri Khas Tanaman Venus

Bentuk tanaman venus yang unik membuat jenis tumbuhan ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Hal inilah yang membuat venus lebih mudah dikenali. Memiliki ukuran yang besar tentu menjadi ciri khas utamanya. Namun masih terdapat beberapa ciri khas lainnya. Untuk lebih memahami venus dengan lebih baik, berikut ciri-cirinya.

1. Proses menutupnya daun sangat cepat

Selain memiliki warna dan aroma yang mencolok, daun venus juga memiliki responsif yang sangat baik. Bentuknya yang berupa engsel atau seperti tangan akan memudahkannya untuk bergerak.

Hal inilah yang membuat katup rahang bisa tertutup dengan sangat cepat. Bahkan dalam beberapa detik saja, tumbuhan ini sudah bisa mendeteksi bahwa terdapat serangga yang hingga dan langsung menutup katup daunnya. Dalam hitungan beberapa detik saja serangga sudah langsung dicerna oleh tumbuhan ini.

2. Memiliki warna yang mencolok

Tumbuhan venus memiliki warna yang mencolok pada bagian rahangnya. Ketika diam maka rahang dari tumbuhan ini akan terbuka. Dengan begitu warna merah yang terdapat di rahangnya akan terlihat mencolok.

Melalui warna tersebut, venus bisa menarik perhatian para serangga untuk hinggap di rahangnya. Jika dilihat sekali tumbuhan ini terlihat sangat indah dan memiliki bentuk yang unik. Namun ternyata tanaman ini sangat berbahaya bagi serangga.

3. Memiliki daun beraroma khas dan berwarna mencolok

Daun yang dimiliki venus bukan hanya berbentuk engsel saja, namun juga bisa mengeluarkan aroma yang khas. Aroma ini dihasilkan untuk bisa menarik perhatian serangga agar mendekati bagian daun. Serangga akan mengira bahwa mereka menemukan bunga karena aromanya yang enak.

Padahal itu merupakan taktik yang digunakan oleh venus untuk bisa menangkap serangga dengan cepat. Sumber makanan utama venus adalah dari serangga, untuk itu upaya apapun dilakukan untuk bisa menarik perhatiannya.

4. Memiliki daun yang berbulu dan berbentuk engsel

Venus memiliki ciri khas yaitu daunnya yang berbulu dan juga berbentuk engsel. Ciri khas seperti ini ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk venus. Daun berbentuk engsel digunakan oleh venus untuk menangkap mangsanya. Daun tersebut bisa bergerak leluasa membuka dan menutup untuk menangkap serangga.

Ketika serangga menyentuh bagian daun maka katup akan langsung tertutup dan menyerap nitrogen yang terkandung dalam serangga. Nitrogen tersebut dibutuhkan oleh venus untuk memenuhi nutrisi hariannya.

Tips Merawat Tanaman Venus

Meskipun tanaman ini memangsa serangga untuk berkembangbiak, namun nyatanya tanaman venus memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Hal ini membuat banyak orang ingin membudidayakannya. Setelah menanam tumbuhan ini, tentu Anda harus merawatnya dengan baik agar bisa tumbuh dengan sempurna.

Bagi Anda yang masih pemula atau belum pernah melakukan hal tersebut tentu akan bingung. Sebagai bahan rekomendasi, berikut akan dijabarkan beberapa tips merawat venus yang baik dan benar.

1. Gunakan pot yang berongga

Agar tanaman bisa hidup dengan lebih baik, maka Anda perlu menggunakan pot yang memiliki rongga. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara pada tanaman bisa berjalan dengan baik. Selain itu dengan adanya rongga pada pot juga berfungsi untuk mengeluarkan air yang berlebihan dari pot.

Dengan begitu tanah tidak memiliki kandungan air yang berlebihan, karena jika terlalu banyak air maka akar tanaman bisa mudah membusuk. Melalui hal tersebut maka tanaman bisa mendapatkan asupan air yang sesuai.

2. Jaga kelembaban udara sehingga sesuai

Kelembaban udara juga bisa mempengaruhi kondisi tumbuhan dan juga tanahnya. Untuk itu sebaiknya Anda meletakkan jenis tanaman ini di suhu luar ruangan agar tidak terlalu lembab. Dengan begitu maka tumbuhan bisa lebih mudah terpapar sinar matahari dan mendapatkan nutrisi yang sesuai.

Pada musim hujan, maka biarkan saja tumbuhan terkena air hujan. Jika sudah mendapatkan kelembaban yang cukup maka Anda tidak perlu lagi melakukan penyiraman pada jenis tumbuhan tersebut.

3. Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup

Untuk bisa berkembang biak dengan baik, tanaman membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk melakukan proses fotosintesis. Melalui proses ini, tanaman bisa menghasilkan makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Untuk itu jika menanam venus, pastikan Anda memilih area yang terkena sinar matahari dengan bak. Dengan begitu maka pertumbuhan venus bisa berjalan dengan lebih efektif.

4. Ganti tanah secara teratur

Kualitas tanah harus terus dijaga dengan baik untuk bisa menghasilkan tumbuhan yang berkualitas pula. Tanah juga bisa membuat hama tumbuh jika tidak dirawat dengan baik. Untuk itu Anda perlu memperhatikan kondisi tanah dengan baik dan pastikan menggantinya secara teratur.

Sirkulasi tanah bersih bisa membuat tumbuhan lebih mudah berkembang dengan baik. Dengan begitu Anda bisa membudidayakan venus dengan lebih maksimal.

Informasi tanaman venus ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang tumbuhan yang langka dan unik. Meskipun dikenal sebagai tumbuhan yang aneh atau tidak biasa, namun nyatanya bisa bermanfaat untuk tubuh. Untuk itu Anda perlu menerapkan cara merawat dan membudidayakan tumbuhan venus dengan baik agar ekosistemnya tidak punah.

20 Tanaman Venus Yang Meghasilkan Milyaran Rupiah Tiap Panen

Exit mobile version