ANJING LAUT : Cara Merawat, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

Anjing Laut – Siapa yang tidak mengenal anjing laut? Hewan yang lucu dan unik ini tidak seperti anjing yang hidup di darat. Sama halnya dengan namanya yakni anjing laut, maka Anda hanya akan menemukan binatang unik ini di laut. Seperti apakah keunikan anjing laut dan apa yang membedakannya dengan anjing pada umumnya? Serta bagaimanakah cara perawatan anjing laut itu sendiri?

Apa itu Anjing Laut?

Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing adalah salah satu ras terdekat dari anjing laut. Menurut sebuah penelitian, hanya 3% mamalia yang memiliki hubungan erat dengan anjing laut. Anjing laut dan singa laut (pinniped) adalah hewan jenis anjing yang lebih dekat dengan beruang daripada anjing pada umumnya.

Anjing laut dan singa laut adalah bagian dari kelompok Caniformia, yang berarti “seperti anjing.” Tapi kemudian adapula anjing laut lainnya yang hidup bersama dengan beruang dan memiliki habitatnya sendiri. Anjing laut yang berkumpul dengan beruang ini sangat erat hubungannya dan sulit untuk dilepaskan.

Ya, ada sebagian anjing laut yang sebenarnya lebih dekat hubungannya dengan beruang daripada dengan anjing yang sering dipelihara oleh manusia, apalagi manusia. Anjing laut ini memiliki tubuh ramping dan empat anggota badan yang dimodifikasi menjadi sirip.

Meskipun anjing laut ini cara renangnya tidak secepat anjing laut, namun anjing laut lebih fleksibel dan gesit. Kegesitan mereka dikarenakan anjing laut memiliki lapisan lemak di bawah kulit untuk tetap hangat di air dingin.

Ciri-ciri Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing laut adalah mamalia yang hidup di laut dan dapat ditemukan di berbagai iklim di seluruh dunia. Meskipun anjing laut ini sering dikaitkan dengan daerah kutub, namun sebenarnya anjing laut dapat hidup di dekat pantai tropis dan di berbagai iklim lainnya.

Dengan lebih dari tiga puluh varietas, anjing laut adalah mamalia yang sangat cerdas dan dapat bertahan di bawah air hingga dua jam. Beberapajenis spesies anjing laut bahkan telah dilatih untuk tujuan hiburan dan melakukan trik di sirkus.

Anjing laut memiliki ciri-ciri atau karakteristik fisik yang unikdi antaranya adalah :

1. Memiliki aliran darah yang panas

Seperti mamalia lain, meski anjing laut hidup di bawah laut, namun jika aliran darahnya disentuh, rasanya tetap panas.

2. Memiliki sirip yang besar

Anjing laut sangat pandai dalam berenang dan menyelam karena anjing laut memiliki sirip besar, bukan lengan atau kaki. Sirip besar inilah yang membuat anjing laut mampu bertahan lama menyelam di air laut.

3. Memiliki bulu yang tebal dan berlapis-lapis

Untuk menahan suhu beku, tubuh anjing laut tertutupi oleh bulu yangsangat tebal,licin dan tahan air. Bulu anjing laut ini sangat tebal hingga  berlapis-lapis namun  tidak halus. Bulu yang tebal ini terdiri dari lemak padat  menutupi  fisik yang tebal.

4. Mempunyai sirip yang besar

Anjing laut memiliki sirip yang besar, sirip itulah yangmembuat anjing laut mampu berenangdengan cepat melalui air dan berburu ikan.

5. Bisa berjalan di bawah air

Anjing laut telah beradaptasi untuk menyimpan oksigen dalam jumlah besar di otot mereka. Simpanan oksigen inilah yang membuat binatang satu ini bisa bertahan di bawah air untuk periode waktu yang jauh lebih lama daripada mamalia lain.

Jenis Anjing Laut Terunik di Dunia

Anjing Laut

Anjing Laut

1. Grey Seal

Grey Seal adalah salah satu jenis anjing laut yang banyak orang lihat di gambar-gambar hewan. Grey seal ini banyak ditemukan di sepanjang Samudra Atlantik Utara. Sekitar setengah populasi grey seal banyak ditemukan di sekitar pantai Inggris.

Anjing laut dan induk anjing jenis ini unik karena memiliki ikatan yang kuat sejak lahir. Para induknya mengenali anak anjing mereka dengan hanya dari aroma anaknya.

2. Southern Elephant Seal

Southern Elephant Seal atau anjing laut gajah adalah anjing laut yang terbesar dari semua jenis anjing laut yang ada di dunia. Bahkan untuk anjing laut gajah selatan yang jantan bisa memiliki n berat hingga 4000 kg dan panjang hingga 600 meter.

Anjing laut jenis ini sangat unik ketika  menghadapi dehidrasi karena ginjalnya dapat menghasilkan urin pekat yang mengandung lebih banyak kotoran dan lebih sedikit air di setiap tetesnya. Namun  setelah mereka minum dan tidak terhidrasi, mereka kembali ke buang air kecil dengan jumlah air urin yang standar

3. Weddell Seal

Anjing laut Weddell hidup paling selatan dari mamalia mana pun, anjing laut ini dinamakan Wedel karena ditemukan oleh James Weddell. Anjing laut ini terkenal sebagai penyelam yang sangat baik, anjing laut Weddell dapat bertahan di bawah air hingga 80 menit.

Anjing laut jenis ini berenang dan bergerak dalam kelompok-kelompok kecil, dan biasanya berkumpul di sekitar celah air dan lubang es.

4. Hawaiian Monk Seal

Anjing laut dari Hawai ini adalah jenis anjing laut yang sangat unik dan terancam punah. Anjing laut Hawaii memiliki keunikan karena mereka hidup di iklim tropis. Kebanyakan anjing laut lebih menyukai air yang dingin.

Anjing laut  Hawaii tidak memiliki telinga luar dan mereka tidak dapat memutar sirip belakangnya di bawah tubuh mereka.

Variasi Jenis Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing laut adalah salah satu dari 32 spesies mamalia air yang hidup di laut dingin. Anjing laut memiliki bentuk tubuh yang bulat di tengah dan meruncing di ujung.  Berikut ini adalah beberapa jenis anjing laut yang ada di dunia :

1. Anjing laut asli

Ada 18 spesies anjing laut yang asli atau masih original. Anjing laut yang dikatakan masih asli adalah binatang yang hidup tanpa telinga.

2. Anjing laut macan tutul

Anjing laut macan tutul atau leopard seal adalah jenis anjing laut terbesar dari semua jenis anjing laut yang hidup di luar sana.

3. Harp Seal

Harp seal atau anjing laut harpa adalah salah satu jenis anjing laut yang memiliki banyak bulu putih di tubuhnya. Binatang satu ini juga dapat menampilkan area tubuhnya yang berwarna cokelat muda dan bahkan beberapa ada yang hitam jika dibutuhkan.

4. Harbor Seal

Harbour seal adalah anjing laut yang bentuk tubuhnya cukup kecil jika dibandingkan dengan banyak spesies anjing laut lainnya di luar sana.

5. Northern Elephant Sea

Anjing laut Gajah Utara adalah anjing laut yang memiliki bentuk seperti gajah namun ukurannya jauh lebih kecil daripada jenis anjing laut gajah lainnya di bagian selatan dunia.

6. Mediterranean Monk Seal

Anjing laut jenis mediterranean monk ini adalah anjing laut  yang memiliki rambut hitam gelap untuk yang jantan sementara betinanya memiliki rambut berwarna coklat gelap.

Jenis Anjing Laut yang Hidup di Benua Antartika

Anjing Laut

Anjing Laut

Ada  beberapa jenis anjing laut yang hidup di benua Antartika di antaranya adalah :

 1. Anjing laut Ross

Anjing laut Ross menempati area terpencil di Antartika, dan memiliki beberapa karakteristik fisik yang membuatnya menonjol dari spesies anjing laut lainnya. Sebagai contoh, anjing laut Ross memiliki bola mata yang besar, moncong yang ujungnya tumpul dan bulu yang sangat pendek.

2. Seal Leopard

Bulu hitam dengan bintik-bintik yang sama dengan macan tutul inilah yang menginspirasi nama anjing laut ini. Penguin adalah sumber makanan utama anjing laut jenis ini. Anjing laut ini tumbuh tanpa telinga dan memiliki kepala besar dengan panjang tubuh hingga tumbuh 3,5 meter.

3. Anjing laut Crabeater

Mudah diasumsikan bahwa anjing laut Crabeater sebagian besar hidup dengan kepiting, tetapi pilihan makan mereka yang paling sering sebenarnya adalah krill. Sama seperti anjing laut Weddell, jenis betina dari spesies ini umumnya melahirkan hanya satu anak per tahun. Anjing laut Crabeater dapat hidup hingga 40 tahun, dan sering kali beratnya mencapai 227 kg.

Cara Merawat Anjing Laut Dewasa

Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing laut pada umumnya hidup di perairan samudra Arktik yang dingin atau di lepas pantai Antartika. Beberapa anjing laut membuat gua-gua di salju untuk ditinggali. Jika Anda ingin merawat anjing laut, maka Anda harus menyiapkan kandangnya dengan sebaik mungkin dan pastikan memiliki tingkat kedinginan yang sama dengan habitat aslinya.

Kandang atau akuarium anjing laut setidaknya harus dikeringkan seminggu sekali dan digosok bersih. Membersihkan akuarium setiap minggunya sangat penting untuk menjaga kesehatan anjing laut. Pembersihan akuarium juga mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri.

Pastikan akuarium disuplai dengan aliran air asin yang terus menerus dari  sistem. Anjing laut harus diberikan perawatan selama 365 hari atau setahun dengan baik. Anjing laut ini harus diperiksa secara rutin untuk setiap kelainan yang ia miliki dan jika diperlukan panggilah staf dokter hewan untuk pemeriksaan rutin.

Di setiap bulannya pemilik juga harus mengambil sampel darah setiap beberapa bulan dan dikirim ke dokter hewan untuk diproses dan memastikan anjing laut sehat. Anjing laut juga perlu diberi makan sekali sehari di musim dingin dan 2-3 kali sehari selama musim panas.

Pemilik juga perlu mencatat berat badan anjing laut setiap minggunya. Catatan mengenai berat badan ini sangat diperlukan untuk menyesuaikan makanan apa yang perlu pemilik berikan. Anjing laut umumnya memangsa ikan, tetapi mereka juga akan memakan belut, cumi, gurita, dan lobster.

Cara Merawat Anak Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing Laut

Untuk Anda yang ingin merawat anak anjing laut, pastikan Anda tidak memisahkannya dari sang induk. Anak anjing laut masih membutuhkan susu dari sang induk. Ya, anak-anak anjing laut diberi susu dari tubuh ibu selama bulan pertama kehidupannya.

Proses penyusuan inilah yang menambah berat badan sang anak. Proses penyusuan ini memang melelahkan bagi induk karena sang induk bisa kehilangan massa tubuh selama proses pemberian makan melalui susu.

Mengapa sang anak tidak bisa dipisahkan dari ibunya? Karena susu yang dihasilkan induknya sangat kaya lemak sehingga anak-anak anjing bisa mengembangkan lapisan lemak yang mereka butuhkan agar tetap hangat.

Anak anjing dapat bertahan hidup dengan makanan yang diberikan selama dua minggu penuh. Jika anak anjing sudah tidak bergantung pada induknya, maka Anda bisa memberinya makan berupa ikan, kerang atau cumi-cumi.

Pastikan Anda memberikan sang anak anjing tempat yang nyaman sesuai dengan habitat aslinya. Sama halnya dengan merawat anjing laut dewasa, Anda sebagai pemilik juga perlu mengontrolnya ke dokter hewan secara rutin.

Cara Mengawinkan Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing Laut

Seperti mamalia lainnya, anjing laut saling bersaing selama musim kawin.Anjing laut jantan tidak makan selama musim kawin, yang dapat berlangsung hingga sembilan puluh hari.Demikian pula, saat menyusui, anjing laut betina tidak makan dan tubuh mereka ditopang oleh cadangan lemak.

Musim kawin anjing laut sendiri berlangsung antara Juni dan Agustus, dengan kelahiran biasanya terjadi antara Maret dan Juni. Waktu kehamilan rata-rata adalah sembilan bulan. Selama 5 hingga 6 minggu pertama kehidupan bayi baru lahir, sang ibu sibuk mengasuh anaknya dengan aman sehingga dia tidak akan makan.

Ketika musim kawin anjing laut jantanakan mulai bersaing agar betina tertarik. Jika anjing laut jantan menghasilkan lebih banyak hormon selama periode waktu kawin maka anjing laut betina akan tertarik kawin dengan jantan.

Betina akan mengembangkan telur yang dilindungi di dalam rahim oleh cairan. Betina juga akan menghasilkan lebih banyak hormonnya dan sebagai hasilnya dia akan tertarik pada pria yang ada di sekitarnya.

Namun anjing laut jantan tidak kawin dengan hanya satu perempuan. Sebaliknya, mereka akan kawin dengan sebanyak mungkin yang mereka mau.Sementara bagi anjing laut betina, butuh waktu hingga sembilan bulan bagi anak anjing untuk berkembang sepenuhnya dan kemudian dilahirkan.

Ketika anak anjing akan lahir, betina akan kembali ke tempat berkembang biak.Proses reproduksi untuk anjing laut terjadi baik di darat atau di dalam air. Jadi jika ingin mengawinkan anjing laut, pastikan si jantan memiliki penampilan yang menarik dan mengeluarkan hormon yang banyak untuk menarik perhatian betina agar mau dikawinkan.

Habitat Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing laut dapat ditemukan dari daerah dingin Antartika ke daerah yang sangat hangat dan cerah. Mayoritas dari anjing laut dapat ditemukan di Benua Antartika yang memiliki suhu sangat dingin. Anjing laut mampu bertahan dari suhu rendah dan di daerah yang bersalju karena lapisan lemak yang mereka miliki di tubuhnya.

Meskipun banyak anjing laut hidup di daerah Antartika, namun ada beberapa pula anjing laut yang ditemukan di pantai tropis di seluruh dunia. Pemanasan global telah memiliki efek buruk pada populasi anjing laut.

Penangkapan ikan yang berlebihan juga berdampak pada anjing laut, yang mungkin bermigrasi ratusan mil untuk mendapatkan kepiting, kerang, dan makanan pokok lainnya. Anjing laut tumbuh subur di mana ada arus dingin dan habitat pilihannya sebagian besar ditentukan oleh arus tersebut.

Anjing laut sendiri lebih suka hidup di lingkungan air asin dan lebih suka pantai. Kemudian untuk anjing laut yang tinggal di daerah dengan cuaca lebih hangat, mereka tidak memiliki banyak lemak karena tidak dibutuhkan.

Oleh sebab itulah mengapa anjing laut yang tinggal di daerah dingin memiliki ukuran yang lebih berat. Anjing laut yang tinggal di cuaca dingin perlu makan lebih banyak untuk menjaga lapisan lemak tetap menempel pada tubuh mereka.

Anjing laut yang tinggal di daerah dingin inilah yang paling terancam karena habitat alami mereka memiliki sedikit makanan. Jika anjing laut kesulitan mencari makanan di habitat alaminya, maka mereka akan bermigrasi ke daerah lainnya.

Pakan Terbaik untuk Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing laut menggunakan sirip mereka untuk berkeliling di air dengan mudah jika sedang berburu mangsanya. Anjing laut dapat menyelam sangat jauh ke dalam air juga ketika mereka butuh untuk mencari makanan.

Beberapa jenis anjing laut bahkandapat menyelam hingga 900 meter. Ya, anjing laut banyak mengkonsumsi makanan setiap hari. Umumnya anjing laut akan mengkonsumsi hingga 5% dari keseluruhan berat badannya.

Anjing laut tidak meluangkan waktu untuk mengunyah makanan mereka meskipun mereka memiliki gigi yang tajam. Ketika mereka mengkonsumsi jenis sumber makanan yang cukup kecil, mereka hanya akan menelannya.

Jika anjing lautmengejar sesuatu yang besar, mereka akan merobeknya menjadi potongan-potongan besar. Anjing laut jugamemiliki geraham belakang yang sangat kuat untuk menghancurkan apa yang mereka butuhkan danmembuatnya cukup kecil untuk ditelan.

Sumber makanan utama anjing laut adalah ikan tetapi mereka juga bisa mengkonsumsi hampir semua jenis daging yang bisa didapatkan di air. Jenis makanan yang umumnya dinikmati adalah :

  1.  Cumi-cumi
  2. Gurita
  3.  Kerang

Anjing laut yang tinggal di daerah kutub juga dapat memakan penguin, burung laut, kepiting, dan moluska lainnya.

Perawatan Kandang Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing Laut

Anda yang ingin merawat kandang atau akuarium anjing laut, maka perhatikan beberapa tipsnya di bawah ini :

  1. Pertama-tama cuci tangan Anda, pastikan untuk membilas semua bagian dalam akuarium disikat dengan sabun secara seksama dan Anda harus  menjangkau semuanya bagian yang ada dalam tangki.
  2. Bersihkan semua dekorasi di dalam akuarium dengan menggunakan air biasa. Ambil batu besar, tanaman buatan, dan dekorasi lainnya dari akuarium dan bawa ke wastafel Anda. Bersihkan dekorasi yang Anda miliki dengan mengalirkan air di atasnya dan gosok dengan lembut.
  3. Pastikan Anda perlu mengecekdan merawatpula filter akuarium AndaMinimal Anda harus memeriksa aliran filter setiap minggu. Pastikan filter mengalir sebagaimana mestinya dan tidak berkurang.
  4. Perhatikan pula aliran air yang mengalir dengan memegangalirannya menggunakan tangan Anda dan rasakan seberapa kuat alirannya.
  5. Bersihkan kerikil yang masuk dan serpihan kotoran  di dalam filter untuk memastikan air dapat dengan mudah mengalir ke filter
  6. Anda juga harus memeriksa bagian luar tabung apakah ada tanda-tanda kebocoran seperti tetesan atau tanda air.
  7. Pastikan akuarium disuplai dengan aliran air asin karena anjing laut hidup di air asin.

Sejarah/Asal Usul Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing laut telah berada di bumi selama lebih dari 15 juta tahun. Ada beberapa sejarah yang ditemukan menunjukkan bahwa anjing laut ini dahulunya adalah hewan darat. Namun, seiring waktu anjing ini berubah dan memiliki sirip sehingga akhirnya anjing lautbisa bertahan hidup terutama di air.

Para peneliti percaya bahwa jika anjing laut tidak memiliki sirip, maka mereka tidak dapatbertahan di dalam air dan mereka akan punah jutaan tahun yang lalu.Ya, berdasarkan data ilmiah yang ada diyakini bahwa anjing laut berevolusi dari hewan darat ke laut seperti sekarang ini.

Anjing laut yang dikenal saat ini kemudian menghabiskan sebagian besar waktunya di air, terutama untuk berburu makanan. Jika anjing laut berada di darat, maka mereka bergerak dengan perut, bukan kaki. Hal itulah yang membuat anjing laut sulit bergerak cepat jika berada di darat.

Namun ketika anjing laut berada di dalam air, maka desain tubuhnya sangat membantunya untuk bertahan hidup di laut. Penting untuk dicatat bahwa evolusi anjing laut tidak hanya menyarankan perubahan di masa-masa awal.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa anjing laut juga harus berevolusi pada awal tahun 1970-an karena lingkungan alamnya hancur dan kekurangan makanan. Anjing laut kemudian bermigrasi mengikuti arus teluk di air untuk mencapai Eropa pada saat itu.

Adapula anjing laut lainnya yang bermigrasi mengikuti arus air hangat ke Atlantik sampai Karibia. Kemudian adapula anjing laut yang pindah ke Hawaii dan beberapa daerah lainnya. Itulah asal mula adanya anjing laut hingga saat ini.

Anatomi Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing Laut

Anatomi anjing laut cukup menarik dan Anda mungkin berpikir bahwa anjing laut akan kesulitan bertahan hidup dengan tubuh tersebut. Pikiran itu muncul karena sebagian besar dari orang melihat anjing laut ketika di darat dengan perutnya yang sangat besar.

Namun bentuk tubuh anjing laut memang sengaja dirancang untuk kebutuhan mereka di dalam air. Anjing laut  memiliki perut berlemak yang memudahkannya meluncur saat mereka bergerak di sepanjang daratan. Lemak di tubuh anjing laut itulah yang harus dijaga agar tetap hangat.

Ukuran keseluruhan anjing laut  tergantung pada spesiesnya. Anjing laut memiliki panjang sekitar 120-160 cm dengan berat 68 kg – 3855 kg. Anjing laut memiliki warna yang gelap sehingga memungkinkan mereka menyerap panas dari matahari.

Pada saat yang sama warna anjing laut yang gelap memungkinkan mereka untuk berlindung dari matahari. Kebanyakan warna anjing laut adalah abu-abu muda ke hitam gelap tergantung pada spesies. Ada beberapa juga anjing laut yang berwarna putih.

Ketika seekor anjing laut berada dalam air, hewan ini dapat memperoleh manfaat besar dari anatominya. Dengan anatominya, anjing laut mampu bergerak di air dengan kecepatan hingga 23 mil per jam. Anjing laut memiliki sirip yang membantu mereka bergerak di dalam air. Anjing laut juga memiliki kumis panjang yang memungkinkan mereka untuk menangkap getaran dari mangsa dan predator di dalam air.

Cara Melatih Anjing Laut

Anjing Laut

Anjing Laut

Anda mungkin sering melihat anjing laut di beberapa pertunjukkan sirkus. Hewan ini bisa dilatih untuk bisa mengikuti instruksi Anda, berikut adalah tips untuk melatih anjing laut :

1. Ajarkan anjing laut untuk melompat

Seekor anjing laut mungkin diajarkan untuk melompat melalui lingkaran dengan langkah-langkah sederhana. Setiap langkah kemudian diajarkan dengan membuat anjing laut mengikuti suatu objek yang disebut target. Misalnya, anjing laut pertama-tama dapat diberi hadiah karena berenang melalui lingkaran. Kemudian ring diangkat sehingga anjing laut mau melewati ring tersebut.

2. Gunakan alat untuk memberi sinyal atau aba-aba

Berbagai alat digunakan sepanjang proses melatih anjing laut. Salah satu alat sederhana yang bisa digunakan sebagai sinyal adalah tangan. Ketika diberikan isyarat tangan tertentu, anjing laut akan belajar perilaku yang diinginkan oleh pemilik.

3. Gunakan peluit

Pemilik juga melatih anjing laut dengan menggunakan peluit. Peluit memberi tahu anjing laut bahwa ia harus melakukan tindakan yang diinginkan dengan benar. Anda bisa memberikan hadiah kepada anjing laut Anda jika mau melakukan tindakan yang Anda inginkan dengan benar. Hadiahnya bisa berupa makanan, mainan atau perhatian khusus dari pemilik.

Harga Anjing Laut di Pasaran

Anjing Laut

Anjing Laut

Mengetahui harga anjing laut untuk dijadikan peliharaan dan lainnya merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan masing-masing jenis anjing laut memiliki harga yang berbeda-beda. Sehingga anda tidak salah membeli hewan ini. Berikut ini adalah daftar harga anjing laut yang ada di pasaran :

Leopard SealsRp 12.000.000
Harbor SealRp 11.500.000
Weddell sealRp 22.000.000
Grey sealRp 10.500.000

Untuk Anda yang ingin membeli anjing laut, sebenarnya anjing laut ini jarang sekali dijual di Indonesia mengingat pemeliharannya yang sangat sulit. Sekalipun dijual, maka harganya sangat mahal.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Anjing Laut

Leave a Reply