3 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP – Berkembangnya teknologi yang sangat cepat membuat orang dapat melakukan segala hal, salah satunya mengetahui lokasi seseorang. Sebagian besar orang pasti belum mengetahui cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP karena pada umumnya pasti mencari melalui aplikasi GPS.

Tentunya cara ini tidak bertujuan untuk mengganggu privasi seseorang, namun tujuannya hanya untuk memudahkan Anda yang sudah merencanakan pertemuan. Tapi Anda/teman tidak juga hadir karena tidak mengetahui lokasinya. Berikut ini adalah cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP:

3 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP

1. Menggunakan Fitur Live Location WhatsApp

Cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP yang pertama yaitu dengan menggunakan fitur Live Location. Untuk menggunakan fitur Live Location ini Anda harus mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Membuka aplikasi WhatsApp lalu pilih orang atau grup yang akan Anda ajak untuk saling berbagi live location
  • Langkah selanjutnya klik ikon paper clip pada kolom text lalu pilih opsi locationLangkah selanjutnya klik ikon paper clip pada kolom text lalu pilih opsi location
  • Jika halaman location sudah terbuka, Anda dapat klik opsi Share live location
  • Jika Anda ingin menambahkan pesan, dapat diketik pada kolom keteranganJika Anda ingin menambahkan pesan, dapat diketik pada kolom keterangan
  • Nantinya orang atau grup penerima pesan dapat melihat secara langsung lokasi dari pengirim, termasuk ketika sedang berpindah tempat
  • Fitur live location ini sendiri otomatis akan berhenti jika waktu live yang telah ditentukan sebelumnya sudah habis atau juga dapat dihentikan sendiri dengan klik opsi stop sharing

2. Menggunakan HLR Lookup untuk Melacak WhatsApp

Cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi Home Location Register atau HLR Lookup. Nantinya aplikasi ini akan memberikan informasi tentang lokasi seseorang lengkap dengan provider yang digunakannya.

Cara ini cocok Anda gunakan ketika mendapatkan pesan penipuan melalui WhatsApp dan ingin mengetahui keberadaan lokasi pengirim pesan tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan HLR Lookup untuk melacak lokasi seseorang:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan mengunduh aplikasi HLR melalui Google Play Store atau situs resmi dari HLR Lookup
  • Masukan nomor WhatsApp pengirim yang ingin diketahui keberadaan lokasinya lalu klik SendMasukan nomor WhatsApp pengirim yang ingin diketahui keberadaan lokasinya lalu klik Send
  • Tunggu beberapa saat hingga nantinya akan muncul informasi secara detail yang berisi kode area, layanan provider, negara, wilayah, dan kota dari nomor tersebutTunggu beberapa saat hingga nantinya akan muncul informasi secara detail yang berisi kode area, layanan provider, negara, wilayah, dan kota dari nomor tersebut
  • Walaupun kurang optimal jika memberikan lokasi terkini, setidaknya aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengetahui lokasi nomor tersebut berasal

3. Menggunakan Google Maps

Menggunakan Google Maps juga dapat dijadikan sebagai cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP. Dengan menggunakan Google Maps, Anda dapat melacak keberadaan seseorang dengan tingkat keakuratan yang cukup baik.

Berikut ini adalah langkah-langkah melacak lokasi teman di WhatsApp menggunakan aplikasi Google Maps:

  • Buka aplikasi Google Maps lalu klik simbol akun yang terletak di pojok kanan atas layarBuka aplikasi Google Maps lalu klik simbol akun yang terletak di pojok kanan atas layar
  • Langkah selanjutnya klik opsi Mulai untuk menunjukan lokasi kepada teman. Anda juga dapat mengatur durasi berbagi lokasi real time terlebih dahulu agar dapat dinonaktifkan secara otomatisLangkah selanjutnya klik opsi Mulai untuk menunjukan lokasi kepada teman. Anda juga dapat mengatur durasi berbagi lokasi real time terlebih dahulu agar dapat dinonaktifkan secara otomatis
  • Langkah terakhir yaitu pilih aplikasi WhatsApp dan kontak yang hendak dikirimkan informasi lokasi real time tersebut dan lokasi terkini sudah dapat diketahui

Fitur-Fitur WhatsApp Lainnya

Selain memahami cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP, Anda juga perlu memahami fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. WhatsApp saat ini telah menjadi salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Dengan menghadirkan berbagai macam fitur menarik di dalamnya, WhatsApp menjadi pilihan nomor 1 setiap orang untuk berkomunikasi jarak jauh.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang menjadi keunggulan aplikasi WhatsApp dibandingkan aplikasi lainnya:

1. Berbagai Macam Stiker1. Berbagai Macam Stiker

WhatsApp menyediakan berbagai macam stiker yang dapat Anda gunakan di dalam chatting dengan gratis. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat membuat personal stiker sendiri yang tentunya akan memberikan pengalaman menggunakan WhatsApp yang berbeda.

2. QR Code untuk Menambah Kontak2. QR Code untuk Menambah Kontak

Fitur QR Code ini adalah fitur terbaru yang dimiliki oleh WhatsApp, jadi Anda tidak perlu bersusah payah untuk menuliskan nomor terlebih dahulu untuk menambahkan kontak WhatsApp. Hanya dengan melakukan scanning di QR Code, kontak baru akan otomatis terdaftar.

3. Backup Percakapan3. Backup Percakapan

Tidak seperti aplikasi lainnya yang jika berganti ponsel percakapan sebelumnya akan hilang, jika menggunakan WhatsApp Anda tidak perlu khawatir tentang hal tersebut karena terdapat fitur backup percakapan.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat melihat percakapan sebelumnya walaupun telah berganti ponsel. Caranya pun cukup mudah, Anda dapat mengaturnya di opsi setting lalu pilih tab yang bertuliskan Chat Backup.

4. Huruf Tebal dan Miring4. Huruf Tebal dan Miring

WhatsApp juga menghadirkan pengalaman menulis pesan yang berbeda dengan hadirnya fitur huruf tebal dan miring. Dengan adanya fitur ini, penyampaian pesan yang berisi informasi penting tentu akan lebih mudah diterima.

Untuk membuat tulisan menjadi tebal, Anda dapat menggunakan tanda bintang (*) di antara kata yang diinginkan, contohnya seperti *Tebal*. Jika ingin membuat kata-kata menjadi miring, dapat menggunakan tanda underscore (_) diantara kata yang diinginkan, contohnya seperti _miring_.

5. Dark Mode5. Dark Mode

WhatsApp juga telah menyediakan tema dark mode yang tujuannya agar penggunaan di malam hari menjadi lebih nyaman. Dengan menggunakan dark mode, membaca pesan di malam hari tidak akan mudah lelah karena cahaya yang terlalu terang.

Tampilan dark mode pada aplikasi WhatsApp juga membuat tampilan aplikasi menjadi lebih elegan tanpa perlu mengubah fungsi dari aplikasi tersebut.

6. Panggilan Suara dan Video berkualitas Tinggi6. Panggilan Suara dan Video berkualitas Tinggi

Fitur panggilan suara dan video memang sudah banyak digunakan oleh beberapa aplikasi chatting lainnya, namun yang menjadi pembeda dari WhatsApp adalah panggilan suara dan video yang dihasilkannya dapat berkualitas tinggi.

Untuk menghasilkan panggilan suara dan video yang berkualitas, tentunya koneksi internet yang digunakan harus stabil. Walaupun tidak memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi, suara dan video yang dihasilkannya tetap jelas dan detail.

7. Chat Grup

7. Chat Grup

Adanya fitur chat grup tentunya sangat membantu agar tetap dapat terhubung dengan orang-orang penting bagi Anda, seperti keluarga atau rekan kerja. Di dalam grup tersebut Anda dapat membagikan pesan, foto, dan video ke 256 orang sekaligus.

8. WhatsApp Web8. WhatsApp Web

WhatsApp tidak hanya dapat digunakan pada perangkat ponsel saja, namun juga dapat digunakan pada perangkat PC atau laptop dengan fitur WhatsApp Web. Dengan adanya fitur ini tentunya akan membuat percakapan terus berjalan tanpa perlu mengganggu pekerjaan Anda.

9. Enkripsi End-To-End9. Enkripsi End-To-End

WhatsApp sendiri menggunakan fitur Enkripsi End-To-End yang membuat pesan dan panggilan yang Anda kirimkan keamanannya terjaga. Hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda saja yang dapat membaca atau mendengar panggilan yang dilakukan tersebut.

Dengan memahami cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp dan fitur-fitur di dalamnya, tentu tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi komunikasi sehari-hari Anda.

3 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP

Add Comment