Cara Menanam Kencur YAng Omsetnya Milyaran Rupiah

Cara Menanam Kencur – Sebagai masyarakat Indonesia, pasti kita sudah tidak asing dengan rempah-rempah. Salah satu rempah-rempah yang terkenal di Indonesia adalah kencur. Kencur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Cara Menanam Kencur juga sangat mudah. Kencur biasa digunakan untuk bahan memasak, bahan minuman kesehatan dan bisa juga digunakan sebagai bahan dasar obat tradisional

Selain bisa dibeli di supermarket atau warung, kita juga dapat menanam nya di pekarangan atau taman di rumah kita. Dengan menanam kencur kita dapat menyalurkan bakat bercocok tanam serta dapat menghasilkan kencur untuk di konsumsi sendiri ataupun di jual kembali. Dengan bahan dan alat yang cukup praktis, anda dapat mencoba menanam tanaman kencur.

Cara Menanam Kencur

1. Persiapkan Media

Cara Menanam Kencur

Media yang digunakan untuk menanam tentunya adalah tanah. Tanah yang dimaksud adalah tanah yang terbebas dari hama dan dibersihkan dari rerumputan. Kemudian tanah tersebut dilubangi sekitar kedalaman 30 cm.

2. Persiapkan Bibit Kencur

Persiapkan Bibit Kencur

Bibit kencur yang baik adalah rimpang yang berumur sekitar 10 bulan dan sudah memiliki 2 buah calon tunas. Siapkan rimpang sejumlah yang kita perlukan kemudian simpan beberapa hari di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Simpan hingga siap tanam. Bibit kencur sebaiknya di tanam di awal musim hujan karena hujan mendukung pertumbuhan bibit kencur tersebut. Letak tanaman kencur juga harus di tempat yang mudah terjangkau sinar matahari

3. Proses Penanaman

Proses Penanaman

Bibit kencur yang sudah disiapkan di letakkan di tanah yang sudah di lubangi. Kemudian setelah bibit tersebut di letakkan timbun kembali dengan tanah. Lakukan penyiraman dengan air dua kali sehari pagi dan sore hari. Selain itu anda dapat melakukan pemupukkan setelah 4 minggu dari waktu penanaman. Pemupukkan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kompos.

4. Pemanenan

Pemanenan

Tanaman kencur yang sudah dapat dilakukan pemanenan adalah memiliki ciri daun nya sudah mulai mengering yang biasanya akan terjadi saat tanaman kencur berumur 9-12 bulan.

Pembasmian Hama dan Penyakit

1. Hama

Pembasmian Hama dan Penyakit

Hama yang dapat menyerang tanaman kencur adalah ulat daun. Untuk membasmi hama ini dapat melakukan penyemprotan insektisida.

2. Penyakit

Penyakit yang dapat menyerang tanaman kencur adalah penyakit umbi busuk. Untuk membasmi penyakit ini dapat menghilangkan bagian tanaman yang membusuk.

Manfaat Kencur

1. Obat Batuk

Manfaat Kencur

Kencur dapat dijadikan salah satu alternative untuk mengobati obat batuk. Kandungan yang terdapat pada kencur berfungsi untuk melegakkan tenggorokan dan membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan saat batuk.

2. Obat Diare

Kencur mengandung zat anti bakteri dan sitotoksik. Kedua kandungan tersebut dapat berfungsi untuk mengobati penyakit diare.

3. Meningkatkan Imunitas

Kencur mengandung kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

4. Meningkatan Nafsu Makan

Salah satu kandungan pada kencur yang dapat meningkatkan nafsu makan pada manusia adalah minyak atrisi yang bersifat carminative.

5. Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh

Kencur dapat berguna untuk membantu aliran empedu. Fungsi cairan empedu akan meningkat untuk membantu penyerapan makanan dalam tubuh.

6. Menghilangkan Stress

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa salah satu kandungan yang terdapat pada kencur adalah zat anti depresan. Zat anti depresan ini berfungsi untuk membuat saraf pusat lebih rilex atau tenang. Sehingga kencur dapat berfungsi untuk mengurangi stress, cemas dan gelisah pada manusia.

7. Mengobati Radang Sendi

Salah satu kandungan pada kencur adalah kandungan kurkumin. Kandungan kurkumin berfungsi untuk mengurangi radang sendi.

Olahan Kencur

1. Mengobati Influenza

Olahan Kencur

Untuk mengobati influenza, kencur dapat diolah dengan cara menumbuk kencur dicampur dengan daun kemukus. Kemudian tumbukan kencur dan daun kemukus tersebut dioleskan ke area hidung yang terkena influenza.

2. Mengobati Kembung

Untuk mengobati perut kembung, kencur dapat diolah dengan cara mengupas kulitnya kemudian dapat mengkonsumsi nya secara langsung dan di barengi dengan meminum air hangat.

3. Mengobati Diare

Untuk mengobati diare, kencur dapat diolah dengan cara menumbuk kencur sampai halus dengan bawang merah kemudian di bungkus dengan daun pisang. Kemudian bungkusan tersebut di bakar sampai hangat setelah itu dioleskan ke area perut yang sakit

4. Mengobati Keseleo

Untuk mengobati keselo dapat diolah dengan cara menumbuk kencur dan beras sampai halis kemudian tumbukan tersebut di oleskan kepada area bagian tubuh yang keseleo

5. Mencerahkan Kulit Wajah

Untuk mencerahkan kulit wajah, kencur diolah dengan cara diparut hingga halus. Kemudian sari dari parutan kencur tersebut di oleskan ke area wajah.

Dengan menanam kencur banyak manfaat yang kita dapatkan. Kencur terbukti dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Dengan alat, bahan dan cara yang praktis menanam kencur dapat anda coba untuk mengisi waktu luang anda.

 

Cara Menanam Kencur YAng Omsetnya Milyaran Rupiah

Add Comment