ANJING MINI POM : Cara Merawat, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

Anjing Mini Pom – Sebagai hewan yang mempunyai sifat jinak dan penyayang, anjing sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Hewan peliharaan merupakan hewan yang dirawat dan dibesarkan oleh seseorang di rumahnya. Salah satu jenis anjing yang banyak disukai oleh semua orang adalah anjing mini pom atau dinamakan anjing Pomeranian.

Anjing Pomeranian merupakan salah satu jenis anjing dengan ras anjing Spitz atau berbulu tebal dan panjang dengan telinga sedikit kecil dan tegak. Anjing ini berasal dari Jerman. Nama Pomeranian merupakan sebuah provinsi tua yang ada di Jerman dinama berkaitan dengan anjing tersebut. Anjing Pomeranian merupakan anjing yang pintar dan bersemangat serta aktif bergerak.

Ciri-ciri Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Pomeranian mempunyai karakteristik khusus yang membedakan dengan jenisanjing lainya. Terutama dari bentuk tubuh dan warna bulunya. Anjing ini mempunyai ciri khusus sehingga dapat dikenali dengan baik dan mudah. Anjing mini pom mempunyai gerak yang lincah dan aktif sehingga tulangnya kuat.

Ciri-ciri anjing Mini Pom dibedakan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan bagian tubuhnya, meliputi.

1. Ukuran tubuh anjing Pomeranian

Dilihat dari ukuran tubuh, Mini Pom mempunyai berat ideal sekitar 3 sampai 7 pon atau sekitar 1,4 sampai 3.2 kg. Untuk Mini Pom yang dijadikan sebagai anjing show beratnya sekitar 1.8 sampai 2.7 kg. Ukuran tulangnya sedang dan panjang, kakinya proposional.

2. Bentuk kepala

Anjing Pomeranian mempunyai kepala yang seimbang dengan badanya. Moncongnya pendek, lurus, bibir tidak terlalu tipis dan temperamennya tidak agresif. Anjing ini mempunyai ekspresi waspada dan terlihat seperti serigala. Tengkoraknya tertutup dan pada bagian atasnya sedikit lebih bulat dan berbentuk kubah. Kupingnya kecil dan tegak.

3. Bentuk mata

Pada bola matanya berwarna hitam, berukuran sedang dan bentuknya seperti kacang almond. Letaknya di dalam tengkorak di kedua sisi dari stop. Warna pigmen hidung dan juga matanya hitam.

4. Bentuk gigi

Anjing Mini Pom mempunyai gigi seperti gigitan gunting. Giginya kadang ada yang keluar dari barisan, namun masih bisa diterima atau bisa dikonsultasikan dengan dokter hewan.

5. Bentuk leher

Leher pada anjing Pomeranian pendek dan terletak di dalam bahu dengan baik. Leher tersebut dapat mendongak kepala sehingga terlihat tinggi. Bagian belakangnya pendek dan tulang belakangnya lurus. Tulang iganya terletak dengan brisket menyentuk sikunya. Ekornya indah dan terletak lurus dengan badan yang kecil.

6. Forequarters

Pada bagian depan anjing, mulai dari bahu hingga kaki mempunyai bahu layback yang cukup untuk mengongak. Bahu dak kaki Pomeranian agak berotot dan panjang tulang bahu dengan lengan bagian atas sama. Kaki bagian depan lurus dan paralel satu sama lain. Tinggi dari siku ke withes sama dengan tinggi dari tanah ke siku. Kakinya kuat dan lurus, kecil dan padat.

7. Hindquarters

Ciri untuk bagian belakang Pomeranian dari bau hingga kaki yaitu seimbang dengan forequaters. Pantatnya tersembunyi dengan baik di bagian belakang ekornya. Pahanya berotot dengan lutut yang lentur. Pergelangan kaki Pomeranian lurus dengan tanah dan kakinya paralel satu sama lain. Kakinya kecil, padat dan tidak bengkok.

8. Gerakan

Anjing Mini Pom atau Pomeranian mempunyai gerakan yang mulus, bebas, seimbang dan juga penuh semangat. Anjing ini mempunyai jangkauan yang baik di bagian depan tubuhnya. Gerakanya kuat di bagian belakangnya. Kaki bagian belakang bergerak segaris dengan kaki bagian depan. Tulang belakangnya seimbang dengan gerakanya.

9. Bulu

Anjing Pomeranian mempunyai bulu tebal dan halus. Bulu bagian luarnya lurus, panjang dan bertekstur sedikit kasar. Bulu bagian dalamnya menahan dan memberikan kemudahan untuk menjaga bulu tetap berdiri dan mengembang dengan indah. Bulu Pomeranian lebat pada bagian lehernya. Pada bagian bahu dan dada bulunya membentuk jumbaian yang melewati  dada dan bahu.

Pada bagian kepala dan kaki, bulunya tersusun sangat ketat dan lebih pendek. Pada bagian tubuh, paha dan kaki bulunya sangat indah dan halus. Dan pada bagian ekor, bulunya oanjang, kasar dan menyebar dengan baik.

10. Warna

Anjing jenis Mini Pom mempunyai warna yang bervariasi. Warna bulu anjing ini bisa emas, mera, orange, putih, coklat, coklat muda dan sebagainya. Bahkan mempunyai warna campuran seperti totol-totol atau garis-garis. Biasanya warna tersebut menyebar ke bagian bulu anjing sehingga tampak sangat lucu dan menggemaskan.

Variasi Jenis Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Pomeranian mempunyai beberapa jenis tergantung pengelompokanya. Jenis anjing ini dikategorikan berdasarkan banyak hal, termasuk bentuk tubuh, bentuk bulu, warna dan sebagainya. Sehingga pada dasarnya anjing Pomeranian mempunyai karakteristik yang sama. Maka harus dilatih dengan baik oleh pemiliknya.

Jenis anjing Pomeranian adalah sebagai berikut.

1. Berdasarkan gendernya

Anjing jenis Pomeranian mempunyai dua jenis berdasarkan gendernya yaitu anjing Pomeranian jantan dan anjing Pomeranian betina. Sama seperti anjing lainya jantan dan betina tersebut akan menghasilkan anak anjing untuk mempertahankan keturunanya atau spesiesnya.

2. Berdasarkan warna bulu

Anjing Pomeranian mempunyai warna bulu yang beragam. Mulai dari anjing Pomeranian warna putih, warna coklat, warna merah, warna emas, warna krem, warna orange bahkan warna kombinasi seperti garis-garis dan totol-totol hitam.

3. Berdasarkan beratnya

Anjing Pomeranian mempunyai berat yang berbeda untuk Pomeranian peliharaan dan anjing Pomeranian untuk show. Anjing Pomeranian peliharaan mempunyai berat sekitar 1.4 sampai 3.2 kg, dan Pomeranian untuk show beratnya sekitar 1.8 sampai 2.7 kg.

4. Berdasarkan geraknya

Anjing Pomeranian dapat dibedakan berdasarkan gerak atau keaktifanya. Terdapat Pomeranian yang lincah, berani, protektif, dan loyal. Ada juga yang masih belajar untuk mengenali lingkunganya atau pemiliknya.

5. Berdasarkan ekornya

Anjing Pomeranian mempunyai ekor yang berbeda. Terdapat anjing dengan ekor yang tegak dan berbulu. Terdapat juga Pomeranian dengan ekor panjang dan berbulu. Ekor anjing Pomeranian ini seimbang dengan bentuk tubuhnya yang mungil dan kecil.

Anjing Mini Pom atau Pomeranian merupakan salah satu jenis anjing yang riuh atau bising terutama jika mereka mencurigai sesuatu. Anjing jenis ini mempunyai kelebihan yaitu kemampuanya yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cepat baik secara mental maupun fisik. Saat berjalan, Pomeranian terlihat sangat cantik dan lucu dan dapat dijadikan sebagai alarm dog.

Anjing trah Pomeranian memang bertubuh kecil dan moncongnya pendek, namun anjing ini termasuk anjing toy yang aktif dan lincah. Ekornya sangat indah dan berdiri tinggi, lurus dan menghadap ke kepala. Anjing Pomeranian dapat menunjukan intelegensi yang tinggi, sehingga mereka dapat menunjukan apa yang mereka inginkan dengan cara yang dapat dimengerti oleh majikanya.

Cara Merawat Anjing Mini Pom Dewasa

Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Pomeranian memang mempunyai karakteristik yang unik dan khusus. Mulai dari bentuk tubuh hingga bulunya yang tebal dan halus. Sehingga diperlukan perawatan secara baik dan khusus untuk anjing jenis ini. Perawatan anjing Pomeranian atau Mini Pom dilakukan secara rutin dan setiap hari terutama untuk kebersihan tubuh dan kandang mereka.

Perawatan anjing Pomeranian yang dewasa dengan yang masih anak-anak memang sedikit berbeda. Namun untuk perawatan secara rutin memang sama, yaitu sebagai berikut.

1. Perawatan area bulu

Anjing Pomeranian mempunyai bulu yang panjang dan tebal sehingga harus dibersihkan setiap hari dengan cara disisir. Anda dapat menyisirnya dari kepala dan memisahkan bulu ke arah depan. Bulu yang jatuh dipisahkan. Gunakan dry shampoo saat mandi agar bulu tetap sehat dan bersih.

2. Perawatan area mata

Mandikan anjing Pomeranian secara teratur dengan menggunakan dry shampoo, dan bersihkan area mata setiap hari untuk menghindari adanya noda air mata atau kotoran yang menempel di sekitar mata Pomeranian.

3. Perawatan telinga

Telinga Pomeranian harus diperhatikan dengan baik. Karena telingan Pomeranian mempunyai banyak bulu hingga dua lapis sehingga membuat kotoran dan debu banyak menempel dan menumpuk di sela telinga. Bersihkan telinga dengan menggunakan cotton swab yang dicelupkan dalam cairan pembersih non alkohol. Jangan masukan cotton tip dalam telinga karena akan merusak telinga.

4. Perawatan kuku

Potong kuku anjing secara rutin dengan mengangkat telapk kaki dari belakang dan menekukan sendinya. Saat memotong, sisakan sepanjang 5 mm untuk melindungi bagian dalam kuku. Anda dapat menggunakan alat potong kuku anjing khusus yang dibeli di toko hewan terdekat.

5. Perawatan rambut

Anjing Pomeranian mempunyai rambut yang lebat dan panjang sehingga debu banyak yang menempel dan bersarang di rambut Pomeranian tersebut. Anda harus menyisir rambut Pomeranian minimal 2 kali dalam sehari untuk rambut tidak mengikat dan kotor.

6. Perawatan gigi

Anjing Mini Pom harus sering diperhatikan giginya. Anda dapat membersihkan gigi dari kotoran untuk mencegah infeksi dari bakteri yang dapat membuat fatal. Anda dapat menggunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk anjing. Biasanya anjing akan menolaknya,  sehingga saat menyikat, jangan terlalu keras karena gusi anjing sangat sensitif.

7. Memandikan anjing

Saat memandikan anjing juga harus dilakukan di bak mandi khusus. Menggunakan wadah air dan diisikan dengan air hangat, lalu rendam anjing seperbagian tubuhnya. Anda dapat menggunakan cangkir untuk menuangkan air perlahan ke tubuh anjing. Jangan sampai air masuk ke dalam telinga dan hindari area mata.

8. Makanan

Asupan makanan juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan anjing Pomeranian yang sudah dewasa. Anjing Mini Pom dapat diberikan makanan satu hingga tiga kali dalam sehari. Makanan yang diberikan mempunyai gizi dan nutrsi yang baik dan makanan tersebut lunak atau bisa direndam dahulu untuk memudahkan proses mengunyah.

Perawatan untuk anjing Pomeranian dewasa ini cukup mudah dan cenderung memang perawatan sehari-hari atau rutinitas. Karena anjing yang sudah dewasa sudah terbiasa dengan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh atau kandangnya. Sehingga yang perlu diperhatikan hanya rutinitas yang baik dan tidak boleh bosan untuk melakukan perawatan tersebut untuk anjing Anda.

Cara Merawat Anak Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Untuk merawat anak anjing Pomeranian memang harus dilakukan secara khusus. Karena anak anjing mempunyai sifat sangat sensitif dibandingkan dengan anjing yang sudah dewasa. Anak anjing masih harus menyesuaikan dengan lingkunganya sehingga Anda harus memperhatikan anak anjing dengan baik.

Anak anjing harus dilakukan beberapa perawatan khusus, terutama untuk perawatan sehari-hari. Anak anjing juga harus diberikan waktu lebih banyak untuk melatih daya tangkap dan kepekaan mereka terhadap lingkungan sekitar. Perawatan untuk anak anjing Mini Pom ini dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

Perhatikan kandang untuk anak Pomeranian

Pertama, pastikan kandang untuk anak Pomeranian bersih dan kering. Karena kandang menjadi hal utama dalam menjaga anjing dari penyakit dan kuman yang ada di sekitar.

1. Makanan

Untuk makanan anak anjing harus mempunyai nutrisi dan gizi yang cukup. Karena pada usia tersebut sedang mengalami masa pertumbuhan sehingga makanan harus diperhatikan dengan baik. Hindari makanan yang mengandung pewarna yang berbahaya dan berikan air minum yang cukup.

2. Memandikan anjing

Sama halnya dengan anjing dewasa, anak anjing juga harus rutin dimandikan dengan baik dan hati-hati. Gunakan air hangat dalam bak atau tampat mandi dan rendam bagian tubuh anak anjing, gosok perlahan pada bagian tubuh menggunakan sabun khusus dan sry shampoo.

3. Perawatan bulu

Anak Pomeranian mempunyai bulu yang masih tumbuh dan belum panjang sehingga harus dibersihkan setiap hari dan diberikan shampoo khusus agar bulu cepat tumbuh dan panjang dengan baik. Gunakan dry shampoo saat mandi agar bulu tetap sehat dan bersih.

4. Perawatan mata

Mandikan anak Pomeranian secara teratur dengan menggunakan dry shampoo, dan bersihkan area mata setiap hari untuk menghindari adanya noda air mata atau kotoran yang menempel di sekitar mata.

5. Perawatan telinga

Telinga anak Pomeranian harus diperhatikan dengan baik. Bersihkan telinga dengan menggunakan cotton swab yang dicelupkan dalam cairan pembersih non alkohol. Jangan masukan cotton tip dalam telinga karena akan merusak telinga.

6. Perawatan kuku

Potong kuku anjing secara rutin untuk anak anjing Pomeranian. Saat memotong, sisakan sepanjang 5 mm untuk melindungi bagian dalam kuku. Anda dapat menggunakan alat potong kuku anjing khusus yang dibeli di toko hewan terdekat..

7. Perawatan gigi

Anak Pomeranian harus sering diperhatikan giginya. Pada usia kecil memang gigi masih belum tumbuh banyak, namun dengan perawatan yang baik dan rutin dapat merangsang tumbuhnya gigi yang kuat dan sehat. Anda dapat membersihkan gigi dari kotoran untuk mencegah infeksi dari bakteri yang dapat membuat fatal. Anda dapat menggunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk anjing.

8. Training

Selain perawatan yang berkaitan dengan kesehatan tubuh atau fisik, perawatan mengenai mental anjing juga sangat diperlukan. Sehingga anjing harus dilatih atau training. Anjing Pomeranian mempunyai sifat aktif dan lincah, sehingga harus dilatih setiap hari dan rutin agar anjing kuat dan tidak lesu.

Anda dapat mengajaknya bermain dan jalan-jalan, dan melatih anjing untuk buang air di luar rumah. Anda dapat melakukan training ini pada usia anjing sekitar 2 sampai 3 bulan. Agar anjing sudah terbiasa dengan aktivitas sehari-harinya.

Perawatan untuk anak anjing ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih anjing Pomeranian menjadi anjing yang bersih dan sehat. Serta melatih keseharian anjing agar tidak merusak atau membuat kotor lingkunganya. Sebagai anjing peliharaan, Pomeranian harus berbeda dengan anjing lainya ataupun anjing liar dari segi kebersihan maupun aktivitasnya.

Cara Mengawinkan Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Dalam upaya mempertahakan keturunanya, anjing Pomeranian juga melakukan proses kawin. Prose kawin anjing Mini Pom ini umumnya sama dengan anjing jenis lainya. Karena pada dasarnya anjing jantan sudah mempunyai naluri untuk kawin. Namun jika tidak dibantu oleh manusia, seringkali terjadi hal yang tidak diinginkan seperti anjing betina menggigit anjing jantan hingga mati dan sebagainya.

Oleh karena itu, untuk membantu anjing jantan melakukan proses kawin. Maka diperlukan cara kawin dengan bantuan manusia untuk membantu anjing jantan naik dan mendekatkan alat kelaminya ke alat kelamin betina. Untuk mencegah anjing betina menggigit anjing jantan dapat dilakukan dengan mengikat bulu anjing betina saat kawin.

Prose kawin anjing dengan bantuan manusia ini dapat dilakukan dengan cara berikut.

  1. Ikat mulut anjing betina sebelum proses kawin dilakukan, dengan tujuan agar tidak menggigit anjing jantan saat kawin berlangsung.
  2. Pegang anjing betina dengan baik untuk memudahkan jantan memasukan testisnya ke vagina betina. Lubang kelamin betina ada 2, maka harus diarahkan ke posisi lubang atas yaitu rahim betina.
  3. Buka kelamin harus benar agar anjing testis jantan bisa masuk dan merangsang anjing jantan dengan nalurinya sendiri.
  4. Anjing jantan biasanya mempunyai naluri sendiri untuk melakukan proses kawin jika sudah didekatkan dengan alat kelamin anjing betina.
  5. Jika anjing jantan belum mempunyai naluri kawin, anjing jantan pada posisi yang benar agar cepat masuk ke betina.
  6. Bantu anjing jantan untuk naik ke punggung anjing betina, pegang buntut jantan sebelum naik ke betina.
  7. Saat anjing jantan naik ke anjing batina, cek apakah testis jantan berhasil pada posisi yang benar dan testis jantan membesar dan mengunci.
  8. Saat sudah mengunci, proses kawin biasanya selama 5 sampai 25 menit sampai anjing jantan menyemprotkan sperma ke betina maka proses kawin sudah berhasil.
  9. Setelah lepas, angkat kaki belakang anjing betina supaya sperma dari anjing jantan tidak ada yang terbuang atau masuk semua ke anjing betina.
  10. Anjing Betina akan mengalami masa kehamilan selama 60 sampai 68 hari. Perhatikan kandang dan makanan anjing betina yang hamil.

Pakan Terbaik Untuk Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Makanan untuk anjing jenis Mini Pom harus diperhatikan dengan baik. Karena asupan makanan akan berdampak pada pertumbuhan anjing tersebut. Pastikan bahwa makanan yang diberikan mempunyai nutrisi dan gizi yang cukup untuk pertumbuhan anjing jenis ini. Makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan anjing mengalami gangguan pada kesehatanya.

Bahkan selama kehamilan, asupan makanan untuk jenis Pomeraniane juga harus diperhatikan. Karena makanan akan berpengaruh pada anak atau bayi Pomeraniantersebut. Pada usia kehamilan diatas 50 hari asupan vitamin harus dikurangi karena untuk memudahkan proses melahirkan. Hindari makanan yang mengandung pewarna makanan karena hal tersebut dapat membuat pertumbuhan Pomeranian menjadi tidak sehat dan terganggu.

Makanan terbaik untuk jenis anjing Mini Pom atau Pomeranian ini harus mengandung konsep nutrisi berikut ini.

1. Mengandung borage oil

Kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga keindahan rambut anjing Pomeranian agar tetap berkilau serta dapat menjaga kesehatan kulit anjing Pomeranian.

2. Mengandung biotin, asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6

Makanan khusus untuk anjing jenis Mini Pom ini dibuat secara khusus untuk mendukung bulu putih yang tumbuh dengan bersih, terang dan lembut. Serta untuk mengurangi bau dan juga jumlah feses. Sehingga Mini Pom tetap dalam kondisi baik dan bergerak aktif setiap hari.

3. Mengandung Sodium Polyphospate

Kandungan zat ini dapat merangsang kekuatan gigi saat mengunyah makanan sehingga makanan dapat dicerna dengan baik dan menghambat pembentukan karang gigi pada anjing Pomeranian atau Mini Pom. Nutrisi tersebut juga dapat melindungi kesehatan gigi untuk anak anjing Pomeranian.

Makanan yang mengandung nutrisi tersebut sangat baik untuk anjing Mini Pom. Karena anjing ini mempunyai karakteristik yang sangat aktif dan lincah sehingga asupan nutris dari makanan harus cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika terjadi masalah mengenai nafsu makan jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter hewan.

Perawatan Kandang Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Pomeranian tidak boleh dibiarkan begitu saja terutama untuk masalah kandang atau tempat tinggalnya. Anda harus menyiapkan tempat tinggal yang layak dan cocok untuk tidur, makan dan bermain. Kandang harus sesuai dengan ukuran anjing Pomeranian dengan sirkulasi udara yang baik dan cukup.

Kandang harus tetap kering dan jauh dari penyakit atau kuman, agar anjing juga terhindar dari penyakit yang berbahaya. Sebagai majikan, Anda harus bisa melatih anjing dengan baik dimulai dari tempat tinggal yang bersih dan asupan makanan yang tepat. Sehingga Anda harus bisa meluangkan waktu untuk bermain dengan anjing Anda dan mengajaknya bermain dan jalan-jalan.

Perawatan kandang untuk anjing jenis Pomeranian atau Mini Pom adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan kandang dari sinar matahari dan hujan agar kandang tetap nyaman untuk ditempati. Biasanya kandang terbuka mempunyai perbandingan 30 : 70.
  2. Bersihkan ruangan tidur anjing agar tetap kering dan bersih.
  3. Bersihkan tempat bermain anjing dari berbagai kotoran atau sisa makanan.
  4. Bersihkan tempat pup dan tempat makan anjing dari makanan sisa, dan buang sisa makanan yang ada dapat tempat makan tersebut.
  5. Perhatikan bagian untuk berteduh anjing, pastikan memperoleh sinar matahari pagi yang cukup dan terhindari dari panas matahari ketika sore.
  6. Bersihkan kandang dari jamur, lumut dan tumbuhan kecil lainya yang tumbuh di sekitar kandang.
  7. Bersihkan lantai dari genangan air, pastikan lantai menggunakan semen atau paving block agar tidak terjadi genangan saat musim hujan.
  8. Pastikan sirkulasi udara dalam kandang cukup dan sehat agar anjing tidak mengalami sesak atau kesulitan dalam bernafas.

Perawatan kandang adalah salah satu yang harus dilakukan untuk mempertahakan stambum anjing Pomeranian. Stambum adalah silsilah keturunan anjing Mini Pom atau Pomeranian tersebut. Sehingga anjing tersebut dapat diketahui asal usulnya termasuk riwayat vaksin, dan sebagainya.

Stambum dikeluarkan oleh lembaga resmi yaitu Perkin atau Perkumpulan Kinologi Indonesia. Sehingga jika Anda membeli anjing jenis Pomeranian atau sebagainya jangan lupa untuk menanyakan keterangan mengenai stambum tersebut.

Sejarah/Asal Usul Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Sejarah anjing Pomeranian ini berawal dari nenek moyang dari Pomeranian adalah anjing penggembala domba di Eropa yang mempunyai tubuh lebih besar. Tokoh penting yang ada dalam sejarah Eropa pernah memelihara anjing jenis Pomeranian yaitu Michelangelo, Isaac Newton, dan Mozart.

Orang yang pertama membawa anjing jenis Pomeranian ke Inggris adalahCharlotte, istri Pangeran George III, yang terjadi pada tahun 1761. Dari pasangan tersebut mempunyai cucu yang bernama Ratu Victoria. Ratu Victoria mengembangkan 15 ras anjing yang berbeda selama masa hidupnya. Ratu Victoria juga membeli seekor anjing Pomeranian berwarna hitam merah dengan ukuran mini pertama pada tahun 1888 di Italia.

Ratu Victoria membawa anjing Pomeranian ini tersebut ke Inggris. Anjing tersebut mempunyai nama Marco dan merupakan awal dari perkembangan anjing jenis Pomeranian mini. Marco berhasil memenangkan banyak kontes anjing bersama pemiliknya, Ratu Victoria. Ia juga mempunyai tiga anjing Pomeranian lain yang dibeli di Florence pada tahun 1888 juga.

Dari sejarah tersebut akhirnya anjing jenis Pomeranian atau Mini Pom mulai banyak berkembang. Dan hingga saat ini anjing Pomeranian mulai menyebar di berbagai dunia dan menjadi anjing peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Anjing Pomeranian juga menjadi anjing show yang pintar.

Harga Anjing Mini Pom di Pasaran

Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing Pomeranian memang termasuk jenis anjing yang cerdas dan pintar. Pomeranian dapat mengenali majikanya dengan baik dan mampu beradaptasi dengan lingkunganya. Sehingga tidak heran jika harga anjing jenis ini tergolong cukup mahal. Harga anjing Mini Pom di pasaran adalah sebagai berikut.

No.JenisUmur atau UsiaKarakteristik AnjingHarga
1.Mini Pom betina6 bulan–        Poodle betina

–        Sudah divaksin

–        Suka bermain dan lincah

–        Bulu panjang dan lembut

–        Sudah stambum

Rp. 2.500.000
2.Mini Pom jantan6 bulan–        Sudah divaksin

–        Sehat dan bersih

–        Bebas kutu, bebas cacing

–        Bulu halus, dan gembul

–        Tidak jorok dan terawat dengan baik

–        Sudah stambum

Rp. 2.800.000
3.Mini Pom jantan1 bulan–        Tubuh gemuk dan sehat

–        Belum stambum

–        Bulu putih dan bersih

–        Lucu dan mungil

Rp. 2.000.000
4.Mini Pom jantan3 bulan–        Bulu putih dan bersih

–        Gerak lincah, aktif, pintar dan suka bermain

–        Nafsu makan baik dan lahap

–        Pup sudah terlatih

–        Sudah divaksin dan sudah stambum

Rp. 3.000.000
5.Mini Pom jantan4 bulan–        Bulu broken white bersih dan panjang

–        Sudah vaksin dan sudah stambum

–        Nafsu makan baik dan sehat

–        Gerakan lincah dan suka bermain

–        Tubuh mungil dan bulu panjang

–        Tidak berkutu dan berjamur

Rp. 3.000.000
6.Mini Pom betina3 bulan–        Bulu putih dan bersih

–        Lucu dan menggemaskan

–        Sudah di obat cacing

–        Gerak lincah dan aktif

–        Sehat, bebas kutu dan bebas masalah kulit.

–        Stambum sedang proses

Rp. 3.000.000
7.Mini Pom betina3 bulan–        Bulu coklat

–        Tubuh sehat dan terawat dengan baik

–        Nafsu makan lahap dan baik

–        Sudah divaksin

–        Stambum sedang proses

–        Sehat, bebas cacing, bebas kutu dan bebas masalah kulit

–        Body short dan moncong pesek

Rp. 6.500.000

Anjing Mini Pom mempunyai karakteristik atau ciri khas yang tidak dimiliki oleh anjing lainya. Dengan bentuk tubuh yang mungil serta kepala seperti serigala membuat anjing ini banyak disukai semua orang. Tubuhnya berukuran 20 sampai 28 cm saja dengan kepala bulat dan tengkorak pendek. Anjing Pomeranian menjadi salah satu anjing peliharaan hingga saat ini termasuk di Indonesia.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Anjing Mini Pom

Leave a Reply