5+ Contoh Ucapan Janji Nikah Kristen Beserta Maknanya (Lengkap)

contoh ucapan janji nikah kristen – Mengucapkan janji pernikahan merupakan hal yang sakral karena tidak hanya berjanji di hadapan jemaat tapi juga Tuhan. Berikut, salah satu contoh ucapan janji yang dipakai di dalam pernikahan Kristen.

Ucapan janji pernikahan Kristen

Ucapan janji pernikahan Kristen

Ada beberapa contoh ucapan janji pernikahan Kristen yang bisa kita temui di setiap gereja.Meskipun begitu, momen tersebut adalah saat yang paling dinanti pada pernikahan Kristen.Karena, kedua mempelai akan mengucapkan janjinya di hadapan Tuhan secara langsung,dan ingat janji tidak dapat dibatalkan dan harus siap melaksanakannya. Berikut, adalah salah satu contoh ucapan janji beserta makna dari tiap kalimatnya :

  1. “Saya (nama), berjanji di hadapan Tuhan”

Artinya tidak hanya mengucapkan di depan jemaat saja, tetapi berjanji secara langsung di hadapan Tuhan. Hal ini, menjadi tanda bahwa apa yang sudah dipersatukan Tuhan, tidak dapat diceraikan oleh manusia. Kalimat ini berlaku untuk kedua mempelai dan dimulai dari mempelai pria.

  1. “Saya menerima engkau,(nama) sebagai istri/suami”

Berarti mendeklarasikan kepada Tuhan bahwa mempelai dihadapannya adalah orang yang terpilih.Seseorang yang akan menjadi pasangan di dalam Tuhan dalam menyatakan kemulian-Nya.

  1. “Saya berjanji mengasihi dalam suka ataupun duka”

Bermaksud untuk selalu saling menjaga dan mencintai dalam keadaan apapun dan tetap setia. Apapun goncangan yang dihadapi kedua pasangan harus tetap terikat satu sama lain.

  1. “Saya berjanji bahwa segala milikku adalah milikmu juga”

Saat mengikat janji pernikahan, dua mempelai bukan lagi kedua tapi menjadi satu di hadapan Tuhan. Setiap tindakan dan pemikiran harus dilakukan bersama-sama. Kalimat contoh ucapan janji pernikahan Kristen untuk bagian ini, bagi beberapa gereja sudah digabungkan kedalam point ketiga.

  1. “Sesuai dengan hukum Allah yang kudus,inilah janji setiaku”

Sebagai penutup dalam ucapan janji pernikahan oleh kedua mempelai.Perjanjian ini hanya dapat disejutui oleh Tuhan, dan manusia hanyalah perantara untuk janji tersebut.

Janji pernikahan menjadi pengingat

Janji pernikahan menjadi pengingat

Permasalahan dalam rumah tangga bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi. Hal ini yang sering mengakibatkan kedua pasangan menjadi tidak lagi sejalan dan merasa cocok. Justru saat itu adalah dimana peran Tuhan yang berada di tengah hubungan pasangan suami istri sangat dibutuhkan. Karena seperti janji yang telah diucapkan pada saat menikah, bahwa mereka bukan lagi dua tapi satu.

Maka dari itu,perjanjian tersebut perlu kembali diingat pada saat badai datang menggoncang. Karena, pasangan sudah berjanji di hadapan Tuhan dan itu tidak dapat dipisahkan selain dari maut. Ucapan di atas adalah contoh ucapan janji Kristen yang biasanya digunakan. Sebenarnya, untuk janji pernikahan Kristen bisa berbeda struktur kalimatnya tiap gereja tergantung doktrin masing-masing, tapi bukan berarti karena hal tersebut dapat mengubah kekuatan dari janji pernikahan.

5+ Contoh Ucapan Janji Nikah Kristen Beserta Maknanya (Lengkap)

Add Comment