4 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Termudah Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Cara Mengecilkan Ukuran Foto – Cara mengecilkan ukuran foto itu sangat mudah dan tidak ribet sama sekali. Tips trik ini perlu diketahui, terlebih jika Anda ingin melampirkan foto di dokumen yang dikirimkan lewat email. Bahkan ketika melamar pekerjaanpun, ada ketentuan jika foto tidak boleh lebih dari 200 kb saat dilampirkan.

Nah, karena itulah, Anda yang tengah mencari cara untuk mengecilkan ukuran foto, artikel ini sangat pas karena membahas hal yang Anda butuhkan tadi. Tenang karena foto yang dikecilkan tidak mengurangi kualitasnya. Berikut daftar caranya.

Cara Mengecilkan Foto Lewat Online

Banyak cara yang bisa dicoba untuk mengecilkan ukuran foto. Anda bisa menyesuaikan saja jika satu cara gagal atau kurang memuaskan hasilnya bisa mencoba ke cara lainnya. Cara pertama adalah memanfaatkan layanan online yang sudah ada di internet.

Bisa dibilang ini adalah cara yang sangat efektif dan tidak memakan banyak waktu. Pastinya, tidak perlu untuk menginstall aplikasi atau software di laptop atau PC. Berikut informasi mengenai layanan online untuk mengecilkan foto serta fitur yang ada:

1. Memakai Imgonline

Memakai Imgonline

Imgonline menjadi salah satu layanan online untuk mengecilkan ukuran foto. Layanan ini banyak digunakan karena fiturnya cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan pengompressan ukuran file berbentuk foto. Cara mengecilkan ukuran foto di layanan ini juga mudah.

Jadi wajar jika pemula tidak kebingungan. Untuk cara lengkapnya, Anda bisa ikuti tutorial berikut:

  • Langkah pertama tinggal membuka browser yang Anda gunakan, bisa melalui PC maupun smartphone. Laman resminya ada di sini https://www.imgonline.com
  • Di halaman pertamanya, banyak fitur yang disediakan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat itu. Untuk mengecilkan ukuran foto, Anda bisa memilih menu Compress.
  • Selanjutnya setelah berada di halaman Compress, klik saja Choose File
  • Nantinya akan muncul jendela baru dan cari saja foto yang ingin dikecilkan di PC atau laptop
  • Untuk langkah berikutnya, di bagian Compression Settings for JPG file, pilih saja Size reduction megapixels menjadi 20% atau 30%. Namun bagi yang membutuhkan ukuran foto lebih kecil bisa memilih 60%.
  • Setelah semua pengaturan di-setting, Anda tinggal memilih OK dan menunggu hingga proses compress foto selesai dilakukan.
  • Setelah prosesnya selesai, nanti akan muncul halaman baru. Di halaman tersebut ada informasi seputar ukuran file sesudah dan sebelum file foto tadi di kompress.
  • Bagi yang ingin men-download, tinggal klik saja Download processed image.

2. Compress JPEG

Layanan online kedua yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto adalah Compress JPEG. Layanan ini memiliki interface yang tergolong sederhana dan tidak ribet. Jadi cocok untuk pemula yang mau menggunakannya.

Ketika pertama kali masuk ke halaman, ada menu yang langsung menyuguhkan perintah untuk mengecilkan foto yang diinginkan. Untuk cara mengecilkan ukuran foto melalui layanan ini, Anda bisa simak ulasannya berikut;

Pertama buka terlebih dahulu website resmi layanan online ini di

  • Setelah masuk ke halaman utama, ada tiga tab yang bakal ditemui, yakni JPEG, PDF dan PNG. Karena ingin mengecilkan ukuran foto, maka pilih tab JPEG.
  • Setelahnya, Anda pasti harus menambahkan foto yang mau dikecilkan. Klik saja Upload Files atau bisa langsung menyeret foto yang ingin dikecilkan ke kotak yang telah disediakan
  • Setelah file foto ditambahkan, otomatis layanan kompress foto akan langsung diproses
  • Bagi yang akan men-download file foto tersebut, Anda bisa mengatur berapa ukuran dan kualitas file foto dengan klik di bagian thumbnail. Langkah download foto tinggal klik Download All

Bagi yang akan men-download file foto tersebut, Anda bisa mengatur berapa ukuran dan kualitas file foto dengan klik di bagian thumbnail. Langkah download foto tinggal klik Download All

Keunggulan layanan ini adalah bisa mengkompres foto hingga 20 file. Jadi tidak akan memakan banyak waktu untuk Anda yang mau kompress foto dalam jumlah yang banyak.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui Android

Jika yang sebelumnya cara mengecilkan foto menggunakan layanan online, maka kali ini menggunakan aplikasi android. Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah tidak perlu akses website untuk mengecilkan foto.

Ada beberapa aplikasi yang tersedia untuk mengecilkan foto. Sesuaikan saja dengan kapasitas RAM smartphone yang Anda miliki. Adapun aplikasinya sebagai berikut:

1. Photo Compress 2.0

Aplikasi besutan Saawan Apps ini mempunyai tampilan yang sederhana tapi bisa mengkompress foto dengan sangat baik. Tak hanya itu, aplikasi juga terbebas dari iklan sehingga tidak menganggu. Adapun caranya sebagai berikut:

Langkah awal tentu saja harus men-download aplikasi dan menginstallnya terlebih dahulu. Aplikasi bisa di-download melalui link berikut

  • Setelah aplikasi terpasang di android, buka aplikasi. Nanti ada 3 menu utama yang bisa digunakan. Adapun menu utama tadi adalah Gallery, Camera dan Compress & Resize Multiple Photo.
  • Jika foto yang ingin dikecilkan ada di galeri foto smartphone, tap saja bagian Gallery. Namun jika belum ada, Anda bisa langsung tap Camera dan mengambil foto di sana.
  • Setelah menentukan foto yang akan dikompress, nantinya terlihat ukuran foto di bagian atas. Tap saja Compress dan kemudian sesuaikan tingkatannya dengan kompresi yang dibutuhkan. Geser slide yang sudah ada, semakin tinggi maka pengurangi kualitas foto juga lebih besar. Sebaiknya pakai di atas 60% saja.

Setelah menentukan foto yang akan dikompress, nantinya terlihat ukuran foto di bagian atas. Tap saja Compress dan kemudian sesuaikan tingkatannya dengan kompresi yang dibutuhkan. Geser slide yang sudah ada, semakin tinggi maka pengurangi kualitas foto juga lebih besar. Sebaiknya pakai di atas 60% saja.

  • Setelah menentukan kualitas kompress foto, tap compress dan hasilnya akan terlihat di bagian atas.
  • Terakhir pilih Exit dan nanitnya file foto langsung tersimpan di gallery memori smartphone
  • Bagi yang ingin mengecilkan ukuran foto lebih dari satu, Anda bisa memilih Compress & Rezize Multiple Photo. Tandai saja foto yang ingin dikompress tadi.

2. Lit Photo

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengompress foto adalah aplikasi besutan dari Lit Photo. Aplikasi ini terbukti membantu Anda untuk mengecilkan foto menjadi ukuran 200 kb atau bahkan kurang.

Optimal dari foto juga sempurna dengan kualitas dan ukuran file terbaik. Cara mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi ini tergolong mudah. Bahkan ada fitur khusus untuk memotong dan memutar foto yang diinginkan. Lit Photo memakai konsep smart lossy saat mengecilkan foto.

Berikut cara untuk menggunakan Kompres Foto by Lit PhotoL:

  • Langkah pertama tentu saja harus men-download aplikasinya terlebih dahulu di Google Play. Atau bisa langsung klik link berikut untuk download https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vinson.shrinker
  • Setelah terinstall di perangkat, buka aplikasi. Di halaman utama ada tiga fitur aplikasi yang disiapkan, yakni Compress Photos, Crop Photo dan juga Resize Photo. Karena ingin mengecilkan foto, maka pilih Compress Photo dan ada beberapa permintaan perizinan. Anda bisa tab Izinkan saja.

Setelah terinstall di perangkat, buka aplikasi. Di halaman utama ada tiga fitur aplikasi yang disiapkan, yakni Compress Photos, Crop Photo dan juga Resize Photo. Karena ingin mengecilkan foto, maka pilih Compress Photo dan ada beberapa permintaan perizinan. Anda bisa tab Izinkan saja.

  • Tinggal pilih foto mana yang ingin dikecilkan ukurannya. Anda bisa melakukannya satu per satu atau beberapa sekaligus. Selanjutnya tab ikon centang di kanan atas layar.
  • Nanti Anda akan dihadapkan di halaman compress options, Anda bisa mengatur size foto dan juga kualitas foto yang diinginkan
  • Setelah mengaturnya, scroll ke bawah dan tab start compressing
  • Tunggu hingga proses kompres selesai. Setelah selesai, foto tersebut akan langsung tersimpan di gallery.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Software Melalui PC

Jika cara pertama tadi adalah mengecilkan ukuran foto lewat layanan online, maka di cara ini kita membahas cara tanpa perlu menggunakan koneksi internet tapi bisa dilakukan di PC. Ya, Anda bisa memakai beberapa software yang banyak ditemui di PC.

Setiap software memiliki kelebihan berbeda-beda. Berikut nama sekaligus cara mengecilkan foto di software melalui PC:

1. Fileminimizer Picture

Software ini adalah software untuk mengecilkan foto yang berbasis windows. Software bisa didownload secara gratis. Menariknya, software ini dapat mengecilkan foto hingga 85% dari file aslinya. Menariknya, kualitas foto juga tidak berkurang sama sekali. Menarik bukan?

Ada 4 preset yang bsia ditemui di sini, yakni Strong Compression, Custom Compression, Standard Compression dan juga Low Compression. Agar foto yang dihasilkan berkualitas baik, Anda bisa memakai pilihan Standard Compressionj:

Langkah pertama tentu saja harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu di Google Play

  • Selanjutnya lakukan penginstalan software seperti biasanya. Jalankan setelah selesai terinstall di perangkat
  • Klik Open File agar bisa menambahkan foto yang ingin dikecilkan ukurannya
  • Selanjutnya setelah foto ditambahkan, di bagian Compression Setting Anda bisa mengatur kebutuhan hasil foto. Jika ingin mengirim hasil foto, Anda bisa memilih sesuai keinginan. misalnya ke email atau web, bisa memilih Web/E-Mail Compresion. Anda bisa menentukan sendiri ukuran yang diinginkan.

Selanjutnya setelah foto ditambahkan, di bagian Compression Setting

  • Setelah menyetting foto tersebut, Anda bisa langsung klik Optimize File agar proses pengompressan file bisa dilakukan

Setelah menyetting foto tersebut, Anda bisa langsung klik Optimize File agar proses pengompressan file bisa dilakukan

  • Setelah selesai, Anda bisa langsung mengirimkannya ke email ataupun dengan cek hasilnya melalui View File

Itu adalah cara mengecilkan ukuran foto paling mudah tanpa mengurangi kualitas foto. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan perangkat yang digunakan masing-masing. Jadi sudah tidak bingung bukan?

4 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Termudah Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Add Comment