Site icon Sumber Informasi

5+ Tanaman Lidah Buaya (Lengkap dengan cara menanam dan merawat)

Tanaman Lidah Buaya – Lidah buaya (aloe vera) merupakan tanaman famili xanthorrhoeaceae. Tanaman yang bergenus aloe ini memiliki daun yang tebal dan berlendir. Tanaman lidah buaya sangat mudah ditemui di kawasan yang kering terutama di Afrika. Tanaman lidah buaya sudah dikenal oleh banyak orang karena banyak khasiat yang dimilikinya.

Kecantikan dan kesehatan Anda bisa dijaga dengan mengolah tanaman ini karena bukan menjadi hal yang baru karena lidah buaya memiliki banyak khasiat. Mungkinkah beberapa produk kecantikan Anda adalah bagian dari lidah buaya di ingredientnya? Yuk kenali tanaman ini lebih dalam dengan mengetahui kandungan dan manfaatnya terlebih dahulu.

Kandungan yang Terdapat pada Tanaman Lidah Buaya

Tanaman yang dikenal banyak manfaat ini pasti menyimpan banyak kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu beberapa vitamin yang terkandung di dalamya adalah vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Produk olahan yang terbuat dari lidah buaya pasti memiliki kandungan yang sama dengan tanaman aslinya. Jadi, meskipun Anda tidak menggunakan lidah buayanya langsung tetap akan mendapatkan beberapa kandungannya di produk tersebut. Tanpa repot mencari lidah buaya, beli saja beberapa produk yang mengandung lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya Harus Anda Tahu

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya pasti memberikan manfaat untuk Anda. Saat ini telah banyak produk kesehatan dan kecantikan dengan bahan dasar lidah buaya. Manfaat lidah buaya yang harus Anda tahu antara lain.

1. Berguna meningkatkan kekebalan tubuh

Penyerapan vitamin dan mineral bisa dibantu dengan lidah buaya sehingga secara maksimal bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Untuk memperoleh manfaat ini Anda bisa megonsumsi daging lidah buaya secara langsung dengan menjadikan jus atau Anda bisa membeli suplemen pure lidah buaya sehingga kekebalan tubuh terjaga dengan baik.

2. Berguna untuk Menjaga Kadar Asam Tubuh

Tanaman lidah buaya memiliki sifat alkali yang dapat membantu tubuh untuk menjaga kadar asam. Alkali ini nanti akan dapat menyeimbangkan keasaman tubuh Anda. Olleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi jus lidah buaya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Berguna untuk Menurunkan Berat Badan

Saat Anda menginginkan tubuh yang ideal dengan menurunkan berat badan, lidah buaya adalah jawabannya. Dengan mengonsumsi lidah buaya maka metabolisme Anda akan meningkat yang dapat membantu proses pencernaan yang sehat dan tidak adanya timbunan lemak pada tubuh Anda. Selain berat badan yang turun, Anda juga akan mendapatkan kesehatan tubuh.

4. Berguna untuk Mengatasi Iritasi dan Luka Luar

Tanaman ini mengandung zat di dalamnya yang berguna menyembuhkan luka luar yaitu anti-inflamasi. Selain anti-inflamasi, anti bakteri juga terdapat di dalamnya yang dipercaya efektif untuk pemulihan luka infeksi yang disebabkan bakteri.

Lidah buaya ternyata bisa untuk mengatasi iritasi selain luka luar yang terjadi pada kulit Anda. Gunakan daging lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan oleskan pada bagian yang terkena iritasi. Sensasi sejuk dan menenangkan akan membuat iritasi atau radang Anda akan membaik.

5. Berguna untuk Proses Detoksifikasi

Tubuh Anda memerlukan masa untuk pengeluaran racun yang terdapat di dalam tubuh. Proses tersebut dikenal dengan proses detoksifikasi. Lidah buaya dengan kandungan vitamin dapat membantu proses detokfikasi sehingga racun akan lebih cepat keluar dan badan Anda terhindar dari racun-racun yang menyebabkan penyakit.

6. Berguna Mebantu Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Kemampuan disfusi sel darah merah dan juga aliran oksigen akan ditingkatkan dengan kandungan lidah buaya. Lidah buaya bisa Anda konsumsi secara rutin agar kesehatan kardiovaskular Anda bisa terjaga. Dengan seperti itu, maka kesehatan Anda akan tetap terjaga, terutama kesehatan jantung.

7. Berguna Menambah Asam Amino

Tubuh manusia membutuhkan 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh Anda sendiri. Kandungan lidah buaya bisa memberikan kebutuhan 7 dari 8 asam amino yang dibutuhkan tersebut. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi lidah buaya maka asam amino Anda akan bertambah dan dapat dipenuhi oleh kandungan lidah buaya.

8. Berguna Memberikan Vitamin dan Mineral

Ketika Anda telah mengetahui kandungan lidah buaya seperti vitamin, mineral, fosfor , dan yang lainnya. Maka dengan mengonsumsi olahan lidah buaya maka tubuh Anda akan diberikan vitamin A, B1, dan yang lainnya serta tidak ketinggalan mineral juga akan bertambah dalam diri Anda.

9. Berguna untuk Perawatan Rambut

Sudah sejak lama lidah buaya dapat Anda jadikan sebagai vitamin untuk menjadikan rambut Anda berkilau. Tidak itu saja, lendir lidah buaya yang digunakan bisa memberikan manfaat lain seperti membuat rambut lebih hitam, mengurangi rambut rontok, memperkuat akar rambut, dan dapat menghilangkann ketombe pada rambut Anda.

10. Berguna untuk Perawatan Wajah

Wajah adalah bagian yang paling penting dalam diri Anda. Rawatlah wajah Anda menggunakan lidah buaya atau produk olahan lidah buaya maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaatnya untuk wajah.

Manfaat tersebut antara lain: menghilangkan jerawat dan bekasnya, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, menghilangkan komedo, dan juga menghaluskan wajah Anda. Masker lidah buaya adalah salah satu olahan yang paling mudah digunakan. Anda bisa membuat masker langsung dari daging lidah buaya.

11. Berguna untuk Perawatan Kulit

Bagi Anda yang senang menjaga kesehatan kulit, Anda bisa menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya dipercaya memiliki kandungan yang dapat melindungi kulit Anda dengan mengoleskannya secara langsung pada kulit.

Manfaat lidah buaya untuk kulit Anda adalah dapat digunakan sebagai sunscreen alami, mengobati ruam-ruam akibat panas matahari di kulit, melembabkan kulit, mencerahkan warna kulit, dan dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka yang ada di kulit Anda.

12. Berguna untuk Perawatan Bibir

Jika Anda menginginkan bibir dengan warna merah alami, bibir yang halus, lembab, dan tidak pecah-pecah maka Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai bahan perawatan bibir Anda. Oleskan lidah buaya pada bibir Anda dan tunggulah hasilnya. Gunakan secara rutin dan teratur agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menanam Lidah Buaya Sendiri di Rumah

Tanaman lidah buaya bisa Anda tanam sendiri di pekarangan rumah Anda. Tanaman aloe vera ini bisa tumbuh di iklim dengan suhu hangat. Berikut adalah beberapa cara menanam tanaman lidah buaya di rumah, bisa langsung di halaman rumah atau ditanam dalam pot, berikut penjelasannya.

1. Menanam Langsung di Tanah Halaman Rumah

Alat dan bahan yang diperlukan:

Cara menanam:

Pastikan halaman rumah Anda memiliki tanah yang subur atau minimal memiliki daya serap yang baik. Setelah menemukan spot yang cocok, tanamlah lidah buaya kecil dan siram dengan air. Tanah yang memiliki daya serap baik akan membantu pertumbuhan tanaman Anda selain itu, Anda tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman lidah buaya Anda.

Setelah itu, hiaslah samping-samping tanaman dengan batu kecil putih namun jangan terlalu berdekatan. Jika lidah buaya tumbuh, akan menghasilkan tumbuhan kecil-kecil yang menjalar dan tumbuh tidak jauh dari induknya.

2. Menanam Lidah Buaya di Dalam Pot

Saat ini telah banyak tanaman-tanaman kecil yang ditanam dalam pot dan dibuat untuk hiasan dalam rumah atau souvenir. Salah satu tanaman yang cocok seperti itu selain kaktus adalah lidah buaya. Tanaman di dalam pot kecil indah untuk hiasan rumah dan juga mudah untuk merawatnya karena tidak perlu disiram setiap hari.

Alat dan bahan:

Cara menanam lidah buaya:

Merawat lidah buaya di rumah sangat mudah apalagi di dalam pot. Letakkan piring plastik yang cocok dengan warna pot. Selain mempercantik tampilan lidah buaya pot Anda juga dapat menopang air yang keluar jika saja Anda menyiram tanaman Anda.

Anda tidak perlu menyiramnya tiap hari dan saat menyiram gunakan air secukupnya agar tanaman Anda tetap sehat dan tidak menyerap air berlebih sehingga tidak mudah layu dan membusuk.

Cara Menanam Lidah Buaya Agar Tumbuh dengan Baik

Uniknya tanaman ini adalah meskipun Anda potong, tanaman ini akan bisa tetap tumbuh. Lidah buaya memiliki tunas kecil-kecil seperti bibit tanaman yang bisa langsung Anda tanam. Jadi Anda tidak perlu menanamnya dari biji bibitnya.

Cara menanamnya agar tumbuh dengan baik yaitu dengan cara berikut:

Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya

Jika Anda menginginkan tanaman aloe vera Anda tumbuh dengan baik maka harus diperhatikan juga cara merawatnya secara tepat. Dalam pertumbuhannya, lidah buaya harus Anda awasi seperti warna daun yang berubah atau daunnya yang mulai rontok.

Beberapa permasalahan yang terjadi pada daun lidah buaya harus Anda selesai. Hal tersebut bisa saja terjadi karena drainase yang kurang tepat, cuaca ekstrim, intensitas cahaya dan air hujan yang tidak bersahabat, dan sebagainya. Oleh sebab itu, gunakan cara merawat lidah buaya dengan tepat agar tanaman Anda bisa tumbuh dengan baik.

1. Gunakan Tanah Kering

Tanah yang kering harus Anda campur dengan pasir, batu apung atau perlit. Jika tanah bagus bisa memudahakan lidah buaya tumbuh dengan bebas. Jangan lupa campurkan pupuk agar tumbuh dengan cepat. Jika tanah terlalu lembab akan mengakibatkan lidah buaya cepat layu.

2. Proses Penyiraman Lidah Buaya

Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air sehingga Anda tidak perlu menyiramnya terlalu banyak. Daun yang dimilikinya bisa menyerap air dengan sangat baik dan banyak. Jika penyiraman dilakukan berlebih maka akan menyebabkan lidah buaya Anda cepat busuk. Cukup Anda menyiramnya sehari sekali atau jika Anda melihat tanah sudah kering dan butuh disiram.

Cara menyiramnya lakukan secara perlahan hingga air keluar dari lubang drainase yang terdapat pada bagian bawah pot. Jika Anda ingin menyiramnya lagi maka tunggulah hingga kurang lebih 2,5 cm air mengering di bawah permukaan tanah. Bahkan Anda bisa menyiramnya seminggu sekali atau satu setengah minggu sekali dan bisa Anda kurangi pada saat musim dingin.

3. Cahaya Matahari yang Tepat

Meskipun lidah buaya bisa tumbuh di dalam atau luar rumah atau bahkan padang pasir sekalipun. Namun Anda perlu memberikan tempat dengan matahari yang cukup. Pilihlah tempat dengan tingkat matahari yang tidak terlalu kuat.

Cahaya matahari yang terlalu kuat panasnya akan dengan mudah merusak daun menjadi cepat layu. Selain itu, cuaca ekstrim tersebut akan membuat perubahan pada warna daun lidah buaya.

4. Ganti Pot Tepat Waktu

Pot yang cocok untuk lidah buaya adalah pot dengan bentuk yang lebar dan juga dalam. Pot dengan tersebut dapat dengan mudah menjadi akomodasi pertumbuhan tunas dari daun lidah buaya. Jika tanaman aloe vera Anda memiliki banyak tunas, maka tanaman Anda termasuk ke dalam tanaman lidah buaya yang sehat.

Tunas lidah buaya akan tetap mendapatkan nutrisi dari pohon induknya. Oleh sebab itu, jangan biarkan tunasnya tumbuh lebih dari 10 cm agar tidak menyedot energi dari induknya terlalu banyak.

Jika Anda ingin memindahkan ke pot yang baru maka gunakanlah pot yang besarnya tiga kali lipat dari gumpalan campuran tanah dan akar pada tanaman. Pot yang terbuat dari tanah liat memiliki lubang drainase bagus dan dilengkapi nampan akan membuat tanaman tumbuh dengan baik.

Setelah beberapa bulan atau setahun maka lidah buaya butuh pot yang lebih besar. Kapan saatnya ganti pot? Jawabannya adalah jika daun lidah buaya berukuran sama dengan tinggi pot maka saat itu Anda membutuhkan pengepotan ulang.

Jika Anda memindahkan tanaman lidah buaya ke pot yang lain, maka tunggu antara dua atau tiga hari setelahnya untuk melakukan penyiraman. Hal tersebut harus Anda lakukan untuk memberikan akar lidah buaya menyesuaikan diri dengan tanah baru.

5. Lakukan Pemupukan pada Lidah Buaya

Di musim panas, lidah buaya akan tumbuh lebih cepat sehingga Anda bisa memberikannya pupuk sekitar 2 kali dalam sebulan. Caranya dengan mengencerkan pupuk 15-30-15, perbandingan tersebut biasa terletak pada kemasan pupuk. Presentase tersebut menunjukkan kadar unsur hara yang harus diisi dengan air. Saat Anda melakukan penyiraman maka pemupukan juga bisa Anda lakukan.

Pada saat musim pemupukan harus Anda hentikan karena pada saat seperti itu tanaman tidak dapat menyerap pupuk. Pada musim dingin pertumbuhan lidah buayapun tidak aktif.

6. Jauhkan Dari Serangan Hama

Tanaman yang sehat adalah tanaman yang terhindar dari serangan hama khususnya yang merugikan. Hama yang sering menyerang lidah buaya adalah kutu putih. Kutu putih ini memiliki bentuk yang datar dan juga warna coklat atau coklat muda.

Cara kutu ini menyerang lidah buaya adalah dengan menghisap getah lidah buaya. Oleh sebab itu, gunakan perstisida alami sehingga tidak berdampak buruk kepada lidah buaya dan tetap bisa menghilangkan hama yang mengganggu.

7. Pilihlah Tanah Yang Tepat

Lidah buaya membutuhkan tanah yang kering dan berpasir seperti layaknya tanaman kaktus. Tumbuhan ini tidak akan tumbuh dengan baik pada tanah biasa yang cenderung basah. Agar tanaman Anda bagus siapkan tanah yang bisa Anda beli di toko perabotan taman yaitu tanah sekulen. Tanah sekulen ini khusus untuk kaktus atau tanaman yang memiliki akar kering.

Namun, jika Anda tidak memiliki tanah sekulen sedangkan tanah Anda termasuk ke dalam tanah yang liat dan basah maka tambahkan tanah pasir. Tanah pasir memiliki drainase yang baik untuk lidah buaya.

Dalam pengepotan, tanah yang diperlukan hanyalah hingga menutupi bola akar tanaman lidah buaya. Lalu, berikanlah beberapa kerikil yang bisa Anda letakkan di atas permukaan tanah. Selain membantu pertumbuhan tanaman, hal tersebut akan membuat tanaman Anda terlihat sangat bagus.

Namun peru diingat bahwa batu putih yang harus Anda gunakan adalah koral, bebatuan kecil, atau kerang. Jangan terlalu banyak memberikan batu pada sekitar tanaman.

8. Kembangbiakan Tunas Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya yang bertunas akan menghasilkan tunas-tunas kecil yang bisa Anda tanam ulang. Jika tunas tersebut sudah berbentuk seperti lidah buaya kecil yang sempurna maka pisahkanlah dengan induknya dengan hati-hati agar akar tidak rusah.

Setelah itu letakkan pada tempat bersih dan kering selama dua hari hingga menjadi dingin. Kemudian, tanam pada pot kecil dengan media tanam sesuai dengan tanaman kaktus atau sukulen.

Lidah buaya kecil memang terkadang tidak memiliki akar, namun Anda tetap bisa mengembakbiakkannya. Lakukan penanaman seperti Anda menanam lidah buaya pada umumnya ke dalam pot. Semprotkan air beberapa hari sekali agar lidah buaya menerima nutrisi. Dalam waktu singkat Anda akan melihat akar lidah buaya dan bisa Anda tanam di tanah.

Menanam dan merawat lidah buaya cukup mudah, pasti Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau bahkan bercocok tanam dengan keluarga. Selain memperat keharmonisan keluarga, lidah buaya akan membuat hidup Anda lebih sehat.

5+ Tanaman Lidah Buaya (Lengkap dengan cara menanam dan merawat)

Exit mobile version