Pengertian Kalimat Definisi Lengkap dengan Contohnya !

Contoh Kalimat Definisi – Pernahkan anda mempelajari tentang ragam kalimat dalam bahasa Indonesia? Ya, ragam kalimat dalam bahasa Indonesia memang banyak jenisnya. Seperti halnya struktur kalimat dalam bahasa inggris, kalimat dalam bahasa Indonesia juga memiliki jenis dan struktur yang mampu memberikan informasi bagi pembacanya.

Ragam kalimat dalam bahasa Indonesia contohnya seperti kalimat denotasi dan kalimat konotasi, kalimat pasif dan kalimat aktif, ada pula kalimat deskripsi dan kalimat definisi. Ragam kalimat seperti ini sangat penting dipelajari, terutama apabila kita ingin membuat karya ilmiah. Nah bagi anda yang sedang menempuh mata kuliah skripsi atau tesis, penting bagi anda menyimak informasi berikut.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar kalimat definisi. Mulai dari Pengertian kalimat definisi, ciri ciri kalimat definisi, jenis jenis kalimat definisi, contoh kalimat definisi umum, contoh kalimat definisi bagian, contoh kalimat definisi kegunaan, contoh kalimat definisi manfaat, dll.

Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi
Contoh Kalimat Definisi

Bila anda merupakan penggiat karya ilmiah mungkin anda faham tentang kalimat definisi, dimana kalimat definisi banyak digunakan dalam karya karya ilmiah, seperti proposal ilmiah, skripsi, thesis, disertasi dan sebagainya. Oleh karena itu sangat penting bagi para pelajar maupun para ilmuan untuk memahami kalimat yang satu ini.

Kata definisi bila ditinjau secara etimologi berasal kata dalam bahasa Inggris, yakni kata “definition”. Kata ini memiliki arti, suatu rangkaian kata dan kalimat yang membahas tentang penjelasan, maupun hal hal terkait dengan suatu istilah yang sedang dibahas. Jadi kalimat definisi dapat diartikan sebagai kalimat yang digunakan untuk menjelaskan atau menerangkan suatu objek secara umum.

Jika ditinjau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi adalah kata yang mengungkapkan atau menjelaskan, maupun memberikan keterangan, makna atau arti dan ciri suatu objek tertentu. Sedangkan kata kalimat memiliki arti sebagai kumpulan beberapa kata yang tersusun membentuk suatu gagasan pokok dan arti yang anak disampaikan kepada para pembacanya.

Pengertian Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi
Contoh Kalimat Definisi

Dari pengertian masing masing kalimat diatas maka dapat dirangkai bahwa kalimat definisi merupakan kalimat yang menjelaskan secara definitif tentang suatu hal yang bersifat umum menjadi hal yang lebih terperinci, seperti identitas, karakteristi dan berbagai perincian yang lainnya. Kalimat definisi umumnya digunakan dalam laporan dengan berfokus pada istilah ilmiah tertentu.

Kalimat definisi berfungsi agar pembaca dapat mengetahui dan memahami secara jelas, suatu istilah istilah yang sedang ibahas atau yang biasa muncul dalam suatu tulisan. Hal hal yang dijelaskan dalam kalimat definisi biasanya mencakup pada suatu benda, manusia, makhluk hidup, proses atupun aktifitas.

Nah seperti yang dijelaskan diatas, kalimat definisi merupakan kalimat yang digunakan untuk penjelasan secara umum, hal ini akan berbeda bila penjelasannya dilakukan dalam bahasa yang lebih spesifik atau lebih khusus. Maka kalimat definisi tidak akan berlaku lagi untuk penjelasan khusus tersebut, dan perlu adanya penjelasan secara deskripsi.

Kalimat Deskripsi

Contoh Kalimat Definisi
Contoh Kalimat Definisi

Kalimat deskripsi adalah kalimat yang memuat penjelasan maupun memberikan keterangan secara terperinci untuk suatu istilah maupun suatu objek tertentu. Karakteristik yang dijelaskan oleh kalimat deskripsi haruslah penjelasan yang dapat ditangkap oleh panca indra. Karakteristik tersebut diantaranya adalah seperti warna, ukuran, rasa, bentuk dan sifat sifat lainnya.

Perbedaan Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Contoh Kalimat Definisi
Contoh Kalimat Definisi

Ragam kalimat dalam Bahasa Indonesia memang sangatlah banyak. Namun bila kita membahas tentang suatu karya ilmiah, maka hanya ada beberapa ragam kalimat yang secara umum digunakan dalam pembuatan dan mematuhi kaidah karya ilmiah. Bila dilihat dari penjelasan sebelumnya, maka karya ilmiah ini umumnya terdiri dari kalimat definisi dan kalimat deskripsi.

Kalimat definisi merupakan satu ragam dengan kalimat deskripsi. Bila ditinjau dari katanya, kata definisi hampir serupa dengan kata deskripsi. Hal ini dikarenakan pengertian dari kata definisi dan dan kata deskripsi yang hampir serupa. Namun keduanya jelas berbeda bila di tinjau dari makna penggunaannya dalam penyusunan suatu kalimat.

Perbedaan dari kalimat deskripsi dan kalimat definisi memiliki perbedaan dari objek yang sedang dibahas dalam kalimat tersebut. untuk kalimat definisi, biasanya membahas tentang objek yang bersifat umum dan juga luas. Sedangkan untuk kalimat deskripsi, memiliki objek bahasan yang bersifat khusus dan lebih sempit serta dapat ditangkap oleh panca indera.

Contoh 1:

Ikan Paus adalah hewan mamalia yang hidup di laut. (kalimat definisi)
Ikan Paus memiliki badan yang berukuran diatas 10 meter. (Kalimat deskripsi)

Contoh 2:
Bulan merupakan satelit alami dari planet bumi. (kalimat definisi)
Bulan memiliki cahaya yang berasal dari pantulan sinar matahari permukaan bulan ke bumi. (Kalimat deskripsi)

Contoh 3:
Telur merupakan sumber protein hewani yang murah. (kalimat definisi)
Telur dihasilkan oleh hewan unggas yang berkembang biak dengan ovivar. (kalimat deskripsi)

Kalimat definisi dapat dibalik atau diubah struktur kalimatnya, tanpa harus merubah maksud dari apa yang sedang dibahas. Namun kalimat deskripsi tidak dapat dibalik atau diubah strukturnya, karena dapat menghilangkan makna dari kalimat tersebut.

Contoh :

Contoh Kalimat definisi 1
– (Bentuk kalimat definisi normal) Mamalia merupakan hewan yang menyusui anaknya.
– (Bentuk kalimat definisi yang dibalik) Hewan yang menyusui anaknya adalah mamalia.

Contoh Kalimat definisi 2
– (Bentuk kalimat definisi normal) Jagung dan padi adalah contoh dari tanaman palawija.
– (Bentuk kalimat definisi yang dibalik) contoh dari tanaman palawija seperti jagung dan padi.

Contoh kalimat definisi 3
– (Bentuk kalimat definisi normal) Planet Mars merupakan satu satunya planet berwarna merah di tata surya.
– (Bentuk kalimat definisi yang dibalik) Satu satunya planet berwarna merah di tatasurya adalah planet mars.

Contoh kalimat deskripsi
– Langit cerah disiang hari berwarna biru cerah.
– Ikan paus memakan fitoplankton untuk sumber energinya.
– Lapangan Mandala Krida selalu digunakan untuk diadakannya pertandingan sepakbola di Kota Yogyakarta.
– Monyet dan kera memiliki sepasang tangan dan kaki yang menyerupai tangan dan kaki pada manusia.

Nah, dari sini apakah anda sudah faham tentang perbedaan dari kalimat definisi dan kalimat deskripsi? Mungkin kedua kalimat ini sedikit membingungkan, namun bila kita amati secara seksama, perbedaan dari kedua kalimat ini dapat dilihat secara jelas dan mudah untuk difahami. Nah selanjutnya, kita coba untuk memahami tentang ciri ciri dari kalimat definisi.

Ciri Ciri Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi
Contoh Kalimat Definisi

Seperti halnya struktur kalimat kalimat yang lain, maka kalimat definisi juga memiliki karakteristik khusus yang dijelaskan oleh 4 (empat) pokok ciri –ciri kalimat definisi berikut ini:

1. Menjelaskan makna atau arti dari suatu objek.

Contoh :
– Planet Saturnus adalah planet ke enam dari tata surya.
– Bintang jatuh adalah rupa dari meteor yang masuk ke atmosfer bumi dan bergesekan dengan udara, sehingga menghasilkan cahaya.
– Ikan adalah salah satu makhluk yang hidup dalam air.
– Gunung Merapi adalah gunung berapi yang masih aktif di Pulau Jawa.

2. Walaupun kalimat definisi bersifat menjelaskan, namun penjelasan yang dijabarkan tersebut berupa penjelasan yang bersifat umum dan tidak mengarah pada ciri khusus dari suatu objek tertentu.

Contoh :
– Samsung adalah smartphone produksi negara Korea Selatan
– Buah apel adalah buah yang banyak tumbuh di wilayah Kabupaten Malang.
– Laut adalah habitat terbaik untuk ikan yang hidup di lingkungan air asin.
– Bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga di Asian Games 2018.

3. Kalimat ini umumnya banyak ditemukan ataupun digunakan pada laporan laporan ilmiah.

Contoh :
– Karnivora adalah jenis hewan yang hanya bisa memakan daging
– Caffein adalah kandungan kimiawi yang dimiliki oleh minuman kopi dan juga coklat
– Umbra dalam gerhana bulan merupakan bayangan paling gelap dari bumi yang menutupi bulan.
– Oksigen adalah salah satu unsur yang melimpah di bumi.

4. Apabila kalimat definisi ini dibalik, maka kalimat ini akan memiliki makna atupun arti yang berbeda.

Contoh :

Kalimat 1
– Bumi adalah satu satunya planet dalam tata surya yang memiliki makhluk hidup sebagai penghuninya.
– Planet dalam tata surya yang memiliki penghuni berupa makhluk hidup adalah bumi.
Kalimat 2
– Rendang adalah makanan khas kota padang, Sumatra Selatan.
– Makanan khas kota Padang, Sumatra Selatan adalah Rendang.
Kalimat 3
– Kelapa adalah salah satu jenis pohon palem paleman.
– Salah satu jenis pohon palem paleman adalah kelapa.

Jenis jenis Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi
Contoh Kalimat Definisi

Sebagai kalimat penjelas, kalimat definisi tentu saja memiliki beberapa jenis kalimat yakni kalimat definisi umum, kalimat definisi bagian, kalimat definisi kegunaan dan kalimat definisi manfaat. Keempat kalimat definisi ini bahkan dapat dirangkai menjadi satu paragraf berupa paragraf definisi yang merupakan paragraf penjelas umum untuk suatu istilah atau suatu objek.

Masing masing dari jenis kalimat definisi memiliki kegunaan dan struktur yang berbeda sesuai dengan namanya. Dan semakin kompleks kalimat definisi tersebut, maka kalimat tersebut akan cenderung lebih terbaca seperti kalimat deskripsi. Oleh karena itu kita harus lebih berhati hati dalam menentukan isi kalimat dan kata penghubung yang digunakan.

Pengertian Pajak Penghasilan Lengkap dengan Cara Menghitung, Tarif, dan Objeknya !

Contoh Kalimat Definisi Umum

Contoh Kalimat Definisi

Kalimat definisi umum merupakan suatu penjelasan tentang pengertian suatu istilah atau objek. Kalimat ini umumnya juga menggunakan kata penghubung berupa : adalah, ialah, merupakan dan kata penjelas lainnya. Kalimat ini juga cenderung diletakkan di awal paragraf sebagai suatu pembuka paragraf. Berikut adalah contoh kalimat definisi umum:

– Kucing adalah salah satu contoh hewan mamalia.
– Kucing juga merupakan salah satu hewan karnivora.
– Kucing merupakan hewan yang memiliki rambut disekujur badannya.

Contoh Kalimat Definisi Bagian

Contoh Kalimat Definisi
Contoh Kalimat Definisi

Hampir sama dengan kalimat definisi umum, kalimat definisi bagian cenderung memberikan penjelasan atau penjabaran tentang suatu bagian bagian yang dimiliki atau terkandung dalam suatu istilah atau objek. Sehingga kalimat ini bisa jadi banyak mengandung tanda hubung berupa koma, karena menyebutkan beberapa bagian dari suatu objek. Contoh dari kalimat definisi bagian adalah:

– Teleskop terdiri dari lensa maupun cermin yang tersusun dalam sebuah tabung pemantul.
– Perangkat komputer terdiri dari CPU, monitor, mouse, keyboard, dan speaker
– Bahan pembuat permen coklat adalah gula, coklat dan sedikit campuran susu.
– Buah kelapa memiliki kulit buah kelapa, serabut kelapa, batok kelapa, buah kelapa dan air kelapa.

Contoh Kalimat Definisi Kegunaan

Contoh Kalimat Definisi
Contoh Kalimat Definisi

Untuk kalimat definisi kegunaan, memiliki struktur yang menunjukkan tentang fungsi atau kegunaan dari suatu objek atau istilah tertentu. Dalam kalimatini boleh menggunakan kalimat penghubung berupa adalah, ialah dan sebagainya, namun bisa juga bahkan mengandung dua kalimat definisi umum yang saling terhubung tanda koma (,) dengan kalimat kegunaan pada satu bagiannya.

Contoh dari kalimat definisi kegunaan adalah:
– Saya selalu membawa smartphone saya kemana pun saya pergi, karena smartphone merupakan sumber komunikasi saya dengan para kolega dan keluarga.
– Sebagai alat yang memiliki akses internet dan aplikasi tak terbatas, smartphone juga bisa menjadi sumber informasi terkini
– Teleskop digunakan untuk mengamati benda benda langit dengan jarak yang jauh dan berjuta juta kilometer.

Contoh Kalimat Definisi Manfaat

Contoh Kalimat Definisi
Contoh Kalimat Definisi

Sedangkan untuk kalimat definisi manfaat, memiliki kandungan berupa manfaat terhadap sesuatu yang sedang dilakukan atau objek. Berbeda dengan kalimat kegunaan yang cenderung pada kualitas fisik, bila kalimat definisi manfaat cenderung pada kualitas dariobjek atau sesuatu yang sedang dijelaskan. Berikut merupakan contoh dari kalimat definisi manfaat, diantaranya adalah:

– Adik saya suka sekali pada hamster, karena saat dia bosan, maka dia bisa bermain dengan hamsternya.
– Saya memiliki smartphone dengan fitur finger print, sehingga smartphone tidak mudah diakses secara sembarangan oleh orang lain.
– Keluarga saya memelihara kucing, karena memelihara kucing adalah sunnah rosul.

Kumpulan Contoh Visi Misi Pribadi, Organisasi, dan Perusahaan !

Contoh Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi
Contoh Kalimat Definisi

Kalimat definisi memiliki banyak contohnya, kalimat kalimat ini saling berhubungan untuk menjelaskan suatu objek atau istilah tertentu. Dan agar anda bisa lebih faham tentang kalimat definisi, coba anda perhatikan contoh contoh kalimat definisi di bawah ini:
1. Kalender Masehi adalah kalender yang didasarkan pada perhitungan revolusi dan rotasi bumi terhadap matahari.
2. Warga negara adalah sekumpulan orang yang menempati satu wilayah tertentu.
3. Simbiosis parasitisme adalah suatu hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup atau lebih, dimana terdapat mahluk hidup diuntungkan dan makhluk hidup yang dirugikan.
4. Albert Einstein adalah fisikawan yang menemukan teori relativitas.
5. Herbivora adalah hewan yang hanya bisa memakan tumbuhan.
6. Simbiosis mutualisme adalah suatu hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup atau lebih, dimana keduanya sama sama saling menguntungkan.
7. Lemon adalah salah satu jenis keluarga jeruk atau citrus.
8. Kalkulator merupakan alat yang digunakan untuk menghitung secara digital.
9. Autotomi adalah contoh hewan mempertahankan dirinya dengan cara memutuskan ekor.
10. Iritabilita merupakan proses makhluk hidup untuk menanggapi rangsangan.
11. Ovivar adalah cara berkembang biak makhluk hidup dengan bertelur dan melahirkan.
12. Fitur finger print pada smartphone berguna untuk melindungi privasi pengguna smartphone.
13. Sirip berguna untuk membantu pernafasan ikan dalam berenang
14. Tempurung kura kura memiliki bentuk yang keras sehingga dapat berfungsi untuk melindungi tubuh kura kura dari pemangsa.
15. Rahang buaya yang sangat keras dan tajam, digunakan untuk mengoyak tubuh mangsa.
16. Udang bernapas dengan menggunakan insang di dalam kepalanya.
17. Proses fotosintesis dilakukan didalam klorofil untuk menghasilkan oksigen dan gula.
18. Metabolisme adalah proses mengolah gula dalam tubuh menjadi energi.
19. Siswa SMA di kota gresik menggunakan seragam dengan lambang kota Gresik
20. Makanan china umumnya dibuat dari tepung dan banyak yang berbentuk seperti mie.
21. Tata surya memiliki delapan planet utama, yakni merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus dan neptunus.
22. Mahkota bunga adalah bagian bunga yang memiliki warna beragam.
23. Lemari baju terbuat dari bahan plastik dengan warna yang mencolok.
24. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
25. Mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan dan membesarkan anak anaknya dengan cara menyusui.

Nah dari beberapa contoh diatas bagaimanakah menurut kalian? Apakah anda telah memahami perbedaan antara kalimat definisi dan kalimat deskriptif? Untuk lebih memahami lagi anda juga bisa menggunakan 25 contoh kalimat diatas untuk mencoba mencari jenis jenis kalimat definisi yang ada.

Pengertian kalimat definisi, ciri ciri kalimat definisi, jenis jenis kalimat definisi, contoh kalimat definisi umum, contoh kalimat definisi bagian, contoh kalimat definisi kegunaan, contoh kalimat definisi manfaat, dll.

Jenis Jenis Manusia Purba di Dunia Lengkap dengan Ciri, Penjelasan, dan Gambarnya !

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Kalimat Definisi

1 thought on “Pengertian Kalimat Definisi Lengkap dengan Contohnya !”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: