Apa Itu Http URL Not found? Ini Jawaban dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Http URL Not found – Pernahkah Anda mengalami ketika tengah mendaftar paket internet namun justru tidak bisa dan malah muncul tulisan http URL not found? Jika iya, tenang saja karena bukan hanya Anda yang mengalaminya. Orang lain juga. Tulisan http URL not found tersebut biasanya menjadi pertanda bahwa proses pendaftaran paket internet gagal. Lalu apa itu http URL not found sebenarnya?

Penjelasan Singkat Apa Itu Http URL Not foundPenjelasan Singkat Apa Itu Http URL Not Found

Sebelum mulai mengerti http URL not found, ada baiknya jika mempelajari sedikit tentang http dan URL terlebih dahulu. Http itu adalah Hyper Text Transfer Protocol, sementara URL ialah Uniform Resources Locator. Baik http maupun URL sama-sama ada kaitannya dengan alamat yang dimaksud atau dituju.

Nah, alamat yang dimaksud di sini ialah alamat yang Anda pakai saat memproses pembelian paket internet. Apabila notifikasi http URL not found tersebut sampai muncul, maka ada kemungkinan alamat yang Anda tuju memang tidak ditemukan. Bagaimana bisa dan memangnya apa itu http URL not found?

Kalau diartikan secara singkat, http URL not found artinya ialah http URL tidak ditemukan. Dengan kata lain, apabila notifikasi ini muncul ada indikasi bahwasanya system penyedia layanan tengah mengalami masalah teknis. Jadi sudah jelas, karena ada masalah teknis seperti ini dapat dipastikan bahwa pembelian paket internet tidak dapat Anda lakukan.

Jadi sudah paham dengan apa itu http url not found bukan? Selain masalah teknis, kemungkinan lain yang bisa menyebabkan notifikasi tersebut muncul ialah kesalahan ketika memasukkan alamat situs dan bisa juga karena situs yang Anda tuju tidak pernah ada.

Cara Mengatasi Http URL Not found

Jika Anda masih penasaran dengan apa itu http url not found, ini juga bisa diartikan dengan kode yang menunjukkan bahwa situs yang Anda tuju tidak berhasil ditemukan. Tentu saja ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan unuk mengatasinya. Diantara cara tersebut ialah sebagai berikut:

1. Apa Itu Http URL Not found “Mengecek Kuota Internet”Apa Itu Http URL Not found

Hal pertama yang bisa Anda lakukan jika mendapatkan notifikasi http URL not found ialah mengecek kuota internet. Tujuannya ialah untuk memastikan apakah kuota internet Anda masih ada atau tidak. Kalau masih ada, maka kemungkinan penyebab munculnya tulisan itu ialah alamat yang dimasukkan salah atau provider tengah mengalami masalah teknis seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Namun kalau ternyata kuota internet sudah tidak ada, maka wajar jika Anda tidak bisa mengakses situs yang dituju. Karena untuk bisa mengakses kan diperlukan kuota internet. Bahkan bukan hanya situs yang dituju saja yang tidak akan bisa diakses, berbagai hal yang perlu ditelusuri di internet juga tidak akan bisa Anda akses termasuk aplikasi yang melayani jual beli pulsa.

Bila memang ini yang menjadi masalahnya, Anda harus membeli pulsa atau paket data secara manual, yaitu dengan mengunjungi konter atau gerai fisik terdekat. Namun Anda juga bisa memanfaatkan pulsa darurat. Karena kan ada beberapa provider yang bersedia meminjami Anda pulsa sementara. Atau kalau enggan menggunakan pulsa darurat provider, bisa pinjam pada orang lain atau teman saja.

2. Mengecek Pengaturan Internet SmartphoneMengecek Pengaturan Internet Smartphone

Apabila kasusnya kuota internet Anda masih ada dan masalah juga bukan berasal dari server ISP, maka ada kemungkinan pengaturan internet di smartphone Anda-lah yang menjadi penyebabnya. Pengaturan ini biasa disebut juga dengan APN atau Access Point Name.

Secara singkat, fungsi utama dari APN ialah untuk membantu supaya smartphone yang Anda gunakan dapat terhubung dengan internet. Apabila APN ini sampai bermasalah, maka sudah tentu smartphone tidak akan terkoneksi ke internet. Untuk mengatur APN ini caranya bisa saja berbeda-beda ya, tergantung pada provider yang digunakan.

3. Bersihkan CacheBersihkan Cache

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi http URL not found ialah dengan membersihkan cache smartphone. Karena bisa jadi masalah terganggunya internet diakibatkan oleh penumpukan cache. Sederhananya, cache ini ialah data yang bersifat sementara dan disimpan dalam penyimpanan internal. Data ini pula yang akan mencatat berbagai aktifitas Anda saat menggunakan aplikasi.

Sebenarnya cache ini berguna agar kinerja smartphone dalam mengakses aplikasi jadi lebih cepat. Misalnya, Anda mengakses Facebook melalui browser. Sebelumnya Anda akan mengetikkan alamat website Facebook di kolom pencariannya bukan? Baru setelah itu Anda akan login. Proses login tersebut secara otomatis akan menyimpan password Anda tadi.

Lalu ketika di Facebook Anda membagikan suatu foto ke kronologi, Facebook juga akan secara otomatis membuka galeri Anda. Nah, berbagai aktifitas yang Anda lakukan tadi akan disimpan dalam cache. Sehingga apabila Anda membuka browser untuk mengakses Facebook lagi dikemudian hari, Anda sudah tidak perlu menulis alamat website-nya secara lengkap. Jadi lebih cepat bukan?

Meskipun bermanfaat, sayangnya apabila cache ini terlalu banyak dapat membuat kinerja smartphone lebih lambat. Selain itu, data cache yang menumpuk juga dapat memperlambat koneksi smartphone.

Untuk menghindari hal ini, tentu Anda harus menghapus cache tersebut secara rutin. Tidak perlu setiap hari kok, bisa 3 hari sekali, seminggu sekali atau bahkan Anda juga bisa melakukannya apabila smartphone sudah terasa lemot saat digunakan.

Untuk menghapus cache ini sendiri bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Namun selain menu tersebut, Anda juga dapat menggunakan aplikasi khusus yang dapat menghapusnya, CCleaner misalnya. Pilih cara yang menurut Anda lebih mudah saja.

4. Restart SmartphoneRestart Smartphone

Ketika Anda sudah menemukan arti dari apa itu http URL not found dan tengah mengalaminya, Anda bisa juga mengatasinya dengan cara me-restart smartphone. Cara ini bisa dikatakan sebagai cara yang paling mudah untuk Anda lakukan. Cara ini juga bisa menjadi opsi apabila masalah munculnya notifikasi tidak diakibatkan oleh habisnya kuota, menumpuknya cache dan sebagainya.

Karena bisa jadi juga justru smartphone Anda tengah mengalami crash pada aplikasi atau masalah pada sistem terkait yang bisa mengakibatkan jaringan internet tidak dapat terhubung seperti biasa. Untuk merestart smartphone ini sangat mudah, karena Anda hanya perlu menekan tombol power selama beberapa saat, lalu pilih menu restart.

Dengan Anda melakukan restart ini, itu berarti Anda memberikan kesempatan pada smartphone untuk melakukan pengaturan ulang terhadap seluruh jaringan beserta sistem yang bisa saja mengakibatkan kesalahan dalam transmisi data ke smartphone Anda.

Namun kalau Anda malas melakukan restart karena prosesnya yang cukup lama, bisa juga dengan menghidupkan lalu mematikan mode pesawat. Tujuannya ialah untuk me-restart ulang jaringan masuk di smartphone Anda.

5. Hubungi CS atau Customer Service Provider yang DigunakanHubungi CS atau Customer Service Provider yang Digunakan

Opsi terakhir untuk Anda mengatasi http URL not found ialah dengan menghubungi customer service provider yang digunakan. Cara ini bisa dipilih apabila Anda menduga bahwa sumber penyebab munculnya notifikasi tersebut adalah provider itu sendiri.

Anda hanya perlu menghubungi customer service dari provider terkait. Apakah hal ini memang harus dilakukan? Sebenarnya jawabannya tergantung pada individu masing-masing. Hanya saja menghubungi customer service adalah salah satu tindakan yang bijak untuk mengetahui bagaimana status jaringan Anda. Jadi Anda dapat sedikit lebih tenang.

Sekarang sudah tidak bingung lagi dengan apa itu http URL not found bukan? Apabila Anda tengah mengalaminya saat ini, silahkan lakukan cara untuk mengatasinya sesuai dengan penyebabnya di atas. Jangan lupa juga, gunakan smartphone Anda dengan bijak ya, jangan berlebihan menggunakannya terutama karena ini berkaitan dengan kesehatan indra penglihatan. Semoga bermanfaat.

Apa Itu Http URL Not found? Ini Jawaban dan Cara Mengatasinya

One thought on “Apa Itu Http URL Not found? Ini Jawaban dan Cara Mengatasinya

Add Comment