Kumpulan Contoh Biografi yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Cara Membuatnya !

Contoh Biografi – Sebuah buku biasanya menampilkan biografi penulis yang umumnya dicantumkan di bagian akhir buku. Apa itu biografi ? Biografi adalah sebuah tulisan yang membahas mengenai riwayat hidup seseorang, kelompok, organisasi, dan sebagainya. Isi biografi bersifat fakta atau non fiksi berdasarkan apa yang sudah dialami atau terjadi, bentuk bahasanya adalah narasi sehingga sanagt berbeda dengan riwayat hidup.

Tujuan penulisan biografi adalah untuk menceritakan proses atau mengenalkan profil seseorang maupun organisasi secara lengkap. Misalnya, seorang pembicara dalam seminar memaparkan biografinya dalam presentasi yang meliputi riwayat pendidikan, perjalanan karir, dan capaian-capaian dalam hidup hingga menjadi suskses seperti sekarang.

Ciri biografi yaitu memiliki struktur penulisan seperti orientasi atau pengenalan, peristiwa, lalu reorientasi. Ciri lainnya yaitu bersifat fakta dan dapat disajikan seperti bentuk narasi. Terdapat beberapa contoh biografi yang akan dijelaskan di bawah ini. beberapa contoh tersebut yaitu biografi toko, perseorangan, biografi orang tua, pahlawan, tokoh, dan sebagainya.

Berikut ini adalah contoh biografi yang baik dan benar. Mulai dari contoh biografi singkat, contoh biografi ibu, contoh biografi teman, contoh biografi pahlawan, contoh biografi orang tua, contoh biografi diri sendiri, contoh biografi orang lain, contoh biografi guru, contoh biografi siswa, contoh biografi ayah, dll.

Contoh Biografi Diri Sendiri

Contoh Biografi Diri Sendiri
Contoh Biografi Diri Sendiri | Sumber : 500px.com

Di bawah ini merupakan contoh biografi yang membahas tentang diri sendiri.

Saya adalah seorang perempuan yang ketika lahir di tanggal 7 Mei 1992, diberi nama Tiara Marha. Lahir di sebuah kota bersuhu dingin di Malang bernama kota Batu dari kedua orang tua bernama Suhaiman dan Sulastri. Sejak kecil saya tinggal di Batu, menamatkan sekolah dasar di SD Fatimah 4 dan sempat bersekolah di SMP Muhammadiyah 5.

Saat berumur 13 tahun saya pindah sekolah sekaligus tempat tinggal. Rumah baru saya ada di kota Surabaya, meneruskan sekolah di sana tepatnya di SMP Al Azhar dan SMA 1 Surabaya. Karena berasal dari keluarga yang menjunjung tinggi pendidikan, saya pun meneruskan kuliah di Universitas Negeri Surabaya mengambil jurusan Seni Rupa Murni.

Kuliah pun saya jalani selama 3,5 tahun tanpa kendala apapun serta sukses meraih predikat Mahasiswa dengan IPK tertinggi. Setelah lulus kuliah, saya memulai karir di dunia fashion. Adalah perusahaan HnM, tempat saya menimba pengalaman serta memperjuangkan karir hingga sekarang. Itulah biografi singkat mengenai perjalanan hidup sederhana seorang Tiara Marha. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Contohnya !

Contoh Biografi Orang Tua

Contoh Biografi Orang Tua
Contoh Biografi Orang Tua | Sumber : 500px.com

Di bawah ini adalah contoh biografi orang tua dari sebuah keluarga.

Orang tua adalah dua orang pertama yang kukenal dalam hidup ini. Orang tua ku terdiri dari seorang ibu bernama Humaira Indah dan seorang ayah bernama Husein Abraham yang menikah pada tanggal 12 Januari 1990.

Pernikahan mereka membawa rezeki berupa lahirnya seorang anak pertama pada tanggal 5 Juni 1992 bernama Reyhan Mahardika, kakakku. Orang tua ku memiliki 3 orang anak. Anak yang pertama adalah laki-laki, bernama Reyhan Mahardika.

Anak kedua adalah perempuan bernama Susan Jihan Humaira serta anak ketiga adalah laki-laki yang bernama Kinan Alfinsyah Reza Pratama. Ketiga anak-anaknya dididik dengan lembut dan sangat islami oleh kedua orang tua. Harapannya agar menjadi anak yang berbakti dan selalu beribadah kepada Tuhan.

Ibuku, Humaira Indah, bekerja sebagai pebisnis di bidang catering. Usaha ibu ini mendapat respon yang luar biasa dari berbagai pelanggan sehingga tak heran setiap bulan kami mendapat banyak pesanan. Ayahku adalah seorang Dosen di salah satu Universitas di Solo, merangkap jabatan sebagai Dekan Fakultas. Kedua orang tua ku memang sibuk, namun tetap memperhatikan anak-anaknya.

Contoh Biografi Ibu

Contoh Biografi Ibu
Contoh Biografi Ibu | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh biografi yang membahas riwayat dan kisah hidup seorang Ibu.

Ibu saya adalah seorang penulis buku novel terkenal. Baliau bernama Tri Usmi Ningsih, seorang novelis berkelahiran Makassar, 13 Februari 1970. Ibu dibesarkan dari keluarga yang menyukai buku, baik novel, buku sejarah, hingga ensiklopedia.

Kegemarannya menulis didapatkan sejak beiau masih bersekolah di SMP. Selain gemar menulis ibu juga gemar membaca, buku apapun beliau baca dan menurun ke anaknya.Novel pertama ibu berjudul Surga di Telapak Kaki Ibu.
Sebuah novel yang sangat epic yang menceritakan tentang perjuangan seorang perempuan yang sedang pertama kali menjadi ibu. Di dalam novel itu tokoh diceritakan sangat baik dengan keunikan karakter masing-masing. Novel pertama yang diciptakan oleh ibu ini laris manis di toko buku dan menjadi novel Best Seller.

Ibu juga suka bermain drama. Saat masih SMA, ibu mengikuti sanggar budaya di kota kelahirannya. Kegiatan ibu dan keaktifan di dalamnya membuat ibu semakin menonjol dan akhirnya bisa mementaskan sebuah pertunjukkan dram klasik di Jerman. Kesibukan di dunia seni ini berlanjut hingga sekarang dan anak-anaknya juga mengikuti jejak beliau sebagai pegiat seni.

Meskipun sibuk dengan berbagai aktivitas di luar sana, ibu tetap menjadi sosok ibu yang baik dan penyayang bagi keluarga. Beliau selalu menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu bersama keluarga terutama saat pagi dan malam hari. Cita-cita ibu yang belum tercapai adalah menjadi penulis internasional. Mimpi ibu itu menjadi motivasiku untuk berkarya di bidang seni yang sedang kugeluti.

Macam Macam Majas Lengkap dengan Pengertian dan Contohnya !

Contoh Biografi Ayah

Contoh Biografi Ayah
Contoh Biografi Ayah | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh untuk biografi seorang ayah.

Ayahku adalah seorang yang pemberani, gagah, dan penyayang. Nama lengkap ayahku adalah Tri Handoyo. Beliau lahir di Jakarta pada tanggal 5 November 1968. Semasa muda ayah adalah seorang yang pemberani dan kuat, beliau pernah merantau ke luar Jawa untuk mencari pekerjaan sebagai pelaut. Ganasnya ombak beliau hadapi dengan semangat yang gigih.

Ayah melakukan perjalanan selama 10 tahun sebagai seorang pelaut. Kemudian ayah memutuskan untuk bekerja di darat sebagai seorang pebisnis di bidang properti. Usaha ayah kini berkembang sangat bagus hingga mampu mengirim barang ke luar negeri. Bisnis ayah ini mampu memperkerjakan 100 karyawan produktif sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran.

Ayah adalah seorang pelaut yang cerdas, jika di kapal terdapat masalah, ayah bisa mengatasi dengan cara yang efektif dan cepat. Sehingga tak heran ayah sering mendapatkan proyek besar. Di rumah, ayah adalah seorang yang penyayang terhadap anak-anaknya. Bahkan ayah sering memberi nasihat-nasihat bijak untuk memotivasi anaknya tentang kehidupan dan sekolah.

Contoh Biografi Pahlawan

Contoh Biografi Pahlawan
Contoh Biografi Pahlawan | Sumber : 500px.com

Di bawah ini merupakan contoh biografi pahlawan pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara atau Raden mas Suwardi Suryaningrat adalah seorang pahlawan Indonesia yang berjasa terhadap pendidikan Indonesia. Beliau lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ki Harjar Dewantara mengenyam pendidikan di ELS, sebuah sekolah dasar Belanda.

Lalu pendidikannya berlanjut ke STOVIA atau sekolah dokter khusus bumiputera namun tidak tamat lantaran sakit. Ki Hajar Dewantara pernah bekerja sebagai wartawan di media terkenal seperti Sedyotomo, De Ekspress, Poesara, Tjahaja Timoer, dan sebagainya hingga terkenal sebagai wartawan yang kritis.

Kemudian pada tahun 1908, bapak Pendidikan ini aktif dalam sebuah organisasi bernama Boedi Oetomo. Lalu beliau mendirikan organisasi dengan Douwes Dekker yang sangat terkenal yaitu Indische Partij pada 25 Desember 1912.

Organisasi barunya ini ditolak oleh pemerintah Belanda karena menyangkut nasionalisme. Kemudian beliau beralih menulis tulisan penyemangat untuk menyatukan rakyat. Tulisan kritisnya ini lantas membuat beliau akhirnya diasingkan ke pulau Bangka. Beliaupun lalu mendirikan Taman Siswa yang bergerak di bidang pendidikan.

Organisasi ini berhasil mengangkat derajat pendidikan anak-anak Indonesia.Ki Hajar Dewantara memiliki slogan yang terkenal bagi dunia pendidikan yang sangat menginspirasi guru serta siswa. Slogan tersebut yaitu Ing Ngarso sung tuladha ing madya mangun karsa, Tutwuri Handayani.

Slogan ini dipakai hingga sekarang karena mengandung nilai yang baik bagi perkembangan pendididkan di Indonesia. Hari kelahiran ki Hajar Dewantara pun dikenang sebagai hari pendidikan Nasional.

Cara Membuat Daftar Pustaka yang Baik dan Benar !

Contoh Biografi Guru

Contoh Biografi Guru
Contoh Biografi Guru | Sumber : 500px.com

Berikut ini merupakan sebuah contoh biografi tentang seorang guru Kimia berprestasi.

Sapto Ari, seorang guru kimia kelahiran Surabaya 26 Maret 1972 yang mengajar di sebuah sekolah menengah atas di Malang. Beliau merupakan anak tertua dari pasangan Tini dan Andri, dan kakak dari 2 adik perempuan. Pak Sapto, begitulah siswa memanggil, merupakan guru yang cerdas, ramah, dan mampu membawa suasana kelas menjadi kondusif.

Pak Sapto menyelesaikan kuliahnya selama empat tahun di Universitas Negeri Surabaya jurusan Pendidikan Kimia. Semasa kuliah beliau aktif dalam berbagai perlombaan karya tulis dan inovasi di bidang kimia. Beberapa prestasi pun beliau peroleh hingga mengantarkannya menuju pendidikan S2 di Singapura.

Setelah lulus dari universitas di Singapura Pak Sapto kemudian mulai mengajar di berbagai bimbingan belajar dan sekolah. Hingga saat ini beliau menjadi pembina olimpiade sains nasional khusus untuk mata pelajaran Kimia. Beberapa muridnya banyak yang berhasil menorehkan prestasi dalam olimipiade kimia tingkat nasional bahkan tahun lalu, seorang siswa binaan pak Sapto Ari berhasil masuk ke tingkat internasinal. Pak Sapto seringkali mendapat tawaran mengajar di kota besar namun beliau menolak lantaran ingin memajukan daerah, terutama daerah yang kurang terjamah teknologi.

Kesadarannya akan pendidikan ini tak jarang menjadi inspirasi bagi orang lain terutama di bidang pendidikan. Pak Sapto juga bercita-cita untuk dapat membentuk generasi yang peduli terhadap pendidikan seperti dirinya melalui organisasi.

Contoh Biografi Siswa

Contoh Biografi Siswa
Contoh Biografi Siswa | Sumber : 500px.com

Rini Puspita Nadya, seorang siswa dari sekolah dasar di Sumatera Barat. Rini, panggilan akrab siswa perempuan yang berprestasi ini lahir di Yogyakarta, 5 Juni 1995. Saat umur 7 tahun, Rini pindah tempat tinggal ke Sumetera Barat dan meneruskan pendidikan sekolah dasar di sana. Semasa kecil orang tua Rini selalu mengajarkan seni tari, dari mulai tari tradisional hingga kontemporer dan modern.

Saat ini Rini telah banyak menorehkan prestasi gemilang di bidang seni tari. Ia berkali-kali dipanggil sebagai perwakilan Porvinsi dalam ajang nasional di Jakarta. Meskipun masih di tingkat sekolah dasar, namun Rini sangat piawai dan gemulai dalam seni tari tradisional.

Di sekolah, Rini termasuk siswa yang rajin dan pandai. Ia tak segan-segan membantu temannya yang kesusahan dalam pelajaran. Meski begitu ia tidak pernah ketinggalan pelajaran. Semua pelajaran Rini ikuti dengan sangat baik tanpa kendala yang berarti. Sekolah yang ditempati Rini saat ini pun sangat bangga karena Rini berhasil membawa nama sekolah ke berbagai daerah dalam ajang perlombaan.

Contoh Biografi Teman

Contoh Biografi Teman
Contoh Biografi Teman | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh biografi tentang seorang teman.

Dia adalah seorang perempuan baik hati, temanku sejak kecil. Namanya unik, orang biasa memanggilnya Apin namun sebenarnya ia memiliki nama panjang Avinsha Reyhan. Beberapa guru baru seringkali salah mengira pemilik nama tersebut adalah seorang anak laki-laki. Apin lahir di Balikpapan tanggal 12 April 1996. Dibesarkan dari keluarga yang cinta pendidikan dan seni.

Apin menghabiskan masa kecilnya dengan berlatih biola. Hingga saat SMA, kebetulan satu sekolah denganku, ia sering kali tidak masuk sekolah karena mengikuti kejuaraan internasional. Apin lulus dari SMA Al Hikmah dengan nilai yang memuaskan meskipun begitu. Peringkat pertama setiap semester dan menang kejuaraan.

Prestasinya tak dapat dihitung hingga membawanya untuk berkuliah ke Amerika. Sejak berkuliah di Amerika, Apin seringkali mengabarkan bahwa ia sedang mengikuti pertukaran pelajar seperti Jepang dan Prancis.

Cita-cita Apin adalah menjadi seorang musisi terkenal yang bisa diingat oleh sejarah permusikan. Kini ia tengah sibuk menyelesaikan tugas akhirnya dan menghadiri beberapa undangan seminar motivasi di Indonesia maupun di luar negeri.

Contoh Biografi Penulis

Contoh Biografi Penulis
Contoh Biografi Penulis | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh untuk biografi seorang penulis komik bernama Akira Toriyama.

Akira Toriyama, seorang penulis komik terkenal yang dilahirkan pada 5 April tahun 1955 di Jepang yang merupakan negara penghasil komik terbesar. Akira Toriyama merupakan seorang yang cekatan dan pekerja keras. Selain itu, pria penyuka komik ini juga merupakan seseorang yang teliti dan detail dalam menggarap karya-karya komiknya, maka tak heran komiknya sangat bagus dan berkualitas baik.

Salah satu karya Akira Toriyama yang sangat terkenal adalah komik Dragon Ball yang kini banyak ditonton sebagai anime. Selain itu ia juga menciptakan komik Fox Tale dan Blue Dragon juga karakter dalam sebuah video game dari manganya yang berjudul Dragon Quest. Begitu banyak komik-komik populer yang ternyata merupakan hasil ciptaan Mangaka penyuka film Jackie Chan ini.

Karena komik-komik berkualitas dan melegenda yang telah ia ciptakan tersebut, berbagai macam penghargaan pun ia dapatkan. Penghargaan ini menjadi semangat tersendiri untuk menciptakan komik-komik bagus selanjutnya. Kisah hidup komikus Jepang bernama Akira Toriyama ini menjadi inspirasi bagi banyak komikus tertama komikus muda, bahkan yang berasa dari negara Indonesia.

Contoh Biografi Toko

Contoh Biografi Toko
Contoh Biografi Toko | Sumber : 500px.com

Toko Buku Kiara, sebuah toko buku yang awalnya bernama Toko Buku Ruby. Awal berdiri sekitar tahun 1990 di sebuah bangunan bekas toko kelontong oleh sapasang suami istri bernama Ratih dan Husein. Awalnya toko buku ini didirikan lantaran kepedulian dan kesadaran terhadap anak-anak di sekitar tempat tersebut yang kesulitas mencari buku-buku berkualitas.

Toko ini kemudian mengalami perluasan pada tahun 1995 dan mampu memasok buku-buku terjemahan lebih banyak daripada sebelumnya. Penjualan pun meningkat drastis sejak inovasi dilakukan yaitu dengan cara mengganti nama toko dan mendesain ulang tema toko. Sehingga pengunjung bisa datang sambil membaca buku yang sudah mereka beli.

Toko buku Kiara mengalami kemajuan yang pesat hingga tahun 2000. Namun sayangnya sempat mengalami pemerosotan pembeli karena krisis keuangan. Akhirnya toko buku ini bangkit kembali hingga saat ini memiliki ratusan cabang di seluruh Indonesia.

Kebangkitan toko buku ini menjadi semangat baru bagi dunia perbukuan untuk gencar menyediakan buku-buku berkualitas. Saat ini, dari tahun 2015, toko buku Kiara telah memiliki total karyawan sebanyak 500 orang yang tersebar di semua cabang.

Nah itulah contoh biografi yang baik dan benar. Mulai dari contoh biografi singkat, contoh biografi ibu, contoh biografi teman, contoh biografi pahlawan, contoh biografi orang tua, contoh biografi diri sendiri, contoh biografi orang lain, contoh biografi guru, contoh biografi siswa, contoh biografi ayah, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Biografi

3 thoughts on “Kumpulan Contoh Biografi yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Cara Membuatnya !”

  1. Rindu mengapa kau remas hti q di saat hasrat ingin bertemu tp terhalang oleh jrk & waktu… Waktu jika nanti tlah terobati rasa rindu q. Ku mohon pdamu hnti kan detik mu agar q selalu dpat bersama dengan nya

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: