ANJING PUG : Cara Merawat, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

Anjing Pug – Anjing pug adalah salah satu jenis ras anjing yang begitu populer dewasa ini. Sehingga tidak heran apabila anda yang mempunyai rasa ketertarikan tersendiri pada anjing begitu telah melihat wajah anjing pug yang rata dengan bola mata yang besar dengan warna yang sedikit kecokelatan dapat membuat anda untuk ingin memeluk dan memilikinya.

Akan tetapi sebelum anda memutuskan untuk memelihara anjing pug, sebaiknya anda baca terlebih dahulu informasi terkait pug sehingga ketika anda merawatnya nanti dan terjadi masalah, anda dapat dengan segera menanganinya.

Ciri-Ciri Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

  1. Anjing Pug mempunyai wajah yang berbeda dengan jenis anjing yang lain. Untuk jenis anjing pug mempunyai wajah yang berkerut-kerut dengan hidung yang pesek serta memiliki rahang bawah yang lebih maju dibandingkan dengan rahang atasnya.
  2. Anjing pug mempunyai telinga dengan dua tipe yaitu mawar dan kancing. Biasanya yang lebih banyak digemari adalah tipe kancing, yaitu jenis telinga yang menekuk ke bawah sehingga terlihat menutupi bagian lubang telinganya.
  3. Untuk telinga anjing pug dengan tipe mawar, mempunyai bentuk telinga yang sedikit naik pada bagian pangkalnya dan menekuk ke bagian depan.
  4. Memiliki postur tubuh yang pendek dengan ekor yang melingkar.

Variasi Jenis Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

Sebagai salah satu jenis anjing yang sangat menggemaskan, anjing pug juga terkenal sangat humoris, pandai menghibur, serta manja. Anjing ini seringkali diberi julukan sebagai “badut kecil” sehingga kerap kali menjadi pusat perhatian dalam dunia anjing. Karena sifat dari jenis anjing pug yang ceria, setia, lucu, dan penuh kasih sayang dapat membuat pemiliknya tertawa

Perlu anda ketahui juga bahwa jenis anjing pug sangat memerlukan perhatian yang besar, sehingga tidak heran apabila anjing ini akan selalu membuntuti anda ke mana pun anda pergi. Dan untuk jenis anjing pug ini sangat tidak cocok apabila dijadikan sebagai anjing pemburu atau anjing penjaga, sebab anjing pug hanya diternakkan sebagai anjing peliharaan saja.

Anjing jenis pug juga sangat dikenal dengan “pug run” nya, sebab anjing ini terkadang memperlihatkan aksi berlari dengan tiba-tiba yang dilakukannya untuk bersenang-senang. Selain itu pug juga dapat diajak bersantai bersama, diam di pangkuan anda sambil membaca majalah ataupun menonton TV.

Cara Merawat Anjing Pug Dewasa

Anjing Pug

Anjing Pug

Untuk merawat anjing pug, anda membutuhkan ketelatenan yang khusus, sebab kerut-kerut di wajah pug dapat menjadi sarang kotoran seperti debu ataupun sisa makanan. Sehingga bagian lipatan pada kulit, hidung, serta telinga sangat dianjurkan untuk dibersihkan setiap hari.

Untuk kuku dari anjing pug ini juga harus selalu pendek, sebab seringkali dapat menggores matanya sendiri dengan tidak sengaja. Namun anjing pug hanya cukup dimandikan satu kali dalam satu bulan, sebab anjing pug memiliki bulu yang pendek akan tetapi sangat mudah sekali rontok.

Sehingga untuk membersihkan bulu anjing pug yang rontok dan tersebar di rumah, anda mungkin memerlukan penyedot debu kecil untuk membersihkannya.

Perlu anda ketahui juga bahwa anjing pug sangat mudah untuk terserang alergi dan juga flu. Terlebih apabila seringkali berada di luar rumah saat kondisi cuaca sedang ekstrem.

Selain mempunyai mata yang sensitif, apalagi ditambah dengan ukuran mata yang besar serta polah anjing pug yang begitu lincah seringkali dapat menyebabkan kecelakaan yang dapat membuat matanya terluka. Moncong anjing pug yang kecil juga seringkali mengalami masalah dengan pernapasannya.

Penyakit yang seringkali diderita oleh anjing pug yaitu hip dysplasia yaitu gagal berkembangnya pinggul anjing pug sebagaimana umumnya.

Cara Merawat Anak Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

1. Siapkanlah Makanan yang Tepat untuk Pug

Sebelum anda memberinya makan, alangkah baiknya anda membaca terlebih dahulu label yang tercantum dalam kemasan makanan anjing yang sedang anda cari dan berikanlah jenis makanan dengan kualitas yang terbaik. Carilah makanan anjing dengan bahan utama dari daging yang berkualitas

Tidak dianjurkan anda memberinya makanan dengan kandungan sereal ataupun kacang kedelai yang tinggi. Hal demikian selain sebagai salah satu indikasi dari makanan dengan kualitas yang tidak begitu baik, bahan-bahan tersebut diperoleh dari hasil fermentasi yang dapat menyebabkan gangguan pada pembuangan gas pada anjing.

2. Batasi Pemberian Makan dan Suguhan pada Anjing Pug

Pembatasan dalam memberinya makan serta suguhan untuk anjing pug sangat diperlukan mengingat anjing pug ini merupakan salah satu tipe anjing yang serakah. Dengan mata yang dimilikinya yaitu bulat dan besar akan selalu meyakinkan anda bahwa pug masih lapar. Apabila anda terlalu banyak memberinya makan maka anjing pug dapat dengan mudah menjadi gemuk.

Untuk itu anda sangat perlu mempelajari bagaimana cara mengamati dan juga mencatat pertumbuhan dari anjing pug anda secara berkala dari waktu ke waktu supaya anda dapat mengawasi dan mengetahui pertambahan berat badan pada anjing pug anda.

Sehingga anda dapat mengurangi porsi makannya untuk membuat berat badannya turun sebelum terus menjadi banyak dan menyebabkan sebuah masalah.

Umumnya anjing pug ini hampir menyukai semua jenis makakan, untuk itu anda perlu mencobanya memberikan pug suguhan yang sedikit berbeda seperti sayur-sayuran segar ketika saat latihan, sehingga dapat membuat anjing pug anda tetap sehat dan juga termotivasi.

Karena pug merupakan tipe anjing yang rakus, maka anda perlu menyimpan makanan pug dalam wadah yang kedap udara dan simpan pada tempat yang sangat sulit untuk di jangkau oleh pug kesayangan anda.

Masalah pernapasan yang seringkali dialami oleh anjing pug juga kerap kali diakibatkan oleh berat badan yang berlebih, untuk itu sangat penting bagi anda dalam menjaga berat badan pug supaya tetap langsing.

Sebab dengan lemak yang berlebih dapat menekan paru-parunya, tenggorokan serta jalan masuk udara sehingga pug akan mengalami kesulitan dalam bernapas. Padahal apabila berat tubuh pug juga berlebih dapat menuntut tubuh untuk memperoleh oksigen yang ekstra.

3. Sebagian Besar Anjing Pug Suka Membuang Gas

Karena dipengaruhi oleh masalah pernapasan. Anjing pug pada umumnya juga sering bermasalah dengan pembuangan gas. Ketika anjing pug mengalami kesulitan dalam bernapas, pug kerap kali akan menghirup udara yang nantinya akan masuk ke perut dan juga usus. Setelah itu udara ini akan melewati saluran pencernaan yang akan dikeluarkan dalam bentuk gas.

Cara Mengawinkan Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

Sebenarnya anjing pug jantan telah mempunyai naluri tersendiri untuk kawin. Bantuan dari manusia sebenarnya diperlukan hanya pada saat kondisi tertentu saja seperti anjing jantan yang tidak pandai naik ke punggung anjing betina.

Peran manusia di sini dalam proses cara mengawinkan anjing pug yaitu membantu anjing jantan naik serta mendekatkan alat kelamin anjing jantan ke alat kelamin anjing betina. Dan sebelumnya anda harus mengikat mulut anjing betina, sehingga tidak menggigit anjing jantan ketika kawin.

Anjing pug betina mempunyai dua lubang kelamin dan biasanya antar anjing jantan memiliki posisi lubang rahim yang berbeda. Sehingga anda dapat membantu mengarahkan testis ke lubang rahim. Hal tersebut dilakukan agar sperma dapat masuk ke dalam rahim dengan cara tahan posisi anjing jantan sehingga bola testis dapat membesar dan kemudian mengunci lubang rahim.

Pakan Terbaik Untuk Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

Untuk setiap harinya, pug kecil membutuhkan sekitar 100 kalori untuk satu kilogram berat badannya. Dalam sehari anda dapat memberinya makan sebanyak tiga kali.

Sedangkan untuk anjing pug dewasa, memerlukan sekitar 80 kalori untuk satu kilogram berat badannya. Banyak sedikitnya asupan makanan yang di konsumsi anjing pug anda juga dipengaruhi oleh banyaknya aktivitas, kesehatan tubuh anjing pug sendiri, dan metabolisme yang berlangsung di dalam tubuhnya.

Selain hal tersebut, anda dapat memberinya kudapan yang sehat untuk hadiah apabila dirasa mereka telah sukses dalam melakukan berbagai perintah yang anda telah ajarkan.

Anda dapat memberinya makanan selain biji-bijian ataupun daging segar seperti sayuran dan juga buah-buahan. Untuk jenis sayuran dan buah yang dapat anda pilih untuk diberikan kepada anjing pug anda yaitu kacang polong, beras merah, labu, buah beri, wortel, ubi, bayam, semangka, pisang, serta brokoli.

Perawatan Kandang Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

  1. Siapkan kantong plastik untuk membuang kotoran anjing.
  2. Untuk melindungi tangan terkena kotoran yang mungkin saja tertinggal dikuku dapat menggunakan sarung tangan karet.
  3. Buang seluruh tumpukan kotoran dari anjing tersebut yang mungkin terdapat di dalam kandang.
  4. Dengan memanfaatkan sapu kecil serta sikat, maka sapulah kandang anjing tersebut.
  5. Ambil 1 ember air dan beri campuran disinfektan maupun sabun khusus untuk membersihkan bagian dinding serta laintai.

6, Bilas kandang dengan air hingga bersih dan sebelum anda pergi untuk memastikan kandang anjing pug sudah benar-benar bersih.

  1. Untuk mengeringkan kandang anjing pug dapat dijemur ataupun menggunakan lap kering guna mengeringkan kandang dari sisa air.
  2. Cuci dan juga bersihkan selimut, bantal, serta tempat tidur anjing.
  3. Alangkah lebih baik untuk membilas kandang dengan menggunakan semprotan air selang yang lumayan kuat.
  4. Semprot kandang anjing yang telah bersih dengan disinfektan, anda dapat membeli sabun khusus untuk anjing di pet store terdekat di kota anda.

Sejarah/Asal Usul Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

Dalam bahasa latin “pug” memiliki arti kepalan tangan, sebab wajah dari anjing pug ini sangat mirip dengan kepalan tangan manusia. Anjing jenis pug mulai melanglang buana pada saat Tiongkok membuka perdagangan dengan negara Eropa sekitar abad 1500.

Di Belanda anjing pug ini populer dengan nama Mopshond, setelah anjing pug milik pangeran William menyelamatkannya dari orang-orang Spanyol yang hendak membunuhnya ketika sedang tidur di malam hari. Sejak itulah anjing pug sangat populer di kalangan aristokrat Eropa.

Setlah anjing pug menyebar ke penjuru Eropa, di Perancis anjing pug memiliki nama Carlin. Banyak tokoh-tokoh perancis yang mempunyai anjing pug ini. Kemudian pada abad berikutnya di negara Inggris telah ditetapkan dua garis keturunan pug yaitu yang pertama ada Morisson milik Ratu Charlott.

Yang kedua adalah Willoughby yang dirawat oleh pasangan bangsawan Willoughby ketika telah memperoleh anjing pertama dari Rusia dan Hungaria. Kemudian anjing pug dari kedua jenis keturunan tersebut dikawinkan dengan anjing yang asli dari keturunan Tiongkok dengan nama Click.

Hasil perkawinan antara Morisson dengan Click dan Click dengan Willoughby yang selanjutnya terus berkembang di Inggris.

Harga Anjing Pug di Pasaran

Anjing Pug

Anjing Pug

Sebagai salah satu jenis anjing yang mempunyai penggemar cukup banyak dan budidaya anjing pug ini juga sudah mulai massive sehingga dapat membuat harga anjing pug relatif terjangkau apabila dibandingkan dengan french bulldog. Berikut merupakan daftar harga rata-rata anjing pug.

SpesifikasiHarga
Anjing pug anakan non stambumRp. 1.000.000
Anjing pug anakan stambumRp. 2.500.000
Anjing pug dewasa > 6 bulan non stambumRp. 1.500.000
Anjing pug dewasa > 6 bulan stambumRp. 3.500.000

 

Temperamen Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

Faktor pelatihan, keturunan, serta sosialisasi sangat memengaruhi temperamen dari anjing pug ini. Ketika anda hendak memilih bayi pug, alangkah lebih baik apabila anda mengamati terlebih dulu induknya.

Hal tersebut perlu anda lakukan sebab karakter dari bayi pug ketika dewasa nanti akan sangat mirip dengan karakter induknya. Sehingga anda perlu memilih bayi pug yang tidak terlalu pasif dan juga tidak terlalu mencolok.

Anjing pug juga sangat cerdas, akan tetapi sangat mudah bosan apabila dalam pelatihannya tidak terdapat variasi. Anjing pug juga dapat sedikit keras kepala apabila mereka sudah merasa lebih dominan apabila dibandingkan dengan manusia yang berada di sekitarnya.

Namun anjing pug ini sangat mengenali suara pemiliknya, sehingga anjing ini memerlukan pemilik yang tegas, percaya diri, tenang, serta konsisten dengan aturan yang telah dibuatnya.

Anjing pug juga dapat berperan sebagai anjing penjaga yang sangat baik, patuh, serta tidak berisik sebab dapat rukun dengan hewan peliharaan yang lain dan juga jenis anjing yang lain. Selain itu pug juga dapat bersikap baik apabila ada tamu atau anak-anak yang datang.

Akan tetapi apabila anjing pug tidak mempunyai pemilik dengan jiwa kepemimpinan yang kuat dapat tumbuh menjadi anjing yang sangat pencemburu, dan dapat menunjukkan sikapnya sebagai anjing penjaga. Seperti menjaga makanan, perabotan, mainan, bahkan spot lainnya yang berada di dalam rumah.

Sikap-sikap tersebut sebenarnya hanya akan terjadi kepada anjing yang telah diizinkan untuk mengambil alih. Sehingga begitu sangat diperlukan adanya sikap seorang pemimpin / pack leader pada pemiliknya.

Tantangan Ketika Melatih Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug bukanlah tipe anjing yang bodoh, akan tetapi kesulitan tersebut disebabkan oleh kemauannya yang keras. Sebab pada kenyataannya, anda bisa saja menganggap bahwa anjing pug ini sangatlah pntar sebab ketika anjing pug mempunyai keinginan, pug akan melakukannya.

Walaupun demikian, anda tidak berarti harus menyerah dalam melatih anjing pug. Anda hanya perlu banyak bersabar serta bersiap untuk melatihnya kembali dalam waktu yang lumayan lama.

Sehingga anda dirasa perlu mempelajari dengan menyeluruh teknik dalam melatih anjing pug yang direkomendasikan, seperti suatu teknik latihan dengan imbalan. Dalam teknik ini anda perlu mempersiapkan anjing pug anda untuk berlatih dan memberinya imbalan dengan menyuruhnya berbuat sesuatu apabila menginginkan imbalan adalah kunci yang dapat membuat latihan berhasil.

Pentingnya Pemberian Latihan Ringan tetapi Rutin untuk Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

Pemberian latihan secara rutin namun ringan sangat penting untuk anjing pug, hal ini mengingat pada masalah pernapasan yang kerap kali terjadi pada anjing pug. Apabila diajak jalan-jalan, anjing pug dapat berolahraga dengan baik dengan rute yang lumayan panjang dengan kecepatan berjalan yang konsisten tetap supaya anjing tidak cepat lelah dan kehabisan napas.

Sebenarnya anjing pug tidak kuat apabila diberi latihan yang energik dan cukup lama, misalnya seperti latihan yang mengharuskan anjing berlari saling mengejar dengan anjing yang lain dengan durasi tertentu. Hal ini disebabkan karena biasanya dalam latihan seperti itu anjing tidak dapat berhenti untuk sekadar mengambil napas.

Akan tetapi hal tersebut bukan berarti anda sama sekali tidak dapat mengajaknya bermain seperti melempar bola dan menyuruhnya untuk mengambil bola tersebut. Saat bermain permainan tersebut anda harus tetap mengamati gerak gerik anjing dan tetap waspada. Jika pug terlihat sulit bernapas, maka berikan waktu untuk istirahat.

Sebagai tipe anjing yang tergolong ekstrover. Pug merasa perlu untuk sering keluar, melihat apa yang terjadi di sekelilingnya dan untuk mengetahui siapa pelakunya.

Periksa Kesehatan Anjing Pug Secara Rutin

Anjing Pug

Anjing Pug

Apabila anda memelihara anjing pug, maka sudah menjadi kewajiban anda untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin supaya dapat memiliki usia yang panjang, hidup sehat, dan bahagia. Dan pastikan juga bahwa anda telah mendaftarkan anjing pug anda kepada dokter hewan untuk dapat membawanya periksa kesehatan dengan rutin.

Perlunya membawa anjing pug kepada dokter hewan karena hanya dokter hewanlah yang dapat memberikan anjing pug anda suntikan pencegah penyakit seperti dengan memberinya vaksin dan pengontrol parasit.

Selain itu anda juga dapat memperti bangkan untuk membuatkan anjing pug anda asuransi kesehatan khusus untuk anjing. Asuransi khusus tersebut merupakan salah satu solusi sebab jenis anjing pug merupakan salah satu jenis anjing yang sangat rentan terkena gangguan pernapasan. Bahkan apabila keadaan memburuk dapat berujung pada operasi.

Cara Menangani Gangguan Pernapasan pada Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

1. Ketahui Bahwa Anjing Pug Rentan Terserang Gangguan Pernapasan

Karena memiliki tenggorokan yang lebih sempit jika dibandingkan dengan jenis anjing lainnya dapat menyebabkan anjing pug ini rentan terkena gangguan pernapasan.

Anjing pug memiliki lubang hidung yang lebih kecil dengan langit-langit pada bagian mulutnya panjang serta lunak dan memakan banyak tempat pada bagian belakang tenggorokannya. Sehingga ketika tidur, anjing pug ini seringkali mendengkur yang disebabkan oleh jumlah jaringan lunak yang ternyata banyak terdapat di bagian belakang tenggorokan yang akan bergetar ketika anjing pug mengambil napas.

2. Cari Tahu Cara Mendeteksi Tanda-Tanda Anjing Pug Kesulitan Napas

Sebagian besar anjing pug akan mengeluarkan tenaga ekstra untuk bernapas dengan cara mengap-mengap demi memenuhi kebutuhan oksigen. Tentu anda harus tahu bahwa jika anda terus memaksa anjing pug anda untuk berolahraga maka anjing pug anda dapat jatuh pingsan.

Untuk suara pernapasan anjing pug yang berisik, anda tidak perlu merasa khawatir, yang perlu anda pahami dan kenali adalah tanda-tanda kesulitan napasnya, apabila anda melihat tanda-tanda permasalahan napas pada anjing seperti:

  • suara pernapasan yang berisik dengan raut wajah yang panik,
  • gusi maupun lidah dengan warna kebiruan,
  • air liur yang kental serta lengket,
  • anjing yang enggan untuk bergerak, dan
  • Pergerakan otot perut serta dada yang berlebihan

3. Lakukan Tindakan Ketika Anjing Pug Anda Mengalami Kesulitan Napas

Apabila anda melihat tanda-tanda bahwa anjing pug anda mengalami kesulitan bernapas, maka anda perlu menghentikan segala kegiatan serta pastikan tubuh anjing pug anda tidak terlewat panasnya. Jika dalam beberapa menit kondisi tetap tidak membaik, maka segera hubungi dokter hewan dan juga anda dapat melaporkannya sebagai keadaan yang darurat.

Anda harus tetap merasa tenang, sebab anjing pug anda dapat merasakan apabila anda panik, bahkan anjing pug anda dapat ikut menjadi panik. Jika anjing pug anda terlalu sering kesulitan dalam pernapasannya, anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan untuk kemungkinan melakukan operasi korekstif untuk anjing.

4. Saat Cuaca Panas Jangan Biarkan Terlalu Lama di Luar

Untuk meredakan panas, anjing tidak berkeringat namun mereka akan terengah-engah. Jika kondisi cuaca sedang panas, maka kondisi anjing pug dapat memburuk sebab selain karena gangguan pernapasan yang dapat menyerang, anjing pug ini tidak bisa menyejukkan diri. Sehingga anjing akan cenderung jatuh pingsan ketika kepanasan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka anjing pug harus selalu ditempatkan di dalam ruangan yang sejuk ataupun di bawah pohon yang teduh dan jangan mengajak anjing pug untuk berolahraga ketika hari sedang panas.

5. Jaga Berat Badan Anjing Pug supaya Tetap Ideal

Menjaga berat badan anjing pug untuk tetap langsing sangat perlu dilakukan. Sebab gangguan pernapasan yang seringkali menyerang anjing pug karena berat badannya yang berlebih.

Untuk memperoleh rencana pemberian porsi makan untuk anjing pug anda, maka berkonsultasilah dengan dokter hewan anda. Sehingga anda dapat menurunkan berat badan anjing pug anda hingga pada kondisi yang ideal.

Cara Mempertimbangkan Kebutuhan Khusus Anjing Pug

Anjing Pug

Anjing Pug

1. Sediakan Tangga Khusus untuk Pug Dapat Naik Turun

Anda mungkin perlu untuk membeli tangga khusus untuk anjing serta mencari cara supaya anjing dapat naik ke tempat tidur maupun perlengkapan rumah lainnya supaya lebih mudah. Dengan adanya tangga khusus anjing, nantinya dapat menjadi usaha penghematan biaya ke dokter hewan sebab anjing pug akan sering meloncat ke atas dan juga ke bawah yang dapat melemahkan sendi serta panggulnya.

2. Ketahui Bahwa Anjing Pug Tidak Takut Pada Apapun

Ketika sedang berada di dekat anjing Pitbull, hewan mammalia, kuda, kerbau, serigala, ataupun beruang. Anjing pug ini tidak bisa menyadari adanya perbedaan kelas antara dirinya dengan mereka. Yang diinginkan anjing pug yaitu melindungi anda dengan sebaik mungkin.

3. Beli Banyak Mainan atau Tongkat Karet untuk Latihan Mengunyah

Anda dapat memberikan mainan tersebut secara bergantian kepada anjing pug anda dalam hitungan waktu tertentu. Sehingga dengan diberinya mainan akan dapat membuat anjing tertarik, namun anda perlu berhati-hati serta memastikan anjing pug anda tidak mengunyah mainan yang anda beri dalam keadaan potongan yang kecil.

4. Terima Perhatian Anjing Pug dan Sebaliknya

Anda harus menerima perhatian yang pug berikan untuk anda, begitupun sebaliknya. Biarkan saja apabila anjing menjilati anda kapanpun. Sebab menjilat merupakan salah satu cara yang anjing ketahui untuk menunjukkan kepada anda bahwa mereka menyayangi anda.

Memilih Makanan Terbaik untuk Pug Puppies

Anjing Pug

Anjing Pug

Sama halnya dengan anak anjing yang lain, pug puppies mempunyai kebutuhan nutrisi khusus yang berbeda dengan anjing dewasa. Pug puppies memerlukan lebih banyak lemak, protein, asam amino, serta mineral. Pug puppiesjuga memerlukan lebih banyak asam lemak omega 3 untuk membantu perkembangan otak serta mata.

Meskipun demikian, nutrisi yang diberikan harus tetap seimbang, sebab apabila terlalu banyak nutrisi tertentu dalam beberapa waktu dapat meningkatkan terjadinya penyakit. Dengan memberikan makanan yang sesuai untuk pug puppies dapat membantu mengurangi terjadinya masalah kesehatan.

Pemberian makan yang seimbang juga dapat melindungi pug puppies dari infeksi, serta dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu anjing anda akan tetap sehat dan mudah untuk dilatih.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Anjing Pug

Leave a Reply