Terbebas Dari Iklan

Cara Mengganti Domain Email Agar Terlihat Profesional

Cara Mengganti Domain Email – Domain suatu website yang Anda miliki bisa digunakan sebagai email profesional dan mengaitkannya dengan akun Gmail. Cara mengganti domain email agar terlihat lebih profesional cukup mudah dan bisa melalui dua cara berbeda.

Tujuan mengganti domain email dan diarahkan ke akun Gmail adalah agar Anda tidak perlu repot-repot mengecek email domain melalui webmail. Anda tinggal membuka Gmail dan email yang masuk ke domain email Anda bisa dibaca ataupun dihapus sesuai keinginan.

Hal-hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengganti Email Dengan Domain Sendiri

1. Akun Gmail

Akun Gmail

Hal pertama yang harus dipersiapkan dan wajib adalah akun Gmail yang masih aktif. Jika Anda belum memiliki, daftar terlebih dahulu melalui halaman resminya. Lengkapi informasi yang dibutuhkan dan gunakan nomor telepon yang aktif untuk verifikasinya.

2. Hosting dan Domain Aktif

Hosting dan Domain Aktif

Selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah hosting dan domain yang aktif. Perlu diperhatikan disini bahwa pastikan layanan hosting yang Anda pilih masih memiliki sisa kuota yang bisa dijadikan sebagai email.

Misalkan Anda memiliki layanan hosting dengan kapasitas 2GB, pastikan masih ada sisa sekitar 250-500MB untuk dijadikan tempat menampung email. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, bisa dibawah 250 MB atau diatasnya.

3. Akun Email Dengan Domain Sendiri

Akun Email Dengan Domain Sendiri

Setelah berhasil membuat Gmail, sekarang Anda perlu membuat email dengan domain sendiri yang nantinya digunakan sebagai email profesional. Pembuatan email ini tidak membutuhkan waktu lama dan perlu akses ke cPanel. Berikut langkah pembuatannya :

  • Login ke cPanel masing-masing dan cari sub menu menu Email Account pada menu utama Email.
  • Pilih opsi Add Email Account dan isikan informasi yang dibutuhkan. Jangan lupa buat password untuk bisa dibuka melalui webmail dan jangan lupa dicatat jika terlupa.
  • Pada kolom Mailbox Quota, isikan sesuai kebutuhan. Contohnya disini bisa dituliskan 250 MB, kemudian klik tombol Create Account.
  • Setelah Email Account Domain berhasil dibuat, sekarang klik menu Set Up Mail Client untuk dihubungkan dengan Gmail.
  • Nantinya akan muncul pengaturan SSL/TLS Settings atau Non-SSL Settings yang digunakan untuk pengaturan di Gmail. Catat keduanya ke notepad terlebih dahulu atau biarkan terbuka.

Cara Mengganti Domain Email Terbaru 2020

1. Pengaturan POP3

Pengaturan POP3

  • Setelah masuk ke Gmail, cari tombol Setting pada pojok kanan atas disamping kiri Profil Anda.
  • Klik tombol tersebut dan pilih opsi See All Settings.
  • Klik menu Accounts and Import, kemudian cari menu Grant access to your account.
  • Di samping kanan tulisan Grant access to your account terdapat menu Add another account, klik menu tersebut untuk menambahkan email dari domain Anda.
  • Jendela baru akan terbuka dan Anda diminta untuk mengisikan alamat domain email di kolom yang disediakan. Pastikan Anda mengisikannya dengan benar, kemudian klik tombol Next Step.
  • Sekarang Anda diminta untuk mengisikan username, password dan pop server. Isikan sesuai dengan detail SSL/TLS Settings (Recommended) yang tadi.
  • Pada kolom POP server, isikan dengan hostname Incoming. Sedangkan untuk pilihan Port, sesuaikan dengan Incoming Server pada POP3 Port.
  • Di bawah ketiga kolom tadi terdapat beberapa box yang perlu dicentang, berikut keterangannya :
    • Leave a copy of retrieved message on the server – Jika dicentang, maka email akan masuk ke akun Gmail ataupun server email Apabila tidak dicentang, maka email akan diambil alih oleh Gmail dan email di server akan terhapus.
    • Always use a secure connection (SSL) when retrieving mail – Anda dapat mencentangnya jika menggunakan Secure SSL/TLS Settings.
    • Label incoming messages – Ini berguna untuk memberikan label warna terhadap email yang masuk dari domain email.
    • Archive incoming messages (Skip the Inbox) – Centang ini jika Anda ingin seluruh email yang masuk dari domain email dimasukkan ke folder khusus.
  • Jika sudah memilih sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas masing-masing, klik tombol Add Account untuk menambahkannya.
  • Apabila penambahan email berhasil, maka akan muncul notifikasi “Your mail account has been added”.

2. Tambahan Pengaturan SMTP

Tambahan Pengaturan SMTP

Setelah muncul notifikasi penambahan akun email berhasil, di bawahnya terdapat tulisan You can now retrieve mail from this account. Would you also like to be able to send email as contoh@domain.com”.

Pengaturan tambahan di bawah ini hanya berlaku jika hosting Anda mengizinkan SMTP. Konfigurasi SMTP ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan email menggunakan domain email melalui Gmail. Namun jika layanan hosting Anda tidak mengizinkannya, maka bisa skip untuk pengaturan berikut :

  • Jika layanan hosting Anda mengizinkan SMTP, pilih opsi Yes, I want to be able to send mail as contoh@domain.com, kemudian klik Next Step.
  • Apabila halaman pop up tertutup otomatis, Anda bisa menambahkannya secara manual.
  • Masuk kembali ke menu Accounts and Import untuk melakukan pengaturan lanjutan.
  • Sekarang cari menu Send mail as:, kemudian klik opsi Add another email address.
  • Jendela pop up baru akan terbuka dan Anda diminta untuk mengisikan informasi yang dibutuhkan :
    • Name : isikan dengan nama yang ingin Anda gunakan ketika menggunakan domain email
    • Email Address : masukkan alamat domain email yang tadi sudah diatur sebelumnya. Misalnya contoh@domain.com.
  • Jangan lupa centang kolom Treat as an alias”, kemudian klik Next Step untuk melanjutkan.
  • Sekarang Anda diminta untuk memasukkan detail server, berikut pengaturannya :
  • SMTP Server – isikan dengan hostname Outgoing Server
  • Port – isikan Port sesuai dengan Outgoing Server tersebut
  • Username and Password – isikan username domain email dan password yang digunakan untuk login ke email
  • Di bawahnya terdapat pilihan SSL atau TLS, sesuaikanlah dengan fasilitas layanan hosting yang Anda gunakan. Klik Add Account untuk konfirmasi.
  • Sekarang Anda tinggal melakukan verifikasi email dengan cara login ke Webmail yang disediakan oleh layanan hosting Anda.
  • Cek inbox dan cari email Gmail Confirmation. Buka email tersebut dan Anda bisa klik link verifikasi atau mengisikan kode verifikasi secara manual.
  • Jika konfigurasi ini berhasil, Anda bisa mengeceknya dengan menuliskan pesan baru, kemudian pilih opsi From, maka akan muncul domain email yang tadi ditambahkan.

Kelebihan Menggunakan Domain Email Sendiri

1. Kapasitas Penyimpanan Email Lebih Besar

Kapasitas Penyimpanan Email Lebih Besar

Jika Gmail hanya menawarkan kapasitas penyimpanan mencapai 15GB untuk setiap akun, berbeda dengan menggunakan email dari domain. Masing-masing layanan hosting menawarkan kapasitas yang beragam, mulai dari 1GB hingga puluhan GB sesuai kebutuhan masing-masing.

Dengan kapasitas yang besar ini, tentu Anda bisa menyimpan berbagai macam file dengan aman dan terintegrasi dengan website Anda. Anda bisa mengatur kapasitas penyimpanan ini kapan saja sesuai dengan kapasitas masing-masing.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Meningkatkan Kredibilitas

Ketika Anda menggunakan email biasa seperti gmail, yahoo dan sejenisnya, maka akan muncul embel-embel @yahoo.com ataupun @gmail.com di belakangnya. Dalam hal bisnis, hal semacam ini bisa membuat kredibilitas Anda menurun karena dianggap kurang profesional.

Jika Anda memiliki bisnis yang besar dan sudah dikenal banyak publik, maka gunakanlah email dengan domain Anda sendiri. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas bisnis yang Anda jalankan dan publik akan menaruh rasa percaya terhadap Anda.

3. Terbebas Dari Iklan

Terbebas Dari Iklan

Kelebihan selanjutnya yang Anda dapatkan dengan menggunakan domain email adalah terbebas dari iklan apapun. Artinya adalah kinerja Anda menjadi lebih produktif dan lebih nyaman karena tidak ada gangguan dari iklan.

Selain meningkatkan produktivitas, email Anda juga aman dari serangan malware, spam dan promosi lain yang mengganggu. Kapasitas penyimpanan di email juga lebih optimal karena tidak menyimpan emailemail yang kurang penting.

4. Keamanan Privasi Terjaga

Keamanan Privasi Terjaga

Dengan menggunakan domain email, keamanan privasi Anda lebih terjaga dan informasi penting tidak akan bocor. Menariknya adalah layanan email dari hosting ini sudah dilengkapi perlindungan dari malware, phising hingga spam.

5. Dimanfaatkan Untuk Branding

Dimanfaatkan Untuk Branding

Domain email perusahaan juga bisa dijadikan sebagai branding dan mengirimkan email promosi kepada calon pengguna. Disini Anda bisa membuat domain email khusus bagian promosi untuk meningkatkan rasa percaya pengguna.

Ketika Anda ingin mengganti email dengan domain sendiri menggunakan cara mengganti domain email di atas, pastikan sudah memenuhi syarat dan persiapkan hal-hal yang diperlukan. Jika terjadi kesalahan, ulangi lagi dan perhatikan step by step secara teliti.

Cara Mengganti Domain Email Agar Terlihat Profesional

Leave a Reply