11+ Cara Pasang Iklan Di Youtube Yang Benar Agar Tepat Sasaran

Cara Pasang Iklan Di Youtube – Di era modern sekarang ini sudah ada banyak pilihan cara untuk melakukan promosi secara digital, salah satunya di platform Youtube. Cara pasang iklan di Youtube tidak mudah, namun juga tidak terlalu sulit.

Perlu beberapa persiapan yang harus dipersiapkan, baik itu materi yang akan ditayangkan hingga budget yang digunakan. Tanpa persiapan dan pengaturan yang tepat, promosi menggunakan Youtube tidak akan berjalan sesuai target.

Langkah-langkah dan Cara Pasang Iklan di Youtube

1. Buat Video Iklan Terlebih DahuluBuat Video Iklan Terlebih Dahulu

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat video iklan yang akan ditayangkan di Youtube. Anda bisa membuat durasi iklan yang beragam, mulai dari 30 detik atau bahkan hingga 2 menit sesuai dengan yang diinginkan.

Pastikan video tersebut telah dibuat dengan resolusi yang tinggi agar jelas dilihat. Jika sudah dibuat, upload menggunakan akun Youtube Anda. Jangan lupa mengisi judul, deskripsi, meta tag yang sesuai dengan isi video tersebut.

2. Masuk ke Google Ads dan Lakukan KampanyeMasuk ke Google Ads dan Lakukan Kampanye

Setelah video berhasil di upload di Youtube, sekarang masuk ke Google Ads untuk mengiklankan video tersebut. Gunakan akun yang sama seperti ketika Anda mengunggah video sebelumnya untuk memudahkan integrasi. Setelah masuk, carilah menu Campaign dan lakukan kampanye.

3. Isi Detail Kampanye IklanIsi Detail Kampanye Iklan

Pada halaman kampanye atau campaign, ada beberapa hal yang perlu Anda isi. Berikut detail yang harus Anda isi dari cara pasang iklan di Youtube :

  • Campaign Name – Isikan dengan nama kampanye untuk iklan kali ini.
  • Type – Ada beberapa opsi pilihan, karena ini dalam bentuk video, maka pilihlah Video. Pada opsi sebelumnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, apakah Standard, All Feature dan sejenisnya.
  • Network – Pilih jaringan yang ingin Anda targetkan untuk penayangan iklan video tersebut. Centang kolom Google Search Network dan opsi di bawahnya sesuai keinginan Anda.

4. Tentukan Format VideoTentukan Format Video

Penentuan format video pada dasarnya disesuaikan dengan tujuan video Anda yang dibuat. Di bawah ini beberapa jenis format video yang bisa Anda pilih sesuai dengan sasaran pemasangan iklan :

  • Iklan in-stream yang dapat dilewati – Iklan ini digunakan jika Anda bertujuan untuk meningkatkan penjualan, traffic situs, memperluas jangkauan dan brand awareness dan sejenisnya.
  • Iklan in-stream yang tidak dapat dilewati – Iklan ini bertujuan agar penonton harus melihat promosi tersebut hingga selesai dengan tujuan untuk meningkatkan jangkauan dan brand awareness.
  • Iklan video discovery – Gunakan iklan ini jika Anda menginginkan kampanye untuk produk dan merk agar lebih dikenal masyarakat luas.
  • Iklan bumper – Gunakan format iklan ini jika tujuan Anda adalah menjangkau banyak audiens lebih luas lagi dan gunakanlah pesan singkat yang mudah diingat.
  • Iklan outstream – Iklan ini cocok untuk menjangkau banyak orang, terlebih yang mengakses video Youtube melalui ponsel.
  • Iklan masthead – Format iklan yang cocok digunakan untuk meningkatkan awareness dan menjangkau audiens lebih luas lagi. Sangat cocok jika brand Anda sedang mengadakan promo atau diskon besar-besaran.

5. Menentukan Anggaran dan FrekuensiMenentukan Anggaran dan Frekuensi

Tahap cara pasang iklan di Youtube selanjutnya adalah menentukan anggaran dan frekuensi penayangan. Anggaran atau budget iklan bisa disesuaikan dengan kapasitas yang Anda miliki, misalkan Anda menetapkan anggaran sebesar 1 juta untuk penayangan kali ini.

Sedangkan frekuensi penayangan yang dimaksud adalah seberapa sering iklan tersebut akan muncul di Youtube. Anda bisa memilih frekuensi standar (setiap hari), accelerated (lebih sering) hingga penayangan sesuai tren tertentu.

6. Menentukan Target Lokasi dan BahasaMenentukan Target Lokasi dan Bahasa

Pengaturan selanjutnya dilanjutkan dengan menentukan target lokasi dan bahasa jangkauan iklan tersebut. Tentukan lokasi penayangan iklan secara spesifik, misalkan memilih negara A di wilayah C atau lain sebagainya.

Adapun untuk penentuan bahasa juga ditentukan sesuai dengan bahasa target lokasi tersebut. Misalkan target lokasinya adalah Indonesia, maka bisa memilih Bahasa Indonesia. Penentuan target lokasi dan bahasa ini harus tepat agar iklan bekerja lebih efektif.

7. Menentukan Target AudiensMenentukan Target Audiens

Target audiens merupakan pengaturan yang bertujuan untuk menjangkau audiens tertentu sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Cara pasang iklan di Youtube disini contohnya dengan memilih target audiens usia 20-30 tahun, sesuai pekerjaan dan sebagainya.

Semakin spesifik target audiens Anda, maka semakin efektif kinerja iklan tersebut dan menjangkau lebih luas lagi. Target audiens ini bisa Anda ubah seiring berjalannya waktu dan performa iklannya. Apabila dirasa kurang tepat, Anda bisa merubahnya menjadi lebih baik lagi.

8. Menentukan Penayangan di Perangkat TertentuMenentukan Penayangan di Perangkat Tertentu

Memasang iklan di Youtube juga memungkinkan Anda untuk menentukan perangkat mana saja yang dapat melihat iklan tersebut. Apakah dikhususkan untuk pengguna Android saja atau termasuk pengguna iPhone.

Jika ingin ditampilkan di seluruh perangkat, maka bisa memilih opsi semua jenis perangkat. Selain memilih jenis perangkat, Anda juga bisa menaikkan jumlah penawaran pada perangkat tertentu. Ini bertujuan agar iklan lebih sering muncul pada perangkat tersebut.

9. Pilih BiddingPilih Bidding

Bidding merupakan pengaturan biaya yang nantinya harus Anda keluarkan untuk penayangan iklan tersebut. Disini Anda bisa mempercayakan Google untuk menentukan CPC sendiri sesuai dengan jangkauan wilayah, kata kunci dan aspek lainnya.

Anda juga bisa menentukan nilai CPC sendiri, bisa dengan nominal rendah atau tinggi sekalipun. Perlu diperhatikan bahwa nominal yang terlalu rendah akan membuat penayangan iklan menurun, sedangkan jika terlalu tinggi bisa membuat budget cepat habis.

10. Membuat Tampilan IklanMembuat Tampilan Iklan

Menuju akhir dari cara pasang iklan di Youtube adalah membuat tampilan iklan agar dapat ditayangkan di partner Google atau sesuai pengaturan Anda tadi. Disini Anda akan mengisi beberapa kolom seperti judul, deskripsi, keyword dan sebagainya. Jika sudah, klik Save and Continue.

11. Mempersiapkan Detail Penagihan IklanMempersiapkan Detail Penagihan Iklan

Tahap terakhir adalah mempersiapkan detail penagihan iklan yang akan ditayangkan tersebut selama jangka waktu yang telah ditentukan. Berikut informasi detail tagihan iklan Youtube :

  • Billing Country and Time Zone – Pilih negara Indonesia agar Anda bisa membayar dengan mata uang rupiah dan jangan lupa pilih zona waktu GMT+7.
  • Customer Info – Disini Anda bisa memilih jenis akun Individu dan jika memiliki NPWP bisa dimasukkan atau bila tidak ada bisa dilewati. Jangan lupa untuk mengisikan detail nama asli, alamat sekarang dan kode pos.
  • Payment Method – Anda bisa memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit atau manual menggunakan bank transfer. Disarankan menggunakan kartu kredit agar lebih cepat karena metode manual membutuhkan waktu 2-5 hari.
  • Agreement – Jangan lupa untuk mencentang kolom persetujuan “I agree to the Google Ads terms and condition), lalu klik Submit.

Tunggulah beberapa saat atau beberapa hari sampai ada email terkait tagihan iklan yang harus Anda bayarkan terlebih dahulu di awal. Misalkan Anda mengatur anggaran harian Rp25.000,00 dan penayangan iklan selama 7 hari, maka harus membayar Rp175.000,00.

Sangat mudah bukan cara pasang iklan di Youtube dengan tutorial di atas? Sebelum memasang iklan, Anda sebaiknya melakukan riset keyword terlebih dahulu. Ini bertujuan agar pembuatan iklan lebih optimal dan dapat menjangkau banyak orang.

11+ Cara Pasang Iklan Di Youtube Yang Benar Agar Tepat Sasaran

Add Comment