59+ Contoh Desain Rumah Gudang (Modern dan Minimalis)

Desain Rumah Gudang (Modern) – Keberadaan gudang bagi sebuah rumah, toko ataupun pabrik sangatlah penting sebagai tempat penyimpanan barang-barang ataupun aset yang belum terpakai. Jika dulu gudang dibuat dengan model yang ala kadarnya, maka kini telah hadir berbagai contoh desain rumah gudang dengan model minimalis.

Bangunan gudang model terbaru ini berbentuk bangunan persegi empat yang sebenarnya hampir sama dengan model gudang terdahulu. Hanya saja model gudang yang baru ini tidak lagi bersambung dengan rumah melainkan berdiri terpisah dengan dekorasi yang hampir menyerupai rumah.

1. Gudang dengan Roda

Gudang dengan Roda

 

Memiliki gudang dengan roda memiliki beragam keuntungan bagi pemiliknya. Anda dapat memindahkan rumah gudang kemanapun yang Anda inginkan. Misalkan Anda ingin mengeluarkan barang dalam jumlah besar dari dalam gudang, maka Anda hanya perlu memindahkan gudangnya saja.

Gudang ini memiliki satu buah pintu yang di depannya langsung terdapat tiga buah tangga. Beberapa jendela terpasang di sisi kanan dan kiri pintu untuk memberi akses masuk cahaya matahari ke dalam gudang.

2. Gudang Tradisional dengan Kayu

Gudang Tradisional dengan Kayu

 

Tinggal di daerah countryside atau pinggiran kota dengan lapangan yang luas? Maka contoh desain rumah gudang tradisional dengan kayu di atas dapat menjadi contoh yang tepat. Model rumah gudang di atas ini didesain dengan dua buah jendela ukuran minimalis di sisi kanan dan kiri pintu.

Kemudian satu buah pintu ukuran sedang dipasang di bagian tengah dari rumah gudang dengan model yang sederhana. Seluruh bagian dari dinding hingga pintu dibuat dari bahan kayu yang dicat berwarna cokelat krem muda. Kemudian untuk atap dibuat dari material tanah liat berwarna merah gelap burgundy.

3. Gudang Berdinding Kayu dengan Teras

Gudang Berdinding Kayu dengan Teras

 

Kini desain rumah gudang tidak harus selalu kotak kaku dengan atap dan ruangan gudang saja. Anda bisa menambahkan teras berukuran minimalis untuk bersantai di bagian depan. Contoh desain rumah gudang di atas secara sekilas mungkin terlihat seperti rumah mini bagi sebagian orang.

Rumah gudang di atas didesain dengan satu buah pintu berwarna putih di sisi depan. Kemudian teras dibuat dengan model tradisional pedesaan dengan empat buah tiang di sisi kanan kiri dan depan teras. Dinding dicat dengan warna cokelat kayu dengan atap merah burgundy.

4. Gudang Tembus Pandang

 

Gudang Tembus Pandang

Model gudang tembus pandang di atas adalah model gudang yang umum digunakan untuk toko ataupun pabrik skala besar. Gudang penyimpanan stok barang di atas dibuat dengan model tembus pandang berupa kaca berukuran besar di sisi kanan dan kiri bangunan.

Bagian atapnya dibuat dengan model horizontal dari bahan material beton. Bangunan rumah gudang ini memiliki dua buah jalur keluar masuk yang dapat dimasuki oleh truk berukuran besar.

5. Desain Serupa Lumbung

Desain Serupa Lumbung

 

Desain rumah gudang di atas mengusung konsep serupa dengan lumbung penyimpanan gandum yang umum diterapkan pada rumah pedesaan di daerah Eropa. Gudang ini memiliki ukuran yang sangat besar dan tinggi. Ada dua buah pintu besar di bagian depannya untuk akses keluar masuk barang.

Rumah gudang tersebut umumnya digunakan untuk menyimpan gandum, hasil pertanian maupun sebagai kandang tempat memelihara hewan ternak. Rumah gudang ini dilengkapi dengan dua buah jendela di masing-masing sisi bangunan.

6. Desain Lumbung Kecil

 

Desain Lumbung Kecil

Hampir serupa dengan model rumah gudang sebelumnya, desain gudang satu ini mengusung model serupa lumbung di pedesaan yang lebih kecil. Dua buah pintu ditempatkan di bagian depan dengan warna merah bata tua yang berukuran cukup besar hingga mencapai langit-langit.

Desain rumah gudang satu ini tidak dilengkapi oleh jendela khusus di sisi kanan dan kiri bangunan. Sebaliknya, ada beberapa kaca jendela dipasang di bagian atas pintu sebagai akses masuknya cahaya matahari.

7. Gudang Model Minimalis

 

Gudang Model Minimalis

Gudang kini juga bisa didesain dengan model serupa rumah minimalis. Jika Anda memiliki halaman rumah cukup luas, maka Anda bisa membuat model gudang satu ini di pojok halaman. Contoh desain rumah gudang ini tidak memiliki teras namun pintu yang langsung menuju ke halaman.

8. Gudang Dominasi Biru Tua

 

Gudang Dominasi Biru Tua

Model rumah gudang di atas umumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan barang bagi perumahan. Gudang ini dicat dengan warna biru tua di seluruh dindingnya. Gudang ini juga dilengkapi oleh dua buah jendela di salah satu sisi bangunan dengan ukuran yang sedang.

9. Gudang dengan Dominasi Abu-Abu

Gudang dengan Dominasi Abu-Abu

 

Model gudang di atas dibuat dari material kayu untuk seluruh dinding hingga ke pintunya. Kayu disusun secara horizontal dengan warna abu-abu. Gudang ini kemudian dilengkapi oleh dua buah pintu berwarna putih gading dengan jendela kotak-kotak gelap di pintu bagian atas.

Satu buah jendela berukuran sedang dipasang di sisi kiri dari pintu. Kaca yang digunakan untuk jendela maupun bagian atas pintu terbuat dari material kaca riben berwarna hitam gelap. Keuntungan menggunakan kaca riben adalah bagian dalam ruangan tidak dapat dilihat dari luar.

10. Rumah Gudang Puzzle

Rumah Gudang Puzzle

 

Ingin memilih rumah gudang dengan desain yang unik dan berbeda dari yang biasanya? Maka contoh desain rumah gudang di atas adalah model terbaik yang bisa Anda contoh untuk rumah Anda.

Rumah gudang tersebut memiliki beberapa jendela yang tersusun dengan model seperti piramida terbalik. Di atas terdapat empat buah kotak jendela yang secara berurutan ke bawah menjadi tiga, dua dan satu kotak jendela. Kemudian ada satu pintu ukuran sedang di samping jendela.

11. Desain Rumah Gudang Sederhana

 

Desain Rumah Gudang Sederhana

Satu lagi model rumah gudang dengan desain yang cukup sederhana dan mudah untuk dibangun. Rumah gudang tersebut tersusun dari dinding papan yang disusun dengan posisi horizontal. Dindingnya dicat menggunakan warna abu-abu. Bagian atapnya menggunakan model pelana atau segitiga.

12. Rumah Gudang seperti Cafe

Rumah Gudang seperti Cafe

 

Rumah gudang dengan rasa eksterior café? Bisa saja. Kini Anda bisa mewujudkan rumah impian Anda dengan membuat rumah gudang di bagian belakang rumah dengan desain seperti café.

Rumah gudang ini dikelilingi oleh taman belakang rumah dengan kursi santai di depannya. Rumah gudang ini dibuat dari papan yang disusun horizontal dan dicat warna cokelat gelap kehitaman. Kemudian bagian atasnya dipasangi jendela kaca tembus pandang sebagai akses masuk cahaya matahari.

13. Rumah Gudang Sekaligus Rumah

Rumah Gudang Sekaligus Rumah

 

Untuk desain di atas bisa dikatakan tidak hanya menjadi rumah gudang namun juga sekaligus sebagai rumah tempat tinggal pemiliknya. Rumah gudang tersebut memiliki satu buah teras di bagian samping bangunan dengan ukuran minimalis.

Bagian depannya memiliki dua buah pintu berwarna putih yang berukuran besar untuk akses keluar masuk barang-barang. Dua buah jendela dipasang di sisi kanan dan kiri dari pintu. Sementara bagian terasnya memiliki tiang penyangga berjumlah empat buah dengan pagar kayu kecil mengelilinginya.

14. Rumah Gudang ala Kabin Tengah Hutan

Rumah Gudang ala Kabin Tengah Hutan

 

Jika Anda tinggal di pinggir kota dengan suasana hutan alam yang masih asri, maka tidak ada salahnya membangun desain rumah gudang di atas. Rumah gudang tersebut secara sekilas bisa difungsikan sekaligus sebagai kabin atau rumah tinggal di tengah hutan.

Pasalnya, desain rumah gudang tersebut di atas memiliki dekorasi eksterior serupa kabin. Dengan dua buah pintu kaca riben berbingkai kayu putih membuat tampilannya semakin manis. Bangunan ini dibuat dari paduan kayu berwarna cokelat gelap yang disusun vertikal dan juga batu bata berwarna cokelat terang.

15. Rumah Gudang dari Kontainer Susun

Rumah Gudang dari Kontainer Susun

 

Rumah gudang berikutnya dibuat dari susunan kontainer sebanyak tiga buah. Kontainer-kontainer ini disusun memanjang dengan satu buah diletakkan di atas sebagai lantai dua. Terdapat banyak jendela kaca bening yang dipasang mengelilingi bangunan gudang kontainer tersebut.

16. Rumah Gudang ala Perumahan Klasik

Rumah Gudang ala Perumahan Klasik

 

Rumah gudang berikutnya memiliki desain ala perumahan klasik zaman dulu dengan warna abu-abu vintage. Ukuran rumah gudang di atas bisa dikatakan cukup besar dengan adanya teras minimalis di bagian tengah bangunan. Di samping kanan kiri teras berupa ruangan kembar dengan jendela di bagian depan.

Teras bangunan rumah gudang tersebut dipasangi pagar cokelat pendek sebagai hiasan. Kemudian jendela dengan kaca riben dipasang mengelilingi rumah. Bagian atas dari teras terdapat langit-langit dengan jendela kecil memanjang yang menghadap depan.

17. Rumah Gudang Manis

 

Rumah Gudang Manis

Berikutnya ada rumah gudang dengan desain yang bisa dikatakan cukup simpel dan manis. Rumah gudang ini memiliki desain rumah yang sangat sederhana dengan bagian atap berbentuk pelana kuda. Bentuk atap pelana ini bisa dikatakan merupakan bentuk atap sederhana dengan kedua sisi miring.

Pemilihan warna dindingnya juga sangat klasik yakni berwarna kuning pastel. Di bagian depan terdapat teras kosong tanpa kursi dengan pagar kecil mengelilinginya. Bagian depan terdapat satu buah pintu dengan dua buah jendela di sisi kanan dan kiri pintu.

18. Rumah Gudang Pedesaan

Rumah Gudang Pedesaan

 

Rumah gudang berikutnya adalah rumah gudang yang umum dibangun di pedesaan. Rumah gudang ini dicat dengan warna abu-abu gelap yang dibangun dari material kayu. Material kayu disusun vertikal tinggi hingga menjulang ke atas.

Rumah gudang ini sangat tinggi dan cocok untuk menyimpan barang-barang dalam jumlah banyak dan berukuran besar. Di sekeliling rumah gudang ini terdapat taman bunga mini berwarna-warni. Model atapnya dibuat dengan kombinasi atap pelana dan atap perisai.

19. Rumah Gudang Simpel

Rumah Gudang Simpel

Selanjutnya adalah rumah gudang simpel yang dibangun dengan bentuk segi empat biasa. Bagian atas bangunan ini adalah atap dengan model pelana yaitu atap dengan bagian depan serupa segitiga. Atapnya dibuat dari material keramik berwarna ungu muda.

Bagian depan bangunan terdapat dua buah pintu gandeng ukuran sedang berwarna pastel. Sementara di samping pintu dipasang dua buah jendela baik di sisi kanan dan kiri pintu. Dindingnya dibuat dari material kayu yang disusun vertikal dengan warna biru gelap.

20. Rumah Gudang Putih

Rumah Gudang Putih

Rumah gudang di atas dibangun menggunakan material kayu yang disusun secara horizontal. Untuk akses keluar masuk barang yang mudah, di bagian sisi samping bangunan terdapat papan miring untuk menaikkan dan mengeluarkan barang.
Bagian depan bangunan terdapat satu buah pintu rumah biasa dengan jendela kecil di sisi kanan dan kiri pintu. Bentuk atapnya sendiri cukup sederhana yakni atap pelana yang miring di sisi kanan dan kirinya.

21. Rumah Gudang di Daerah Bersalju

Rumah Gudang di Daerah Bersalju

Untuk membangun rumah gudang di daerah bersalju maka pastikan bahwa bagian dalam gudang tidak basah akibat salju yang terus turun. Jika gudang ini sering dipakai oleh penghuninya, maka bagian dalam harus dipasang insulator untuk mencegah dingin masuk ke dalam.

22. Rumah Gudang Memanjang

Rumah Gudang Memanjang

Contoh desain rumah gudang berikutnya dibentuk memanjang ke belakang dengan teras kecil di bagian depan yang bisa digunakan bersantai. Terasnya ditambahkan oleh pagar kayu keliling yang disusun vertikal pendek.

Dindingnya dicat dengan warna cokelat tua hingga ke bagian atap depan. Bentuk atapnya adalah kombinasi antara desain atap pelana dan atap perisai.

23. Rumah Gudang dengan Tambahan Teras Kayu

Rumah Gudang dengan Tambahan Teras Kayu

Berikutnya adalah rumah gudang dengan material dinding dibuat dari semen. Rumah gudang ini memiliki atap dengan desain atap pelana segitiga. Bagian depannya terdapat satu buah pintu seperti pintu rumah pada umumnya.

Bagian depan juga ditambahkan teras kecil yang dibangun menggunakan bahan kayu. Selanjutnya ada dua buah jendela yang dibangun di samping pintu bagian depan dan dinding samping bangunan.

24. Rumah Gudang Kontainer Kecil

Rumah Gudang Kontainer Kecil

Memanfaatkan kontainer sebagai bangunan untuk menyimpan barang kini tengah marak dilakukan. Pemilihan kontainer sendiri karena mempertimbangkan keefektifan waktu hingga daya tahan bangunan.

Kontainer tersebut dicat dengan warna abu-abu untuk bagian dindingnya. Bagian depan terdapat dua buah pintu gandeng berukuran besar yang dicat putih.gading. Sementara pada bagian atapnya menggunakan atap metal dengan warna merah terang.

25. Rumah Gudang Satu Ruang

Rumah Gudang Satu Ruang

Satu lagi ide desain rumah gudang terbaik dan paling simpel yang bisa Anda coba. Rumah gudang ini memiliki bentuk atap berupa atap pelana segitiga yang dibuat dari material metal. Dinding bangunan ini dibuat dari papan dan dicat warna abu tua membuat bangunan lebih futuristik saat dilihat.

26. Desain Rumah Gudang Vintage

Desain Rumah Gudang Vintage

Desain vintage kini banyak digemari karena terlihat lebih manis dan menenangkan. Salah satunya adalah pada desain rumah gudang di atas. Pada bagian di bawah jendela ditanami tanaman dedaunan yang membuat bangunan lebih asri. Di bagian depan pintu diberikan aksesoris gambar bintang berwarna merah..

27. Kombinasi Barn dan Rumah

Kombinasi Barn dan Rumah

Bagian samping bangunan ini meniru desain barn atau lumbung gandum dan peternakan di daratan Eropa. Sementara bagian depan rumah gudang ini menggunakan desain rumah sederhana. Masing-masing pintu memiliki jendela berukuran sedang dengan kaca riben berwarna hitam.

28. Rumah Gudang Asri

Rumah Gudang Asri

Meski difungsikan sebagai gudang bukan berarti tidak dapat dihias dengan menarik dan ciamik. Rumah gudang di atas dikelilingi oleh tanaman berbagai warna yang cantik dan membuat gudang ini terlihat seperti café klasik. Belum lagi pemilihan material kayu untuk dinding yang dicat putih membuatnya lebih elegan.

29. Rumah Gudang Kuno

Rumah Gudang Kuno

Ingin tampil beda? Anda bisa mendesain rumah gudang dengan tampilan kuno seperti di atas. Rumah gudang ini dicat dengan warna buram yang tidak tegas membuatnya terlihat kuno. Dinding bangunan dibuat dari material kayu yang disusun vertikal. Pintu didesain dengan bentuk menyerupai dinding di sampingnya.

30. Gudang di Tepi Jalan

Gudang di Tepi Jalan

Rumah Anda terletak dekat dengan tepi jalan? Maka bentuk rumah gudang di atas sangat pas untuk Anda bangun. Rumah gudang tersebut dibentuk dengan desain pintu yang unik. Didominasi oleh perpaduan warna merah gelap dan putih membuat rumah gudang ini sulit untuk diabaikan.

31. Rumah Gudang di Pedesaan

Rumah Gudang di Pedesaan

Model rumah gudang di atas adalah model rumah gudang yang paling banyak diaplikasikan di pedesaan. Pasalnya, ukuran rumah gudang tersebut cukup besar dan paling sering difungsikan sebagai lumbung gandum dan hasil panen.

Rumah gudang tersebut dibuat dengan model atap pelana berbahan keramik. Sementara dinding menggunakan material kayu yang disusun sejajar vertikal.

32. Rumah Gudang Tanpa Atap

Rumah Gudang Tanpa Atap

Rumah gudang di atas sebenarnya tetap memiliki atap. Namun, yang membuatnya unik adalah desain atap yang menempel pas pada ukuran lebar bangunan tanpa menyisakan sisa di ujungnya. Model atapnya sendiri adalah pelana. Rumah gudang di atas cukup simpel dan tidak memakan banyak ruang.

33. Rumah Gudang dengan Plafon

Rumah Gudang dengan Plafon

Rumah gudang di atas memiliki pagar berwarna kuning yang mengelilingi bagian teras kecil depan rumah. Bagian atas antara atap dan plafon rumah gudang terdapat jendela yang menghadap ke depan bangunan. Rumah gudang ini dilengkapi oleh beberapa jendela, yakni satu di depan, di samping dan satu lagi di plafon.

34. Rumah Gudang Asli

Rumah Gudang Asli

Disebut rumah gudang asli karena bangunan di atas tidak memerlukan pengecetan ataupun dekorasi untuk mempercantik tampilan bangunan. Rumah gudang di atas hanya dibuat dari susunan horizontal papan kayu yang masih asli. Selanjutnya atap menggunakan model pelana dengan material metal.

35. Rumah Gudang Kombinasi

Rumah Gudang Kombinasi

Rumah gudang di atas menerapkan ide kombinasi dengan memadukan antara konsep kekinian dengan tradisional. Masih didominasi oleh material kayu yang disusun vertikal, rumah susun ini memiliki cukup banyak jendela di bagian depan rumah. Material kaca menggunakan riben agar tidak tembus pandang.

36. Rumah Gudang Ala Taman

Rumah Gudang Ala Taman

Bersantai di dekat gudang halaman belakang? Kenapa tidak. Konsep rumah gudang di atas banyak diimpikan orang dengan taman belakang rumah yang asri. Gudang dibuat ala vintage dengan warna ungu kalem untuk dinding dan biru di bagian atapnya.

37. Rumah Gudang Atap

Rumah Gudang Atap

Ciri khas dari rumah gudang ini adalah atap pelana yang menjulur hingga ke bagian terasnya. Secara umum, rumah gudang ini memiliki ukuran kecil namun memanjang hingga ke belakang. Rumah gudang ini juga tidak langsung menempel pada tanah melainkan memiliki penyangga pendek di bawahnya.

38. Rumah Gudang Kanopi

Rumah Gudang Kanopi

Contoh desain rumah gudang di atas disebut dengan kanopi karena memiliki bentuk atap serupa kanopi. Rumah gudang ini memiliki papan kayu yang digelar di bagian depan pintu gudang dengan kemiringan landai. Fungsinya adalah untuk memudahkan perpindahan barang baik keluar maupun masuk.

39. Rumah Gudang Taman

Rumah Gudang Taman

Satu lagi rumah gudang yang dikelilingi oleh berbagai tanaman. Rumah gudang ini memiliki atap berbentuk pelana yang dibuat dari material aspal. Dinding dan juga pintu rumah dibuat dari material kayu yang disusun vertikal. Gudang ini dilengkapi oleh dua buah jendela di sisi kanan dan kiri pintu.

40. Rumah Gudang dengan Cerobong

Rumah Gudang dengan Cerobong

Sekilas rumah gudang di atas mirip seperti ruang keluarga dengan cerobong asap yang dipasang di tengahnya. Rumah gudang ini memiliki dua buah pintu yakni satu di depan dan di samping. Pintu depan untuk akses penghuni sementara samping untuk barang.

41. Rumah Gudang Minimalis

Rumah Gudang Minimalis

Jika halaman rumah Anda tidak memiliki cukup sisa, maka desain rumah gudang tersebut di atas sangat cocok untuk dipilih. Memiliki sedikit tanaman di sisi kanan dan kiri akan membuat bangunan tampak terurus. Atap rumah gudang ini menggunakan material aspal dengan dinding dibuat dari semen.

42. Rumah Gudang Garasi

Rumah Gudang Garasi

Sekilas bentuk pintu pada rumah gudang di atas mirip seperti pintu garasi pada umumnya. Dengan dua buah pintu yang bisa dilipat saat dibuka, gudang ini dibuat dengan bentuk yang simpel. Ada empat buah jendela berjejer di sisi kanan dari bangunan untuk tempat keluar masuk udara dan cahaya.

43. Rumah Gudang dengan Aspal

Rumah Gudang dengan Aspal

Rumah gudang di atas menggunakan material aspal untuk bahan atapnya dengan model yang datar. Kelebihan dari material ini adalah lebih praktis dan ringan serta tahan api. Selain itu bentuk atapnya juga sangat ramah lingkungan dan pas untuk kondisi musim berpenghujan.

44. Rumah Gudang ala Abad Pertengahan

Rumah Gudang ala Abad Pertengahan

Rumah gudang di atas memiliki tampilan yang sangat unik dan juga membawa nilai budaya tersendiri. Di bagian depan rumah gudang memiliki tiga buah pintu yang berperan sekaligus sebagai dinding depan rumah. Bangunan ini dicat dengan warna pastel dengan pintu berwarna hijau tentara.

45. Rumah Gudang Kotak

Rumah Gudang Kotak

Rumah gudang di atas didesain dengan warna oranye. Materialnya diuat dari papan kayu yang disusun vertikal di bagian depan. Selanjutnya ada pintu lipat berwarna putih sebagai akses keluar masuk barang. Bagian samping juga dilengkapi pintu biasa.

46. Rumah Gudang Satu Warna

Rumah Gudang Satu Warna

Rumah gudang di atas menggunakan satu warna yang mendominasi dari mulai pintu hingga dinding eksterior gudang. Bagian atas menggunakan atap bermaterial aspal berwarna ungu muda. Sementara pada dinding yang dibuat dari kayu menggunakan warna abu-abu.

47. Rumah Gudang Membelakangi Matahari

Rumah Gudang Membelakangi Matahari

Supaya tidak terlalu silau, Anda bisa mendesain rumah gudang dengan arah jendela membelakangi cahaya matahari. Rumah gudang ini memiliki dua jendela di bagian depan dengan baris jendela kaca di bagian plafon.

48. Rumah Gudang 2 Pintu

Rumah Gudang 2 Pintu

Ada dua pintu rumah gudang yang dipasang pada bangunan yakni satu pintu ukuran sedang berada di antara jendela samping. Sementara pintu kedua adalah pintu yang paling besar menghadap ke arah depan. Genteng dari bangunan rumah gudang ini dibuat dari material aspal datar dengan warna abu tua.

49. Rumah Gudang Kayu

Rumah Gudang Kayu

Dinding bangunan ini tidak dicat dan dibiarkan dengan warna aslinya. Bentuk pintu sangat unik karena ada lengkungan di bagian atas. Atap dibuat dari material aspal berwarna cokelat gelap.

50. Tanaman di Bawah Jendela

Tanaman di Bawah Jendela

Pada bagian samping bangunan terdapat satu buah pintu ukuran sedang dengan warna putih. Selanjutnya di sisi kanan dan kiri pintu terdapat dua buah jendela yang dibuat dari kaca berjenis riben. Bawah jendela ditanami tanaman kerdil yang ciamik dan indah. Bagian atapnya dibuat dengan model segitiga landau.

Pilih contoh desain rumah gudang yang paling sesuai dengan ukuran halaman rumah. Kemudian pertimbangkan pula material yang sesuai untuk membangun rumah gudang idaman.

Contoh Desain Rumah Gudang (Modern)

Add Comment