10+ Contoh Ucapan Untuk Hari Penting Bersama Orang Terdekat dan Kolega

Contoh Ucapan – Dalam setahun, tentu ada banyak hari dimana Anda akan memberikan ucapan kepada keluarga terkasih atau kolega bisnis yang Anda miliki. Pemberian ucapan di hari istimewa sangat penting untuk menjaga tali silaturahmi maupun mempererat hubungan emosional. Berikut adalah contoh ucapan untuk beberapa hari penting yang ada di Indonesia.

  1. Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri

Hari Idul Fitri adalah hari raya yang dirayakan seluruh umat muslim di Indonesia maupun negara muslim lainnya setelah sebulan lamanya menunaikan ibadah puasa. Di masa pandemi Covid19 sekarang ini, tidak semua keluarga bisa saling silaturahmi dengan bebas. Saat Anda tidak bisa berkumpul dengan keluarga di hari raya, Anda bisa mengirim beberapa contoh ucapan selamat hari raya Idul Fitri hasil browsing di media sosial atau internet, melalui pesan singkat, whatsapp, atau tulisan tangan yang dimasukkan kedalam parsel. Beberapa contohnya yaitu:

  • “Ingin rasanya berharap malam segera tiba, agar bisa segera berganti pagi penuh dengan doa. Selamat menyambut hari Idul Fitri bersama keluarga dan orang terkasih. Izinkan saya memohon maaf untuk segala dosa lisan dan perbuatan disengaja maupun tidak. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin.”
  • “Bila kata dapat merangkai dusta dan langkah hanya akan membekas lara, mohon bukakan pintu maaf agar dapat menebus jiwa fitrah dari tiap khilaf yang ada. Selamat hari raya Idul Fitri 1442H, mohon maaf lahir batin.”
  1. Hari Raya Natal

Hari Raya Natal

Hari Natal adalah hari raya yang umum dirayakan masyarakat beragama Kristen dan Katolik di Indonesia. Peringatan hari kelahiran Yesus Kristus ini ditandai dengan dipanjatkannya beragam doa di rumah ibadah kaum Nasrani dan berkumpul bersama keluarga. Berikut beberapa contoh untaian doa atau contoh ucapan Natal yang bisa dikirimkan kepada kolega atau keluarga terkasih melalui media sosial atau kartu ucapan.

  • “Selamat merayakan Natal dan Tahun Baru, semoga kesuksesan selalu mengikuti Anda bersama keluarga. Semoga terang Natal akan tinggal di hati kita dan terang bersama keluarga.”
  • “Di hari yang indah ini, marilah kita ingat untuk selalu hidup dengan penuh arti. Pagi akan selalu membawa harapan, sore akan membawa iman, petang akan membawa kasih sayang, dan malam akan membawa ketenangan. Semoga Anda selalu dilindungi Tuhan. Selamat Natal dan Tahun Baru.”
  1. Hari Raya Paskah

Hari Raya Paskah

Bagi umat Nasrani, selain Natal, ada perayaan hari lain, seperti hari Paskah, yang dirayakan dengan peribadatan untuk beberapa hari istimewa, seperti Rabu Abu dan Jumat Agung. Berikut beberapa contoh ucapan Jumat Agung yang bisa Anda berikan pada sahabat atau kolega saat merayakan hari istimewa tersebut.

  • “Salib tanda penderitaan. Salib juga adalah tanda kemenangan. Dari salib itulah keberadaan keselamatan. Selamat merayakan Jumat Agung.”
  • “Jumat Agung adalah langkahNya menuju kebangkitan. Semoga wafat dan kebangkitanNya dapat memberikan kita semangat agar senantiasa bangkit menghadapi segala rintangan.”
  • “Tak akan ada Paskah tanpa Jumat Agung. Tak akan ada kebangkitan tanpa penderitaan serta pengorbanan. CintaNya di kayu salib telah sempurna. Saatnya kita nantikan kebangkitanNya dalam perayaan Paskah.”
  1. Hari Raya Idul Adha

Hari Raya Idul Adha

Hari raya Idul Adha juga dirayakan oleh umat muslim untuk memperingati pengorbanan Nabi Ismail AS untuk Nabi Ibrahim AS. Ketika Anda ingin memberikan ucapan perayaan hari raya ini, berikut contoh ucapan yang bisa Anda gunakan.

  • “Maafkan jika sebaris kata yang kurangkai untuk pesan sederhana. Kukirimkan untuk semua yang ada, untuk mendapatkan maaf atas segala kesalahan dan dosa. Semoga engkau bisa menerimanya. Selamat hari raya Idul Adha.”
  • “Meski bagi sebagian orang Idul Adha identik dengan lebaran haji, namun tidak untukku. Siapapun yang belum berangkat haji juga bisa berqurban dan ibadah yang dilakukan sama. Selamat hari raya Idul Adha untukmu beserta keluarga.”
  1. Perayaan Imlek

Perayaan Imlek

Bagi masyarakat Tiongkok yang ada di Indonesia, perayaan tahun baru atau yang lebih dikenal dengan hari Imlek selalu disertai dengan doa agar tahun tersebut berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya. Berikut beberapa contoh ucapan imlek yang bisa Anda berikan pada kolega atau teman yang merayakan.

  • “Selamat menyambut tahun baru, mari bersulang. Xi nian kuai le.”
  • “Semoga terang cahaya bulan di tahun baru ini membantu menerangi jalan dan membimbingmu menuju kesuksesan. Selamat berbahagia dan semoga semakin berprestasi. Selamat tahun baru.”
  1. Perayaan Aqiqah

Perayaan Aqiqah

Setiap anak yang baru lahir dalam tradisi muslim, wajib diaqiqahkan. Aqiqah memiliki syarat dan aturan yang perlu ditaati apabila anak yang lahir adalah laki-laki maupun perempuan. Aqiqah bertujuan untuk menghindarkan anak dari malapetaka dan memberikan nama yang disertai doa untuk tumbuh kembang anak kedepannya. Ketika Anda memiliki anak yang baru lahir, dalam contoh ucapan aqiqah nasi box yang bisa dimasukkan kedalam kotak nasi box, umumnya perlu Anda lengkapi dengan nama kedua orangtua bayi, nama bayi, doa yang dimohonkan kepada penerima nasi box aqiqah untuk ikut mendoakan sang buah hati. Dengan begitu, saat dibagikan kepada saudara, keluarga, tetangga, atau teman dekat, doa yang tulus akan mengalir untuk keselamatan sang anak.

  1. Perayaan Ulang Tahun

Perayaan Ulang Tahun

Peristiwa pertambahan usia terkadang menjadi perayaan yang sangat spesial ketika dirayakan dengan  keluarga atau orang terdekat. Saat Anda ingin memberikan doa ulang tahun melalui ucapan singkat di media sosial atau pesan singkat, berikut contoh ucapan ulang tahun yang bisa diberikan.

  • “Kuharap ulangtahunmu tahun ini akan semanis kue yang sedang kamu nikmati. Semoga pertambahan usiamu menjadi momen yang luar biasa tahun ini. Selamat ulang tahun.”
  • “Selamat ulang tahun sahabat, semoga kau selalu terberkati dan bahagia selamanya. Amin.”
  1. Perayaan Naik Jabatan

Perayaan Naik Jabatan

Sebelum Anda memilih contoh ucapan-ucapan terimakasih dan contoh ucapan jujur yang akan Anda berikan pada kolega atau teman terdekat yang mendukung Anda selama karir. Ada baiknya Anda memilih hadiah kecil yang akan Anda berikan kepada mereka bersamaan dengan ucapan terimakasih tersebut. Selain dapat menjaga hubungan baik, hadiah kecil atau cara mengungkapkan ucapan terimakasih yang diberikan dengan baik akan meningkatkan kepercayaan antara Anda dengan seluruh teman atau keluarga pendukung karir Anda.

  1. Perayaan Pernikahan

Perayaan Pernikahan

Pernikahan adalah perayaan sakral yang menghubungkan antara dua jiwa, dimana keduanya akan berjanji sehidup semati senasib sepenanggungan dihadapan Tuhan. Bagi kaum Nasrani, contoh ucapan janji nikah Kristen adalah sebagai berikut.

  • “(Nama Mempelai), aku mengambil kamu menjadi istri/ suamiku, untuk saling memiliki dan saling menjaga dari saat ini hingga selamanya. Saat susah maupun senang, melalui waktu kelimpahan ataupun kekurangan, saat sehat ataupun sakit. Untuk selalu mengasihi dan menghargai, hingga maut memisahkan, sesuai hukum Allah yang Kudus dan ini adalah janji kesetiaanku yang sangat tulus untukmu.
  1. Kondisi Belasungkawa

Kondisi Belasungkawa

Ketika Anda mendengar ada saudara atau orang terdekat Anda yang meninggal dunia, Anda bisa mengekspresikan rasa duka cita Anda melalui beragam contoh ucapan belasungkawa yang bisa diketikkan melalui pesan singkat apabila Anda tidak bisa hadir langsung. Namun demikian, jika Anda hanya bisa mengucapkan belasungkawa melalui pesan singkat. Pastikan tidak ada salah ketik atau kesalahan ejaan pada contoh ucapan yang Anda kirim.

10+ Contoh Ucapan Untuk Hari Penting Bersama Orang Terdekat dan Kolega

Add Comment