8 Cara Transfer Uang Lewat ATM Bank yang Sama dan Berbeda Simpel Dan Mudah

Cara Transfer Uang Lewat ATM Bank – Bank tentunya memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya dapat digunakan untuk menabung, bank juga dapat digunakan untuk saling berkirim uang. Namun sebagian orang masih belum mengetahui cara transfer uang lewat ATM bank yang sama dan berbeda.

Sebenarnya untuk melakukan transfer ke bank yang sama atau berbeda memiliki kemiripan, namun terdapat beberapa perbedaan seperti jika Anda ingin melakukan transfer ke bank berbeda, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan dan harus memasukan kode bank tujuan.

8 Cara Transfer Uang Lewat ATM Bank yang Sama dan Berbeda

1. Mengetahui Nomor Rekening Tujuan

1. Mengetahui Nomor Rekening Tujuan

Untuk mengirim uang tentunya Anda harus mengetahui nomor rekening tujuan uang yang akan di transfer. Anda perlu mencatat dengan cermat nomor rekening sebelum berangkat ke mesin ATM.

Pastikan bahwa nomor rekening tersebut telah dilengkapi dengan nama pemilik dan bank tujuan. Hal ini diperlukan supaya Anda dapat melakukan pengecekan data kembali sebelum melakukan transfer ke rekening tersebut.

2. Pastikan Bahwa Saldo Mencukupi

2. Pastikan Bahwa Saldo Mencukupi

Cara transfer uang lewat ATM bank yang sama dan berbeda selanjutnya yaitu memastikan juga bahwa saldo yang terdapat di rekening Anda sudah mencukupi untuk melakukan transfer.

Perhatikan juga bahwa saldo Anda sudah mencukupi untuk membayar biaya administrasi tambahan jika melakukan transfer ke rekening bank yang berbeda.

Pada umumnya biaya administrasi tambahan untuk transfer bank yang berbeda dikenakan sebesar Rp6.500. Namun jika Anda melakukan transfer ke rekening bank yang sama, maka Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan atau gratis.

3. Cek Kode Bank Tujuan

3. Cek Kode Bank Tujuan

Cara transfer uang lewat ATM bank yang sama dan berbeda selanjutnya yaitu dengan mengecek kode bank tujuan. Langkah ini diperlukan jika Anda harus melakukan pengiriman uang ke rekening bank yang berbeda.

Masing-masing bank memiliki kode yang berbeda-beda, Anda dapat melihat kode-kode tersebut di menu daftar kode bank pada bagian mengisi nomor rekening. Namun jika bank tujuan Anda sama, maka Anda tidak perlu memasukan kode bank tersebut.

4. Masukan Kartu dengan Benar

4. Masukan Kartu dengan Benar

Jika semua cara transfer uang lewat ATM bank yang sama dan berbeda sebelumnya sudah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan pergi ke ATM terdekat. Carilah ATM yang sesuai dengan kartu yang Anda gunakan untuk mengirim uang.

Namun jika tidak ada, Anda dapat mencari mesin ATM yang memiliki logo sama dengan yang tertera di kartu ATM Anda, seperti ATM Bersama atau Mastercard. Setelah sampai, Anda dapat mulai memasukan kartu ke dalam mesin ATM.

Anda dapat mengikuti tanda panah yang terdapat pada mesin ATM agar kartu dapat masuk dengan sempurna. Jika Anda memasukan kartu dengan terbalik, maka secara otomatis mesin ATM akan menolak kartu tersebut.

5. Memasukan Nomor PIN

5. Memasukan Nomor PIN

Jika kartu sudah berhasil masuk ke mesin ATM, Cara transfer uang lewat ATM bank yang sama dan berbeda selanjutnya yaitu Anda dapat memasukan PIN dengan benar.

Pada proses ini Anda harus berhati-hati. Karena jika Anda salah memasukan nomor PIN hingga 3 kali, maka kartu ATM akan otomatis terblokir.

Jika sudah terblokir, Anda tidak akan bisa menggunakan kartu ATM tersebut untuk segala jenis transaksi. Untuk membuka blokir tersebut, Anda harus pergi ke kantor bank yang digunakan lalu mengurus berbagai persyaratannya.

Satu hal yang perlu diperhatikan, untuk membuka blokir harus orang dengan atas nama rekening tersebut dan tidak bisa diwakilkan karena harus menunjukan KTP dan berbagai persyaratan pribadi lainnya.

6. Pilih Menu Transfer

6. Pilih Menu Transfer

Cara transfer uang lewat ATM bank yang sama dan berbeda selanjutnya yaitu dengan memilih menu transfer yang tersedia di halaman utama mesin ATM. Jika tidak ada pilihan transfer, Anda dapat memilih opsi transaksi lain terlebih dahulu lalu setelah itu pilih opsi transfer.

Nantinya akan ada pilihan transfer ke Bank tujuan yang sama atau Bank lain, Anda dapat memilih sesuai bank tujuan pengirim.

7. Memasukan Kode Bank, Rekening, dan Nominal

7. Memasukan Kode Bank, Rekening, dan Nominal

Langkah selanjutnya yaitu Anda harus memasukan rekening tujuan. Jika pada langkah sebelumnya Anda memilih opsi Bank lain, maka Anda harus memasukan kode bank tersebut terlebih dahulu.

Anda dapat melihat daftar kode semua bank di opsi Lihat Kode Bank lalu Anda tinggal mencari kode bank yang sesuai dengan rekening tujuan. Jika sudah menemukan kode banknya, Anda dapat kembali ke halaman sebelumnya lalu memasukan kode bank beserta rekening tujuan.

Setelah itu klik tombol benar lalu masukan nominal atau jumlah uang yang akan di transfer. Pada tahap ini Anda harus teliti melihat nominal angka agar sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan. Jika nominal sudah sesuai, selanjutnya klik tombol Benar.

Nantinya akan ada opsi untuk mengisi nomor referensi. Namun jika Anda tidak membutuhkan nomor referensi tersebut, Anda dapat mengosongkan nomor referensi tersebut dengan menekan tombol Benar.

Nantinya akan muncul beberapa informasi terkait pengiriman tersebut, seperti pemilik rekening dan juga nominal transfer. Jika sudah sesuai, Anda dapat menekan tombol Benar.

8. Simpan Struk Jika Transaksi Berhasil

8. Simpan Struk Jika Transaksi Berhasil

Jika transaksi berhasil, maka secara otomatis mesin ATM akan mengeluarkan struk yang menyatakan kalau transfer telah berhasil dilakukan. Anda dapat menyimpan struk tersebut agar menjadi bukti bahwa transaksi telah berhasil dilakukan.

Keuntungan Transfer Antar Bank di ATM

Keuntungan Transfer Antar Bank di ATM

Dengan adanya mesin ATM akan memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi secara langsung tanpa perlu repot harus pergi ke bank terlebih dahulu. Jadi Anda tidak perlu menarik uang terlebih dahulu, lalu pergi ke teller untuk mengirimkan uang ke rekening yang dituju, tentunya hal tersebut sangat merepotkan.

Dengan adanya mesin ATM, Anda dapat melakukan transaksi selama 24 jam, jadi tidak perlu khawatir jika kantor bank sudah tutup. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam urusan pribadi maupun bisnis supaya tidak terganggu.

Cara Transfer Uang Melalui Internet

Cara Transfer Uang Melalui Internet

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, melakukan transfer uang saat ini dapat dilakukan melalui internet. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat mendaftarkan diri ke bank untuk dapat memiliki akun i-banking (Internet Banking) atau m-banking (Mobile Banking).

Dengan memiliki i-banking atau m-banking, Anda dapat melakukan transaksi tanpa perlu harus pergi ke mesin ATM. Langkah-langkah yang perlu dilakukan pun hampir sama, namun yang berbeda adalah Anda tidak bisa mencetak struk sebagai bukti transfer.

Namun jika membutuhkan bukti transfer, Anda dapat melakukan screenshot bukti transfer yang tertera di layar ponsel jika transaksi telah berhasil.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, untuk menggunakan i-banking ponsel yang Anda gunakan harus terhubung dengan jaringan internet. Jika Anda menggunakan m-banking, ponsel yang Anda gunakan harus memiliki pulsa yang cukup.

Mudahnya cara transfer uang lewat ATM bank yang sama dan berbeda tentunya memberikan dampak positif bagi setiap orang. Segala urusan Anda menjadi lebih mudah karena tidak perlu repot lagi harus ke bank langsung untuk melakukan transaksi tersebut.

8 Cara Transfer Uang Lewat ATM Bank yang Sama dan Berbeda Simpel Dan Mudah

Add Comment