45 Contoh Desain Rumah Jawa dan Joglo (Klasik dan Modern)

Desain Rumah Jawa dan Joglo  РJika membahas soal desain rumah tentu tidak ada habisnya, mengingat setiap orang pun memiliki hobi dan kriteria yang berbeda-beda tentang bentuk bangunan mereka. Bagi Anda yang ingin agar bangunan rumah terlihat lebih unik, serta memiliki gaya yang khas. Maka perhatikanlah beberapa contoh desain rumah Jawa dan Joglo untuk referensi ide unik Anda.

Keunikan Desain Rumah Jawa dan Joglo yang Diminati

Keunikan Desain Rumah Jawa dan Joglo yang Diminati

Semua orang tentu menginginkan rumah yang nyaman untuk ditinggali, salah satu caranya dengan mendesain bagian luar dan dalam ruangan rumah. Memperindah seluruh bagian ruangan adalah cara yang tepat, misalnya membangun rumah dengan gaya atau model tertentu.

Bentuk dan jenis rumah dibuat dan didesain sesuai dengan karakter dan ciri khas suatu bangsa. Sehingga rumah juga dijadikan suatu simbol atau ciri khas yang unik untuk menandakan bahwa sekelompok orang merupakan bagian dari suku atau bangsa tertentu.

Penyesuaian desain bentuk rumah juga didasarkan atas kondisi lingkungan sekitar serta kriteria Anda pada bidang seni tertentu. Salah satu bangunan unik adalah contoh desain rumah Jawa dan Joglo yang bisa Anda jadikan sebagai ide membangun rumah di masa depan.

Rumah Joglo, yakni rumah khas adat Jawa yang cukup unik dengan bentuk atapnya yang besar melengkung di setiap ujung menjadi sebuah simbol adat sekaligus kebangsawanan. Namun, kini bentuk rumah Joglo juga bisa didesain dengan gaya kontemporer namun tidak mengubah atap.

45 Ide Menarik Contoh Desain Rumah Jawa dan Joglo

Rumah Joglo bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk membangun tempat tinggal mewah, megah seperti pada dasarnya bangunan tersebut. Sekaligus menjadi tempat tinggal yang unik dan memiliki nilai estetika cukup tinggi seperti pada beberapa contoh di bawah ini.

1. Rumah Mewah dengan Atap Joglo

Ciri khas yang paling ditonjolkan dari rumah Joglo bisa Anda lihat pada atapnya yang sangat khas. Bentuknya mirip seperti topi dengan ujung atap yang dibuat memanjang tidak lancip. Namun, bagian dinding dan beberapa sudut lainnya dibuat dan didesain lebih modern.

2. Rumah Joglo dengan Dinding dan Pondasi Kayu

Rumah adat Jawa yang asli memang didominasi oleh material yang seluruh bagiannya terbuat dari kayu, mulai dai dinding, kusen, hingga pondasi rumah. Anda bisa mempertahankan keunikan desain tersebut, tetapi mengubah material keramik di lantainya.

3. Bangunan Pendopo Adat Joglo

Selain rumah, desain dan keunikan bangunan khas adat dari rumah Joglo biasanya dijadikan sebagai model untuk membangun tempat lainnya, seperti pendopo. Anda bisa melihat perbedaan mendasar bahwa rumah selalu memiliki dinding sedangkan pendopo tidak.

4. Rumah Joglo Kekinian dengan Pendopo

Jika Anda ingin mengetahui kemiripan Joglo pada beberapa bangunan tentu lebih sering menemukan contohnya seperti pada balai pendopo desa, kantor desa, dan sebagainya. Namun, beberapa orang masih menyukai desain rumah joglo beserta pendopo untuk teras.

5. Rumah Adat Joglo Klasik dengan Kolam Renang Mewah

Meskipun desain dan bentuk rumah Joglo cukup kuno, tetapi Anda bisa menambahkan beberapa ruang dan fasilitas mewah. Agar rumah tersebut terkesan cukup klasik namun tetap elegan dan kekinian. Seperti contoh gambar di atas dengan menambah kolam renang.

6. Rumah Tradisional Adat Jawa

Berbeda dari contoh desain rumah Gadang yang atap bagian teratasnya memiliki panjang yang sejajar dengan bagian bawah dengan lengkung menjulang lancip. Rumah adat Jawa memiliki atap bagian atas yang ukuran panjangnya lebih kecil sedangkan melebar di bawah.

7. Rumah Joglo Tradisional yang Unik

Rumah Joglo bagi beberapa orang masih dijadikan sebagai desain utama yang menarik. Jika Anda melihat beberapa masyarakat di daerah Jawa Tengah, atau Jawa Timur perbatasan daerah tengah dan bagian barat kebanyakan masih menggunakan gaya Joglo. Semua bangunannya terbuat dari kayu dan atap khas Joglo, begitupun pagarnya tepat di depan teras.

8. Joglo dengan Teras Sangat Luas Mengelilingi Rumah

Rumah Joglo yang mewah umumnya hanya dibangun di kalangan bangsawan saja pada zaman dulu. Beberapa rumah Joglo yang megah masih dijaga dan dihuni hingga kini, dengan bentuk bangunan persegi yang megah dikelilingi oleh teras yang mengitari ruang.

9. Rumah Joglo Perpaduan Gaya Modern

Rumah Joglo yang dibangun dengan model kekinian juga menambah suasana yang nyaman serta tampilan mewah. Anda bisa membangun ruang utama di tengah dengan gaya Joglo yang khas dan megah beserta lampu terasnya.

10. Rumah Megah dan Luas dengan Gaya Joglo

Anda juga bisa menerapkan desain rumah Joglo seperti bentuk aslinya, namun mengganti beberapa materialnya agar lebih modern. Seperti dinding bata dan semen dengan teknik cor, serta menggunakan keramik pada lantai atau bagian tertentu dinding, sekaligus dari kaca.

11. Rumah Mewah Kekinian Perpaduan Gaya Joglo

Anda akan terkesan ketika bangunan rumah dibuat lewat perpaduan klasik dan modern dari Joglo dan rumah kekinian. Bangunan mewah tersebut memiliki dinding yang terbuat dari susunan batu alam, sementara masih menggunakan atap Joglo dan teras mirip pendopo.

12. Rumah Joglo Kasih dengan Taman Mewah

Beberapa orang yang masih memiliki minat untuk melestarikan keunikan adat dan budaya Jawa juga mendesain rumahnya berbentuk Joglo. Semua bagian rumah dibuat mirip bangunan Joglo yang asli, dinding dan pintunya terbuat dari kayu dengan dihiasi taman asri.

13. Rumah Joglo Bertingkat yang Mewah

Bangunan Joglo yang umumnya tampak klasik dan kuno bisa Anda jadikan sebagai sebuah ide baru yang mengesankan. Caranya dengan memadukan cara atau teknik serta gaya pada bangunan rumah modern ala Joglo, tetap gunakan atap khas namun pilih gaya kini.

14. Rumah Joglo Mewah Bentuk L

Desain rumah Joglo yang klasik namun tetap mewah ketika bangunan dibentuk seperti huruf L. Kemudian bangunan rumah dibuat dengan desain interior yang cukup mewah, dan di luarnya dilengkapi dengan kolam renang yang besar halaman rumput yang cukup luas.

15. Rumah Joglo Megah dengan 2 Bangunan Kembar

Aneka rumah Joglo kekinian sudah banyak dimodifikasi dengan gaya yang cukup unik dan modern. Bangunan lebih megah dengan desain rumah Joglo di bagian utama tepat di antara kedua bangunan kembar yang lebih tinggi dan megah dengan atap Joglo yang masih khas.

16. Rumah Joglo di Kompleks Perumahan

Anda juga bisa menerapkan desain konsep rumah Joglo di kompleks perumahan yang cenderung padat. Anda dapat memilih beberapa material yang cukup modern dan kuat, namun tetap menggunakan kayu pada beberapa bagian seperti jendelam pagar, dan tiang.

17. Bangunan Unik Joglo dengan Ukiran

Rumah yang didesain mirip bangunan kuno memang terlihat sangat unik dan klasik. Seperti pada gambar di atas, banyak perpaduan karya seni pada gaya Joglo. Mulai dari ukiran dan bentuk lengkung di bawah atap Joglo. Serta perpaduan mode dinding bata, kayu, dan besi.

18. Rumah Mewah Tradisional Jawa dengan Kolam Renang

Rumah adat Joglo juga sangat menarik jika interiornya didesain dengan perpaduan gaya klasik dan modern. Anda bisa menambahkan kolam renang di bagian halaman belakang rumah adat. Serta membangunnya dengan lantai keramik dan hiasan yang bergaya vintage.

19. Rumah Joglo Kekinian di Kompleks Perumahan

Jika Anda seorang yang menyukai perpaduan seni klasik dan modern, maka cobalah contoh desain satu ini. Gabungkan mode klasik dari rumah adat Joglo khususnya pada atap rumah, dan bangunlah rumah gaya modern dengan teknik cor serta gaya bertingkat kekinian.

20. Rumah Joglo Modern yang Megah dengan Kolam Renang

Desain unik dari rumah Joglo yang cukup megah selanjutnya dihiasi oleh dinding sekaligus jendela yang terbuat dari kayu dengan tirai hias yang indah. Anda bisa menghiasi bagian eksteriornya dengan kolam renang pribadi serta taman dengan batuan untuk jalan setapak.

21. Rumah Joglo dengan Halaman Belakang Mewah

Rumah adat Joglo yang bangunannya tidak diubah, dan tetap sama seperti yang asli bisa dihias dengan beberapa sarana menarik. Seperti kolam renang pribadi di halaman belakang, padang rumput dan pijakan kaki yang berbentuk bulat menuju tangga, serta tanaman bunga.

22. Rumah Tradisional Khas Jawa

Desain rumah yang unik dan sederhana yang masih ada hingga kini bisa Anda lihat dari contoh desain rumah di kampung yang tradisional dan khas. Tidak seperti bangunan Joglo yang terlihat cukup mewah, rumah ini terlihat lebih minimalis dengan atap segitiga.

23. Bangunan Rumah Panggung Megah Joglo

Bangunan rumah joglo yang megah juga bisa dibuat dengan posisi yang lebih tinggi untuk memperlihatkan bagian bangunan inti rumah. Sedangkan bagian panggungnya disanggah oleh material batuan alam yang kokoh.

24. Rumah Tradisional Jawa Sederhana

Rumah tradisional Jawa yang sering dibangun oleh masyarakat di kampung memiliki ciri sisi atapnya segitinga. Kemudian terdapat peneduh di kanan kiri atap yang cukup lebar serta di depan.

25. Rumah Megah Atap Joglo dengan Dinding Modern

Contoh desain rumah Jawa dan Joglo yang tampak sangat megah dibangun dengan ukuran yang lebih besar serta dengan atap Joglo bersusun. Dinding yang digunakan untuk bangunan rumah Joglo ini adalah batu bata merah serta pintu dan kusen kayu yang unik.

26. Rumah Joglo di Atas Kolam Renang

Salah satu contoh desain rumah Jawa dan Joglo yang sangat mewah selanjutnya didesain di atas kolam renang dengan lengkungan unik yang luas. Sebenarnya rumah ini dibangun di posisi tengah kolam sehingga terlihat seolah sedang mengapung di atas air.

27. Rumah Joglo Berderet dan Bersambung

Beberapa contoh desain rumah klasik adat Jawa tersebut juga terbuat dari material kayu secara keseluruhan. Dibuat bersambung dan berderet seolah oleh bangunan tersebut terdiri dari beberapa bagian yang memanjang dengan pola atap bagian utama seperti pot terbalik.

28. Rumah Joglo Bertingkat Ala Kekinian

Anda juga bisa membangun bangunan seperti  contoh desain rumah Jawa dan Joglo di atas dengan memadukan beberapa material. Bangunan tersebut memiliki cat warna yang cukup beragam agar terkesan unik namun kekinian.

29. Gaya Rumah Joglo Elegan yang Mewah

Rumah Joglo juga bisa dimodifikasi dengan menambahkan beberapa hiasan seperti contoh desain rumah Jawa dan Joglo di atas. Misalnya dengan tirai dan lampu hias di tiap tiang teras, serta ditambah dengan kolam renang pribadi.

30. Rumah Joglo Gaya Natural

Contoh desain rumah Jawa dan Joglo yang terlihat natural dibangun dengan dikelilingi tanaman rimbun dan asri. Kolam renangnya pun dibuat di tengah halaman rumput yang luas beserta beberapa tanaman bunga.

31. Rumah Panggung Joglo dengan Kolam

Rumah panggung seperti pada contoh desain rumah Jawa dan Joglo ini dibangun lebih tinggi dibandingkan lahan sekitarnya. Kemudian di depan rumah ditambahkan kolam agar lebih unik dengan tangga untuk melewati kolamnya.

32. Rumah Panggung Joglo Sederhana dengan Teras

Umumnya rumah Joglo memang selalu dibangun dengan menyertakan ruang yang digunakan sebagai teras. Di teras terdapat beberapa tiang penyangga atap, dengan bangunan yang lebih tinggi disertai tangga untuk mencapai lantainya.

33. Rumah Joglo dengan Desain Taman Unik

Contoh desain rumah Jawa dan Joglo yang cukup unik sebenarnya selalu didukung oleh sarana yang dibangun di sekitarnya. Seperti taman dan kolam renang, disertai beberapa pijakan bermotif untuk melewati halaman rumput.

34. Teras Rumah Joglo

Anda bisa memasang bangunan mirip Joglo hanya di beberapa bagian rumah agar terkesan unik, seperti pada bagian terasnya saja. Sementara membangun bagian lainnya dengan model sederhana dan simpel.

35. Rumah Mewah Modern Perpaduan Joglo

Anda mungkin terkesan jika melihat bangunan rumah mewah modern yang cenderung dibuat dengan gaya kekinian dipadukan gaya tradisional Joglo. Bangunan tersebut tampak dipenuhi oleh materian kayu jati yang kokoh serta bagian dengan material yang kini populer.

36. Rumah Joglo Simpel

Rumah Joglo sebenarnya tampak lebih sederhana dari luar, Anda juga bisa membangun teras yang kecil atau luas. Tetapi ciri khasnya adalah memiliki ruang yang sangat luas di bagian interior bangunan rumah.

37. Rumah Joglo Minimalis yang Unik

Tidak hanya rumah berukuran besar dan megah saja, Anda juga bisa membangun rumah Joglo berukuran minimalis tapi kekinian. Atapnya dibuat dengan bentuk bersusun serta dindingnya dibuat mirip seperti pada bangunan rumah modern pada umumnya.

38. Rumah Adat Jawa Sederhana

Selanjutnya rumah adat Jawa juga bertransformasi menjadi lebih sederhana dan simpel dengan kedua sisi atap rumah berbentuk segitiga. Serta terdapat bagian peneduh yang umumnya diletakkan di atas teras.

39. Rumah Joglo Minimalis dan Mungil

Rumah Joglo yang unik selanjutnya dibangun dengan dikelilingi kolam ikan, serta terdapat teras kecil di depan rumah. Seluruh bangunannya terbuat dari kayu dengan ruang yang cukup mungil serta perabot minimalis.

40. Rumah Adat Joglo Klasik Hingga Kini

Jika Anda mengunjungi wilayah pedesaan di beberapa area Jawa Tengah, atau Jawa Timur bagian barat maka akan menemui bangunan rumah Joglo yang masih terjaga. Tampaknya memang sudah tua, namun terdapat beberapa perbaikan seperti pada lantai keramiknya.

41. Rumah Joglo di Pegunungan

Rumah Joglo sangat cocok jika dibangun di area pegunungan yang sejuk, dengan beberapa material seperti batuan untuk lapisan bawah rumah. Serta dinding dan jendela seperti bangunan rumah modern pada umumnya.

42. Rumah Joglo Minimalis dengan Kolam Renang

Bangunan rumah adat yang dibuat berderet mungil juga tidak kalah unik. Kemudian terdapat taman yang rapi di depannya sekaliguas kolam renang mungil dikelilingi tanaman teduh.

43. Bangunan Rumah Joglo Kontemporer

Selanjutnya Anda bisa membangun rumah yang cukup sederhana namun sedikit lebih mewah. Karena terdapat perpaduan material bangunan seperti batu alam keramik, dan kayu.

44. Deretan Rumah Joglo Minimalis di Kompleks Pemukiman Padat

Rumah tradisional Jawa yang cocok dibangun pada area pemukiman yang cukup padat seperti pada gambar di atas. Bangunan atapnya berbentik prisma segitiga terbaring, dibuat dengan teras dan pagar kayu.

45. Rumah Adat Joglo dengan Teras dan Pagar Kayu

Rumah Adat Joglo dengan Teras dan Pagar Kayu

Rumah Joglo selanjutnya dibangun seperti rumah panggung, namun memiliki area teras yang diberi pagar dari kayu. Serta tangga di depan teras untuk menggapai area rumah tersebut.

Berbagai contoh desain rumah Jawa dan Joglo yang telah dijelaskan di atas bisa dijadikan sebagai ide menarik untuk membangun rumah yang unik dan nyaman. Selain megah dan indah, rumah Joglo selalu menandakan simbol khas masyarakat adat Jawa.

45 Contoh Desain Rumah Jawa dan Joglo (Klasik dan Modern)

Leave a Reply