Contoh Cerpen Singkat Pengalaman Pribadi Serta Unsur Intrinsiknya

contoh cerpen singkat pengalaman pribadi – Kali ini kami akan memberikan sedikit contoh cerpen singkat pengalaman pribadi yang kemudian akan kami bedah unsur intrinsik di dalamnya. Untuk Anda yang penasaran dengan contoh dari cerpen pengalaman pribadi ini, berikut ini adalah ulasannya.

Contoh cerpen singkat pengalaman pribadi Ranu dan Danu

Contoh cerpen singkat pengalaman pribadi Ranu dan Danu

Aku adalah Ranu. Setiap hari aku bangun pagi dan melakukan aktivitas biasaku. Membersihkan tempat tidur, bersih-bersih dan belajar sedikit untuk pelajaran hari ini. Akan tetapi akhir-akhir ini aku sulit belajar karena Kak Danu, tiap pagi bangun siang dan tidak melakukan apapun.

Suatu hari, Kak Danu bangun saat aku sedang menyapu rumah. Masih dengan mengucek mata, ia melewati kotoran yang sudah aku kumpulkan dari hasil menyapu dan membawanya di kakinya ke area rumah yang sudah kusapu. Tanpa minta maaf pula!

Akhirnya aku merasa kesal dengan Kak Danu dan memarahinya. Kak Danu hanya melihatku dengan melotot karena merasa aku tidak sopan. Ibu kemudian datang dan menanyakan apa yang terjadi. Aku menceritakan permasalahan dan ibu merasa aku sedikit berlebihan.

Akhirnya sapu kutinggal dan aku menangis di kamar.

Ayah kemudian datang menghampiriku dan bertanya mengenai apa yang terjadi. Kucurahkan segala keluh kesahku mengenai apa yang menjadi kekesalanku yang akhirnya memuncak pagi ini. Akhirnya ayah tahu apa yang membuatku merasa tidak adil. Ia memanggil Kak Danu yang sedang minum air putih dan memintaku duduk di kursi.

Ayah kemudian memulai menyelesaikan masalah kami, menanyakan mengapa Kak Danu baru bangun. Kak Danu meletakkan gelas minumnya dan menceritakan. Ternyata Kak Danu sedang menyelesaikan sebuah proyek bersama dengan rekannya. Ia sedang membangun sebuah aplikasi untuk diikutkan dalam sebuah lomba sehingga harus bekerja hingga tengah malam.

Aku akhirnya mengerti mengapa Kak Danu bangun siang. Akan tetapi ayah tetap memberikan ganjaran pada Kak Danu. Ayah tahu pekerjaan di luar penting, akan tetapi ayah tidak mau Kak Danu menjadi pemalas, Ayah tetap meminta Kak Danu untuk bangun pagi dan membantu mengerjakan pekerjaan rumah.

Di sini Ayah mengajarkan, setiap usaha untuk mendapatkan kemajuan pasti membutuhkan pengorbanan. Di sini Kak Danu harus belajar bahwa tanggung jawab rumah tetap harus dilaksanakan dan ia harus bisa mengatur waktu dengan lebih baik. Akhirnya Kak Danu meminta maaf padaku dan berjanji akan mengatur waktu dengan lebih baik.

Bedah unsur cerita Ranu dan Danu

Contoh cerpen singkat pengalaman pribadi di atas memiliki beberapa unsur intrinsik sebagai berikut :

  • Tema : pengalaman sehari-hari
  • Alur cerita : maju
  • Setting atau latar : rumah, pagi hari
  • Tokoh : Ranu, Danu, Ayah dan Ibu
  • Watak :
  • Protagonis : Ranu
  • Antagonis : Danu
  • Netral : Ayah dan Ibu
  • Sudut pandang : orang Pertama
  • Pesan :

Pesan dari contoh cerpen singkat pengalaman pribadi di atas adalah sebelum marah, bicara dahulu untuk tahu apa yang menjadi masalah, jangan biarkan kesalahpahaman membuat hubungan menjadi buruk.

Contoh Cerpen Singkat Pengalaman Pribadi Serta Unsur Intrinsiknya

Add Comment