49+ Contoh Desain Rumah Idaman (Mewah)

Desain Rumah Idaman (Mewah) – Rumah adalah idaman setiap orang yang sudah berkeluarga maupun yang masih single. Agar mendapat rumah yang diinginkan, banyak yang menggunakan contoh desain rumah idaman. Desain ini dapat membantu Anda memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membuat rumah.

Rumah impian semua orang pastinya memiliki kriteria yang cukup beragam. Ada yang menginginkan rumah dengan kolam renang, halaman yang luas atau rumah yang bertingkat. Berikut beberapa desain rumah impian sebagai referensi yang bisa Anda gunakan.

1.Desain Rumah Full Kaca

Desain Rumah Full Kaca

Contoh desain rumah impian ini sangat cocok untuk rumah yang memiliki pemandangan indah disekitarnya. Dengan dinding bagian depan yang full kaca membuat Anda dengan mudah memandang ke luar rumah.

Rumah dengan banyak jendela kaca juga memudahkan sirkulasi cahaya yang masuk. Cahaya matahari tentunya sangat sehat untuk kesehatan, terutama matahari pagi.

2.Rumah Atap Hitam Dinding Putih

Rumah Atap Hitam Dinding Putih

Rumah dengan paduan warna hitam putih ini sangat cantik dan terkesan mewah. Halaman rumah yang luas ditata dengan rapi sehingga sangat nyaman untuk tempat bermain anak. Warna putih di dindingnya ini juga memberikan kesan rumah yang elegan dan bersih.

3.Rumah Banyak Jendela

Rumah Banyak Jendela

Rumah dari kayu juga sangat cocok dipadukan dengan cat putih agar tampak lebih modern. Dua sisi simetris membuat rumah tampak berbeda. Rumah dua lantai ini sangat cocok untuk keluarga dengan banyak anggota karena sangat luas dan dilengkapi dengan banyak jendela kaca.

Halaman rumahnya cukup luas untuk membuat tanaman hijau tumbuh. Anda bisa membuat taman kecil atau menanam tumbuhan hijau saja seperti pada gambar.

4.Rumah 3 Lantai Santai List Ungu

Rumah 3 Lantai Santai List Ungu

Rumah dengan tiga lantai ini sangat cocok untuk liburan karena berada di daerah terpencil. Selain itu dilengkapi dengan kolam renang yang luas sehingga bisa digunakan banyak anggota keluarga. Pilihan warna ungu seperti pada gambar atau bisa disesuaikan dengan selera warna kesukaan Anda.

5.Desain Minimalis di Tepi Hutan

Desain Minimalis di Tepi Hutan

Desain minimalis memang sangat cocok untuk rumah modern meski berada ditepi hutan. Anda bisa membuat rumah dua lantai dengan perpaduan warna putih dan coklat tua. Gunakan jendela kotak tanpa teralis agar lebih leluasa memandang ke luar rumah yang asri.

Contoh desain rumah impian juga dilengkapi dengan kolam mini dan tempat bersantai disebelahnya. Anda bisa mengajak teman atau saudara bermalam menikmati asrinya alam sekitar rumah.

6.Rumah Klasik Dengan Kolam Renang Luas

Rumah Klasik Dengan Kolam Renang Luas

Model klasik dengan kolam renang yang luas bisa digunakan untuk rumah impian Anda. Halaman yang luas dimanfaatkan untuk kolam renang yang bisa menampung banyak orang. Anda bisa menambahkan tempat santai disekitar kolam agar bisa menikati angin sore yang sepai sepoi.

7.Desain Sederhana yang Homey

Desain Sederhana yang Homey

Desain rumah yang sederhana seperti pada contoh gambar bisa digunakan untuk Anda yang hanya memiliki anggota keluarga sedikit. Menariknya rumah ini juga dilengkapi dengan panel surya sebagai daya tambahan. Panel surya ini sangat cocok untuk Anda yang berniat menghemat energi listrik.

Rumah satu lantai ini cocok untuk Anda yang memiliki lahan luas namun tidak membutuhkan banyak ruangan. Sisa lahan bisa dimanfaatkan untuk membuat kolam berukuran besar disertai tempat bersantainya.

8.Desain Kayu Minimalis

Desain Kayu Minimalis

Rumah dua lantai ini di dominasi bahan kayu dengan desain minimalis namun lebih modern. Rumah juga dipadukan dengan bahan lain seperti bata hias sehingga menambah keindahan desainnya. Jendela juga dibuat cukup banyak untuk sirkulasi cahaya yang baik bahkan pada malam hari.

9.Rumah Ala Mansion

Rumah Ala Mansion

Rumah dengan desain ala mansion ini sangat klasik dilengkapi dengan dua cerobong asap. Cocok untuk perumahan yang berada di pegunungan sehingga cuaca selalu dingin. Anda bisa membakar kayu untuk membuat rumah menjadi lebih hangat dan hemat energi listrik.

Contoh desain rumah impian juga sangat asri karena dikelilingi banyak pepohonan disekitarnya. Halaman yang sangat luas juga cocok untuk membuat acara skala besar seperti pesta pernikahan anak Anda.

10.Rumah Desain Batu Hias

Rumah Desain Batu Hias

Rumah berwarna putih ini dilengkapi dengan hiasan menggunakan batu bata expose pada beberapa bagian. Batu hias ini dibuat pada bagian pintu utama agar lebih unik dan menarik. Selain itu bagian samping rumah yang berfungsi sebagai garasi juga menggunakan batu bata hias tersebut.

11.Rumah Kayu Hijau Soft

Rumah Kayu Hijau Soft
HGTV Dream Home 2019 in Whitefish, Montana

Bahan kayu untuk rumah juga bisa memberikan kesan yang modern dengan desain yang tepat. Rumah ini sebagian besar menggunakan bahan dari kayu yang dicat dengan warna hijau soft. Bagian lantai dibuat agak tinggi agar tidak merusak kayu jika terkena air hujan.

Selain itu rumah menonjolkan teras yang dibuat luas dan memanjang mengikuti depan rumah. Sebagian teras yang menyatu dengan rumah dibuat dengan kayu dan sebagian lagi dibuat dengan bahan batu atau keramik batu.

12.Modern Klasik

Modern Klasik

Kesan modern dari desain rumah yang minimalis namun juga mewah. Kesan klasik dari bahan bebatuan yang digunakan pada bagian tertentu. Paduan dua gaya ini membuat rumah tampak mahal dan mewah. Ditambah lagi kolam renang yang didesain dengan gaya air mancur yang tidak biasa.

13.Jendela Depan

Jendela Depan

Rumah satu ini menonjolkan bagian dua sisi simetris yang menempatkan jendela di depan rumah. Bagian atap jendela dibuat seperti atap rumah sehingga tampak lebih berbeda. Paduan cat warna cerah dan gelap juga sangat cocok untuk rumah modern satu lantai ini.

Bagian depan rumah yang cukup luas sengaja dibiarkan agar bisa menampung banyak kendaraan. Anda tidak membutuhkan garasi karena halaman rumah bisa digunakan untuk memarkir mobil.

14.Kaca Kotak

Kaca Kotak

Mengusang tema modern rumah satu ini dilengkapi dengan banyak kaca pengganti dindingnya. Rumah dibuat dengan bentuk kotak dengan atap menyatu yang berbeda dengan atap rumah pada umumnya. Anda bisa membuat rumah menjadi dua lantai agar bisa menikmati pemandangan jauh.

15.Dua Lantai Simple

Dua Lantai Simple

Jika lahan untuk membuat rumah tidak begitu besar, Anda bisa menggunakan desain satu ini. buatlah dua lantai agar lebih banyak mendapatkan ruangan rumah. Anda bisa membuat teras atas dengan pembatas kaca agar tampak mewah dan classy dilihat dari luar rumah.

Contoh desain rumah impian memiliki sedikit halaman di bagian depan yang digunakan untuk bersantai. Gunakan saja kursi pantai warna warni agar tampak lebih apik dipandang mata yang melihatnya.

16.Klasik Modifikasi

Klasik Modifikasi

Model klasik memang tidak pernah mati hingga saat ini. Bahkan menjadi lebih cantik lagi karena dipadukan dengan desain masa kini. Halaman yang luas bisa dimanfaatkan untuk tempat berkumpul ketika ada acara keluarga. Siapkan banyak garasi jika Anda memiliki banyak mobil untuk disimpan.

17.Ala Bangunan Tua

Ala Bangunan Tua

Desain ala bangunan tua ini sebenarnya cukup megah untuk rumah dua lantai dengan warna abu beton. Warna soft dinding rumah dipadukan dengan jendela yang lebih terang. Jendela dibuat memiliki dua penutup yaitu kaca di dalam dan penutup kayu di bagian luarnya.

Anda juga bisa mengganti warna cat tembok menjadi lebih cerah agar rumah lebih indah lagi. Sesuaikan saja warna dengan jendela yang sudah memiliki warna biru muda yang cantik.

18.U Simetris

U Simetris

Jika diperhatikan rumah ini memiliki bentuk U yang sangat simetris. Bagian kiri dan kanan rumah terdapat dua ruang yang dibuat dengan desain sama persis. Namun bagian pintu utama adalah yang paling mencolok dengan desain mewah dan dua lantai dengan tiang besar.

19.Dengan Garasi Kayu

Dengan Garasi Kayu

Rumah ini tidak memiliki halaman yang luas namun cukup untuk menampung satu mobil. Selain itu juga dilengkapi dengan garasi yang menggunakan pintu kayu. Model rumah cukup simple dengan dua lantai dan dinding yang dicat kuning gading.
Rumah makin tampak modern dan minimalis dengan teras mini pada bagian lantai dua rumah. Anda bisa bersantai menikmati malam indah dari teras yang cukup luas untuk satu keluarga.

20.Dinding Batu Hias Dominan

Dinding Batu Hias Dominan

Rumah idaman satu ini dilengkapi dengan dinding yang di dominasi batu hias berwarna khas batuan. Selain itu rumah dua lantai ini juga dilengkapi dengan pagar yang juga dihias dengan batu bata expose. Anda akan juga nyaman ketika musim hujan dengan cerobong asap untuk membakar kayu.

Halaman contoh desain rumah impian satu ini juga sangat banyak ditumbuhi pepolohan. Cocok untuk Anda yang menyukai tanaman dan membutuhkan udara segar agar lebih sehat.

21.Klasik Minialis Coklat Kayu

Klasik Minialis Coklat Kayu

Rumah yang dibuat dengan sebagian besar bahan kayu ini menggunakan warna coklat tua. Warna coklat ini adalah pilihan terbaik untuk membuat dinding rumah tidak mudah kotor. Beberapa bagian rumah dilengkapi dengan desain batuan sehingga tampak klasik dan minimalis.

Rumah yang sangat ramah lingkungan ini juga dibuat agak tinggi untuk melindungi kayu penyusun rumah. Kayu sebagai dinding disusun horizontal untuk lantai satu dan vertikal untuk lantau dua rumah.

22.Flat Roof

Flat Roof

Plat roof atau atap datar banyak dipilih kaum milenial sebagai atap rumah yang lebih modern. Memang rumah dengan model ataf datar ini akan tampak sangat modern seperti gedung bertingkat. Padukan dengan jendela besar dalam jumlah banyak agar rumah lebih tampak modern lagi.

23.Tipe Jendela Terpotong

Tipe Jendela Terpotong

Model rumah dengan jendela yang seolah terpotong-potong ini sangat unik dan berbeda. Anda bisa menggunakan model jendela dengan potongan vertikal atau horizontal. Namun dominasi jendela potongan horizontal pada rumah memberikan efek yang unik karena jarang digunakan.

Lantai rumah pada bagian luar atau teras menggunakan bahan parket yang berwarna coklat tua. Pilihan yang pas agar tidak terlihat kotor meski sedang musim hujan atau berdebu.

24.Gaya Timur Tengah

Gaya Timur Tengah

Gaya Timur Tengah ini didominasi dengan teras lantai dua yang terlihat seperti setengah lingkaran. Desain satu ini banyak digunakan pada masjid dan bangunan khas Timur Tengah. Namun kesan mewah juga terpancar dari rumah simetris yang dilengkapi dengan pagar besi berwarna hitam.

25.Model Cluster

Model Cluster

Model perumahan cluster yang mewah namun juga modern mungkin bisa dijadikan sebagai salah satu referensi. Anda juga bisa membuat rumah ala cluster dengan atap datar yang memberi kesan modern. Rumah juga dilengkapi dengan garasi dan tangga yang unik khas desain modern minimalis.

Halaman contoh desain rumah impian ini memang tidak begitu luas sehingga tidak dibutuhkan pagar pembatas. Anda akan dengan mudah keluar masuk rumah menggunakan mobil karena tidak ada pagar yang menghalangi jalan.

26.Asimetris Setengah Lingkaran

Asimetris Setengah Lingkaran

Desain satu ini mirip dengan gedung museum atau bangunan umum zaman dulu. Anda juga bisa menggunakan rumah desain ini dengan modifikasi agar lebih baik terlihat. Jendela dibuat agar menjorok ke dalam agar memberikan desain yang berbeda dengan jendela pada umumnya.

27.Halaman Belakang Luas

Halaman Belakang Luas

Anda pasti banyak yang memimpikan memiliki rumah dengan halaman belakang yang luas. Halaman belakang yang luas bisa digunakan untuk kolam renang dan tempat bersantai. Jika ada acara maka rumah Anda bisa dijadikan pilihan karena memiliki halaman yang luas untuk banyak orang.

Dapur dibuat dengan dinding kaca yang bisa memandang langsung ke kolam renang. Anda bisa menikmati makanan sambil memandang ke luar yang asri.

28.Kolam Batu Alami

Kolam Batu Alami

Desain satu ini sebenarnya cukup mewah namun lebih ke klasik karena batuan yang digunakan tampak alami. Contohnya penggunaan batuan untuk kolam renang di depan rumah sehingga tampak lebih alami. Rumah satu lantai ini juga memiliki halaman luas untuk bersantai dan menerima tamu.

29.Minimalis Halaman Luas

Minimalis Halaman Luas

Anda bisa membuat rumah dua lantai agar lebih luas di bagian halamannya. Desain rumah dibuat menggunakan batu bata expose agar tampak klasik namun cantik. Halaman yang luas bisa digunakan untuk menampung beberapa mobil dan membuat taman yang asri dipandang mata.

Bagian atap rumah juga cukup menarik karena dibuat rendah namun tetap memiliki kemiringan yang sesuai. Atap dengan kemiringan seperti gambar masih ideal untuk mengalirkan air ketika sedang turun hujan.

30.Rumah Ditepi Pantai

Rumah Ditepi Pantai

Memiliki rumah yang berada ditepi pantai adalah impian banyak orang karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda bisa membuat banyak tempat duduk dan pendopo bergaya modern untuk bersantai. Lengkapi kolam infinity ala hotel agar bisa berenang tanpa harus ke pantai.

Contoh desain rumah impian juga sangat cantik dan bisa digunakan untuk tempat spot foto instagramable. Atau malah bisa untuk foto prewedding karena berbatasan langsung dengan laut yang indah.

31.Gaya Barat

Gaya Barat

Rumah gaya barat ini juga banyak digunakan di Indonesia karena tampak kokoh dan megah. Apalagi jika menggunakan warna gelap seperti coklat atau merah bata. Bangunan bukan hanya kokoh namun juga tampak klasik. Jendela tinggi dibagian atap juga membuat rumah semakin kebarat-baratan.

Anda juga bisa menambahkan cerobong asap untuk sekedar desain tambahan atau memang bisa digunakan untuk membuat perapian. Warna putih juga digunakan dengan porsi yang sedikit namun cukup mencolok.

32.Vintage Putih

Vintage Putih

Dominasi warna putih membuat rumah ini tampak lebih vintage namun juga klasik. Bagian pagar rumah dibuat menggunakan bata yang disusun rapi membentuk dinding. Rumah dilengkapi dengan cerobong yang bisa digunakan untuk mengeluarkan asap saat membakar kayu penghangat.

33.Tiga Lantai Keramik Putih

Tiga Lantai Keramik Putih

Rumah tiga lantai sangat cocok dipadukan dengan warna putih agar tampak elegan. Namun warna putih ini berasal dari keramik khusus yang bisa digunakan untuk dinding. Dari mulai dinding, lantai hingga tangga semuanya dilapisi keramik berwarna cerah ini dengan ukuran yang beragam.

Rumah juga dilengkapi dengan tiga tangga, dua di bagian samping kanan dan kiri sedangkan satu lagi di bagian depan rumah. Satu tangga di bagian depan berukuran paling besar dan merupakan tangga utama rumah.

34.Desain Warna Warni

Desain Warna Warni

Model rumah modern yang minimalis bisa dipadukan dengan cat warna warni agar tampak lebih cantik. Paduan warna putih, abu, kuning gading, hijau dan merah menghiasi rumah sehingga tampak lebih ceria. Bagian depan dilengkapi dengan balkon dan tangga kayu yang berwarna coklat cerah.

35.Tempat Santai Luar Luas

Tempat Santai Luar Luas

Tempat santai sangat dibutuhkan untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari, misal dirumah. Anda yang tidak memiliki banyak waktu libur akan lebih nyaman bersantai dirumah sambil menikmati udara segar. Tambahkan kolam sederhana agar bisa melepaskan penat lebih baik lagi.

Contoh desain rumah impian ini memiliki halaman yang luas di dekat tempat bersantai. Hal ini sangat berguna sebagai tempat bermain anak Anda atau tempat berkumpul dengan teman.

36.Lantai Kayu Parket

Lantai Kayu Parket

Lantai kayu parket sangat banyak digunakan untuk lantai rumah modern saat ini. Warna coklat khas kayu dapat membuat lantai tampak selalu bersih karena tidak terlihat jika ada kotoran menempel. Namun lantai kayu ini juga sangat cantik karena dipadukan rumah modern dengan kaca persegi.

37.Garasi Besar

Garasi Besar

Garasi adalah kebutuhan setiap orang yang memiliki mobil, apalagi jika jumlahnya tidak satu. Rumah impian Anda tentu harus dilengkapi dengan garasi agar mudah ketika mobil akan memarkir mobil. Garasi yang besar dan halaman yang lebar juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan outdoor.

Menariknya rumah ini juga dilengkapi beberapa anak tangga sebagai akses menuju pintu utama. Juga teras dengan pagar berwarna putih yang apik sehingga rumah terlihat sangat rapi dan elegan.

38.Desain Castle

Desain Castle

Mungkin ini rumah impian banyak wanita di dunia dengan desain caslte seperti istana yang sangat megah. Atap rumah dibuat dengan bentuk menarik layaknya istana putri dalam dunia dongeng. Selain itu jendela panjang yang tinggi membuat rumah ini tampak mewah dan megah sempurna.

39.Ruangan Penuh 4 Lantai

Ruangan Penuh 4 Lantai

Rumah ini bisa terlihat memiliki empat lantai hingga ke bagian atas atap rumah. Namun bisa juga memiliki lima lantai jika ada bagian lantai bawah tanah. Anda bisa menerapkan rumah ala barat ini untuk lahan sempit yang membutuhkan banyak ruang.

Contoh desain rumah impian banyak digunakan di luar negeri karena sangat efektif untuk lahan terbatas. Rumah dipercantik dengan tanaman merambat yang dibiarkan merayap hingga ke bagian atas dinding.

40.Soft Biru Laut

Soft Biru Laut

Warna biru soft sangat cantik mengiasi rumah seperti pada gambar. Bahkan rumah Anda bisa dijadikan spot foto yang instagramable karena sangat cantik. Sebenarnya desainnya cukup sederhana namun paduan warna yang pas membuat rumah ini tampak lebih menarik.

41.Ala Villa

Ala Villa

Desain villa memang sangat beragam misal seperti pada contoh gambar. Rumah yang berada di daerah pegunungan ini memang harus memiliki dinding kokoh dan tebal. Hal ini karena cuaca yang dingin terutama jika malam tiba karena berada di daerah pegunungan.

Pintu depan yang merupakan pintu utama dibuat dengan ukuran besar dan sangat megah. Juga dihiasi dua tiang besar pada sisi kiri dan kanan pintu utama tersebut.

42.Desain Istana Batu

Desain Istana Batu

Desain rumah yang luas seperti istana ini semakin megah karena semua dinding ditempeli batu atau dinding batu. Dua lantai rumah terlihat menyatu namun bisa dilihat dengan jendela yang terbagi dilantai satu dan duanya. Jendela rumah menggunakan kaca bening agar bisa melihat ke luar.

43.Tiga Desain Berbeda

Tiga Desain Berbeda

Gambar menampilkan tiga rumah dengan tiga desain berbeda, mulai dari yang simple hingga mewah. Anda bisa salah satunya sesuai dengan selera desain yang diinginkan. Namun pastikan juga sesuai dengan dana yang dimiliki untuk membangun rumah tiga lantai tersebut.

Perbedaan mencolok ketiga rumah tersebut adalah bagian jendela. Satu menggunakan jendela biasa tanpa desain tambahan, satu lagi menggunakan teralis yang cantik. Gambar paling kanan juga memiliki jendela cantik dengan tone yang berbeda.

44.Dikelilingi Kolam Infinity

Dikelilingi Kolam Infinity

Kolam infinity bisa dijadikan salah satu kelengkapan di luar rumah yang berada di daerah perbukitan. Tanah yang tidak rata bisa digunakan untuk membangun rumah dengan ketinggian sedang agar terbebas dari banjir. Anda cukup menambahkan tangga agar bisa digunakan untuk turun ke bawah.

45.Gaya Eropa

Gaya Eropa

Rumah bergaya Eropa ini bahkan masih banyak digunakan untuk perumahan di daerah asalnya tersebut. Rumah terlihat sangat kokoh dan cukup simple namun memiliki banyak ruangan. Hal ini karena rumah jenis ini biasanya dilengkapi ruang bawah tanah dan ruang di bagian atap rumah.

Gaya Eropa satu ini biasanya memang banyak dan cocok di kompleks perumahan mewah. Contoh desain rumah impian ini juga bisa digunakan di Indonesia namun harus dilengkapi pagar agar lebih aman lagi.

46.Mansion Abu-Abu

Mansion Abu-Abu

Mansion abu-abu ini biasanya hanya dimiliki orang kaya seperti milyader dan selebritis terkenal dunia. Bisa dijadikan tempat tinggal yang sangat luas atau tempat liburan bersama keluarga. Ditambah lagi pemandangan sekitar yang asri serta danau luas di bagian belakang rumah.

47.Gaya Eropa Kuno

Gaya Eropa Kuno

Rumah gaya Eropa ini memang khas dengan bagian atap yang juga digunakan sebagai ruangan. Oleh sebab itu terdapat jendela yang dilengkapi dengan atap khusus agar bisa berdiri tegak sendiri. Pemanfaatan atap sebagai ruangan ini bisa membuat rumah lebih efektif dan lebih luas.

Gaya klasik yang mendominasi rumah mulai dari atap, jendela hingga teras pada bagian depannya. Rumah ini memiliki teras kecil namun terdapat halaman yang cukup untuk kegiatan sederhana seperti tempat bermain anak-anak.

48.Modern Saat Ini

Modern Saat Ini

Salah satu desain rumah yang modern saat ini adalah konsep simple dan elegan. Bagian yang mencolok dari rumah mewah impian memang biasanya terdapat pada tiang yang dibuat besar dan tinggi. Juga jendela dengan ukuran besar dan desain yang tidak sama atau pasaran.

49.Atap Gedung Pemerintahan

Atap Gedung Pemerintahan

Anda bisa membuat bagian atap tampak lebih menarik dengan menambahkan desain khusus. Seperti pada gambar contoh dengan detail yang mirip gedung atap pemerintahan. Namun rumah tetap terlihat mewah dengan dinding tinggi dan warna batuan alami penghias dinding tersebut.

Rumah memiliki pagar besi yang tertutup dengan tanaman hijau penghias sehingga tampak lebih privat dan alami. Selain itu desain pintu rumah juga cukup menarik dengan paduan warna putih dan merah cerah.

50.Gaya Rumah Selebriti

Gaya Rumah Selebriti

Paduan warna putih dan dominasi warna putih tulang membuat rumah tampak megah seperti rumah selebriti terkenal. Banyak selebriti tanah air yang menyukai desain satu ini karena memang tampak lebih modern. Tidak hanya modern namun rumah juga sangat mewah, megah dan classy.

Contoh desain rumah impian seperti di atas bisa disesuaikan lagi dengan dana dan lahan yang Anda miliki. Anda bisa menambahkan kolam renang atau malah menghilangkannya karena tidak cukup lahan. Intinya rumah impian itu harus sesuai dengan dana dan nantinya direnovasi perlahan.

Contoh Desain Rumah Idaman (Mewah)

Add Comment