Site icon Sumber Informasi

Belajar Menanam Ubi Jalar (Raup Untung Puluhan juta rupiah)

cara menanam ubi jalar

Belajar Menanam Ubi Jalar – Ubi jalar adalah tanaman jenis umbi-umbian yang banyak di budidayakan di Indonesia. Ubi jalar digunakan sebagai bahan makanan pokok atau dapat diolah menjadi keripik, es krim, goreng dan lain-lain. Pertumbuhan ubi jalar sangat cocok di iklim panas dan lembab. Ubi jalar yang sering di di budidayakan Indonesia yaitu ubi jalar berwarna ungu, putih kecokelatan, merah dan lain-lain.

Ubi jalar sangat mudah untuk ditanam dan dapat berkembang biak secara vegetatif maupun generatif. Selain itu, ubi jalar dapat di budidayakan di dataran rendah sampai dataran tinggi (1000 mdpl). Ubi jalar tidak hanya ditanam di lahan yang memiliki drainase, tetapi juga ditanam dalam karung. Artikel ini akan menjelaskan cara menanam ubi jalar dalam karung secara lengkap.

Langkah Menanam Ubi Jalar dalam Karung

Budidaya ubi jalar dalam karung tidak membutuhkan lahan yang luas. Sehingga anda dapat mencoba budidaya ubi jalar dalam karung di halaman rumah. Alat dan bahan yang diperlukan yaitu :

Di bawah ini cara menanam ubi jalar dalam karung.

  1. Ambillah bibit umbi jalar yang sudah dipersiapkan, lalu belah bibit umbi tersebut menggunakan pisau atau cutter menjadi dua bagian.
  2. Ambil tusuk gigi atau lidi, lalu tusuk bagian dalam umbi ubi jalar yang telah di belah.
  3. Sediakan gelas plastik bekas air mineral, lalu isi gelas plastik bekas tersebut dengan air bersih.
  4. Kemudian masukkan umbi ubi jalar yang sudah ditusuk dengan tusuk gigi ke dalam gelas plastik berisi air. Biarkan ½ umbi ubi jalar terendam air. Letakan gelas plastik tersebut di tempat yang terkena sinar matahari.
  5. Setelah beberapa hari, umbi ubi jalar yang direndam air akan tumbuh akar di bagian bawah.
  6. Kemudian muncul tunas-tunas muda pada bagian atas umbi ubi jalar.
  1. Selanjutnya, potong tunas-tunas muda tersebut sampai akar untuk di jadikan sebagai bibit ubi jalar.
  2. Persiapkan karung bekas yang sudah dilubangi agar air yang disiram nanti tidak mengenang dalam karung bekas. Lalu bagian tengah karung di letakan pipa paralon atau selang yang sudah dilubangi. Pipa paralon atau selang tersebut berguna untuk jalan masuknya air yang di siram ke dalam media tanam.
  3. Isi karung dengan campuran pupuk kandang, tanah bercampur pasir, dan sekam sampai karungnya penuh. Sehingga pipa paralon atau selangnya dapat berdiri. Pastikan pipa paralon atau selang tidak kemasukan tanah.
  4. Tanamlah bibit ubi jalar ke dalam karung bekas yang sudah diisi media tanam. Bibit ubi jalar ditanam 1 bibit pada setiap karung agar bibit ubi jalar tumbuh dengan baik. Penanaman bibit ubi jalar sebaiknya, jangan dilakukan pada siang hari karena bibit akan layu, tetapi lakukan penanaman pada sore hari.
  5. Setelah ditanam bibit ubi jalar maka langsung disiram agar bibit tetap segar. Letakan karung yang ditanam bibit ubi jalar di area terbuka, supaya terkena sinar matahari.
  6. Setelah itu, lakukan perawatan pada bibit ubi jalar tersebut. Cara perawatan tanaman ubi jalar tidak ribet. Perawatan bibit ubi jalar meliputi penyiraman setiap hari, kecuali saat hujan tidak dilakukan penyiraman. Jangan dilakukan penyiraman dengan air yang deras agar tanaman ubi jalar tidak rusak. Tanaman ubi jalar tidak membutuhkan pupuk yang banyak, lakukan juga pemupukan setiap 2 minggu sekali agar terpenuhi unsur hara. Pemupukan dapat dilakukan dengan pupuk cair atau pupuk kandang.
  7. Walaupun bibit ubi jalar di tanam dalam karung, tetap harus dilakukan penyiangan gulma atau rumput.
  8. Tunggulah sampai bibit ubi jalar besar. Kalau sudah besar sediakan kayu sebagai tempat sandar ubi jalar yang menjalar.
  9. Setalah bibit ubi jalar di dalam karung berumur 1,5 bulan, lakukan pemupukan pembesaran umbi.
  10. Ubi jalar termasuk tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit. Walaupun begitu, tetap dilakukan penanggulangan hama dan penyakit agar tanaman ubi jalar tidak menurun perkembangan produktivitasnya.
  11. Biasanya ubi jalar dengan perawatan baik akan panen pada umur 4 sampai 5 bulan. Cara panen ubi jalar dengan cara menarik batang ubi jalar atau mengeruk tanah di dalam karung.

Mudahkan cara menanam ubi jalar dalam karung, anda dapat langsung mencobanya di rumah karena budidaya ubi jalar dalam karung tidak memerlukan lahan yang luas. Cara ini juga lebih praktis dan efisien. Semoga dengan membaca artikel ini, anda akan memahami budidaya ubi jalar dalam karung.

Belajar Menanam Ubi Jalar (Raup Untung Puluhan juta rupiah)

Exit mobile version