contoh desain rumah gaya Eropa

45 Contoh Desain Rumah Gaya Eropa Menarik dan Estetik (Terlengkap)

Desain Rumah Gaya Eropa – Jika Anda membahas soal berbagai model desain rumah tentu tidak akan ada habisnya, mengingat rumah juga menjadi salah satu simbol bagi suku bangsa tertentu. Termasuk pada lingkungan para penduduk di Eropa, pastinya memiliki beragam gaya unik. Tak heran jika contoh desain rumah gaya Eropa banyak dicari.

Bagi Anda yang cukup menggemari bangunan ala Barat bisa melihat contoh desain rumah gaya Eropa pada penjelasan selanjutnya. Anda bisa memilih salah satu opsi pilihan berbagai ide menarik tersebut sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan Anda.

Mengapa Desain Rumah Gaya Eropa Masih Diminati ?

contoh desain rumah gaya Eropa

Setiap wilayah negara sebenarnya memiliki ciri khas masing-masing yang juga dapat dilihat dari gaya dan bentuk bangunannya. Begitupun dengan seluruh rumah yang berada di benua Eropa, semuanya memiliki bentuk dan corak yang unik.

Dan di setiap negara di benua tersebut memiliki bangunan khas yang berbeda-beda di masing-masing negara. Jika Anda jatuh cinta pada keunikan gaya bangunan Eropa maka bisa mengamati berbagai ide menarik tentang contoh desain rumah gaya Eropa.

Banyaknya para peminat rumah dengan desain gaya Eropa disebabkan bangunan tersebut tampak cukup unik. Terkesan cukup klasik, namun masih tampak mewah dan megah begitupun dengan bangunan yang dibuat kekinian.
Desain rumah dengan gaya arsitektur menarik tersebut tidak sekedar dibangun dengan teknik sembarangan. Teknik pembangunan berbagai rumah dengan gaya Eropa tentu umumnya cukup berbeda dengan di Indonesia.

Mengingat beberapa bangunan didesain melengkung atau bergaya mirip seperti bangun ruang tertentu yang sudutnya cenderung mengerucut dan lancip. Bahkan banyak di antaranya bangunan klasik Eropa yang cenderung menggunakan beberapa perpaduan bentuk bangun ruang.

Seperti pada contoh berbagai bangunan istana dan kastil yang melingkar dengan ujung atap mengerucut. Serta di sampingnya dikelilingi oleh bangunan besar yang mirp balok dan kubus, serta dinding bata yang kokoh untuk melindungi halaman istana.

Seiring berkembangnya waktu, bangunan rumah-rumah klasik di Eropa pun mengalami modifikasi. Beberapa rumah yang megah justru dibentuk dengan gaya kekinian yang modern.
Sementara bangunan klasik lainnya masih berpadu dengan gaya modern mirip di kompleks perumahan. Ada juga rumah sederhana yang bisa Anda temukan di area ladang atau kebun luas

Inilah 45 Contoh Desain Rumah Gaya Eropa Klasik Hingga Kekinian

Bangunan rumah gaya Eropa cenderung memiliki ukuran yang sangat besar. Dengan isi ruang yang cukup banyak serta masing-masing ruangnya pun berukuran luas.

Bagi Anda yang tertarik untuk membangun desain rumah ala Eropa tidak perlu melakukan survei atau observasi mengunjungi berbagai negara di Eropa. Cukup simak beberapa contoh desainnya di bawah ini.

1. Rumah Gaya Eropa Megah Kekinian

contoh desain rumah gaya Eropa

Beberapa rumah mewah di Eropa dibangun dengan megah mirip seperti bangunan istana di ibukota negara. Bangunan tersebut merupakan perpaduan dari bentuk balok dan kubus dengan teras dan pintu masuknya yang dibuat mirip seperti tabung.

Rumah dengan gaya ini tidak memiliki atap yang dibuat dari genting, sama seperti umumnya bangunan di Eropa. Secara langsung bagian atapnya dibuat dari material tertentu seperti semen atau dengan baja, dan dipasang dengan teknik cor sehingga rangkanya cukup kuat.

2. Bangunan Rumah Eropa Klasik

contoh desain rumah gaya Eropa

Beberapa bangunan Eropa yang cukup unik menampilkan gaya desain yang cukup klasik. Kedua ujung rumah dibuat memiliki atap yang berbentuk limas segiempat atau segitiga. Kemudian bagian rumahnya dibuat berbentuk kubus memanjang.

Desain rumah gaya klasik Eropa seperti ini cenderung memiliki ukuran interior yang sangat luas sehingga muat untuk jumlah kamar yang banyak. Luas ruangnya pun lebih dari rata-rata pada umumnya bangunan rumah modern yang minimalis.

3. Rumah Gaya Eropa Modern

contoh desain rumah gaya Eropa

Saat ini bangunan di Eropa juga lebih difokuskan untuk dibuat dengan gaya yang lebih modern. Ukurannya pun dibuat muat pada lahan yang relatif sempit di area kompleks perumahan.
Tetapi tetap saja bangunan tersebut membawa ciri khas gaya Eropa yakni dengan adanya bangunan atap berbentuk limas, cerobong asap. Serta dengan beberapa tanaman rindang di sekitar halaman rumah.

4. Rumah Eropa Perpaduan Klasik dan Kontemporer

contoh desain rumah gaya Eropa

Rumah bergaya Eropa bisa dibangun mengikuti tren mode kekinian, namun agar lebih unik juga tidak menghilangkan sisi klasiknya. Anda bisa memilih bentuk rumah yang mirip seperti kubus dengan posisi atap datar yang lebih luas, lalu menambahkan beberapa sarana di atas atap.

5. Contoh Desain Rumah Unik Gaya Eropa Bergaya Kastil

Meskipun bangunan rumah yang atapnya berbentuk kerucut mengingatkan Anda pada kastil Eropa gaya kuno. Tetapi model bangunan ini masih tetap menarik untuk dijadikan sebagai ide desainrumah kekinian karena Anda masih bisa memodifikasi bagian internal dan luarnya

6. Bangunan Rumah Bertingkat Kekinian

Ide contoh desain rumah industrial yang juga bisa Anda jumpai di Eropa ternyata sebagian ada yang hampir mirip dengan desain atau gaya lokal. Anda bisa menggunakan beberapa perpaduan material seperti kayu, semen, sekaligus dengan batu kali di bawahnya.

7. Desain Rumah Kekinian di Eropa

contoh desain rumah gaya Eropa

Jika Anda pernah mengunjungi beberapa negara di Eropa seperti Belgia, Belanda, Inggris dan lainnya. Contoh desain rumah yang unik dengan dinding kayu dipadukan dengan materian seperti batu kali dan keramik bisa Anda temukan, dengan loteng di atapnya.

8. Rumah Megah Ala Eropa dengan Atap Datar

contoh desain rumah gaya Eropa

Bentuk atap datar untuk diterapkan pada berbagai bangunan rumah di Eropa juga cukup populer. Bentuk atap tersebut mengikuti permukaan tiap bangunan pada rangka dinding dan pondasi rumah. Anda bisa menggunakan material semen dengan teknik cor untuk desain ini.

9. Rumah Mewah Susun Bertingkat

Rumah gaya Eropa kini juga telah menjadi inspirasi cukup populer bagi pembangunan kompleks rumah modern di Indonesia. Salah satunya seperti pada contoh desain rumah susun di atas yang menggunakan warna cat dominasi putih dan abu-abu di atapnya.

10. Rumah Gaya Eropa dengan Bentuk Ujung Kembar

contoh desain rumah gaya Eropa

Keunikan dari bebrbagai desain rumah Eropa terletak pada model bangunan yang cenderung penuh warna dan kreatif. Setiap bagian ruang yang masih tersisa di area atap pun selalu dijadikan sebagai kamar loteng seperti pada contoh desain ujung kembar di atas.

11. Rumah Eropa Mewah Material Batu Kali

contoh desain rumah gaya Eropa

Rumah mewah di Eropa juga ada yang memanfaatkan material dari jenis batu alam, salah satunya seperti batu kali. Serta beberapa bagian dindingnya dipadukand engan kayu, dan jendelanya pun dibuat menyesuaikan dengan lengkung bangunan.

12. Rumah Susun Modern Ala Eropa

Rumah modern ala Eropa selanjutnya memiliki ciri khas berupa dua buah lampu kecil di samping kanan dan kiri pintu utama. Namun, diberikan sedikit ruang di depan pintu utama yang menjorok ke dalam, bukan teras tetapi hanya sekedar ruang yang sering

13. Rumah Mewah Gaya Klasik

Jika Anda melakukan survei pada beragam rumah mewah yang semi modern dan klasik. Tentu akan melihat ciri khas dari bangunan tersebut, salah satunya pada gaya pintu utama rumah yang selalu dibuat di tengah dinding yang diberi sedikit ruang menjorok ke dalam.

14. Perpaduan Putih dan Coklat

contoh desain rumah gaya Eropa

Bangunan rumah di Eropa juga bisa ditandai dengan desain yang cenderung menarik, tidak ada ruas tanpa warna. Semua bagian rumah harus penuh dengan warna, serta ada tema tertentu yang ditonjolkan seperti contoh di atas yan menekankan perpaduan putih cokelat.

15. Rumah ala Eropa Gaya Vintage

contoh desain rumah gaya Eropa

Keunikan yang bisa Anda lihat pada bangunan rumah Eropa selanjutnya ada pada bagian loteng atap yang selalu diisi dengan kamar lengkap berjendela. Kemudian bagian depan rumah bermotif segitiga berpotongan dengan dinding yang materialnya berpaduan unik.

16. Rumah Mewah Bertingkat Sejajar

Desain rumah ala Eropa kali ini tidak jauh berbeda dengan beberapa gaya bangunan perumahan modern di Indonesia. Bentuknya berupa balok yang memanjang dan bertingkat sejajar. Serta di bagian depan rumah terdapat sedikit ruang untuk teras rumah yang luas.

17. Rumah dengan Motif Kedua Ujung Lengkung

contoh desain rumah gaya Eropa

Di beberapa negara di Eropa, bangunan rumah mewah juga bisa ditandai dengan motif yang unik tepat pada lantai atas pintu utama yang mirip sbuah simbol. Motif tersebut berupa lengkungan lancip di kedua ujung kanan kiri bangunan serta di bagian kedua bagian jendela.

18. Rumah Mewah Gaya Klasik Ala Belgia

Rumah dengan model atap depan tepat di atas pintu utama dibuat dengan motif lengkung serta bagian tengah menjulang tinggi ke atas juga menjadi desain khas rumah Eropa. Jika Anda pernah ke Belgia, tentu akan melihat beberapa rumah yang mirip dengan contoh ini.

19. Rumah Mirip Istana Minimalis Dekat Sungai

Rumah yang unik dan minimalis yang dibuat dengan bata merah membuat bangunan semakin mirip istana berukuran kecil. Rumah ini cukup sederhana namun memiliki nilai artistik yang cukup tinggi karena terdapat motif di bagian dinding atas atap di kedua sisinya.

20. Rumah Mewah Bata Cokelat Perpaduan Kayu

Orang Eropa menyukai nilai seni yang tinggi sehingga bukan segi terapan saja yang diutamakan, tetapi keindahan juga. Bangunan rumah yang tampak mewah tersebut menampilkan lantai atas tepat di atas pintu utama memiliki motif lengkung unik dan jendela.

Rumah ini bisa dibangun di kompleks perumahan yang cukup padat sehingga Anda dapat memilihnya sebagai ide menarik bangunan rumah perkotaan. Biarkan halaman depan rumah bersih dengan beberapa ruang untuk ditanami rerumputan hijau di sepanjang jalan.

21. Rumah Mewah Lantai Kembar

Anda tentu sering melihat bangunan rumah Eropa yang dibuat mirip atau kembar pada sudut kanan dan kiri tepat di ujungnya. Begitupun pada contoh di atas yang menunjukkan bahwa bangunan sisi kembar sama-sama menghadap ke arah depan, namun dengan atap berbeda.

22. Rumah Mewah Satu Atap

Keunikan selanjutnya bisa Anda lihat ketika rumah Eropa yang memiliki gaya semi kontemporer dan klasik dibuat seatap. Kemudian atap di bagian bangunan yang menjorok ke depan dibuat lebih datar dan tidak tinggi. Jendela pun lebih dibuat mirip satu dan lainnya.

23. Rumah Sederhana Kontemporer dengan Tanaman Merambat

Jika Anda juga menghias halaman dengan tanaman yang rimbun untuk tepat di depan rumah Anda. Maka bisa memilih bangunan yang cukup sederhana namun terbuat dari material yang kuat, perpaduan batu bata, kayu, dan semen. Atapnya pun dibuat bermotif.

24. Rumah Eropa dengan Perpaduan Bangun Unik

contoh desain rumah gaya Eropa

Ciri khas bangunan rumah unik di Eropa memiliki beberapa bagian ruang yang dibuat seperti prisma dengan berbagai sudut. Kemudian di ujung atapnya pun masih disediakan sedikit bangunan yang menonjol unik dengan atap kerucutnya meskipun berukuran lebih kecil.

Anda bisa menambahkan motif tertentu pada bagian dinding depan rumah tepatnya pada dinding penyangga atap. Kemudian memasang lampu dinding di beberapa lokasi seperti di atas pintu garasi secara sejajar dan rapi tepat di posisi yang sama.

25. Contoh Desain Rumah Gaya Eropa dengan Banyak Dinding Atap Segitiga

contoh desain rumah gaya Eropa

Contoh desain rumah gaya Eropa yang sering Kita jumpai salah satunya dengan beberapa dinding atap yang berbentuk segitiga. Materialnya pun berasal dari berbagai perpaduan yang unik, mukai dari batu alam, semen, kayu, hingga keramik.

Jika Anda ingin membuat rumah dengan model seperti ini cukup menonjol maka berikanlah hiasan ruang yang unik. Seperti jendela prisma segitiga tepat di bagian atas pintu utama. Serta membuat beberapa dindingnya dari batu kali yang kokoh dan memiliki efek timbul.

26. Rumah Eropa dengan Atap Bermotif Unik

contoh desain rumah gaya Eropa

Semua atap rumah yang bergaya ala Eropa selalu didesain dengan penuh warna serta berbagai motif menarik. Ada yang bermotif ukiran, bentuk lengkung dan sebagainya. Namun contoh desain rumah gaya Eropa ini memiliki atap yang motifnya seperti batu alam.

Sementara bagian dinding bangunan sepenuhnya dibuat dengan batu bata merah yang kokoh. Begitupun dengan cerobong asapnya dibuat dengan ukuran yang lebih tinggi menjulang agar bisa berfungsi dengan baik dan tidak merusak atap.

27. Rumah Mewah Memanjang Sederhana dengan Taman Bunga

Ide yang cukup menarik tentang contoh desain gaya Eropa klasik memang sering diminati oleh banyak orang. Ide tersebut tetap tidak ditinggalkan hanya saja dipadukan dengan gaya kontemporer sehingga tampak lebih elegan. Misalnya dengan ruang teras serta taman bunga.

28. Rumah Eropa dengan Dinding Bata Berwarna

contoh desain rumah gaya Eropa

Seperti yang sedikit disebutkan sebelunya bahwa contoh desain rumah gaya Eropa saat ini cenderung mengutamakan sisi estetik yang penuh warna. Bangunan rumah pada contoh di atas menampilkan dinding bata berwarna kemerahan dan salem yang indah.

Rumah mewah seperti ini tampak memiliki nilai artistik yang tinggi jika di setiap sudut dinding terdapat tiang dari batu bata yang disusun zig zag. Agar tampak lebih unik dan menarik, Anda bisa memilih beberapa warna yang berbeda untuk menghias seluruh bagian rumah.

29. Gaya Rumah Eropa Kontemporer

contoh desain rumah gaya Eropa

Rumah gaya Eropa yang membawa aliran kontemporer selanjutnya terbuat dari material kayu dengan motif bergaris yang unik. Kayu tersebut dijadikan sebagai bahan penuh dinding rumah. Beberapa atap pada contoh desain rumah gaya Eropa tersebut dominan putih.

Rumah kayu dengan desain yang sangat unik seperti ini cocok untuk dibangun di tengah hutan atau alam dengan padang rumput yang luas. Anda pun harus memikirkan resikonya jika hendak membangun di pemukiman padat karena materialnya yang mudah terbakar.

30. Rumah Eropa Mewah dengan Satu Tingkat Sejajar

contoh desain rumah gaya Eropa

Contoh desain rumah gaya Eropa selanjutnya dibuat bertingkat yang sejajar sama antara bangunan bawah dan atas. Atapnya pun dibuat datar mengikuti bangunan yang luasnya hingga ruang teras. Dindingnya dipenuhi dengan lapisan kayu dengan motif bergaris.

Rumah dengan desain seperti ini membutuhkan banyak lahan yang sangat luas, mengingat ruang interior serta ruang terasnya pun memakan banyak tempat. Anda bisa menghias rooftop agar tampak lebih menarik untuk menghabiskan banyak waktu santai di atas sana.

31. Susunan Bangunan Rumah Kubus Klasik

Salah satu contoh desain rumah gaya Eropa yang unik selanjutnya dibuat dengan beberapa kubus yang berjejer. Atapnya pun datar mengikuti lapisan dinding tegak lurus di bawahnya. Bangunan seperti ini bisa Anda temui di beberapa negara, seperti Yunani.

Bangunan rumah yang berbentuk kubus ini cenderung tampak mungil tapi Anda bisa membangunnya manjadi beberapa bagian. Atau dengan membangun posisi dinding salah satu kubus lebih tinggi dibandingkan yang lain.

32. Rumah Modern Elegan Sederhana

Gaya rumah yang cukup simpel namun dapat menampilkan kesan yang mewah dan elegan bisa Anda lihat pada contoh gambar di atas. Terdapat satu bagian ruang yang dibuat menjorok lebih jauh ke depan. Sementara sisi kanan dan kirinya berada di posisi sejajar.

Jika rumah ini dilihat dari luar tentu akan tampak sangat sederhana dan simpel, tetapi Anda bisa memilih material berkualitas agar bangunan tetap kokoh. Serta membuat desain interior yang sangat menarik untuk menghias bagian dalam ruangan agar lebih elegan.

33. Rumah Klasik Berdinding Bata Putih

contoh desain rumah gaya Eropa

Bangunan rumah yang seringkali ada di daerah pesisir juga dapat dijadikan sebagai contoh desain rumah gaya Eropa yang unik sekaligus mewah. Meskipun gayanya cenderung klasik tapi Anda bisa membuat interior dan teras di lantai atas tampak indah dan mewah.

34. Perpaduan Berbagai Bangun Ruang yang Unik di Rumah Eropa

contoh desain rumah gaya Eropa

Anda bisa memilih desain rumah unik jika memadukan beberapa bangun ruang, seperti tabung, balok, dan beberapa jenis kubus. Kemudian di bagian atapnya Anda bisa menambahkan ruang kecil dengan atap kubah mungil di atasnya sehingga tampak menawan.

35. Rumah Mewah Eropa Gaya Kontemporer

Rumah dengan gaya Eropa selanjutnya dibuat memanjang dan sejajar antara lantai atas dan bawah. Dindingnya tampak lebih mewah dengan bingkai jendela dengan bentuk yang sama dan merata. Sementara seluruh pintu masuknya pun dibuat dengan bentuk lengkung.

36. Rumah Elegan Eropa Berbentuk L

contoh desain rumah gaya Eropa

Beberapa rumah dengan gaya Eropa juga dibuat berbentuk L dengan desain yang cukup elegan. Atapnya tidak dibuat terlalu tinggi namun masih berbentuk prisma dengan sudut yang rapi. Model rumah ini bisa Anda temui di daerah yang berpasir seperti tepi pantai.

37. Rumah Dinding Bata Merah Cerah

contoh desain rumah gaya Eropa

Gaya rumah Eropa yang bentuknya cukup klasik kebanyakan dibuat dari material bata merah yang cukup kuat. Dinding bata dibuat dengan atap yang cenderung datar tidak memiliki ruang dan dinding sebagai penyanggah atap, dolengkapi dengan cerobong asap.

38. Rumah Eropa dengan Warna Oranye Klasik

contoh desain rumah gaya Eropa

Desain rumah dengan model Eropa juga tampak sangat unik jika dibuat dengan dua lantai. Satu lantai di atas dengan ukuran luas yang lebih kcil dibandingkan dengan lantai bawah. Kemudian terdapat dinding besar melengkung dan menonjol tepat di pintu masuk rumah.

39. Rumah Klasik dengan Bentuk Retakan

contoh desain rumah gaya Eropa

JIka Anda ingin rumah tampak lebih unik bisa membuat dindingnya tampak seperti retakan dan membiarkan tanaman rambat memenuhi sisa dinding retakan tersebut. Dan membuat bangunan ini tampak megah di beberapa bagian lainnya dan menjaga tanaman tetap rapi.

40. Rumah Mewah Dipenuhi Lampu Dinding Eksterior

Jika Anda melihat beberapa bangunan Eropa yang modern dan kekinian tampak mirip dengan bangunan mewah lokal pada umumnya. Rumah tersebut dibuat bertingkat dengan beberapa bagian yang ditonjolkan, serta terdapat lampu dinding di sisi beberapa pintu.

Agar rumah tampak lebih megah Anda bisa memilih material keramik atau pun batu alam di beberapa bagian. Sementara membiarkan dinding pada bagian lainnya terbuat dari batu bata.

41. Rumah Kontemporer dengan Warna Bebatuan

contoh desain rumah gaya Eropa

Gaya rumah Eropa yang didesain sedikit lebih mewah namun tidak meninggalkan sisi klasiknya adalah dengan memilih warna abu-abu yang mirip batuan. Salah satu bagian ruang memiliki dinding yang lebih tinggi yang juga dijadikan sebagai penopang atap rumah.

Sementara pada bangunan lainnya dibuat dengan ukuran dinding yang lebih pendek dengan atap yang rata. Pintu rumah utamanya pun dibuat menjorok lebih ke dalam dengan kedua lampu dinding di antara pintu utama rumah.

42. Rumah Mewah Eropa dengan Gaya Sederhana

Rumah mewah yang umumnya dapat Anda temukan di Eropa semuanya tidak selalu dibuat dengan bentu yang cukup berlebihan. Di kompleks perumahan Eropa yang lebih modern, contoh desain bangunan lebih mirip pada contoh diatas dengan dinding kayu atau bata.

Atapnya pun bisa dibuat seperti pada bangunan rumah modern pada umumnya, namun ruang pada dinding penyanggah atap tetap dimanfaatkan menjadi ruangan penting. Dan mengecat seluruh bagian rumah dengan warna senada yang cukup cerah dan elegan.

43. Bangunan Rumah Eropa Klasik dengan Bata Krem

contoh desain rumah gaya Eropa

Umumnya beberapa rumah di Eropa yang dibuat dengan gaya klasik cenderung memiki ukuran yang sangat luas, besar, dan megah. Rumah tersebut memiliki dinding yang terbuat dari bata dipadukan dengan beberapa jenis batu alam, begitupun dengan atap yang kokoh.

Dinding dan atapnya dibuat dengan warna senada sehingga tampak seperti bangunan yang cukup artistik dengan gaya kunonya. Jika Anda ingin agar rumah tidak terlihat klasik maka pilihlah warna lain yang beragam, Anda bisa mengecatnya dengan warna yang lebih cerah.

44. Contoh Desain Rumah Modern Gaya Eropa yang Simpel dan Minimalis

RUmah gaya Eropa juga bisa dibentuk dengan ukuran yang cukup minimalis tapi juga modern. Rumah ini tampak simpel jika dilihat dari luar, namun Anda bisa memasang beberapa perabot otomatis yang cukup unik dan dibuat dengan teknologi canggih praktis.

Desain rumah minimalis biasanya dilengkapi dengan perabot yang bisa terlipat secara otomatis untuk membuat ruangan lebih rapi dan teratur. Ruangan pun lebih praktis jika dapat difungsikan sebagai ruang untuk berbagai aktivitas yang berbeda.

45. Rumah Gaya Belanda Klasik yang Megah

contoh desain rumah gaya Eropa

Jika Anda melihat beberapa bangunan di Belanda tentu akan mengetahui contoh desain rumah Belanda yang klasik seperti pada gambar di atas. Bangunan tersebut dibuat sejajar dengan kokoh antara lantai atas dan bawah.

Kemudian terdapat bangunan yang dibuat kembar di beberapa sisi rumah, namun tetap memiliki fungsi yang berbeda. Rumah ini sangat cocok jika dibangun di halaman dengan padang rumput yang luas dengan beberapa pephonan rindang di sekitarnya.

Berbagai contoh desain rumah gaya Eropa di atas merupakan referensi ide paling menarik untuk membangun rumah megah yang cocok di masa depan. Anda bisa memilih salah satu desainnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lahan yang akan dijadikan tempat tinggal.

Contoh Desain Rumah Gaya Eropa Menarik dan Estetik (Terlengkap)

Leave a Reply