Site icon Sumber Informasi

17 Tanaman Bunga (Jenis, manfaat, cara merawat, dan tips budidaya)

Tanaman Bunga – Setiap orang tentunya sudah tidak asing dengan tanaman bunga. Tanaman ini telah terkenal akan kecantikan dan pesonanya. Anda dapat mengenali tanaman ini dengan memerhatikan kelopak pada setiap tangkainya yang sangat indah. Kelopak bunga pada tanaman ini memiliki berbagai macam corak dan warna yang menghiasinya.

Anda tidak perlu heran jika beberapa orang sampai rela mengoleksi berbagai jenis bunga untuk menghiasi ruangannya. Hal ini dikarenakan unsur keindahan yang terpancar dari tanaman berbunga membuat hati senang bagi para pencintanya. Pada artikel ini, Anda akan diberikan banyak wawasan mengenai berbagai macam bunga untuk menambah rasa kecintaan Anda.

Jenis Tanaman Bunga yang Menghiasi Halaman Rumah

Tanaman bunga memiliki banyak variasi. Hal ini dapat dijabarkan mulai dari bentuknya, warnanya, serta tempat tumbuh kembangnya. Salah satu lokasi tanaman ini dapat ditumbuhkan pada halaman sekitar rumah. Beberapa contoh bunga yang cocok ditempatkan pada halaman rumah yaitu sebagai berikut.

1. Bunga Petunia

Petunia merupakan salah satu bunga yang sangat cantik untuk menghiasi halaman rumah Anda. Pada jenis bunga ini terdapat beberapa macam pilihan warna yang dapat disuguhkan. Warna-warna tersebut antara lain merah, putih, kuning, biru, dan juga ungu tua.

Bunga yang telah mekar hanya dapat bertahan dalam satu hari saja. Kemudian, pada hari berikutnya akan tumbuh mekar bunga-bunga baru. Sehingga, jika Anda memiliki petunia, maka Anda harus sering melakukan pemetikan bunga yang sudah layu. Hal ini dlakukan untuk tetap menjaga kecantikan bunga-bunga yang sedang mekar.

Petunia yang mempesona untuk dipandang ini dapat tumbuh pada tempat yang sejuk. Di Indonesia, masyarakat dapa menanamnya pada daerah yang ketinggiannya di atas 500 mdpl. Jika menanamnya di bawah ketinggian tersebut, maka bunga yang dihasilkan kurang banyak jumlahnya.

2. Bunga Bougenville

Bougenville merupakan jenis bunga cantik yang pastinya sering Anda lihat di daerah Anda. Bunga ini dapat menghiasi rumah Anda hanya dengan menanamnya di dalam pot atau langsung di tanah halaman. Warna yang dimiliki dari bunga ini beraneka ragam. Beberapa warna tersebut antara lain ungu, putih, merah, dan juga kuning.

Namun, dalam satu tanaman terdapat bermacam-macam warna yang bisa Anda miliki. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menyambung batangnya dengan tanaman jenis warna lain. Ketinggian dari tanaman bunga ini dapat mencapai 10 meter. Akan tetapi, kebanyakan dari masyarakat menjadikannya sebagai tanaman bonsai.

Cabang-cabang yang terbentuk pada tamanan bougenville menciptakan kesan tua dengan estetika. Sehingga, tanaman ini sangat cocok untuk merubah gaya tampilan rumah Anda. Anda dapat merawat tanaman ini dengan cukup mudah. Perawatan tersebut antara lain meletakkannya pada sinar matahari dan melakukan penyiraman secara rutin.

3. Bunga Melati

Melati merupakan jenis bunga yang terkenal akan warnanya yang putih. Warna putih pada melati sering diibaratkan dengan kesucian dan kebersihan. Selain itu, melati memiliki bau harum khas yang mampu menarik perhatian banyak orang. Sehingga, tanaman ini sangat direkomendasikan untuk halaman rumah Anda agar terlihat cantik.

Tanaman yang anggun ini memiliki ketinggian di bawah 6 meter. Selain itu, batangnya berdiri tegak dan dapat berkembang melalui cara merambat. Melati sangat cocok untuk wilayah Indonesi yang beriklim tropis. Namun, bunga ini juga dapat berkembang pada wilayah hangat seperti Australia, Eurasia, dan juga Oseania.

4. Kembang Sepatu

Bunga yang memiliki nama latin Hibiscus rosa-sinensis merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Asia Timur. Kembang sepatu sangat cocok untuk wilayah yang tropis dan juga subtropis. Sehingga, di Indonesia banyak tersebar bunga-bunga cantiknya yang menghiasi pekarangan rumah.

Meskipun tidak memiliki aroma wangi, tanaman bunga ini memiliki beberapa jenis warna pada bunganya yang dapat Anda pilih untuk ditanam. Warna tersebut antara lain merah, merah muda, oranye, kuning, dan juga putih. Warna-warni yang dihasilkan ini menciptakan mahkota berlapis pada bunga yang memikat hati para pelihatnya.

Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang hingga ketinggiannya kira-kira mencapai lima meter. Namun, ketinggian tanaman tersebut dipengaruhi oleh cara penyiraman dan penyinaran yang baik.

5. Bunga Euphorbia

Euphorbia merupakan jenis bunga yang memiliki duri pada daerah batangnya. Meskipun begitu, tanaman ini memiliki banyak macam warna yang cantik. Warna-warna dari bunga ini yaitu merah, merah muda, kuning, putih, hingga warna campuran pada setiap kelopaknya.

Anda dapat memiliki warna campuran pada bunganya dengan cara menyambung dengan tanaman euphorbia yang memiliki warna berbeda. Keindahan warna-warni inilah yang membuat para pencinta bunga gemar sekali dalam mengoleksi setiap jenis warna menawannya.

Anda dapat memiliki tanaman ini secara gampang dengan membelinya di toko bunga yang berkualitas. Dengan begitu, Anda cukup melanjutkan perawatan yang baik terhadap tanaman bunga yang menarik ini

6. Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan salah satu jenis tanaman yang sampai sekarang masih banyak diminati oleh masyarakat. Tanaman cantik ini mempunyai jenis yang paling banyak daripada bunga lainnya. Meskipun begitu, para pencinta bunga ini yang sangat antusias untuk mengoleksinya.

Banyaknya jenis-jenis anggrek terdapat menyebar di daerah tropika basah hingga lokasi sirkumpolar. Namun, sebagian besar anggrek terdapat pada daerah tropika. Selain itu anggrek dapat tumbuh dengan cara menempel pada batang pohon dan juga dapat berkembang di atas tanah.

Di Indonesia sendiri, tanaman ini sering terlihat menempel pada batang pohon. Anggrek yang menempel pada pohon disebut sebagai anggrek epifit. Pada jenis ini, tanaman dapat tumbuh dengan lebih baik, batangnya menebal, dan dilindungi dengan lapisan lilin. Akar yang menempel pada pohon tidak bersifat parasit sehingga tidak merugikan tumpangnnya.

Jenis Tanaman Bunga yang Bertahan di Dalam Rumah

Tanaman berjenis bunga memang memiliki keindahan seni untuk hiasan. Hal ini tidak hanya untuk menghiasi dari segi halaman rumah saja. Namun, Anda juga dapat menggunakan tanaman bunga sebagai hiasan di ruangan dalam rumah. Namun tidak semua tanaman berbunga dapat dijadikan hiasan dalam ruangan. Beberapa tanaman tersebut dapat dijelaskan di bawah ini.

1. Bunga krisan

Salah satu bunga yang dapat menghiasi ruangan di dalam rumah Anda yaitu bunga krisan. Bunga krisan yang dapat disebut juga dengan bunga seruni ini sangat sering digunakan sebagai tanaman hias oleh masyarakat. Selain kecantikannya, krisan menghasilkan aroma khas yang wangi dan juga menyegarkan.

Bunga dengan nama latin Asteraceae ini ternyata merupakan salah satu bunga nasional di Negara Jepang. Hal ini berhubungan dengan makhota indah pada bunganya yang cantik dan menawan. Maka, tidak salah jika Jepang memilih bunga ini untuk diistimewakan.

Krisan memiliki berbagai jenis berdasarkan bentuknya. Beberapa jenis itu antara lain krisan pompom, krisan segetum, krisan putih, dan juga krisan maximum. Jenis-jenis tersebut sama-sama memiliki warna dan bentuk bunga yang indah untuk dipandang.

Anda dapat meletakkan bunga ini di dalam ruangan tanpa harus khawatir mati. Hal ini dapat Anda lakukan dengan beberapa kali menyinari dengan matahari secara langsung sebentar saja. Setelah itu, Anda dapat meletakkan kembali bunga di dalam ruangan.

2. Bunga Lavender

Lavender adalah jenis bunga yang memiliki ciri khas berwarna ungu. Bunga ini ternyata mempunyai lebih dari 25 spesies yang telah tumbuh dan berkembang. Namun, setiap spesien tersebut memiliki ciri yang berbeda-beda meskipun tidak terlalu banyak. Pada dasarnya, bentuk dari daun lavender adalah menyirip dan juga disekitarnya ditutupi oleh bulu-bulu halus yang terdapat kandungan minyak esensial.

Bunga lavender tidak hanya cantik tapi juga memiliki aroma khas. Semerbak dari wangi aroma lavender sangat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan, parfum, minyak gosok, dan lain-lain. Tidak hanya itu, aroma ini juga dapat digunakan sebagai bahan campuran pengusir nyamuk.

3. Bunga Herbras

Bunga hebras merupakan bunga yang memiliki nama lain Gerber Daisy. Bunga ini digolongkan pada jenis tanaman semak. Bentuk dari daunnya memanjang dan berwarna hijau dengan pinggiran bergerigi besar. Sedangkan, untuk ukuran bunganya kurang lebih 5-12 cm.

Hebras terdapat lebih dari 40 spesies yang tumbuh diberbagai wilayah mulai dari Amerika Selatan, Afrika, Madagaskar, dan juga Asia. Masing-masing spesies ini memiliki bentuk dan warna yang beranekaragam. Maka, warna-warni yang ditampilkan pada bunga sangat mempesona untuk menghiasi daerah dalam rumah Anda.

Selain media menanam herbras di pot, bunga ini dapat diletakkan pada vas bunga berisi air tanpa akar. Jadi bunga potong ini dapat bertahan kurang lebih tiga minggu. Keunikan bunga hebras yang lainnya yaitu dapat menghasilkan minyak atsiri. Minta atsiri ini dapat digunakan sebagai bahan dari parfum, sabun, dan juga kosmetik.

4. Bunga Azalea

Azelea merupakan jenis bunga yang pesonanya sangat diagung-agungkan banyak orang. Hal ini karena pancaran aura kecantikannya yang timbul diantara dedaunan hijaunya. Warna yang dimiliki azalea ini antara lain merah, kuning, ungu, pink, dan juga putih.

Bunga azalea sudah tumbuh dan berkembang di Asia Timur dan juga Amerika Utara. Tanaman bunga ini juga tumbuh di tanah Indonesia yang berada di dataran tinggi. Namun, di Indonesia tanaman azalea lebih dikenal dengan nama bunga kudadampit.

Tanaman ini dapat dijadikan rekomendasi untuk Anda dalam menghiasi area dalam rumah. Selain cantik dan mempesona, tanaman ini juga memiliki fungsi sebagai penyerap zat formaldehida. Zat ini biasanya keluar dari kayu lapis yang membangun rumah Anda.

5. Bunga Peace Lily

Peace lily merupakan salah satu bunga yang sangat berguna dalam membersihkan ruangan. Bunga ini mempunyai ketahanan yang panjang jika ditempatkan di dalam ruangan. Durasi ketahanan tersebut sekitar dua minggu. Namun, Anda tetap saja perlu menjaga kesuburan tanaman ini dengan dengan mengeluarkan tanaman dua sampai tiga hari sekali.

Dalam merawat bunga peace lily ini, Anda cukup tidak meletakkannya di bawah sinar matari secara langsung. Menyiramnya dengan teratur, dan juga memangkas daun yang sudah layu. Pemangkasan ini berfungsi untuk menjaga tanaman agar tetap tampil cantik.

Manfaat Tersembunyi dari Tanaman Bunga

Bunga memiliki peran dalam kehidupan masing-masing orang yang berinteraksi dengannya. Selain tanaman bunga berfungsi sebagai tanaman hias, tanaman ini memiliki manfaat dalam bidang kesehatan. Anda yang mungkin baru mengetahui tentang manfaat ini harus menyimak pembahasan ini.

Salah satu bunga yang dapat Anda jadikan sebagai obat yaitu bunga melati. Bunga ini dapat Anda gunakan untuk mengobati panu yang menyerang kulit. Pada penggunaannya, Anda hanya perlu menggosokkan bunga melati pada bagian kulit berpanu setiap selesai mandi. Selain itu, juga dapat menyembuhkan mata perih dan mata merah dengan cara mengoleskannya.

Contoh bunga lainnya yaitu bunga matahari. Bunga ini dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit kencing batu bagi para penderitanya. Anda dapat membuat obat tersebut dengan cara memotong bunga matahari kira-kira setengah sentimeter. Setelah itu, merebusnya dengan satu gelas air sampai mendidih. Lalu, minum selama lima hari berturut-turut dengan rutin.

Selain bunga matahari, terdapat bunga kenanga yang dapat Anda ambil manfaatnya. Bunga ini dapat membatu Anda untuk mengatasi bau badan yang kurang nyaman. Hal ini dapat Anda gunakan dengan cara mencampurkan dua genggam kenanga dan satu ons kencur. Tambahkan dengan jeruk nipis, garam, dan gula. Kemudian, diberi air dan disaring. Minumlah segelas setiap pagi dan sore.

Cara Merawat Tanaman Bunga

Tanaman hias bunga pasti sangat disayangi oleh orang yang memilikinya. Rasa sayang itu diwujudkan dalam bentuk perawatan tanaman yang baik. Perawatanan tanaman berbunga memiliki cara tersendiri agar nantinya dapat berkembang dengan baik. Jika Anda belum memahami cara merawat tanaman bunga, maka Anda perlu menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Memilih Pot yang Cocok

Anda dapat memilih tempat untuk media tanam dari bunga seperti menanamnya langsung pada tanah ataupun menanamnya ke dalam pot. Jika Anda menggunakan pot, maka pilih pot terbuat dari tanah liat karena memberikan kesejukan bagi tanaman. Anda juga harus memerhatikan pemilihan pot yang sesuai dengan ukuran tanaman yang akan ada tanam.

2. Gunakan Tanah yang Mendukung dalam Media tanam

Tanah merupakan bagian terpenting untuk tumbuh dan kembang dari tanaman bunga. Pada media tanam inilah tumbuhan akan mendapatkan nutrisi yang disalurkan melalui akar tanaman tersebut. Kriteria dari tanah yang baik sebagai media tanam yaitu memiliki tekstur yang gembur, mudah diresapi oleh air, dan mengandung unsur hara yang cukup.

Jika Anda ingin membuat tanah berkandungan cukup baik, Anda hanya memerlukan beberapa bahan antara lain tanah gembur, tanah pasir, akar kering yang sudah dicacah halus, sekam, pupuk kompos, larutan EM4, dan gula. Anda tinggal mencampur semua bahan tapi EM4 dan gula dilarutkan dulu. Lalu dapat digunakan saat dua minggu setelah didiamkan.

3. Pemilihan Posisi Tanaman agar Mendapat Sinar Matahari yang Cukup

Hal utama lainnya yang memengaruhi tumbuh kembang tanaman bunga adalah sinar matahari. Sinar matahari merupakan komponen utama sebagai sumber energi untuk melakukan fotosintesis tumbuhan. Namun, tidak semua jenis bunga dapat terus tersinari oleh cahaya matahari sepanjang hari secara langsung.

Perlu Anda ketahui bahwa kebanyakan ari tanaman berbunga hanya baik mendapatkan sinar matahari hingga jam 9 atau 10 pagi. Hal ini dikarena pada siang hari, terik matahari yang dipancarkan akan mampu merusak keindahan kelopak bunga. Hal ini membuat bunga akan cepat untuk layu.

4. Rutin dalam Penyiraman Bunga

Air merupakan komponen utama lainnya untuk tumbuhan. Hal ini dikarenakan air menjadi salah satu bahan bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesis atau pembuatan energi. Jika Anda rutin dalam menyiram bunga, maka Anda dapat menjaga kebutuhan air di dalam tanah. Ketentuan jumlah air yang perlu disiramkan ini tergantung ukuran tanamannya.

Selain dari ukuran tanamannya, posisi tempat untuk menaruh tanaman tersebut juga memengaruhi pemberian airnya. Jika tanaman lebih sering ditempatkan dalam ruangan, maka Anda tidak perlu sering menyiramnya karena berdampak pada pembusukan akar. Anda hanya perlu menyiram secukupnya hingga air keluar dari lubang pot.

Jika tanaman yang berada di halaman rumah, maka penyiraman dapat dilakukan 2-3 kali dalam sehari. Hal ini dillakukan dengan penyiraman hingga air meresap ke dalam tanah. Anda juga lebih baik menyiramnya saat pagi dan sore hari.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Bunga

Bunga pada dasarnya memang sangat indah untuk dipandang. Apalagi setelah membaca cara merawat bunga membuat Anda semakin mudah untuk dilakukan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tanaman berbunga ini juga memiliki potensi terhadap serangan hama dan penyakit yang membahayakan.

Beberapa hama yang dapat merugikan tanaman yaitu hewan belalang dan ulat. Kedua hewan ini seringkali mengakibatkan rusaknya keindahan dari tanaman bunga. Hal ini dapat Anda kendalikan dengan fogging sekali dalam sebulan. Selain hama, terdapat penyakit berupa jamur patogen. Jamur patogen ini dapat dihindari dengan menjaga tanaman agar tidak terlalu lembab

Tips dan Trik Budidaya Tanaman Bunga

Dalam kehidupan bisnis, budidaya tanaman berbunga memiliki potensi yang cukup menarik untuk dijalankan. Hal ini dapat kita perhatikan pada kebutuhan tanaman untuk menghiasi berbagai ruangan yang semakin meningkat. Para pembelinya juga bukan hanya dari masyarakat umum, tetapi juga para pengelola usaha seperti cafe dan juga hotel.

Akan tetapi, pada kondisi sebenarnya tidak semua orang yang melakukan budidaya tanaman berbunga dapat menjalankan bisnis ini dengan sukses. Apalagi Anda yang baru mencoba untuk menjalankannya. Anda perlu menyeimbangkan niat serta ilmu pengetahuan tentang budidaya tanaman tersebut.

Salah satu tips dalam budidaya tanaman ini yaitu masalah pemilihan jenis tanaman yang akan Anda budidayakan. Anda perlu memerhatikan minat para pembeli tanaman di pasaran. Dengan Anda membudidayakan tanaman bunga mengikuti tren yang ada, maka tanaman tersebut dapat bernilai tinggi untuk dibeli. Ini sangat menguntungkan Anda.

Tips selanjutnya yaitu Anda perlu memahami pengaturan pemeliharaan dan perawatan pada tanaman budidaya Anda. Hal ini disebabkan oleh pemeliharaan dan perawatan tanaman yang baik akan memengaruhi kualitas dari tanaman tersebut. Perawatan tanaman berbunga tersebut dapat berupa cara penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan.

Tips dan trik selanjutnya yaitu tentang promosi dan pemasaran. Anda yang merupakan pembudidaya baru harus melakukan promosi dan pemasaran yang bagus untuk menarik minat pembeli. Hal ini dapat Anda lakukan denganmulai mempromosikannya kepada teman-teman Anda. Lalu, mulailah aktif pada media sosial untuk promosi dan pemasaran.

Pada penjelasan dalam artikel yang sudah Anda baca terdapat banyak keunikan yang dapat Anda ambil ilmunya. Terdapat referensi tanaman bunga yang cocok ditanam di dalam rumah maupun di halamannya. Selain itu, Anda dapat mengetahui dan mengambil manfaat pada bunga sekaligus meningkatkan pengetahuan tentang berbudidaya.

17 Tanaman Bunga (Jenis, manfaat, cara merawat, dan tips budidaya)

Exit mobile version