Kode Bank, Produk dan Cara Meminjam di Bank CIMB

Kode Bank CIMB – Bank CIMB dikenal sebagai bank terbesar keempat di Indonesia, bank pembayar KSEI terbesar dari nilai transaksi dengan pangsa pasar 11%.  Berdiri pada tahun 1955. Keunggulan  bank ini terletak pada bidang pengembangan manajemen dan pelayanan nasabah. Sebagian besar sahamnya dimiliki oleh CIMB Group Bank. Berikut informasi lainnya.

Kode Bank CIMB

Kode Bank CIMB

Kode bank ini terdiri dari tiga digit  angka yang unik, yaitu 022. Kode bank ini digunakan di CIMB Niaga maupun Syariah. Cara menggunakan kode ini untuk kebutuhan transaksi dengan bank CIMB sendiri ataupun dengan bank lain yaitu dengan cara menyisipkan kode ini di depan nomor rekening tujuan. Contohnya nomor rekening tujuan 66667777990, maka penulisan yang benar adalah 02266667777990.

Produk Bank CIMB

Produk Bank CIMB

1. Simpanan

Merupakan produk untuk menyimpan uang anda dengan ketentuan tertentu dan dijamin keamanannya. Jenis produk simpanan ini diantaranya, tabungan, tabungan iB, giro, giro iB, deposito dan deposito iB.

2. Kartu

Merupakan alat transaksi yang simpel. Anda tidak perlu mendatangi bank ketiak akan melaksanakan transaksi. Produkkartu bank ini diantaranya, kartu debit, kartu debit GPN, regular credit card, premium credit card, dan special credit card.

Pembiayaan

Merupakan jenis produk berupa jasa. Jika anda memiliki permasalah keuangan dengan suatu hal, maka bank CIMB dapat meminjamkan uang untuk pembiayaan yang anda perlukan dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Jenis pembiayaan yang disediakan diantaranya, pinjaman kepemilikan rumah, kredit kepemilikan mobil, pinjaman tanpa agunan, gadai emas iB, CIMB niaga x-tra dana iB, pinjaman dengan agunan, kepemilikan mobil iB, dan kepemilikan rumah iB.

3. Asuransi

Merupakan produk berbentuk jasa. Sebagai pelayanan untuk penjaminan hal-hal yang  berkaitan dengan kehidupan anda seperti pendidikan, kesehatan dan lain-lain . Biasanya anda akan membayar secara berkala, dan jika hal yang dijamin memerlukan dana maka semuanya bisa terjamin.

Contoh asuransi yang disediakan, asuransi xtra flexi, asuransi umum, asuransi jiwa, dan asuransi jiwa syariah.

4. Wakaf

Merupakan produk bank berwujud jasa. Ditunjukkan bagi nasabah yang ingin melakukan amal, berupa memberikan barang yang berharga dan dapat dimanfaatkan oleh umat.  Jenis wakafnya yaitu, wakaf pendidikan, wakaf produktif, wakaf masjid, dan wakaf kesehatan.

Cara Menabung di Bank CIMB

Cara Menabung di Bank CIMB

Setiap bank menyediakan jasa penyimpanan berupa tabungan dan memiliki kebijakan masing-masing. Begitupun bank CIMB memiliki syarat tersendiri. Berikut langkah-langkah untuk menabung di bank CIMB.

1. Memilih jenis tabungan

Berikut jenis tabungan di bank CIMB.

a. Tabungan CIMB Niaga Xtra

Merupakan tabungan bebas biaya dan keuntungan yang xtra. Keuntungan lainnya bebas biaya transfer antar bank via Go Mobile dan CIMB Clicks, mendapatkan point xtra, uang gratis untuk dinning dan shopping, bebas biaya administrasi, gratis rawat inap dengan biaya hingga Rp. 1.000.000 per hari, dan bebas biaya untuk tarik tunai di berbagai jaringan ATM.

Adapun ketentuan dan persyaratannya, menyediakan fotocopy NPWP dan KTP, mengisi formulir pembukaan rekening, menyediakan uang Rp. 500.00 untuk setoran awal dan saldo minimum mengendap Rp. 50.000.

b. Tabungan CIMB Niaga Hyoermart Savers

Keuntungan yakni belanjahemat di foodmart dan hypermart, mendapatkan cashback 10% setiap hari, transaksi mudah jika menggunakan Go Mobile dan CIMB Click dan bebas biaya administrasi.

Syarat dan ketentuannya, melengkapi persyaratan CIMB Niaga Hyoermart Savers berupa dokumen dan yang lainnya, melengkapi formulir pembukaan rekening, menyediakan fotocopy KTP/KITAP/KITAS, melakukan registrasi CIMB Click, dan menyetorkan Rp. 100.000 sebagai setoran awal.

c. Tabungan CIMB Niaga AirAsia Savers

Keuntungannya bebas biaya kartu kredit, administrasi dan tarik tunai melalui jaringan ATM bersama, bisa melakukan pembelian tiket online melalui www.airasia.com dengan cash back 10%.

Syaratnya, mengisi  formulir pembukaan rekening, formulir KPUPR, ketentuan dan persyaratan CIMB Niaga Air Asia Saver, menyerahkan fotocopy KTP/KITAP/KITAS, melakukan registrasi CIMB Cliks dan memberikan setoran awal senilai Rp. 100.000.

d. Tabungan ON Account

Keuntungan, bebas biaya administrasi, diperuntukkan bagi nasabah yang senantiasa eksis dan dinamis, mendapatkan 2 GB data secara gratis  perbulannya, mendapatkan point extra, uang gratis untuk makan dan belanja, dan mudah dalam transaksi Go Mobile dan CIMB Clicks.

Ketentuan dan syarat, melengkapi administrasu berupa mengisi e-form via www.cibniaga.com, bagi yang sudah menjadi nasabah CIMB Niaga dan register CIMB Clicks hendaknya melengkapi e-forum yang tersedia pada web www.cibniaga.co.id. , bayar setoran awal Rp. 1.000.000.

e. Tabungan Usaha CIMB Niaga

Keuntungan, bebas transfer via Go Mobile, Clicks dsn counter, free pick up service dalam melakukan setoran tunai tanpa mendatangi kantor cabang.

Ketentuan dan syarat, membayar setoran awal sebesar Rp. 500.000, memberikan fotocopy SIUP atau surat izin usaha yang masih berlaku, fotocopy KTP/KITAS/KIM dan paspor bagi WNA, selanjutnya melengkapi formulir pembukaan rekening.

f. Tabungan Xtra Payroll

Manfaat dan keuntunganbebas biaya tarik tunai di ATM manapun, diperuntukkan bagi pembayaran payroll perusahaan, mendapatkanpoin xtra dan uang gratis untuk dining dan shopping, memiliki berbagai promo pada kartu debitnya.

Ketentuan dan syaratnya, mengisi formulir pembukaan rekening, menyerahkan fotocopy NPWP dan KTP, biaya administrasi Rp. 10.000, dan setoran awal pembayaran pada gaji pertama.

g. TabunganKu

Merupakan tabungan pribadi dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan menumbuhkan budaya menabung dikalangan masyarakat kecil. Keuntungannya, free biaya administrasi,mendapatkan kartu ATM dan Passbok, akses akan mudah menggunakan Go Mobile dan CIMB Clicks.

Syarat dan ketentuan, mengisi formulir pembukaan rekening, membawa fotocopy KTP atau kartu identitas lainnya, melakukan setoran awal Rp. 20.000.

h. Tabungan Xtra Valas

Keuntungannya, bebas biaya tarik dan setor Bank Notes, pilihan menabung dalam mata uang asing, kurs dan suku bunga kompetitif, berbagai pilihan mata uang.

Ketentuan dan syaratmeliputi, mengisi  formulir pembukaan rekening, menyerahkan fotocopy KITAP/KITA/KTP yang berlaku, mengisi formulir pembukaan rekening, penarikan dan penyetoran Notes dalam mata uang tertentu bisa dilakukan di beberapa cabang CIMB sesuai dengan persediaan Bank Notes, jika ingin memiliki kartu debit nasabah harus memiliki tabungan IDR sebelum membuka Tabungan Xtra Valas.

i. Tabungan Anak dan Perencanaan

Merupakan tabungan untuk mempersiapkan berbagai pendanaan bagi anak dan kebutuhan lainnya dengan menggunakan prinsip syariah. Adapun jenis tabungan ini meliputi tabungan pendidikan Xtra, tabungan CIMB Junior, tabungan pendidikan, tabungan pendidikan, tabungan pendidikan USD, tabungan mapan, dan tabungan simple.

2. Membuat rekening tabungan

Agar anda lebih nyaman dan lebih aman dalam menyimpan uang yang banyak untuk tujuan tertentu, tidak perlu khawatir, karena dengan anda menyimpan uang di bank, semua aman dan tujuan anda akan tercapai. Setelah anda memilih jenis tabungan yang sesuai tujuan anda langkah selanjutnya adalah membuka rekening.   Caranya sebagai berikut.

  • Sediakan ketentuan dan persyaratan berdasarkan jenis tabungan yang anda pilih. Anda bisa melihat persyaratan di internet atau bertanya dahulu pada pihak bank menggunakan telepon dengan nomor khusus bank jika ada.
  • Siapkan uang sesuai ketentuan jenis tabungan yang anda pilih
  • Datang pada bank terdekat.
  • Anda akan disambut oleh satpam dan diarahkan untuk mengisi formulir pembukaan rekening kemudian mengambil nomor antrean.
  • Jika nomor antrean anda dipanggil, datangi custemer dan sampaikan tujuan anda datang. Biasanya custemer akan memberikan informasi tambahan.
  • Utarakan pula jika tabungan anda ingin diikuti sertakan pada e-banking.
  • Custemer akan memproses, kemudian anda akan memperoleh buku tabungan beserta nomor rekening, dan ATM alat untuk transaksi lainnya.

2. Menabung

Setelah anda memiliki buku tabungan, mak alangkah selanjutnya adalah menabung. Minimal uang yang harus ditabungkan disesuaikan dengan jenis tabungan yang dipilih. Berikut tahapannya.

  • Siapkan buku tabungan dan uang yang akan ditabung.
  • Datangi bank terdekat
  • Isi formulir untuk menabung, biasanya berisi identitas, alamat, nomor rekening, jumlah uang yang akan ditabung, jenis tabungan yang dipilih dan tanda tangan.
  • Ambil nomor antrean, tunggu hingga antrean dipanggil.
  • Ketika dipanggil datangi teler dan serahkan buku tabungan beserta uang yang akan ditabung dan formulirnya.
  • Teler akan melakukan pemeriksaan dan memproses penambahan uang tabungan. Kemudian teler akan memberikan barang bukti penabungan.

Cara Meminjam Uang di Bank CIMB

Cara Meminjam Uang di Bank CIMB

1. Memilih jenis pinjaman

Memiliki produk pinjaman yang dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu, pinjaman kepemilikan kendaraan, pinjaman kepemilikan rumah, dan pinjaman tanpa agunan. Tiga kelompok tersebut memiliki sub kategori yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Berikut jenis dan ketentuannya.

a. Pinjaman kepemilikan rumah

Jenis peminjamanKeterangan
KPR xtra CIMB niagaMemudahkan memiliki tempat hunian idaman seperti pembelian rumah, apartemen, pembelian tanah, pembelian ruko, alih pinjaman, renovasi rumah, multiguna.
KPR xtra manfaat CIMB niaga 

Berhubungan dengan rekening tabungan. Digunakan untuk pembelian apartemen, rumah, ruko, pembelian tanah kavling, multiguna

KPR iB CIMB niagaMenggunakan prinsip syariah sesuai dengan akad murobahah. Digunakan untuk pembelian rumah yang baru ataupun bekas, apartemen yang baru atau bekas, multiguna, pembelian tanah kavling, renovasi rumah, pengambilalihan dan  penambahan.
 

KPR iB flexi CIMB niaga

Pembiayaan kepemilikan rumah dengan menggunakan prinsip kepemilikan bersama menggunakan peraturan musyarakah mutanaqisah. Digunakan untuk pembelian rumah yang baru ataupun bekas, apartemen yang baru atau bekas, multiguna, pembelian tanah kavling, dan pembelian ruko baru ataupun bekas.

b. Pinjaman kepemilikan kendaraan

Jenis peminjamanKeterangan
Retail fianncingPembiayaan kendaraan roda empat dengan kepemilikan pribadi maupun perusahaan. Peminjaman ini dimaksudkan untuk memenuhi keinginan nasabah untuk memiliki kendaraan yang diinginkan.
Fleet financingPembiayaan kendaraanuntuk perusahaan  dengan pilihan peminjaman disesuaikan dengan kebutuhan baik berupa pembiayaan penuh maupun sewa.
CNAF angsuran amanPembiayaan pembayaran angsuran kendaraan, ketika anda membeli kendaraan dengan cara diangsur dengan jangka waktu yang telah disepakati dan uang yang harus disetorkan harus tetap sama hingga massa peminjaman selesai.

c. Pinjaman tanpa agunan

Jenis peminjamanKeterangan
CIMB niaga x-tra danaPinjaman secara tunai bebas jaminan untuk setiap nasabah. Peminjaman ini ditunjukkan untuk memenuhi keinginan anda. Jangka waktu pengembalian hingga 4 tahun dan peminjaman maksimal sekitar Rp. 200.000.00 dengan cicilan bulanan tiap bulan tetap.

2. Meminjam uang

  • Tentukan jenis pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai salah memilih. Agar tidak salah pilih sebelum anda mengajukkan peminjaman, cari informasi mengenai peminjaman tersebut dengan cara mengunjungi bank secara langsung terlebih dahulu atau dengan menghubungi menggunakan nomor telepon.
  • Biasanya custemer akan memberikan berbagai informasi yang anda butuhkan.
  • Setelah yakin dengan pilihan jenis pinjamannya, selanjutnya siapkan syarat-syarat peminjamannya sesuai dengan jenis pinjaman yang dipilih.
  • Pergi ke bank kemudian ambil nomor antrean .
  • Setelah dipanggil, utarakan maksud dan tujuan anda kemudian berikan persyaratannya. Pihak bank memerlukan waktu beberapa hari untuk mempelajari dan mengecek kelengkapan persyaratan yang diserahkan.
  • Pihak bank akan menghubungi dan memberikan informasi disetujui atau ditolaknya pengajuan tersebut.
  • Jika disetujui, pihak bank akan memberikan beberapa informasi dan arahan terkait proses peminjamannya. Jika ditolak maka pelajari kembali kelengkapan persyaratan dan berkas-berkas yang dicantumkan pula.

Costumer Service Bank CIMB

Costumer Service Bank CIMB

Bank ini senantiasa mengupayakan berbagai fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi nasabah. Jika anda selaku nasabah memiliki keluhan maka akan diselesaikan secara cepat tanggap. Anda bisa menyampaikan saran dan keluhan jika pelayanan bank tidak sesuai harapan, serta menanyakan berbagai informasi produk bank maka anda bisa menghubungi:

Nomor telepon             : (+62-21) 250 5252 / 250 5353

Website                        : www.cimbniaga.com

Fax                              : (+62-21) 250 5205

Apabila anda menerima e-mail yang mengatas namakan bank CIMB maka silahkann cek di [email protected] kemudian segera hapus emailnya. Bank tidak pernah mengirimkan e-mail yang meminta nasabah untuk mengklik link berdasarkan informasi di e-mail.

Jam Operasional Bank CIMB

Jam Operasional Bank CIMB

Setiap perusahaan memiliki jam operasional tersendiri. Jam ini ditetapkan berdasarkan permusyawarahan pegawai. Biasanya bank buka pada hari-hari produktif dan pada jam yang produktif pula. Bank ini memiliki jam operasional sebagai berikut.

Senin – Jumat: 08.00 – 16.00

Sabtu – Minggu: Tutup

Namun jam operasional ini berbeda-beda di setiap daerahnya. Ada yang masih beroperasi pada jam 08.15 – 17.00. Ada pula pukul 09.00 – 18.00, berdasarkan perkiraan lama buka bank tersebut berkisar 13-14 jam per hari kecuali pada hari sabtu dan minggu kebanyakan pada tutup.

Tetapi Bank CIMB Niaga Kantor Cabang Pembantu pada hari sabtu dan minggu tetap buka pada pukul 09.30 – 15.30, ada pula Bank Niaga KCP yang buka pada hari sabtu saja.

Setelah mengetahui jam operasional, anda tidak perlu ragu dan khawatir salah jadwal masuk bank. Agar lebih jelas anda bisa mencari informasi berbagai alamat bank CIMB dan cabangnya, biasanya dicantumkan pula jam operasionalnya. Jika masih ragu maka anda bisa menghubungi pihak bank secara langsung menggunakan telepon.

Manajemen Bank CIMB

Manajemen Bank CIMB

Setiap perusahaan yang berjalan dengan lancar tidak lepas dari keteraturan organisasi yang menaungi dan para pegawai yang bekerja di dalamnya. Berikut daftar menager bank CIMB.

Dewan Komensaris

Presiden Komisaris: Dato’ Sri Nazir Razak

Wakil Presiden Komisaris: Glenn MS Yusuf

Komisaris Independen: Zulkifli M Ali, Pri Notowidigdo, Jeffery Kairupan, Armida Salsiah Alisjahbana

Komensaris: David Richard Thomas, Ahmad Zulqarnain Onn, Dewan Pengawas Syariah

Ketua: Quraish Shihab

Anggota: Yulizar Djamaludin Sanrego, Fathurrahman Djamil, Dewan Direksi

Presiden Direktur: Tigor M. Siahaan

Direktur Strategi dan Keuangan: Wan Razly Abdullah

Direktur Operasional dan TI: Rita Mas Oen

Direktur Kredit: Megawati Sutanto

Direktur Managemen Risiko: Vera Handajani

Direktur Tresury dan Capital Market: John Simon

Direktur Perbankan Konsumer: Lani Darmawan

Direktur Perbankan Syariah: Panji Pratama Djajanegara

Direktur SDM: Hedy Maria Helena Lapian

Direktur Bussines Banking: Frans Rahardja Alimhamzah

Direkrur Kepatuhan: Fransiska Oei Lan

Beberapa informasi lain yang tidak dimuat bisa ditanyakan langsung kepada pihak banknya. Semoga informasi  tersebut dapat menambah wawasan anda mengenai salah satu bank terbesar di Indonesia, serta dapat menumbuhkan kepercayaan anda kepada pihak bank untuk mengamankan uang yang dimiliki dan membantu berbagai permasalah keuangan dengan ketetapan dan syarat yang telah ditentukan.

Kode Bank, Produk dan Cara Meminjam di Bank CIMB

Leave a Reply