ANJING HERDER : Cara Merawat, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

Anjing Herder – Anjing herder adalah salah anjing yang banyak dipelihara karena sifatnya yang sangat menyenangkan. Ada banyak jenis anjing yang tersebar di seluruh negara dengan berbagai sifatnya. Apa sajakah jenis-jenis anjing herder yang ada? Lalu bagaimana cara untuk merawat dan melatihnya dengan benar?

Apa itu Anjing Herder?

Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing herder adalah jenis anjing penggembala yang juga dikenal sebagai anjing peliharaan atau anjing pekerja. Anjing jenis herder adalah jenis anjing yang yang telah dilatih dalam menggembalakan atau sengaja dikembangkan untuk bergembala.

Anjing herder sendiri sangat lincah dalam menggiring hewan lain dengan berbagai cara. Beberapa jenis anjing herder yang terkenal adalah the Australian Cattle Dog. Jenis anjing dari Australia ini bukan hanya pintar untuk menggiring hewan lain namun juga biasanya menggigit pada tumit binatang.

Selain jenis the Australian Cattle Dog adapula jenis Border Collie yang mnjadi jenis ras anjing herder yang sangat pintar dan cerdas. Jenis anjing sangat cermat dalam menatap dan mencium bau. Jenis anjing ini dikenal sebagai header.

Selain anjing herder yang digembalakan, adapula hewan-hewan lain yang digembalakan secara umum. Ada hewan sapi, domba, dan rusa namun yang paling dikenal dengan istilah herder adalah anjing.

Jenis anjing yang disebut herder sendiri memiliki spesifikasi atau ciri-ciri yang membuat jenis ini disebut herder. Jadi, tidak semua anjing bisa disebut dengan herder.

Jenis  Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing Herder

Ada banyak jenis anjing herder di dunia ini, berikut adalah beberapa jenis anjing herder :

1. Australian Cattle Dog

Australian Cattle Dog adalah jenis anjing yang cekatan, kuat dan berani. Anjing jenis ini dikembangkan pada tahun 1800-an di Australia. Sebagai anjing pekerja yang memiliki energi tinggi dan dikenal cerdas, Australian Cattle Dog adalah jenis anjing yang sangat giat bekerja di ruang terbuka yang luas.

Anjing jenis ini juga giat dengan pekerjaan yang harus dilakukan. Jenis anjing satu ini juga sangat setia sehingga mudah sekali menjalin ikatan erat dengan pemiliknya. Namun pemilik harus pandai merawatnya karena  Australian Cattle Dog membutuhkan mandi yang rutin dan bulu yang harus disikat sesekali.

2. Australian Shepherd

Australian Shepherd adalah jenis anjing yang suka menggiring, menjaga, lincah dan aktif berjalan serta berlari. Jenis anjing satu ini dikenal oleh banyak orang sebagai anjing yang suka diadu. Hal  ini tidak mengherankan karena anjing satu ini juga sering ditemukan bersaing dalam ketangkasan atau menggiring uji coba dengan pemilik yang menghargai olahraga koboi.

Australian Shepherd bisa dikatakan tidak cocok untuk dipelihara di rumah. Tetapi jika Anda menginginkan anjing aktif yang dapat melatih atau bekerja bersama Anda, Australian Shepherd mungkin menjadi anjing yang cocok untuk Anda.

3. Border Collie

Border Collie adalah salah satu anjing herder tertua di Inggris. Border Collie adalah anjing penggembala yang kuat dan lincah dengan bulu yang lebat. Namanya berasal dari rambutnya yang panjang atau “janggut,” di bawah dagu.

Anjing satu ini dikenal karena permainannya dan ekornya yang selalu bergoyang. Anjing ini merupakan teman yang aktif, cerdas, dan setia. Anjing dengan trah ini membutuhkan perawatan yang rutin karena bulunya yang panjang dan lapisan bawahnya yang halus.

Jenis Anjing Herder yang Unik

Anjing Herder

Anjing Herder

Selain beberapa jenis anjing herder di atas, ada banyak pula jenis anjing herder lainnya yang dikenal unik, di antaranya adalah:

1. Beauceron

Beauceron adalah anjing gembala dari Perancis yang tidak kenal lelah. Dinamakan Beauceron karena lahir di Beauceron sekitar tahun 1500-an. Anjing jenis ini dikenal sangat cerdas dan memiliki naluri menjaga alam yang pintar.

Jenis anjing ini juga penuh kasih, setia dan lembut. Beauceron sangat ingin belajar dan mudah dilatih. Kepribadiannya yang kuat sangat cocok dengan Anda yang suka melatihnya. Jika Anda ingin merawat anjing jenis ini, maka Anda harus rutin mengajaknya olahraga setiap hari.

2. The Canaan Dog

Anjing Kanaan adalah jenis anjing yang berasal dari zaman Alkitab ketika ia menjaga kawanan ternak Israel dan kambing domba di Tanah Kanaan. Anjing Kanaan dikenal sebagai jenis anjing yang unik karena setia dan mencintai keluarganya.

Anjing jenis ini sangat menjaga batasan yang menjadi kawasannya sehingga mudah curiga terhadap orang asing. The Canaan Dog paling cocok untuk dijadikan sebagai teman. Anda yang ingin memiliki anjing jenis ini pasti akan mudah merawatnya karena Anjing Kanaan tidak membutuhkan banyak perawatan.

3. Puli

Puli dikenal sebagai anjing herder dari negara Hungaria. Anjing satu ini terkenal dengan sifatnya yang penuh kasih sayang, waspada, dan protektif. Dengan sifatnya ini maka sangat cocok untuk menjadikan anjing ini sebagai teman keluarga dan pengawas yang ideal.

Anjing ini juga dikenal memiliki sifat yang pintar dan cerdas. Anda yang ingin memelihara anjing jenis ini, maka harus aktif melatihnya. Ya, anjing herder Puli membutuhkan latihan harian secara aktif dan rutin.

4. The German Shepherd

The German Shepherd Dog adalah anjing herder dari Jerman. Anjing gembala Jerman ini memiliki sifat yang penuh kasih, setia, dan ramah kepada anak-anak. Anjing jenis ini juga bersemangat dan mudah dilatih, itulah sebabnya mereka sering digunakan sebagai anjing polisi dan anjing penjaga.

Dikarenakan anjing herder Jerman adalah jenis anjing yang cocok untuk dijadikan penjaga maka Anda perlu rutin melatihnya. Ya, German Shepherd Dog adalah ras anjing yang aktif sehingga membutuhkan latihan mental dan fisik. Anda perlu melatihnya dengan kegiatan yang penuh dengan kelincahan seperti menggiring, melacak dan menyelam di dermaga.

Ciri-ciri Anjing Herder

Seekor anjing herder bisa menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat jika Anda tahu apa yang diharapkan. Anjing herder memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang sangat khas. Karakteristik yang paling menonjol dari anjing herder adalah kecerdasan dan energinya yang tinggi.

Tips Memelihara Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing Herder

Jika Anda mempertimbangkan untuk memelihara anjing sebagai hewan peliharaan maka bersiaplah melakukan hal-hal di bawah ini :

  1. Anda harus memberinya banyak latihan fisik dan mental. Hal ini sangat penting karena anjing jenis ini sangat aktif. Anjing herder memiliki karakteristik yang suka menggali, menggonggong, mengunyah, dan banyak lagi.
  2. Pastikan Anda memberikan latihan fisik dengan berjalan, berlari, mengambil barang, melempar cakram, dan adu ketangkasan. Berikan latihan mental dengan latihan yang membuat anjing patuh dan permainan anjing yang menyenangkan seperti petak umpet.
  3. Latihan menggiring anjing sangat diperlukan karena anjing herder cenderung sangat cerdas, mereka juga mudah dilatih. Anjing herder ini memiliki karakteristik yang sangat responsif. Anjing herder merespons dengan sangat baik terutama pelatihan cara mengambil barang .

Anjing gembala pada umumnya senang mengejar sesuatu. Mereka dibesarkan untuk mengejar ternak dan mengusir mereka kembali ke dalam kelompok. Terkadang hewan kecil seperti kucing bisa menjadi masalah bagi anjing penggembala.

Bahkan anak-anak dapat menjadi masalah bagi mereka. Jika Anda mempertimbangkan untuk memelihara anjing peliharaan, bersiaplah untuk melatihnya sejak awal.

Variasi Jenis Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing Herder

Di dunia ini ada banyak variasi jenis anjing herder. Anjing-anjing pertama yang digunakan untuk menggembalakan memiliki ukuran yang besar dan insting menggemba yang bagus. Namun seiring dengan  kebutuhan akan keterampilan, maka terjadilah perkembangan variasi jenis anjing herder.

Ada banyak persilangan ras anjing dengan ras lain dan menjadi variasi jenis. Border Collies, Australian Shepherds dan Cattle dogs biasanya dikawinkan dengan jenis anjing lain. Nah, saat ini beberapa variasi jenis anjing herder yang paling populer adalah :

  • German Shepherd
  • Shetland Sheepdog
  • The Canaan Dog
  • Beauceron
  • Pembroke Welch Corgi
  • Australian Shepherd
  • Puli
  • Collie
  • Border Collie
  • Old English Sheepdog
  • Australian Cattle Dog
  • Cardigan Welsh Corgi
  • Bouvier des Flandres

Cara Merawat Anjing Herder Dewasa

Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing herder adalah anjing penggiring sehingga sangat energik, suka jalan-jalan dengan penuh semangat menonton dan mengejar apa pun yang bergerak. Anjing herder juga sangat memperhatikan Anda sebagai pemiliknya dan mereka umumnya suka menjaga Anda dalam pandangan mereka.

Anjing herder akan berkembang dengan baik jika Anda mampu merawatnya dengan baik pula. Berikut ini adalah cara merawat anjing herder dewasa :

1. Latihan menggiring anjing

Jika anjing Anda adalah tipe yang senang menjelajahi alam luar maka anjing Anda pasti memiliki stamina yang lebih. Anjing herder suka berlari-larian ke ladang, gunung dan lereng bukit tanpa peduli apakah cuaca sedang panas atau dingin.

Jadi jika Anda siap menghadapi tantangan dengan merawat anjing herder, maka Anda perlu latihan untuk menggiringnya. Jika Anda mampu merawatnya dengan baik, maka anjing Anda akan menjadi teman luar yang luar biasa.

2. Biarkan anjing bermain sendiri

Anjing herder memiliki karakteristik seekor penggembala yang cerdas dan dapat belajar untuk bekerja secara mandiri dari pemiliknya, tetapi mereka biasanya lebih suka menjaga Anda. Meski demikian, anjing herder juga ingin memiliki waktunya sendiri untuk bermain tanpa perlu Anda temani.

Anjing herder sering senang bermain secara mandiri dan menggerakkan bola di sekitar untuk diri mereka sendiri. Jadi jika ia sedang asyik bermain sendiri, maka Anda hanya perlu membiarkannya.

3. Ajak anjing herder Anda bermain

Sifat dari seekor anjing herder adalah suka bekerja dan bermain dengan keluarga manusia. Anjing herder adalah hewan yang membutuhkan stimulasi yang baik setiap hari untuk mengimbangi pekerjannya.

Stimulasi itu bisa Anda dapatkan dengan mengajaknya bermain. Anjing jenis ini tidak bisa bekerja secara penuh waktu. Jadi Anda bisa secara rutin mengajaknya untuk bermain.

Cara Merawat Anak Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing Herder

Membesarkan dan merawat anak anjing herder bukanlah tugas yang sulit, melatih mereka memang membutuhkan banyak kerja keras tapi sangat mengasyikkan. Berikut ini adalah tips untuk merawat anak anjing herder :

1. Beri ruang yang cukup

Seekor anak anjing herder a membutuhkan ruang besar untuk bermain. Berlari adalah salah satu hal yang kegiatan paling favorit yang sering dilakukan oleh anak anjing herder ini. Dikarenakan hobinya yang berlarian, maka harus ada halaman belakang di rumah Anda. Tempat tidurnya juga harus hangat, nyaman, dan cukup santai untuk menjadikan anak anjing Anda bahagia.

2. Beri kandang yang ideal

Berilah kandang atau tempat tidur anjing yang sangat ideal dengan selimut atau bantal bersih yang diletakkan di dalamnya. Sering-seringlah untuk mencuci tempat tidur anjing.

Jika anjing Anda akan menghabiskan banyak waktu di luar rumah, pastikan ia memiliki akses ke tempat teduh dan banyak air dingin di cuaca yang panas. Berikan tempat perlindungan yang hangat, kering dan tertutup saat cuaca dingin.

3. Ajak berolahraga

Seperti kebanyakan anjing, jenis herder ini rentan terhadap aktivitas yang berlebihan sehingga anak anjing herder membutuhkan kegiatan yang baik di mana ia dapat menghabiskan seluruh energinya selain untuk bekerja saja.

Aktivitas jogging atau lari selalu merupakan pilihan olahraga yang bagus. Latihan-latihan ini tidak hanya membuat anjing Anda kuat dan sehat, tetapi juga waspada. Anda harus melakukan kegiatan ini setiap hari sehingga anjing akan belajar dengan baik dan menggunakan trik yang telah ia pelajari ke depannya.

4. Latih anak anjing untuk berdisiplin

Bagian dari memelihara dan melatih anak anjing anjing herder adalah mengendalikan perilakunya. Sebagai pemilik, Anda harus membuat an jing Anda disiplin jika melakukan kesalahan. Namun yang perlu diingat adalah jangan menggunakan kekerasan untuk melatih anak anjing Anda disiplin.

Anda bisa memakinya dengan ungkapan anjing yang buruk atau anak anjing yang buruk saja bisa membuatnya berhasil menyadari kesalahannya. Jadi pastikan untuk selalu waspada terhadap perilaku buruk yang anak anjing Anda lakukan.

Cara Merawat Anjing Herder Bagi Pemula

Anjing Herder

Anjing Herder

Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa menggunakan cara-cara di bawah ini untuk merawat anjing kesayangan Anda ;

1. Beri kegiatan agar fokus

Anjing herder adalah hewan yang memiliki energi tinggi karena sebagai anjing gembala mereka membutuhkan kegiatan untuk tetap fokus. Penting bagi Anda untuk memberi mereka pekerjaan yang akan membuat mereka terangsang secara fisik dan mental. Jika mereka tidak diberi pekerjaan, ada kemungkinan besar mereka akan menemukan pekerjaan mereka sendiri yang mengganggu.

2. Beri reward

Sama seperti hewan dengan jenis apa pun, anjing herder juga perlu diberi penghargaan atau reward. Jika anjing melakukan kegiatan yang Anda mau, Anda bisa memberikannya biskuit atau makanan kesukaannya. Memberi anjing camilan setiap kali bermain sangat dianjurkan karena Anda tidak hanya membentuk ikatan, tapi juga mengenali usaha anjing Anda.

3. Perhatikan kesehatan

Anjing herder terutama jenis Australian Shepherd adalah anjing yang cenderung terganggu kondisi kesehatannya. Jadi pastikan Anda harus membawanya ke dokter hewan untuk melihat apakah ada penyakit mendasar yang perlu Anda ketahui. Mintalah mereka divaksinasi sejak dini agar peliharaan Anda lebih kebal.

Langkah Persiapan untuk Mengawinkan Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing Herder

Jika Anda berpikir untuk mengawinkan anjing herder, maka Anda harus mengetahui berbagai tips dan triknya. Berikut ini adalah cara yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengawinkan anjing herder Anda :

1. Siapkan kandang yang baik

Pastikan Anda memiliki rumah untuk anak-anak anjing yang akan dilahirkan. Sudah terlalu banyak anak anjing dan anjing dewasa yang terbunuh di tempat penampungan hewan, jadi Anda tidak boleh mengawinkan anjing Anda hanya karena ingin memiliki anak anjing yang lucu.

2. Periksa ke dokter hewan

Jika Anda yakin ingin mengawinkan anjing Anda dengan anjing yang tidak Anda kenal sebelumnya, maka bawa kedua anjing yang ingin dikawinkan ke dokter hewan biasa. Sangat penting untuk pemeriksaan kesehatan sebelum Anda mulai mengawinkan anjing.

3. Periksa darah

Periksakan darahnya untuk setiap penyakit genetik yang dipengaruhi oleh keturunannya. Anda juga bisa meminta dokter untuk beberapa bagian tubuh yang berpotensi terkena penyakit dengan rontgen.

Cara Mengawinkan Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing Herder

1. Perhatikan bercak di vagina anjing betina Anda

Jika Anda memperhatikan anjing dengan seksama, Anda akan tahu kapan ia siap untuk dikawinkan Anjing yang siap untuk kawin akan meninggalkan “Bercak” yang dilakukan di sekitar rumah. Saat itulah anjing Anda akan berdiri dan membiarkan seekor jantan naik dan membiakkannya.

2. Lakukan apusan vagina

Lakukan apusan vagina sebelum Anda mengawinkan anjing Anda sehingga Anda akan mengetahui tanggal melahirkan yang terbaik. Anda juga bisa melakukan swab vagina pada anjing herder betina Anda selama beberapa hari pertama di siklus panasnya.

3. Lakukan uji progesteron

Cara paling akurat untuk menentukan tanggal perkembangbiakannya yang terbaik adalah uji progesteron. Anda dapat melakukan tes ini oleh dokter hewan setempat. Anjing Anda akan diambil sampel darahnya setiap satu atau duahari dan ketika tingkat progesteron memuncak, ia akan berovulasi dan bisa Anda kawinkan.

Cara mengawinkannya adalah dengan membuat anjing herder jantan memasukkan alat kelaminnya dan Anda bisa mengunci mulut anjing betina agar tidak menggigit anjing herder jantan saat memasukkan alat kelaminnya.

Pakan Terbaik untuk Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing Herder

Dalam merawat anjing Anda, maka Anda perlu memperhatikan kandungan nutrisi dalam memberi makan jenis anjing herder Anda. Anda perlu memberikan makanan dengan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Berikut ini adalah kebutuhan pakan anjing Anda yang harus Anda perhatikan :

1. Protein

Semakin banyak protein yang ada dalam makanan anjing, maka akan semakin baik untuk peliharaan Anda. Biasanya, formula protein dalam makanan anjing mengandung sekitar 25%. Namun jika Anda memiliki jenis anjing herder yang aktif maka direkomendasikan untuk mencari makanan yang memiliki protein lebih dari 50%.

Protein mengandung asam amino esensial yang berkontribusi terhadap kesehatan dan perkembangan anjing secara keseluruhan. Terlepas dari seberapa aktif anjing, tetap saja seekor anjing cenderung memiliki otot yang kuat dan membutuhkan pasokan protein untuk mempertahankan kekuatannya.

2. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Hanya karena daging membutuhkan banyak daging tidak berarti bahwa kandungannya harus bebas dari buah dan sayuran alami. Sebagai sumber nutrisi dan vitamin esensial, kandungan dalam makanan memainkan peran penting untuk kesehatan anjing herder yang baik.

Jika Anda ingin membeli makanan anjing di pet shop pastikan makanan itu mengandung sejumlah bahan yang berbeda. Dianjurkan untuk menggunakan berbagai bahan buah dan sayuran yang berbeda daripada satu sumber kandungan nutrisi. Carilah buah yang tinggi antioksidan seperti raspberry, wortel, kacang polong, dan banyak lagi.

3. Lemak

Jika Anda memiliki jenis anjing herder Border Collies yang dikenal karena bulu mereka yang panjang dan tebal, maka Anda perlu memberikan makanan dengan kandungan lemak. Lemak yang tepat akan menjaga kulit anjing herder Anda tetap sehat. Lemak juga mudah dicerna dan memberikan tambahan energi.

Ada banyak makanan anjing yang dijual di pasaran. Anda bisa menemukannya di pet shop maupun toko online karena pakan ini dijual bebas di pasaran seperti Pro Plan, Royal Canin, Science Diet, Alpo Prime Cuts, Jerhigh dan masih banyak lagi. Makanan tersebut mengandung nutrisi yang telah disebutkan di atas.

Perawatan Kandang Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing Herder

Kandang anjing herder juga memerlukan perawatan agar bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk peliharaan Anda. Kandang anjing biasanya terdiri dari rangka kawat dengan baki yang dapat dilepas di dasar tempat tempat tidur anjing. Berikut adaah tips untuk merawat kandang anjing :

1. Bersihkan dengan pembersih yang bebas kandungan amonia

Saat membersihkan kandang anjing, gunakan larutan pembersih yang tidak mengandung amonia. Air kencing anjing terdiri dari amonia, sehingga aroma pembersih berbasis amonia dapat membingungkan anjing Anda karena mungkin anjing akan berpikir tidak masalah untuk buang air kecil di dalam kandang.

2. Kenakan sarung tangan

Kenakan sarung tangan karet saat membersihkan kandang untuk melindungi kulit Anda dari efek pembersih yang keras. Sarung tangan juga akan mencegah Anda menangani langsung kotoran anjing.

3. Hilangkan bau dengan cuka apel

Jika Anda memiliki masalah dengan bau anjing herder Anda yang tidak enak maka Anda bisa membuat larutan cuka dan air. Cuka sari apel yang disuling tidak akan meninggalkan bau yang tertinggal, tetapi cuka apa pun akan berhasil jika tidak ada cuka sari apel.

Gunakan botol semprot untuk menyemprotkan larutan cuka secara bebas ke seluruh kandang. Jika Anda merasa bau cuka tidak enak, bilas larutan cuka dengan air putih setelah sekitar 15 menit.

4. Bersihkan Semua Komponen

Pastikan untuk menghapus semua baki plastik dan semprot dengan disinfektan. Cara ini akan menghilangkan jejak dan bau urin anjing Anda. anda juga bisa menggunakan spons untuk membersihkan semua pintu kandang.

Jika kandang terbuat dari plastik atau logam, gunakan selang untuk menyemprot bagian dalam dan luar. Semprotan dari selang akan memungkinkan Anda menghilangkan kotoran yang ada di kandang.

Sejarah Asal Usul Anjing Herder

Anjing Herder

Anjing Herder

Sejarah atau asal usul dari adanya anjing herder di benua Asia dan Eropa adalah setelah dinosaurus besar menghilang. Setelah itu hewan seperti rusa jantan, babi hutan, anjing menjadi lebih umumdi hutan dan menjadi penjaga hutan saat itu.

Evolusi anjing penggembala yang dikenal dengan herder kemudian berkembang berabad-abad kemudian. Pada saat itu kawanan hewan piaraan tidak bebas berkeliaran dari satu tempat ke tempat lain untuk menemukan tanah yang lebih subur.

Sebaliknya,padang rumput yang baik menjadi tempat untuk bersembunyi dari predator seperti serigala. Saat itu anjing herder menjadi penjaga yang hidup dan melindungi kawanan domba dan kambing yang berkeliaran.

Anjing ini berusaha untuk memberi rasa aman kepada domba dan kambing dari serigala yang mengganggu mereka. Saat itu kemudian anjing herder juga menggembalakan ternak atas perintah dari satu tempat ke tempat lain dengan instingnya yang suka melindungi.

Setelah itu banyak bermunculan jenis anjing-anjing herder lainnya di berbagai negara seperti Australia, Jerman, Belgia, Perancis dan masih banyak lagi.

Harga Anjing Herder di Pasaran

Anjing Herder

Anjing Herder

Untuk Anda yang ingin memelihara anjing herder, maka cari tahu dahulu harga anjing herder di pasaran agar Anda bisa menyesuaikannya dengan budget. Harga anjing herder bergantung pada jenis dan usia anjing tersebut.

Nama Harga
German ShepherdRp. 14.000.000
Border CollieRp. 560.000 – Rp 5.000.000
Belgian shepherdRp.2.500.000
Australian shepherdRp. 5.000.000 – Rp. 9.000.000
PuliRp.750.000 – Rp.1.200.000
Beauceron

 

Rp.450.000 – Rp.1.500.000
The Canaan dogRp.1.050.000 – Rp.2.200.000
Australian Cattle DogRp. 363.000 – Rp.2.0000

Jika Anda ingin membeli anjing-anjing herder di atas tapi harga tidak sesuai dengan budget yang Anda miliki, maka Anda bisa membeli anak anjingnya yang masih kecil. Anak anjing herder pada umumnya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan anjing yang dewasa.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Anjing Herder

Leave a Reply