Contoh Cerpen Islami dan Bedah Unsur Intrinsiknya (Terlengkap)

contoh cerpen islami – Berikut ini adalah contoh cerpen singkat islami yang memiliki pesan yang akan kami jelaskan dalam penjelasan unsur intrinsik. Bagaimana contohnya? Berikut ini adalah ulasannya.

Contoh cerpen islami tentang kesabaran 

Contoh cerpen islami tentang kesabaran 

Setiap orang mengalami cobaan, akan tetapi Allah tidak akan memberikan cobaan lebih besar dari kemampuan umatnya. Aku, Mirna dan aku sedang dalam masa pencobaan yang besar dalam hidupku.

Tyan adalah orang yang meminangku dengan proses taaruf. Kami berkenalan dalam waktu 3 bulan dan merasa cocok. Kami hanya bertemu 2 kali secara tatap wajah yaitu saat pertama bertukar CV dan saat acara lamaran. Meski kami hanya bertemu 2 kali tatap muka, tapi kami cukup intens berhubungan melalui chat.

Dalam chat kami, aku melihat Tyan sebagai seorang yang mampu membimbingku menjadi seorang muslim yang baik. Umur kami juga terpaut 5 tahun sehingga aku merasa sangat pas.

Akan tetapi, 3 hari sebelum hari pernikahan kami seorang wanita menghubungiku dan menyatakan bahwa Tyan adalah suaminya. Ia sudah punya 2 orang anak dari Tyan. Hatiku bergejolak dan bingung.

Tentu saja, pertama aku tidak percaya mengenai kabar tersebut mengingat Tyan adalah seorang sosok yang baik dan muslim yang taat di mataku. Aku tidak memedulikan pesan itu awalnya, akan tetapi wanita ini kemudian mengajak aku bertemu untuk menunjukkan bukti-bukti pernikahannya dan Tyan yang terjadi 3 tahun yang lalu.

Aku mencoba tenang dan menghubungi Tyan. Aku tetap yakin bahwa Tyan akan berkata jujur saat aku menanyakan perihal ini. Saat aku menanyakan pada Tyan, Tyan tidak membalas.

Berselang 2 jam Tyan baru menghubungiku, ia langsung menelefonku dan mengajakku bertemu. Akhirnya Tyan sampai di rumahku dan mengajakku untuk pergi ke suatu tempat.

Di tempat tersebut sudah menunggu 2 orang, pria dan wanita, yang usianya kira-kira sedikit lebih tua dari orang tuaku. Mereka ternyata adalah orang tua Nike, wanita yang mengaku sebagai istri dari Tyan.

Mereka menjelaskan bahwa Nike memang dahulu akan taaruf dengan Tyan, tapi ternyata Nike berubah pikiran dan menikah dengan pria lain. Sayangnya pria yang dinikahi Nike ini bukan orang baik-baik dan meninggalkan Nike beserta dua anaknya tanpa kabar. Hal ini membuat Nike sedikit terganggu kejiwaannya.

Ayah Nike, beliau membawa surat kartu keluarga dan bukti lainnya yang membuat aku yakin bahwa Nike adalah anak mereka. Saat itu juga aku menangis haru. Lega sekaligus kasihan dengan kondisi Nike.

Unsur Intrinsik dari contoh cerpen singkat Mirna dan Tyan

  • Tema : cobaan pernikahan Islami
  • Alur cerita : maju
  • Setting atau latar : saat ini
  • Tokoh : Mirna, Tyan, Nike dan orang tuanya.
  • Watak :
  • Protagonis : Mirna
  • Antagonis : Nike
  • Netral : Tyan dan orangtuanya
  • Sudut pandang : orang pertama
  • Pesan : cobaan sebelum pernikahan memang besar. Harus besar hati, sabar dan berpikir logis adalah inti pesan dari contoh cerpen islami di atas.

Contoh Cerpen Islami dan Bedah Unsur Intrinsiknya (Terlengkap)

Add Comment