Revo Uninstaller : Fungsi, Manfaat, Fitur Dll Terlengkap

Revo Uninstaller – Anda tentu pernah mengalami masalah memori perangkat penuh. Hal ini tak lain karena banyaknya aplikasi yang terpasang. Untuk meringankan memori perangkat, sebaiknya Anda menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai. Anda bisa gunakan Revo Uninstaller untuk melakukan pencopotan aplikasi.

Revo sendiri menjadi uninstaller yang cukup efektif untuk menghapus aplikasi berserta file-file bawaannya. Sehingga seluruh bagian aplikasi yang dihapus pun tidak ada yang tertinggal dalam perangkat. Revo ini dibuat khusus untuk windows.

Fitur Revo Uninstaller dan Fungsinya

Sebagai program uninstaller, Revo bisa jadi sejata ampuh untuk Anda yang dibuat pusing dengan pembersihan aplikasi hingga tuntas. Pada OS windows memang ada fitur penghapusan aplikasi. Namun fitur tersebut tidak bisa bekerja semaksimal fitur yang ada pada Revo Uninstaller.

Secara umum ada dua fitur yang menjadi keunggulan utama Revo uninstaller dibanding fitur remove yang ada pada OS windows. Berikut ini nama dan fungsi fitur unggulan tersebut :

1. Advanced Scanning One or Few

Advanced Scanning One or Few

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membantu Anda melakukan pemformatan aplikasi beserta file bawaannya dalam satu waktu. Artinya, Anda tidak perlu menunggu satu proses penghapusan selesai baru menghapus file lainnya. Anda bisa melakukan pemformatan banyak file sekaligus.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda jadi bisa menghemat waktu dengan efisien. Tentu ini berbeda dengan fitur bawaan sistem operasi yang hanya bisa melakukan penghapusan satu persatu.

2. Real Time Monitor

Real Time Monitor

Fitur akan menjadi pendeteksi terhadap sisa-sisa file bawaan aplikasi yang dihapus. Dalam contoh kasusnya adalah ketika Anda melakukan format aplikasi dengan fitur bawaan OS. Saat proses format dengan fitur bawaan OS telah dilakukan, fitur Real Time Monitor ini akan mulai bekerja.

Fitur akan mulai mendeteksi file bawaan apa saja yang memang masih tersisa dan tidak bisa terhapus sepenuhnya. Kemudian secara otomatis Revo Uninstaller akan membantu menghapus sisa file tersebut.

Dua fitur ini menjalankan fungsi utama dari Revo sebagai uninstaller itu sendiri. Tanpa adan dua fitur utama ini, tentu proses format aplikasi tidak bisa bekerja secara maksimal.

Cara Mudah Format Aplikasi Dengan Revo Uninstaller

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan program uninstaller ini, mungkin Anda akan merasa kebingungan saat menggunakan untuk pertama kalinya. Anda tidak perlu khawatir, berikut di bawah ini ada beberapa tahapan cara yang bisa Anda aplikasikan untuk format file secara tuntas. Diantaranya adalah :

klik linknya di sini : Revo Uninstaller

1. Pengunduhan dan Install Program

Pengunduhan dan Install Program

  • Download file program Revo Uninstaller Pro pada layanan penyedia link download. Untuk versinya, Anda bisa sesuaikan dengan OS perangkat Anda.

Pada dasarnya semua proses pemindaiannya adalah sama. Hanya saja ada beberapa hal yang membedakan langkah proses uninstall-nya.

  • Pastikan file unduhan tersimpan dengan baik.
  • Setelah proses download selesai, Anda akan dihadapkan pada beberapa jenis file bawaan dari program Revo Kemudian carilah file dengan format .exe.
  • Tekan dua kali pada file exe tersebut dan jalankan proses install yang sama seperti proses install aplikasi lain pada perangkat.
  • Tunggu hingga proses install selesai, kemudian jalankan program.

2. Membuka Program Revo Yang Telah Terinstall

Membuka Program Revo Yang Telah Terinstall

Bukalah program Revo Pro yang sudah terinstall pada perangkat Windows Anda. Pada halaman Revo, Anda akan dihadapkan pada beberapa fitur bawaan Revo. Ada beberapa tools yang terletak di bagian atas dan samping kiri.

Sedangkan di bagian bawahnya, bisa Anda lihat beberapa aplikasi yang ter-install pada perangkat PC. Pada bagian paling bawah Anda bisa melihat jumlah total program ter-install di PC.

3. Pemilihan Program dan Proses Awal Hapus Aplikasi

Pemilihan Program dan Proses Awal Hapus Aplikasi

  • Pilihlah Program yang akan Anda hapus pada halaman Revo Pro dengan cara klik dua kali.
  • Pilihlah fitur atau tool yang bernama “uninstall. Tool ini ada di bagian atas.
  • Setelah memilih tool uninstall, program tidak secara langsung melakukan proses hapus. Anda akan dihadapkan dulu pada pertanyaan konfirmasi untuk benar-benar menghapus program tersebut. Pilih dan klik tombol ‘Yes’.
  • Saat Anda memilih tool uninstall, Anda akan diarahkan pada tampilan pemilihan mode uninstall. Dalam hal ini umumnya akan ada 3 pilihan mode yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Namun ada juga versi lain yang menyediakan 4 pilihan mode.
  • Yang pertama ada mode Built-in. Mode ini akan bekerja layaknya fitur hapus pada OS bawaan dan tidak menyediakan proses scanning.
  • Kedua ada mode Safe yang merupakan mode penghapusan tercepat, dengan fungsi tambahan pencarian registry key dan regedit bawaan program yang akan dihapus.
  • Ketiga adalah Moderate. Mode ini akan melakukan proses yang sama dengan mode Safe, hanya saja dilengkapi dengan pencarian informasi file dari hardisk aplikasi tersebut.
  • Yang terakhir adalah mode Advanced. Mode ini adalah mode yang lebih sering dipakai dibandingkan mode lainnya karena kelengkapan aksinya. Mode ini akan melakukan semua proses yang juga dilakukan oleh beberapa mode sebelumnya.

Disarankan untuk Anda menggunakan mode Advanced agar pembersihan aplikasi bisa dilakukan secara maksimal. Namun perlu Anda tahu, untuk memilih mode advanced, Anda harus siap dengan proses yang cukup lama.

  • Setelah memilih mode Advanced, ada proses analisis program yang akan dihapus. Proses ini hanya membutuhkan waktu sebentar.

Tunggu hingga muncul jendela konfirmasi uninstall. Jendela konfirmasi ini bisa muncul atau bisa juga tidak, bergantung pada versi aplikasi.

  • Pilih tombol next dan tombol scan.
  • Anda akan dihadapkan pada beberapa nama item atau berkas registry dengan tulisan tebal. Beri tanda centang pada semua berkas tersebut dan pilih tombol delete.
  • Tunggu hingga proses pemindaian selesai, lantas klik tombol finish. Proses pemindaian berkas ini mungkin akan menyisakan berkas-berkas yang belum terpindai secara sempurna.
  • Lakukan cek ulang pada berkas yang mungkin belum terpindai. Jika Anda mendapati ada berkas yang masih tersisa, centang semua berkas dengan cara ‘select all’ dan klik tombol delete. Tunggu hingga proses selesai.

Penghapusan ulang ini juga terkadang masih belum menjamin semua berkas terhapus. Biasanya bergantung pada banyaknya file bawaan aplikasi yang dihapus. Karenanya Anda bisa mengulangi proses pemindaian hingga semua berkas terpindai dengan sempurna.

4. Menghapus Berkas Registry

Menghapus Berkas Registry

  • Pilihlah menu ‘Junk File Cleaner’. Menu ini akan menjalankan proses untuk menghapus berkas registry yang tersisa dari proses pemindaian sebelumnya.
  • Pilih menu scan yang ada di bagian atas. Tunggu hingga proses scanning selesai.
  • Lakukan cek ulang pada proses scanning atau pemindaian. Jika masih ada berkas yang tersisa, lakukan proses pemindaian ulan. Namun jika semua berkas registry berhadil dipindai, selanjutnya pilih menu delete yang ada di bagian atas.
  • Tunggu hingga proses delete
  • Proses uninstall Anda bisa lakukan cek pada penyimpanan perangkat Anda. aplikasi yang dihapus sudah bisa dipastikan tidak menyisakan aplikasi bawaan. Artinya, aplikasi terhapus dengan sempurna.

Beberapa tahapan cara yang sudah dijelaskan di atas, bisa menjadi acuan untuk Anda yang merupakan pemakai pemula program Revo Uninstaller.

Revo Uninstaller : Fungsi, Manfaat, Fitur Dll Terlengkap

Add Comment