6 Cara Menanam Kacang Tanah (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi)

Cara Menanam Kacang Tanah – Banyak dari kita yang sudah pernah memakan kacang tanah. Banyak juga orang yang memilih Cara Menanam Kacang Tanah sendiri daripada membelinya di supermarket. Kacang tanah sendiri merupakan salah satu tanaman jenis polong-polongan yang di budidayakan di Indonesia. Kacang tanah juga merupakan peringkat dua jenis kacang terpenting setelah kacang kedelai.

Dengan menanam kacang tanah, kita dapat mengkonsumsi kacang tanah tersebut sendiri maupun bisa digunakan untuk dijual. Untuk menanam kacang tanah membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk mendukung perkembangan kacang tanah tersebut.

Cara Menanam Kacang Tanah

1. Memilih Media Yang Bagus

Memilih Media Yang Bagus

Media yang baik untuk menanam kacang tanah tentunya adalah tanah. Jenis tanah yang dimaksud adalah tanah yang berada pada dataran rendah yang memiliki suhu panas. Kacang tanah sangat membutuhkan sinar matahari untuk mendukung pertumbuhannya. Selain tanah yang berada pada dataran rendah, sebaiknya tanah yang akan digunakan digemburkan terlebih dahulu dan ditambahkan dolomit atau kapur tanah sebanyak sekitar 1-2 ton per hektar dan didiamkan selama 4-5 hari. Setelah menambahkan dolomit, tambahkan juga pupuk kendang sebanyak 9-10 ton per hektar.

2. Memilih Bibit Berkualitas

Memilih Bibit Berkualitas

Bibit kacang tanah yang berkualitas merupakan bibit kacang tanah tua yang berumur sekitar 100 hari. Selain itu bibit kacang tanah yang berkualitas memiliki ciri-ciri berwarna coklat tua dan tidak memiliki selaput didalam cangkangnya. Setelah itu sebaiknya bibit kacang tanah tersebut disimpan selama 3-6 bulan.

3. Cara Penanaman

Cara Penanaman

Cara penanaman benih kacang tanah adalah dengan melubangi tanah dengan ukuran sekitar 25×25 cm. Kemudian pada setiap lubang tersebut diisi dengan benih kacang tanah yang sudah disiapkan. Setelah memasukkan benih kacang tanah, kemudian dipadatkan kembali dengan tanah.

4. Cara Perawatan

Cara Perawatan

Cara perawatan yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan penyiraman kepada benih kacang tanah yang sudah di pupuk setiap pagi dan sore hari agar benih tersebut dapat cepat tumbuh. Selain itu jangan lupa selama masa perawatan untuk tanaman tersebut ditempatkan pada tempat yang terjangkau untuk disinari matahari.

5. Ciri Pemanenan

Ciri Pemanenan

Kacang tanah dapat dipanen jika dengan ciri ciri berikut:

  • Daun mengalami pengguguran dan daun yang gugur tersebut berwarna kuning
  • Batang dari daun sudah mengeras
  • Pemanenan dapat dilakukan dengan mencabut kacangnya
  • Dalam melakukan pemanenan lakukan dengan cara memeriksa terlebih dahulu apakah bijinya penuh. Jika iya, maka kacang tanah siap dipanen

Pemberantasan Hama dan Penyakit

Pemberantasan Hama dan Penyakit

  1. Hama merupakan makhluk hidup yang dapat mengakibatkan pengurangan hasil panen sebanyak 40-100 persen. Jenis hama yang dapat menyerang tumbuhan kacang tanah adalah wereng kacang dan ulat grayak. Pemberantasan hama dapat dilakukan dengan menanam tumpangsari dengan jagung kemudian tambahkan Confidor 50 WP jika bentuk hama adalah wereng kacang atau gunakan Ambush 2 EC dan Buldok 25 EC jika bentuk hama adalah ulat grayak.
  2. Untuk penyakit, biasanya yang menyerang tumbuhan kacang adalah karat pada daun dan bercak pada daun. Untuk penyakit ini biasanya dapat mengakibatkan kehilangan hasil sebanyak 25-60 persen. Untuk penyakit bercak daun dapat dikendalikan dengan menanam varietas tahan seperti Domba, Turangga maupun Bison. Sedangkan untuk pengendalian penyakit karat pada daun dapat dikendalikan dengan menanam varietas tahan seperti Kelinci, Pelanduk, Singa ataupun Tapir. Selain itu untuk melakukan pembasmian dapat dilakukan dengan memusnahkan bagian tanaman yang terkena penyakit.

Manfaat Kacang Tanah

1. Menstabilkan kadar kolesterol

Menstabilkan kadar kolesterol

Kacang tanah mengandung kadar lemak tidak jenuh tunggal dan kadar lemak tidak jenuh ganda yang cukup tinggi sehingga dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol baik dan koleserol jahat pada tubuh manusia.

2. Bagus untuk kesehatan kulit

Bagus untuk kesehatan kulit

Banyak orang yang tidak menyangka bahwa kacang tanah dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan kulit. Pada faktanya kacang kulit mengandung serat makanan yang dapat berguna untuk melakukan detox racun dari kulit. Selain itu, kacang tanah juga mengandung asam tak jenuh tunggal yang dapat melembabkan kulit kita.

3. Mencegah penyakit kanker

Mencegah penyakit kanker

Kacang tanah mengandung satu kandungan yang dapat mencegah penyakit kanker dan menghambat penyebaran dan pertumbuhan tumor yaitu beta-sitosterol.

4. Mencegah penyakit diabetes

Mencegah penyakit diabetes

Kacang tanah juga mengandung mangan yang dapat membantu kita dalam penyerapan kalsium dan lemak, sehingga dapat mengatur tingkatan gula darah.

5. Mencegah penyakit jantung

Mencegah penyakit jantung

Salah satu kandungan kacang tanah yang dapat membantu mencegah penyakit jantung adalah asam oleat. Cara konsumsi kacang tanah ini cukup direbus atau dikukus tidak perlu digoreng.

6. Meningkatkan Kesuburan

Meningkatkan Kesuburan

Bagi pasangan yang baru saja menikah dapat mengkonsumsi kacang tanah untuk membantu program hamil. Kandungan kacang tanah dapat meningkatkan fertilitas.

Dengan menanam kacang tanah, banyak manfaat yang kita dapatkan. Kita bisa mengonsumsinya secara pribadi maupun digunakan untuk bisnis.

6 Cara Menanam Kacang Tanah (Lengkap beserta gambar dengan deskripsi)

Add Comment