DMCA.com Protection Status

BIODATA RED VELVET : Profil, Fakta Unik, Karya, Foto (Lengkap)

Biodata Member Red Velvet – Dalam dunia industri musi Korea Selatan, nama girl band Red Velvet tentu cukup populer. Bahkan popularitas dari grup musik yang beranggotakan lima personel ini juga melejit ke manca negara termasuk Indonesia. Selain karena paras cantik para membernya, kemampuan mereka dalam menyanyi dan menari juga tidak perlu diragukan lagi. Saat ini banyak orang penasaran dengan Biodata Red Velvet. Oleh karena itu kami akan memberikan info lengkapnya.

Berkat kualitasnya tersebut, Red Velvet tetap eksis di ranah K-Pop dan memiliki penggemar yang setia. Padahal seiring berjalannya waktu, semakin banyak grup girl band yang bermunculan di Korea Selatan. Bagi Anda seorang ReVeluv, berikut adalah biodata lengkap seluruh member Red Velvet beserta berbagai fakta menarik tentang grup musik ini.

Biodata Red Velvet : Irene

Biodata Member Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

Irene merupakan salah satu anggota Red Velvet dengan nama asli Bae Joo Hyeon. Dara cantik kelahiran 29 Maret 1991 ini adalah member tertua dari Red Velvet. Semenjak tahun 2009, dirinya sudah menghabiskan masa training selama 5 tahun di SM Ent. Dikarenakan posisinya sebagai anggota tertua, maka secara otomatis Ia diangkat menjadi leader grup.

Bukan hanya sekedar menjadi leader, Ia juga memegang peranan sebagai rapper dan visual Red Velvet. Dibandingkan dengan anggota RV yang lainnya, Irene dianggap paling cantik sehingga wajar apabila para penggemar banyak mencari biodatanya. Paras cantiknya yang elegan lagi misterius membuat dirinya kerap dikaitkan dengan beberapa artis tampan Korea.

Sebut saja nama Song Hye Kyo dan Jun Ji Hyun. Akan tetapi, bukan berarti terpilihnya sebagai personel RV bukan hanya sekedar bermodal tampang. Latar belakang dirinya menjadi member Red Velvet tidak terlepas dari kemampuan menarinya. Selanjutnya, Irene pun diminta oleh SM Ent untuk tampil pada sebuah acara video showcase.

Pasca debutnya bersama dengan RV, Ia kemudian diangkat menjadi pembawa acara KBS Music Bank. Dalam membawakan acara ini, dirinya beduet dengan sosok Park Bo Gum. Aksi mereka berdua ternyata mengundang banyak pujian karena bisa membangun chemistry yang apik. Tidak hanya itu, pujian yang datang juga dikarenakan keduanya piawai dalam bernyanyi.

Biodata Red Velvet :  Seul Gi

Biodata Member Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

Anggota Red Velvet berikutnya setelah Irene adalah Seul Gi. Gadis cantik berkulit putih yang juga mahir berbahasa Jepang ini lahir di Ansan. Tanggal kelahiran dirinya adalah 10 Februari 1994. Ketika Kita membahas mengenai biodata anggota Red Velvet yang satu ini maka perlu menyinggung masa pre debutnya. Sebab daripada member lainnya, Seul Gi menjalani masa training paling lama.

Ia memulai masa trainingnya pada tahun 2007 dan mengakhirinya pada tahun 2014. Lamanya training yang dijalani membuat kemampuan menyanyi Seul Gi pun semakin meningkat. Tidak heran apabila dirinya memegang jabatan penting pada Red Velvet. Diantaranya yaitu lead vocal, center serta main dancer dari grup ini.

Berbekal suaranya yang merdu, dirinya sering menghiasi beberapa soundtrack serial bersama Wendy. Diantaranya adalah Don’t Push Me (OST Uncontrollably Fond) dan You Just Like That (OST Blade And Soul). Selain kedua serial ini, dia juga mengisi soundtrack melalui lagu berjudul You’re The Only One I See (OST Hwarang: The Poet Warrior Youth).

Biodata Red Velvet : Wendy

Biodata Member Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

Wendy adalah satu diantara lima anggota Red Velvet yang mempunyai paras tak kalah cantik. Meski populer dengan nama panggung Wendy, gadis ini memiliki nama asli Son Seung Wan. Ia merupakan satu-satunya anggota RV yang berasal dari luar Korea. Kisah bermula pada tahun 2012 silam dimana dirinya pergi ke Kanada untuk mengikuti SM Global Audition.

Hasil audisi pun menyatakan dirinya lolos sebagai salah satu trainee SM. Setelah terpilih gadis kelahiran 21 Februari 1994 ini pun meninggalkan negeri yang sudah ditempatinya sejak usia 11 tahun Kanada. Awalnya, kedua orang tua dari Wendy sempat menolak apabila dirinya terjun ke dunia hiburan. Alasannya adalah karena dari segi aspek akademik dirinya dinilai cukup pandai.

Walau demikian, dirinya juga tidak kalah menonjol di bidang musik dan olahraga. Salah satu bukti bahwa Ia berprestasi adalah penghargaan prestisius Obama President Award. Akan tetapi, orang tua Wendy akhirnya mengalah karena melihat motivasi tinggi dari anaknya. Mereka pun mengambil keputusan dengan memperbolehkan Wendy untuk bergabung dalam SM Ent.

Berkat suara emasnya, gadis yang juga pernah meng-cover lagu Love Yourself Justin Bieber ini didapuk sebagai vokalis utama RV. Berkah dari suaranya yang merdu tidak hanya berhenti sampai disini. Pada tahun 2018 lalu, SK Telecom memilihnya menjadi avatar holografik. Pemilihan ini sebagai media promosi produk speaker terbaru keluaran SK Telecom.

Biodata Red Velvet : Joy

Biodata Member Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

Member Red Velvet yang satu ini juga memiliki banyak penggemar. Dia adalah Joy yang bernama asli Park Soo Young. Gadis yang mempunyai tampang imut ini dilahirkan pada tanggal 3 September 1996. Berbeda dengan Irene dan Seul Gi yang menjalani masa pelatihan cukup lama. Joy hanya menghabiskan waktu pelatihan selama 2 tahun terhitung dari 2012 silam.

Kemudian, aspek lain yang membedakan dirinya dari member RV lainnya adalah fakta bahwa Ia tidak tergabung dalam SM Rookies. Tidak berhenti disini, dirinya ternyata dikenal anti mainstream karena menyukai musik genre tradisional trot. Padahal banyak orang menganggap bahwa genre musik yang satu ini adalah selera orang tua.

Posisi Joy di Red Velvet sendiri adalah sebagai lead vocal dan rapper. Sama seperti Wendy dan Seul Gi, Ia juga kerap dipercaya membawakan beberapa soundtrack serial Korea. Beberapa diantaranya adalah I’m Okay (OST The Liar and His Lover), Nonsense (OST The Great Seducer) dan Young Love (OST We Got Married). Pada soundtrack pertama, Ia berduet dengan Lee Hyun Woo.

Biodata Red Velvet : Yeri

Biodata Member Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

Anggota Red Velvet terakhir ini tidak kalah menarik untuk dibahas biodatanya. Ia adalah Kim Ye Rim yang akrab disapa Yeri. Gadis Korea ini merupakan member termuda dari grup Red Velvet karena dirinya lahir pada 5 Maret 1999. Yeri yang pernah berkunjung ke Bali ini terhitung bergabung dengan RV semenjak tahun 2015 lalu.

Akan tetapi, meski bergabung belakangan masa trainingnya justru lebih lama dibandingkan member RV lainnya yaitu Joy dan Wendy. Ia sudah menjadi seorang trainee semenjak tahun 2011 silam. Tepatnya pada saat dirinya masih mengenyam bangku sekolah dasar. Bersama RV, ia didaulat sebagai rapper dan dancer. Selain itu, Ia juga ahli dalam bermain gitar dan piano.

Lgu yang sangat terkenal dan unik ini bahkan sempat di cover oleh beberapa grup pop korea. Bahkan di antaranya boy band, tak heran jika lagu ini hingga sekarang masih banyak diperdengarkan di mana-mana.

Karya-karya Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

1. Ice Cream Cake (2015)

Ice Cream Cake adalah mini album perdana Red Velvet yang dirilis pada 18 Maret 2015. Dalam perjalanan karir RV, mini album yang satu ini dapat dikatakan sangat istimewa. Salah satu aspek yang membuatnya spesial adalah terlibatnya Yeri sebagai anggota baru. Album yang dirilis pada 2015 ini terdiri dari enam buah lagu.

Dua lagu yang menjadi andalan RV dari album ini berjudul Ice Cream Cake dan Automatic. Dalam mini album ini, terdapat dua macam konsep yang dihadirkan yaitu Red serta Velvet. Penggarapan komposisi musik yang unik membuat album ini melejit. Bahkan sempat berada pada beberapa posisi tangga lagu prestisius.

Contohnya adalah posisi 2 Billboard’s World Album Chart, posisi 4 Gaon Singles Chart dan urutan ke 25 di Billboard’s Top Heatsekers. Melalui mini album ini juga Red Velvet berhasil menyabet banyak penghargaan. Antara lain grup wanita dengan penjualan album terbaik, Digital Bonsang 2015. Melon
Music Awards 2015 serta yang paling bergengsi yaitu Mnet Asian Music Awards 2015.

2. The Red (2015)

Bagi penggemar Red Velvet, album The Red yang dirilis pada 9 September 2015 tentu berada di urutan teratas. Sebenarnya, konsep dari album ini terinspirasi dari gaya penampilan pada member Red Velvet. Seperti diketahui bahwa penampilan mereka selalu identik dengan warna-warni mulai dari rambut hingga busana.

Album The Red ini berisi 10 lagu dengan satu single andalannya yaitu Dumb Dumb. Lagu Dumb Dumb yang bertempo cepat ini ternyata menjadi tonggak sejarah penting bagi perjalanan RV. Bekat lagu ini, Red Velvet mulai diperhitungkan sebagai grup musik papan atas di Korea Selatan. Ini dibuktikan dengan kemenangan yang mereka raih pada berbagai tangga lagu.

Diantaranya yaitu M Countdown, Show Champion, Inkigayo dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya meraih popularitas di tangga lagu, majalah Dazed juga memasukan lagu Dumb Dumb ke dalam daftar yang cukup bergengsi. Ya, lagu Dumb Dumb yang dinyanyikan oleh RV ini menjadi salah satu dari Top 20 K-Pop Tracks of 2015.

3. The Velvet (2016)

Selanjutnya, RV merilis mini album kedua mereka yang diberi judul The Velvet. Mini album ini dirilis secara resmi pada 17 Maret 2016. Dalam album ini, mereka menyanyikan 8 buah lagu dengan konsep Velvet. Salah satu lagu andalan RV berjudul One of These Night dengan genre musik R&B Ballad.

Popularitas dari single Red Velvet yang satu ini pun tidak kalah baiknya dibandingkan dengan lagu-lagu sebelumnya. Buktinya, single One of These Night mampu menempati posisi ke delapan dalam tangga lagu US Billboard. Sementara itu, prestasi lebih mengangumkan terdapat pada Gaon Album Chart dimana lagu RV ini barada di posisi teratas.

4. Russian Roulette (2016)

Russian Roulette merupakan mini album ketiga Red Velvet yang dirilis pada 7 September 2016. Mini album ini berisikan 7 buah lagu dengan single andalan berjudul Russian Roulette. Uniknya, album berkonsep Red dan Velvet ini mempunyai banyak judul lagu yang ditulis langsung oleh para member saat trainee.

Para anggota RV sendiri pun terkejut karena tidak menyangka bahwa karya mereka juga akan dipublikasikan. Kejutan tidak hanya berhenti sampai disini karena mini album ini ternyata banyak disuka oleh penggemarnya. Jadi, tidak mengherankan apabila single ini mampu duduk di posisi 2 tangga lagu Billboard’s World Album dan menjadi nomor satu di Gaon Album Chart.

5. Rookie (2017)

Setelah sukses dengan Russian Roulette, Red Velvet kembali merilis mini album berikutnya. Album yang dirilis pada 1 Februari 2017 diberi judul Rookie dengan single andalan berjudul sama. Pada album ini terdapat 6 lagu dengan genre pop funk yang identik dengan low key serta tambahan synthesizer.

Kemudian, secara konsep dalam album ini disamakan dengan The Red. Walau tidak ada perubahan signifikan dari segi konsep. Nyatanya lagu ini tetap digemari oleh banyak penikmat musik. Buktinya adalah mini album ini meraih prestasi dengan menjadi nomor satu pada tangga lagu Billboard’s World Album.

6. The Red Summer (2017)

Red Velvet resmi meluncurkan The Red Summer pada musim semi 2017 silam. Tepatnya pada tanggal 9 Juli 2017 dengan mengusung konsep Red. Pemilihan konsep ini tentunya cukup beralasan karena disesuaikan dengan musim semi yang ceria. Album ini berisi 5 lagu dengan single andalan berjudul Red Flavor.

Secara keseluruhan, lagu di album ini bergenre electropop dengan sentuhan yang manis ketika dibawakan oleh RV. Lalu, khusus untuk pencapaian tangga lagu The Red Summer memberikan sedikit perbedaan. Perbedaannya adalah lagu ini mampu menembus posisi ke 27 Orion Chart Jepang. Padahal selama ini, mereka sangat sulit untuk berprestasi di tangga lagu ini.

7. Perfect Velvet (2017)

Perfect Velvet adalah album kedua dalam biodata Red Velvet. Secara resmi, album ini dirilis pada tanggal 17 November 2017. Salah satu lagu andalan dari album ini diberi judul Peek-a-Boo. Total dalam album ini, personel RV menyanyikan sembilan buah lagu. Kesembilan lagu ini mempunyai jenis genre yang beragam mulai dari hip hop, soul, pop dan R&B.

Album yang pada tahun 2017 ini terjual 90.457 kopi ini mengusung tema Velvet. Seperti pada karya sebelumnya, melalui single ini mereka juga bisa menembus Billboard’s World Album. Dalam tangga lagu tersebut mereka sanggup berada pada rangking pertama untuk tiga kumpulan karya berbeda.

8. The Perfect Red Velvet (2018)

Album yang dirilis pada 29 Januari ini pada dasarnya merupakan versi repackage dari Perfect Velvet. Secara isi, keseluruhan lagunya nyaris sama tetapi ada sedikit perbedaan karena terdapat dua tambahan single baru. Kedua lagu baru yang dinyanyikan oleh Red Velvet ini berjudul Bad Boy dan Alright.

Dalam album The Perfect Red Velvet ini penggemar akan banyak disuguhkan oleh lagu bergenre R&B. Alunan musiknya pun akan semakin menarik dengan adanya tambahan sentuhan hip hop dan synthesizer. Konsep yang diusung oleh album ini tentu saja cukup untuk mewakili kepribadian para personal RV yang cenderung misterius.

Kontroversi Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

1. Komentar yang menjurus ke arah rasis

Setelah mengetahui Biodata Red Velvet, anda juga perlu mengetahui beberapa berita kontroversi mereka. Kontroversi sempat menimpa salah satu member Red Velvet yaitu Wendy. Biodata Wendy sebagai icon RV harus dinodai dengan kritik pedas dari publik. Sebab mereka menyangka bahwa dirinya telah berkomentar rasis yang mendiskreditkan orang berkulit hitam. Kontroversi ini bermula ketika Wendy mengisi acara Idol True Colors.

Pada acara ini, Ia diminta untuk menunjukkan kemampuannya adalam menghibur narasumber lain. Dikarenakan menjadi satu-satunya member RV yang berasal dari luar negeri, Wendy pun memilih menggunakan kemampuan menirunya. Lalu, Ia menirukan bagaimana cara berbicara orang kulit hitam. Tidak hanya itu, Ia juga membandingkannya dengan cara berbicara orang kulit putih.

Tindakan inilah yang pada akhirnya dianggap beberapa netizen menjurus ke arah rasis. Akibat perilakunya ini, Wendy tidak luput dari kritik pedas melalui sosial media. Berita tentang perilaku rasisnya pun menyebar dengan sangat cepat bahkan sempat menjadi viral. Agar tidak merugikan RV, Wendy pun memberikan klarifikasi terkait tindakannya.

Foto Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

Biodata Member Red Velvet

Bagi anda penggemar Red Velvet, Girl Group Korea yang sangat populer apda masanya ini, berikut kami sajikan beberapa foto terbaik dari mereka.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Biodata Member Red Velvet

Leave a Reply