Google Adsense Adalah : Pengertian, Cara Mendapatkan Uang New 2020

Google Adsense Adalah – Di masa sekarang, mendapatkan uang seolah terasa sangat mudah, apalagi jika memanfaatkan internet. Jika Anda pernah mendengar tentang YouTuber dan Blogger yang sukses, Google Adsense adalah salah satu penyebabnya. Sungguh membuat iri bukan?

Apabila Anda juga ingin mendapatkan kesuksesan finansial seperti mereka, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Namun sebelum itu, pahami dulu berbagai hal seputar Google Adsense berikut ini ya.

Penjelasan Singkat Seputar Google Adsense

Penjelasan Singkat Seputar Google Adsense

Singkatnya, Google Adsense adalah program periklanan atau advertising dengan basis cost per click atau CPC yang mengijinkan siapa saja menjadi partnernya, dalam hal ini ialah pemilik blog atau website. Google Adsense ini memanfaatkan iklan-iklan yang tertarget baik dalam bentuk iklan interaktif media, gambar, video maupun teks yang ada di sekitar konten.

Dengan kata lain, Google Adsense merupakan program periklanan atau advertising yang memungkinkan setiap pemilik website atau blog untuk memperoleh pendapatan dari iklan yang dipasang. Google Adsense adalah cara yang sangat mudah serta gratis agar Anda memperoleh uang dari internet.

Tentunya ada syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Umumnya pula iklan-iklan yang ada di dalamnya telah disusun, dipilih serta dikelola langsung oleh Google. Setidaknya ada dua cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan uang dari Google Adsense ini, sebagai berikut:

  1. Per-click yaitu jenis pembayaran yang tergantung pada banyaknya dan sedikitnya orang yang mengklik iklan tersebut. Dalam hal ini pemilik website tidak bisa melakukan klik itu sendiri ya, dan kalau nekat melakukannya itu akan dianggap sebagai pelanggaran.
  2. Per-impression yaitu jenis pembayaran yang tergantung pada banyak sedikitnya page views yang diperoleh setiap bulan.

Kedua cara tersebut adalah yang paling banyak dimanfaatkan para pemilik website guna mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. Apalagi Google Adsense sendiri juga menawarkan komisi yang cukup besar bahkan bila dibandingkan dengan layanan yang serupa.

Memang tujuan utama dari Google Adsense adalah untuk membantu para pemasang iklan atau advertisers mengiklankan produk atau layanannya sekaligus membantu para pemilik blog atau website agar bisa memperoleh keuntungan dan penghasilan. Sementara ciri-ciri website yang ikut program ini ialah terdapat iklan di tengah-tengah artikel atau dimanapun tergantung pengaturan dari pemilik website.

Cara Kerja Google Adsense

Cara Kerja Google Adsense

Cara kerja Google Adsense sebenarnya sudah disinggung sekilas dalam penjelasan di atas. Namun untuk lebih jelasnya, Google Adsense akan membayar setiap kali ada klik pada iklan, dimana klik tersebut asalnya dari pengunjung website.

Dengan demikian, bisa dipahami bahwa semakin banyak klik yang diterima website, maka pendapatan dari Adsense-nya juga semakin besar. Singkatnya, cara kerja dari Google Adsense ini terdiri atas 3 poin sebagai berikut:

  1. Pemilik website menyediakan ruang khusus untuk iklan. Biasanya ini ada di sidebar, footer, header bahkan tengah-tengah artikel. Untuk memasang iklan ini sangat mudah, yaitu cukup dengan menempelkan kode iklan yang berupa script pada bagian yang telah ditentukan dan iklan akan muncul sesuai dengan minat dari para pengunjung website.
  2. Iklan yang harganya paling mahal akan muncul. Pastinya, para pengiklan akan memberikan penawaran dengan yang harga cukup tinggi supaya iklannya bisa muncul di ruang yang tersedia di website.
  3. Memperoleh bayaran. Besar kecilnya bayaran yang nanti diterima dari iklan yang diklik oleh pengunjung relatif, karena tergantung pada jenis produk serta persaingan antar para pengiklan.

Tips Agar Diterima Oleh Google Adsense

Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan program Google Adsense ini, sebaiknya pahami dulu bahwa tidak semua website akan diterima. Pasalnya, program ini bukanlah program yang sembarangan dalam menerima website atau blog.

Walaupun demikian, tetap ada tips yang bisa Anda terapkan agar pendaftaran Google Adsense bisa disetujui. Adapun tips-tips supaya website Anda bisa disetujui oleh Google Adsense adalah sebagai berikut:

1. Konten yang Berkualitas

Konten yang Berkualitas

Pertama mengenai konten. Ketika Anda membuat website, Anda pasti akan mengisinya dengan konten bukan? Nah, agar diterima oleh Google Adsense, konten ini sebaiknya konten yang berkualitas, menarik serta unik agar bisa mendapatkan pengunjung.

Karena apabila nanti pengunjung menyukai konten yang Anda ciptakan, umumnya mereka tidak akan segan untuk menyarankan website Anda saat ada orang lain memerlukan informasi seperti yang tertera di website Anda. Pastinya hal ini sangat berguna bagi perkembangan website tersebut.

Kalau misalnya Anda membuat konten berdasarkan referensi dari media lain, harap berhati-hati takut terdeteksi plagiasi. Karena kalau sudah demikian, website Anda akan dianggap sebagai spam dan Google tidak pernah menyukai website yang di dalamnya terdapat pelanggaran hak cipta atau mengandung konten tiruan.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk Anda membuat konten yang original. Selain itu, pastikan pula bahwa konten yang diciptakan bukanlah konten yang tidak disukai oleh Google Adsense. Misalnya hal-hal yang berbau ilegal, obat terlarang, konten bajakan, pornografi dan sebagainya.

2. Website yang Menarik dengan Navigasi yang Mudah Digunakan

Website yang Menarik dengan Navigasi yang Mudah Digunakan

Pastinya Google Adsense tidak akan menerima website yang dibuat dengan asal-asalan. Oleh sebab itu, agar website yang Anda ciptakan diterima, pastikan untuk serius dalam mengelolanya. Anda dapat menambahkan Privacy Policy, About serta Contact supaya website tampak lebih profesional.

Khusus mengenai Contact juga, ini akan mempermudah tim dari Google Adsense untuk melakukan konfirmasi apakah memang benar Anda mendaftar dalam program mereka atau tidak. Kemudian masalah navigasi, ini juga bagian yang sangat penting. Pasalnya, navigasi akan berkaitan dengan kenyamanan pengunjung.

Apabila navigasi jelas serta mudah digunakan, maka pengalaman pengunjung akan lebih baik. Begitu pula sebaliknya. Jika navigasinya cenderung membingungkan, maka ini tidak akan dinilai menyenangkan oleh pengunjung. Untuk navigasi ini juga Anda bebas menentukannya ya, hanya saja perlu dipastikan agar pengunjung tidak kesulitan memahaminya.

3. Pastikan Ada Trafik Setiap Hari

Pastikan-Ada-Trafik-Setiap-Hari

Tips yang selanjutnya ialah pastikan bahwa website Anda mempunyai pengunjung setiap harinya. Jika berdasarkan pada sejumlah referensi, dikatakan bahwa pengunjung ini setidaknya 100. Akan tetapi ini sifatnya tentatif, sehingga kalaupun pengunjung website Anda masih kurang dari angka tersebut, tetap ada kemungkinan pendaftaran diterima oleh Google Adsense.

Cara Daftar Google Adsense

Untuk mendaftar di Google Adsense, ini sangat mudah dilakukan. Pasalnya, Anda hanya perlu mempunyai akun email serta website yang aktif. Untuk selanjutnya langkah-langkah pendaftaran Google Adsense adalah sebagai berikut:

1. Membuat Akun Google Adsense

Membuat Akun Google Adsense

  • Buka halaman sign up Google Adsense
  • Klik Daftar Sekarang dan masukkan data-data yang diperlukan di form pendaftaran
  • Jika sudah, klik Save & Continue
  • Selanjutnya akan muncul verifikasi, dan Anda hanya perlu klik Create Account di bagian bawah. Selesai

2. Pengaktifan Akun Adsense

Pengaktifan Akun Adsense

  • Jika proses registrasi di atas selesai dilakukan, masuklah dalam dashboard Google Adsense
  • Masukkan informasi sesuai dengan instruksi dan pastikan untuk mengisinya dengan hati-hati karena ini nanti akan berkaitan dengan masalah pembayaran
  • Kalau sudah selesai, klik Submit
  • Selanjutnya salin kode yang diperintahkan. Nantinya kode tersebut akan berperan sebagai identitas Adsense dalam website. Jangan sampai salah ya, karena kalau salah iklan tidak akan muncul
  • Jika kode sudah ditambahkan dalam website, pastikan untuk memberikan tanda centang pada tulisan I’ve pasted the code into my site. Tujuannya ialah agar Google Adsense dapat melakukan pengecekan apakah memang website Anda layak atau tidak
  • Langkah terakhir, klik Done. Setelah ini Anda harus menunggu setidaknya 3 hari sampai email yang berisi pemberitahuan bahwa pengaktifan akun Adsense berhasil dilakukan. Namun jika pengajuan ditolak, Anda juga akan menerima email tersebut lengkap dengan alasannya

3. Membuat Iklan

Membuat Iklan

Apabila Google Adsense sudah menyetujui pendaftaran Anda, maka sekarang waktunya untuk membuat sekaligus memasukkan iklan ke dalam website. Di sini Anda bebas mengatur iklan sesuai keinginan. Untuk itu, ada 3 hal yang dapat dilakukan dalam mengatur iklan sebagai berikut:

  • Membuat unit iklan dengan cara masuk dalam dashboard akun Adsense dan klik My Ads sehingga muncul menu yang berkaitan dengan pengaturan konten iklan. Pada menu Content, klik Add Units untuk memunculkan iklan yang sudah dibuat. Tetapi kalau masih akan membuat iklan, bisa klik +New Add Unit
  • Memilih tipe iklan yang umumnya ditawarkan oleh Google Adsense sebagai berikut: Large Skycraper, Large Mobile Banner, Large Rectangle, Leaderboard serta Responsive. Tipe iklan yang dipilih juga bisa meliputi iklan berimbang, iklan di dalam artikel, iklan in-fee serta iklan teks dan gambar
  • Memilih gaya teks ads untuk menyesuaikan gaya iklan dengan keinginan. Untuk gaya ini, Anda dapat memilih background, URL, teks, judul serta warna border. Jika sudah, jangan lupa untuk klik Save and Get Code sehingga muncul kode yang harus disalin. Selanjutnya, tempatkan kode tersebut dalam website, tepatnya di tempat yang diinginkan. Klik Close

Jika tahapan di atas sudah selesai, langkah selanjutnya ialah tinggal menambahkannya dalam website. Katakanlah website yang dimaksud adalah website WordPress. Penambahan iklan di WordPress ini ada dua opsi, yakni dengan menggunakan plugin dan manual. Jika menggunakan plugin, Anda bisa memilih Easy Google AdSense, Ad Injection dan Ad Inserter.

Namun kalau Anda memilih cara manual, bisa dengan menggunakan widget di WordPress sebagai berikut:

  • Masuk ke dashboard WordPress
  • Klik Appearance dan pilih Widgets
  • Tambahkan widget Text dengan posisi yang bisa disesuaikan dengan keinginan
  • Selanjutnya, isi judul sesuai keinginan, lalu tempatkan kode iklan Adsense tadi di bagian bawahnya
  • Klik Save dan tunggu beberapa saat maka iklan akan muncul di website

Hal yang Harus Diperhatikan Jika Sudah Diterima Google Adsense

Hal yang Harus Diperhatikan Jika Sudah Diterima Google Adsense

Apabila pengajuan pendaftaran Google Adsense sudah diterima, selanjutnya pastikan untuk tidak menipu Google. Salah satunya seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, yaitu mengklik iklan yang muncul di website sendiri.

Tindakan ini hanya akan membuat website di banned oleh Google. Jangan lupa juga untuk tidak berniat mencuri karya orang lain karena hal ini juga bisa mendatangkan dampak yang tidak baik bagi website Anda.

Pada intinya, Google Adsense adalah salah satu cara yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet. Akan tetapi, agar pendaftaran bisa diterima dibutuhkan usaha dari Anda sendiri untuk menciptakan website yang hanya dipenuhi konten berkualitas, menarik serta bermanfaat bagi para pengunjung.

Google Adsense Adalah : Pengertian, Cara Mendapatkan Uang New 2020

Add Comment