7+ Rekomendasi Aplikasi Pendingin Ponsel Android dan IPhone 2021

Aplikasi Pendingin Ponsel – Ponsel yang digunakan terus menerus biasanya akan mengalami peningkatan suhu. Ketika suhu terlalu tinggi, hal ini menyebabkan pemakai menjadi kurang nyaman. Di samping itu, ponsel juga bisa mengalami overheat. Untuk mengatasinya, Anda dapat memakai aplikasi pendingin ponsel.

Jenis aplikasi tersebut umumnya bekerja dengan cara memberhentikan aplikasi yang bekerja di latar belakang secara berlebihan. Dengan begitu, beban kerja ponsel akan menurun dan suhunya akan dingin kembali.

Aplikasi Pendingin Ponsel Android

Beberapa merek ponsel Android memang terkenal cepat panas. Bahkan ada yang menjulukinya sebagai ponsel setrika karena saking panasnya. Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi untuk mendinginkan ponsel yang dapat Anda download di Playstore.

1. Super Cleaner

Super Cleaner

Nama aplikasi yang pertama ini sudah menggambarkan fungsi utamanya. Super Cleaner buat dengan tujuan untuk membantu pengguna membersihkan sampah atau menghentikan proses aplikasi yang tidak diperlukan.

Super Cleaner memiliki 3 menu atau fungsi utama, yaitu:

  • Junk cleaner

Menu ini dapat digunakan untuk menghapus file-file yang tidak dibutuhkan lagi seperti cache atau thumbnail. Degan begitu, memori ponsel menjadi lebih lega.

  • CPU cooler

Fitur kedua adalah pendingin yang bekerja dengan cara menghentikan aplikasi yang membuat ponsel panas. Sebelum menghentikan aplikasi, sistem Super Cleaner akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Sehingga tindak lanjut yang diambil tepat.

  • Antivirus

Fitur terakhir yang dimiliki oleh Super Cleaner adalah antivirus. Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa apakah ada virus atau tidak di ponsel Android. Jika terdeteksi, aplikasi tersebut akan melakukan pembersihan.

Ketiga fitur utama yang dimiliki oleh Super Cleaner di atas dapat Anda gunakan dengan sangat mudah. Cukup dengan satu kali tap, semua fungsi tersebut akan langsung bekerja secara otomatis.

2. Clean Master

Clean Master

Sebagai aplikasi pendingin ponsel, Clean Master tentu saja menawarkan fitur pembersihan CPU. Pertama, Clean Master melakukan identifikasi terlebih dahulu untuk mengetahui proses apa saja yang membebani CPU.

Setelah masalah utama ditemukan, Clean Master akan menghentikan proses tersebut secara paksa. Tapi Anda tak perlu khawatir karena tak akan berpengaruh terhadap proses-proses penting di ponsel.

Satu lagi fitur yang tak kalah menarik dari aplikasi ini adalah Battery Saver. Fitur ini berintegrasi langsung dengan CPU Cooler. Ketika proses yang dijalankan lebih sedikit, baterai pun akan lebih hemat secara otomatis.

3. CPU Cooler

CPU Cooler

Dua aplikasi sebelumnya harus dijalankan secara manual ketika Anda ingin menggunakan fitur-fiturnya. Sedangkan CPU Cooler menawarkan fitur pendeteksi suhu CPU otomatis. Ketika CPU mencapai suhu yang cukup panas, fungsi dari CPU Cooler akan aktif.

Setelahnya, aplikasi tersebut akan mulai melakukan pembersihan terhadap proses-proses yang tak diperlukan. Karena bekerja secara otomatis, ponsel Anda akan memiliki suhu yang relatif stabil.

Satu lagi fitur yang ditawarkan oleh CPU Cooler adalah menampilkan suhu CPU secara realtime. Artinya, Anda bisa memantau suhu ponsel Anda setiap saat.

4. GO Speed

GO Speed

Aplikasi yang keempat ini lebih fokus pada peningkatan kecepatan ponsel dibandingkan pendinginan. Nama aplikasinya adalah GO Speed yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Playstore. Dua fitur utama yang dimiliki oleh GO Speed yaitu:

a. Memory boost

Tujuan atau fungsi utama dari memory boost adalah meningkatkan kapasitas RAM yang tersedia. Umumnya, RAM ini menjadi penuh ketika ponsel menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Fitur ini akan memberhentikan aplikasi yang tidak begitu diperlukan oleh sistem Android.

Ketika aplikasi-aplikasi tersebut berhenti, RAM pun akan lebih lega. Sehingga Anda dapat menjalankan aplikasi lainnya dengan lebih leluasa. Performa ponsel pun akan terasa lebih ringan ketika menjalankan aplikasi.

b. Junk cleaner

Fitur kedua yang dimiliki oleh GO Speed adalah junk cleaner atau pembersih sampah. Seperti yang Anda tahu, sistem yang berjalan di Android kerap menyisakan file-file sampah seperti cache dan lain sebagainya.

Jika dibiarkan, file-file sampah yang menumpuk bisa membuat performa ponsel menurun dan penyimpanan menjadi penuh. GO Speed menawarkan fitur untuk membersihkan sampah tersebut sehingga Anda tak perlu melakukannya secara manual.

5. Cooler Master – Phone Cooler

Cooler Master Phone Cooler

Aplikasi pendingin ponsel Android yang kelima ini mempunyai cara kerja yang sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Umumnya, aplikasi pendingin menghentikan proses yang berlangsung di latar belakang.

Konsekuensi dari proses tersebut adalah fungsi aplikasi mungkin tak berjalan normal seperti biasanya. Alih-alih mendinginkan ponsel, Anda justru merasa tidak nyaman karenanya.

Cooler Master – Phone Cooler ini tidak menghentikan aplikasi secara penuh. Aplikasi ini akan mendeteksi proses-proses berat yang dijalankan oleh CPU. Kemudian, Cooler Master akan mengendalikannya supaya tak menggunakan sumber daya CPU secara berlebihan.

Dengan begitu, aplikasi tetap bisa berjalan dengan normal. Hanya saja performanya dibuat sedikit menurun agar ponsel tak terlalu panas.

Aplikasi Pendingin Ponsel iPhone

Permasalahan HP panas tak hanya dijumpai pada ponsel Android. Bahkan untuk sekelas ponsel mahal seperti iPhone pun kerap mengalami masalah serupa. Bahkan ponsel ini akan memanas saat digunakan untuk sekadar browsing atau chatting.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat mendownload dan install aplikasi di bawah ini melalui Apple App Store.

1. Smart Cooler

Smart Cooler

Tujuan utama dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk mendinginkan iPhone yang sedang panas. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi suhu secara otomatis. Setelah itu, Smart Cooler akan melakukan pendinginan pada IPhone secara otomatis.

Aplikasi ini juga dapat menampilkan suhu perangkat dan CPU secara realtime di sistem Anda. Apabila dirasa suhu ponsel sudah terlalu panas, Anda dapat menekan tombol untuk mulai mendinginkannya.

2. Device Cooler

Device Cooler

Aplikasi ini memiliki kemiripan dengan Smart Cooler. Device Cooler sendiri tersedia di iPhone dan juga Android. Di kedua platform tersebut, cara kerjanya sama, yaitu dengan cara mengoptimalkan kerja CPU dan RAM dalam menjalankan berbagai proses di ponsel.

Dilihat dari tampilannya, Device Cooler ini sangat mudah untuk dipahami dan digunakan. Menu-menunya disusun secara sederhana sehingga pengguna tak perlu bingung dalam mengoperasikan aplikasi tersebut.

3. Cooler Master

Cooler Master

Ponsel yang panas tak hanya disebabkan oleh faktor internal seperti terlalu banyak aplikasi yang berjalan di belakang. Ada juga faktor eksternal yang menyebabkannya menjadi panas, misalnya cuaca yang panas atau sinar matahari yang sangat terik.

Nah, aplikasi Cooler Master di iPhone tak hanya bisa mendeteksi suhu ponsel dan mendinginkannya. Cooler Master juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi suhu ruang atau suhu udara di luar.

Hal ini membuat Anda mengetahui suhu udara di luar, sehingga dapat mengurangi penggunaan ponsel di luar ruangan. Dengan begitu, ponsel tak akan memanas lagi akibat cuaca yang terlalu panas di sekitar Anda.

Tips Agar Ponsel Tidak Mudah Panas

Sebenarnya, tanpa menggunakan aplikasi pendingin ponsel pun Anda bisa mencegah gadget menjadi panas. Sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah di bawah ini agar ponsel Anda tak terasa seperti setrika.

1. Kurangi Brightness

Kurangi Brightness

Mengatur kecerahan ke level tinggi membuat ponsel harus bekerja lebih keras. Tak heran jika ponsel menjadi lebih mudah panas karenanya. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah menurunkan tingkat kecerahan atau brightness.

Selain membuat ponsel menjadi cepat panas, mengatur kecerahan layar ke level tinggi juga membuat mata menjadi mudah lelah.

2. Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Coba periksa daftar aplikasi yang ter-install di ponsel Anda. Apakah Anda menggunakan semua aplikasi tersebut? Jika tidak, sebaiknya hapus saja dari ponsel dengan menggunakan opsi “Uninstall”. Membersihkan aplikasi akan mengurangi beban ponsel untuk menjalankan proses.

Di samping itu, penyimpanan ponsel pun akan lebih lega apabila Anda menghapus aplikasi tidak terpakai tersebut.

3. Kurangi Multitasking

Kurangi Multitasking

Saat menggunakan ponsel untuk aktivitas yang berat seperti bermain game online, sebaiknya kurangi Multitasking atau membuka aplikasi lain. Aplikasi yang terbuka tersebut akan berjalan di latar belakang dan membuat ponsel menjadi mudah panas.

Agar ponsel tidak panas, sebaiknya Anda menutup semua aplikasi terlebih dahulu sebelum mulai bermain game. Jika merasa terlalu repot untuk menghapus aplikasi satu per satu, gunakan saja aplikasi pendingin untuk ponsel.

Jika ponsel dalam kondisi baik-baik saja, sebaiknya aplikasi pendingin ponsel tidak perlu diinstall karena dapat membuat memori ponsel menjadi penuh. Anda dapat meng-install aplikasi tersebut jika ponsel Anda benar-benar membutuhkannya.

7+ Rekomendasi Aplikasi Pendingin Ponsel Android dan IPhone 2021

Add Comment