Contoh Cerpen & Unsur Intrinsiknya Terlengkap

contoh cerpen & unsur intrinsiknya – Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana menulis cerpen yang baik, berikut ini adalah contoh cerpen & unsur intrinsiknya.

Contoh cerpen pendek Kiara dan Noti

Contoh cerpen pendek Kiara dan Noti

Setiap malam Kiara selalu tidur tepat waktu, tujuannya agar besok ia bisa bangun pagi dan belajar sedikit mengenai pelajaran yang akan dipelajari di sekolah hari ini. Akan tetapi suatu malam terdengar suara kucing yang mengeong di luar kamar Kiara yang membuatnya sulit tidur.

Di malam pertama Kiara membiarkannya, Kiara tidak bisa tidur karena ia tidak berani keluar rumah karena kondisi rumahnya sudah sepi. Sayangnya esok hari ternyata suara kucing ini hilang dan tidak ada kucing saat dicari.

Di malam kedua, suara kucing ini datang lagi. Karena mengetahui tadi pagi tidak ada kucing yang datang, Kiara merasa sedikit ketakutan. Ia tetap tidak bisa tidur dan malah tambah ketakutan. Esoknya, Kiara mencari di luar kamarnya dan kucing ini tidak ada lagi.

Di malam ketiga, sebelum tidur Kiara meminta kakaknya perempuan untuk tidur bersama dengannya dengan alasan suara kucing tersebut. Saat tengah malam tiba, suara kucing ini datang lagi. Kiara kemudian membangunkan kakak perempuannya dan bertanya apakah kakaknya mendengar suara kucing tersebut.

Ternyata suara kucing ini memang nyata. Kiara dan kakak perempuannya kemudian membuka jendela, dan mendapati kucing kecil yang lusuh dan gemetaran karena kelaparan. Kakak perempuan Kiara kemudian keluar rumah dan mengambil kucing ini, menyelimutinya dan memberikan makan ikan yang kebetulan jadi santapan malam keluarganya.

Akhirnya kucing ini dirawat oleh keluarga Kiara dan diberikan nama , yang diambil dari kata Noti, yang diambil dari bahasa Islandia yang artinya malam.

Bedah unsur intrinsik cerpen Noti dan Kiara 

Dalam contoh cerpen singkat di atas kita akan membahas mengenai contoh cerpen & unsur intrinsiknya. Unsur intrinsik dari cerpen di atas adalah :

  • Tema : pengalaman sehari-hari
  • Alur cerita : maju
  • Setting atau latar : malam hari di rumah Kiara
  • Tokoh : Kiara, Kakak Kiara, Kucing Noti
  • Watak :
  • Protagonis : Kiara
  • Antagonis : Noti
  • Netral : Kakak Kiara
  • Sudut pandang :
  • Pesan :

Pesan dari contoh cerita di atas adalah setiap masalah hanya perlu keberanian untuk menyelesaikannya. Jika Kiara selalu menghindar, maka ia tidak akan tahu bahwa ada kucing yang tersesat dan kelaparan yang sedang menunggunya.

Oleh karena itu, untuk Anda yang sedang menghadapi masalah dan ketakutan jangan takut untuk segera menyelesaikannya. Terkadang sebuah masalah bisa selesai dengan cara yang sangat mudah jika kita berani menghadapinya.

Nah demikian contoh cerpen & unsur intrinsiknya, semoga ulasan ini bisa membantu Anda memahami penulisan cerpen lebih murah.

Contoh Cerpen & Unsur Intrinsiknya Terlengkap

Add Comment