Cara Membuat WA Bisnis : Fitur, Perbedaan, dan Kelebihannya

Cara Membuat WA Bisnis – Anda semua pasti tahu dengan WhatsApp, bukan? Tapi apakah Anda tahu bahwa WhatsApp punya sebuah jenis aplikasi WA yang lain bernama WhatsApp Business. Apa itu? Bagaimana cara membuat WA Bisnis? Kita akan bahas tuntas WA Business di bawah ini.

Apa itu WA Bisnis?

Apa itu WA Bisnis?

Pertama, kita bahas dulu apa itu WA Bisnis? WA bisnis, seperti namanya adalah WA yang menyediakan fitur keperluan bisnis. Entah itu bisnis kecil, menengah, atau bisnis besar.

Si pengembang dari aplikasi ini bertolak dari para pengguna WA versi biasa yang tidak hanya memakai WA untuk chatting saja, tapi juga untuk keperluan bisnis.

Karena itulah kemudian WA membuat aplikasi yang ingin meningkatkan pengalaman para penggunanya dalam soal berbisnis. Dalam perkembangannya dulu, WA bisnis hanya bisa diakses 6 negara saja termasuk Indonesia.

Negara lain yang menjadi tujuan WA bisnis adalah Italia, United Kingdom, Amerika, Irlandia Utara, dan Mexiko. Setelah itu, beberapa minggu setelah WA Bisnis dirilis, seluruh dunia sudah mulai bisa menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini terbukti sangat berhasil, karena pengguna WA bisnis sudah ada lebih dari 100 juta orang. Selain itu, WA bisnis juga mendapatkan banyak ulasan positif.

Perbedaan Antara WA Biasa dan WA Bisnis

Anda harus ingat bahwa dua aplikasi ini adalah dua aplikasi yang berbeda. Jadi, Anda harus mengunduh WA Bisnis di App Store atau Play Store jika ingin memakainya. Berikut ini perbedaan WA bisnis dan WA biasa yang perlu Anda tahu:

1. Logonya

1. Logonya

Perbedaan yang pertama terletak di logonya. Kalau WA biasa hanya terlihat logo WA pada umumnya, yakni berwarna hijau dan di atasnya ada lambang telepon. Sementara pada logo WA bisnis, lambang telepon tidak ada, diganti lambang huruf B.

2. Fitur-fiturnya

2. Fitur-fiturnya

Perbedaan yang kedua jelas terlihat pada fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini. Di dalam aplikasi WA bisnis ada fitur pesan otomatis, kategori bisnis, label, tanda centang, dan banyak lagi fitur lain yang tidak dimiliki WA biasa.

Perbedaan mendasar keduanya memang hanya ada dua, yakni pada logo dan juga pada fitur. Untuk soal fitur, kita akan bahas lebih mendalam di pembahasan berikutnya.

Cara Membuat WA Bisnis

Lalu bagaimana cara membuat WA bisnis? Apa saja yang harus dilakukan? Apa saja yang dibutuhkan? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Silahkan unduh terlebih dahulu WA bisnis. Untuk mendapatkannya, silahkan tulis “Whatsapp Business” di kolom pencarian App Store atau Play StoreSilahkan unduh terlebih dahulu WA bisnis. Untuk mendapatkannya, silahkan tulis “Whatsapp Business” di kolom pencarian App Store atau Play Store
  • Setelah mendapatkannya, silahkan di unduh dan diinstall ke smartphone Anda
  • Jangan lupa untuk menyiapkan nomor yang akan Anda pakai di WA Bisnis. Ketersediaan nomor adalah salah satu langkah penting dalam cara membuat WA Bisnis
  • Disarankan untuk menggunakan nomor lain selain nomor pribadi Anda. Pertama karena jangan sampai bisnis jadi satu dengan kehidupan personal, dan yang kedua, lebih aman
  • Meski begitu, Anda tetap bisa memakai nomor pribadi Anda. Tapi resikonya WA Anda akan sepenuhnya jadi WA bisnis
  • Setelah terunduh, silahkan buka aplikasi WA Bisnis
  • Lakukan cara mendaftar yang kurang lebih sama seperti cara mendaftar di WA biasa
  • Setelah itu masuk ke Business SettingSetelah itu masuk ke Business Setting
  • Atur profil Anda, lokasi bisnis, jenis usaha, foto bisnis dan hal lain yang Anda perlukan di Business Setting
  • Setelah selesai, tekan Save

Selesai, Anda sudah bisa menggunakan WA bisnis. Mau cari cara membuat WA bisnis yang lain? Tidak ada. Tidak ada cara lain selain cara yang disebutkan di atas dalam menggunakan WA Bisnis. Anda tak perlu khawatir, menggunakan WA bisnis ini sepenuhnya gratis.

Jadi lebih baik menggunakan cara yang resmi lewat WA bisnis dari pada Anda harus menggunakan cara membuat WA bisnis yang lain dan malah beresiko pada bisnis Anda sendiri.

Fitur WA Bisnis

Setelah kita membahas cara membuat WA Bisnis, sekarang kita akan membahas apa saja fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini. Apa saja fiturnya?

1. Business Profile1. Business Profile

Fitur pertama yang bisa Anda gunakan adalah Business Profile. Di dalam fitur ini Anda bisa mengatur alamat bisnis, jam kerja dari perusahaan, sampai website yang dipakai oleh perusahaan. Website yang dipasang bisa lebih dari satu ya!

Isi selengkap dan sejelas mungkin. Jangan lupa juga pilih kategori yang dipakai dalam bisnis Anda untuk membuat pelanggan semakin yakin kalau WA bisnis ini bukan bentuk penipuan.

2. Cara Membuat WA Bisnis Catalog

2. Cara Membuat WA Bisnis Catalog

Sementara pada catalog, Anda bisa menambahkan produk-produk yang Anda jual. Cara untuk menambahkan produk yang dijual seperti ini:

  • Buka Catalog
  • Pilih Add to Catalog
  • Tambahkan foto
  • Isi nama itemnya
  • Jangan lupa isi harganya juga
  • Jika ada, tambahkan deskripsi serta website dan juga item code
  • Setelah selesai tinggal tekan Save

3. Away Message

3. Away Message

Fitur yang satu ini bisa membantu Anda untuk secara otomatis membalas pesan yang masuk ketika Anda sedang tidak memegang handphone. Jadi, Anda selalu fast respon. Caranya:

  • Masuk ke Away Message
  • Nyalakan Send Away Message
  • Kemudian pilih Schedule sesuai kebutuhan Anda
  • Pilih juga Recipients-nya
  • Lalu atur pesan yang ingin dimunculkan
  • Selesai

4. Greeting Message

4. Greeting Message

Selanjutnya ada Greeting Message di mana Anda bisa menyapa konsumen yang baru menghubungi Anda. Ini hanya berlaku untuk nomor-nomor yang baru menghubungi Anda atau sudah 14 hari tidak menghubungi Anda. Cara membuatnya juga sama, yakni:

  • Masuk ke Greeting Message
  • Nyalakan Send Greeting Message
  • Pilih Recipients
  • Isi pesan yang ingin dikirim secara otomatis
  • Selesai

5. Quick Replies

5. Quick Replies

Quick replies ini merupakan sebuah fitur dimana anda menciptakan shortcut keyboard yang bisa dipakai untuk mengirim pesan. Jadi, Anda tidak perlu mengetik pesan panjang-panjang setiap saat. Tinggal merancangnya terlebih dahulu di Quick Replies lalu menggunakannya nanti.

6. Labels

6. Labels

Labels dipakai untuk mengorganisir setiap pesan yang masuk ke nomor WA bisnis Anda. Kalau WA Anda sudah dipenuhi oleh para pelanggan, maka Anda harus teliti setiap nomor. Untuk membantu pekerjaan tersebut gunakan Labels.

7. Linked Accounts

7. Linked Accounts

Berikutnya ada Linked Accounts. Linked Account ini hanya bisa dihubungkan dengan akun Facebook Anda atau kalau ingin terlihat lebih profesional, hubungkan dengan page Facebook dari bisnis Anda.

Linked Accounts membantu para konsumen untuk cepat menghubungi Anda. Jika mereka tahu bisnis ini lewat Facebook, maka mereka bisa dengan cepat langsung terhubung ke WA.

8. Short Link8. Short Link

Terakhir ada fitur Short Link yang jadi favorit banyak orang. Di dalam fitur ini Anda akan diberikan link, ketika orang mengklik link ini, mereka akan langsung masuk WA dan bersiap mengirim pesan kepada Anda.

Di dalam fitur ini Anda bisa mengatur isi pesan yang akan mereka kirimkan. Buat pesan yang bisa mewakili pertanyaan pertama mereka. Jadi para pelanggan tinggal melakukan satu klik dan pesan sudah terkirim.

Tidak dipungkiri kehadiran WA bisnis sangat membantu para pebisnis. Kemungkinan dihubungi konsumen juga jadi lebih mudah dan lebih cepat. Hal itu mampu membantu perkembangan bisnis Anda. Jadi, sudah pakai WA bisnis?

Cara Membuat WA Bisnis : Fitur, Perbedaan, dan Kelebihannya

Add Comment