ANJING SAMOYED : Cara Merawat, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

Anjing Samoyed – Anjing Samoyed merupakan salah satu jenis anjing, yang mana masuk ke dalam daftar anjing ras yang paling murni yang ada di dunia. Anjing ini dinilai memiliki penampilan yang sangat cantik dengan bulunya yang tebal, berwarna putih bersih dan memiliki rupa yang sama dengan serigala. Bentuk tubuhnya juga dinilai sangat sempurna dan cantik, tidak heran banyak menyukai hewan yang satu ini.

Anjing Samoyed sendiri memiliki beberapa ciri khas dan juga beberapa hal yang perlu untuk diketahui oleh banyak orang. Untuk memiliki anjing Samoyed ini, tentunya anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat, pakan terbaik atau bahkan cara mengawinkan anjing Samoyed dengan benar. Hal ini adalah hal penting yang harus di ketahui oleh sang pemilik anjing. Berikut informasi lebih lengkapnya.

Ciri-ciri Anjing  Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Samoyed adalah anjing yang mana memiliki bulu berwarna putih, namun dilengkapi dengan warna krem yang berada di sekitar telinga dan juga wajahnya. Ada beberapa anjing yang mana memiliki bulu berwarna lebih gelap, namun hal ini dirasa jarang dan akan langsung di diskualifikasi dan tidak akan diterima sebagai salah satu anjing Samoyed oleh Perkin sendiri.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri, yang dimiliki oleh anjing Samoyed:

1. Memiliki dua lapisan bulu, yang fungsinya berbeda.

Bulu tebal yang dimiliki oleh anjing yang satu ini, terdiri dari dua lapisan. Untuk bulu halus yang berada di bagian dalam, memiliki fungsi untuk membantu menghangatkan anjing di kala suhu dingin pada habitat yang dimiliki oleh anjing tersebut. Untung masing-masing lapisannya memiliki fungsi yang berbeda.

Untuk bulu panjang yang berada di bagian luar, memiliki lapisan yang berguna sebagai anti air dan menjadi peneduh. Selain itu, bulu tersebut membantu untuk mengusir kotoran yang menempel serta kutu anjing yang kemungkinan datang.

2. Ciri Fisik

Anjing Samoyed ini juga memiliki beberapa ciri khas, yaitu bentuk fisik pada bagian telinganya memiliki bentuk yang seperti serigala dan berbentuk segitiga.

Telinga ini selalu berdiri, dan memiliki bentuk yang selalu waspada. Mata yang dimiliki oleh anjing Samoyed berwarna gelap.

Mata ini sangat jernih, dan juga cantik. Mata yang dimiliki oleh anjing Samoyed ini, juga dinilai memiliki warna yang cantik seperti cokelat tua ke hitam dan memiliki garis hitam yang cukup tegas.

3. Warna Unik pada Ekor

Ekor yang dimilikinya juga melengkung kearah belakang panggung, hal ini terjadi terutama ketika anjing dalam keadaan waspada. Dalam hal ini, berat untuk anjing Samoyed dengan jenis kelamin jantan rata-rata adalah 20-32,5 Kg. untuk berat yang dimiliki oleh anjing Sampoyed betina adalah 17-25 Kg.

Variasi Jenis Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Untuk variasi yang serupa dengan anjing Samoyed, adalah anjing dengan jenis Siberian Husky. Anjing yang satu ini merupakan salah satu anjing pekerja, yang mana berasal dari laut Siberia, Rusia dan sesuai dengan namanya. Anjing ini merupakan salah satu variasi yang sama dengan anjing Samoyed, yaitu memiliki bulu yang dikenal cukup tebal, telinga yang selalu tegak dan juga bulu yang selalu khas.

Selain itu, penampilan yang dimiliki oleh anjing yang satu ini juga sangat mencolok. Jika Samoyed memiliki mata yang berwarna cenderung gelap seperti cokelat, namun untuk Siberian Husky memiliki mata yang berwarna biru atau cokelat tengkorak. Untuk ukuran tubuh yang dimiliki oleh jenis anjing ini, adalah berukuran sedang namun tetap memiliki tubuh yang cukup proporsional.

Bagian tubuhnya dinilai unik, hal ini dikarenakan tubuh mereka yang mana memiliki bentuk membuloat pada bagian atasnya, lalu meruncing ke bagian mata dan juga moncong serta hidung yang dimiliki oleh anjing yang satu ini. bahkan telinga yang mereka miliki, juga sama dengan anjing Samoyed dengan selalu tegak seperti sedang dalam keadaan waspada.

Bulu yang dimilikinya juga cukup tebal, sehingga hal ini dapat menjaga tubuh si anjing tetap dalam keadaan yang hangat. Mantel dalam yang memiliki banyak bagian bulu padat memiliki bulu yang cukup tegak.

Untuk kepribadian yang dimiliki oleh Siberain Husky sendiri juga cukup mirip dengan anjing Samoyed. Anjing Siberian Husky memiliki kegiatan sepeerti sering menarik kereta luncur, berburu dan juga menggali.

Satu varian yang sama seperti anjing Samoyed, anjing Siberian Husky ini juga merupakan tipe anjing yang senang untuk berkelompok. Anjing ini juga membutuhkan majikan yang mana dapat memimpinnya secara jelas. Bahkan hal ini akan memudahkan anda untuk melatih anjing Samoyed ini, dan mereka juga akan lebih menghormati anda lebih mudah lagi.

Karakter Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed yang satu ini, merupakan salah satu anjing yang memiliki karakter yang unik. Anjing ini sering dijuluki sebagai anjing yang suka tersenyum tanpa alasan yang jelas. Karakter anjing Samoyed ini juga cenderung sangat ramah dan juga senang untuk bermain, dan akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai anjing keluarga jika dibandingkan dengan anjing penjaga.

Anjing Samoyed ini memiliki karakter yang sangat ramah, dan juga memiliki naluri untuk menggembala dengan baik. Bahkan akan sangat cocok untuk anjing Samoyed menjadi salah satu bagian dalam keluarga. Anjing ini akan menjadi pilihan terbaik, untuk menjadi sahabat dari anak-anak dan dapat menjaga mereka dengan baik.

Anjing Samoyed dapat dipercaya untuk menemani anak anda bermain terutama untuk anak kecil sekalipun. Selain ramah, anjing Samoyed juga merupakan salah satu anjing yang memiliki karakter yang sangat ramah namun tetap keras kepala.

Anjing yang satu ini juga seringkali memiliki kehendak sendiri yang mana seringkali tidak dapat menuruti perintah yang mana dianggapnya tidak masuk akal. Nantinya anjing akan bersikap seolah-olah tidak mengerti dan tidak mau melakukannya.

Namun karakter kepribadian yang dimiliki oleh anjing Samoyed ini, memiliki kepribadian yang mana justru membuatnya lebih menarik. Anda dapat memberikan latihan yang cukup bervariasi dan juga tidak membosankan yang mana diperlukan untuk dapat mendidik anjing yang satu ini. anda dapat lebih sering-sering untuk mengajak main anjing Samoyed yang satu ini.

Cara Merawat Anjing  Samoyed Dewasa

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Untuk merawat anjing Samoyed yang satu ini, memang tidak dibutuhkan beberapa perawatan yang khusus. Untuk dapat menjaga anjing Samoyed tetap tampil dan memiliki tampilan terbaik, anda harus merawat anjing Samoyed yang anda miliki dengan cara menggunakan sahmapo terbaik. Gunakan shampoo whitening setiap kali anda memandikan anjing Samoyed yang anda miliki.

Namun jangan sering untuk memandikan anjing anda, cukup memandikannya sebanyak 2 minggu dalam sekali. Setelah anjing dewasa anda selesai mandi, ingatlah untuk mengeringkan bulu-bulu yang dimiliki oleh anjing. Hal ini akan menjaga kondisi bulu anjing Samoyed tetap dalam keadaan yang baik.

Namun jika tidak kering dalam keadaan benar, dalam hal ini akan membuta kulit si anjing Samoyed tersebut menjadi skait dan gampang menjadi merah-merah. Cobalah untuk menyikat dan juga menyisir rambut atau bulu yang dimiliki oleh anjing Samoyed tersebut. Pastikan untuk menyisir dan juga menyikatnya, setidaknya sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Pastikan bahwa rambut atau bulu yang dimilikinya bersih. Rambut harus bersih dan juga jangan pernah untuk malas dalam merawat rambut yang menggumpal atau bahkan mengeras yang dimiliki oleh anjing Samoyed.

Pastikan bahwa anda dapat menggunting rambut tersebut, karena rambut yang menggunting dan juga menggumpal agar dapat memiliki kondisi yang lebih baik. Dalam kurun waktu seminggu sekali, anda dapat mengelap rambut yang dimiliki oleh anjing Samoyed tersebut menggunakan tissue bayi. Hal ini akan membuat bulu atau rambut dari anjing Samoyed tetap dalam kondisi yang baik.

Dengan menggunakan tissue bayi, hal ini akan membantu untuk memutihkan rambutagar kondisi rambut tersebut tetap dalam kondisi yang terbaik. Untuk merawat kuku yang dimiliki oleh anjing Samoyed , kuku yang dimiliki oleh anjing Samoyed dapat di potong pendek agar kuku tetap sehat. Bukan hanya kuku, melainkan gigi dan juga telinga yang dimiliki oleh anjing Samoyed, membutuhkan perawatan yang rutin.

Walaupun anjing Samoyed yang satu ini berasal dari daerah salju, anjing Samoyed ini juga dapat diperlihara atau dirawat di daerah tropis. Tentunya hal ini akan sangat aman untuk anda yang masih bingung untuk merawat atau memelihara anjing Samoyed. Anda juga tidak harus menggunakan AC untuk merawat anjing Samoyed ini. anjing Samoyed dapat beradaptasi dengan suhu panas.

Anjing Samoyed sendiri, yang mana terbiasa untuk hidup di daerah dingin memang tidak boleh untuk langsung di pelihara tanpa menggunakan AC. Untuk dapat bertahan di daerah panas, tentunya anjing Samoyed ini tetap membutuhkan banyak minum untuk menjaga kesehatannya di daerah panas. Hal ini juga yang mengharuskan anda, untuk dapat selalu tersedia air minum untuk anjing Samoyed ini.

Hal ini dikarenakan, udara panas akan cepat untuk dapat menguras cadangan air yang mana di dalam tubuhnya. Bahkan akan cukup berbahaya, jika anjing dengan jenis Samoyed ini kekurangan air atau yang dinamakan dengan kaget panas. Tentunya hal ini juga dapat fatal, yang mana dapat mati atau mendadak terkena heat stroke.

Untuk di daerah panas, rambut dari anjing Samoyed ini juga tetap dapat tebal. Namun anda dapat memberikan minyak jagung secara teratur, yang mana dapat digunakan minyak ikan. Pastikan bahwa kandungan dari minyak ikan tersebut memiliki omega 3 dan juga omega 6. Untuk cara pemakaiannya, memang bentuknya cair. Anda dapat mencampurkan langsung pada pakan atau makanan yang dimiliki oleh anjing Samoyed.

Anda juga dapat memberikan vitamin E dan juga kapsul yang di cekokan.

Karakter dari anjing Samoyed ini memiliki moncong yang panjang. Bagian telinga yang dimilikinya ini memiliki bentuk yang cukup tegak dengan hidung dan juga mata hitam yang berwarna kontras. Dalam hal ini, warna rambut yang dimiliki oleh anjing Samoyed ini juga berwarna putih bersih seperti salju. Hal ini juga yang menjadi salah satu daya tarik dan juga karakter tersendiri untuk anjing Samoyed.

Selain bagian wajahnya yang unik, anjing Samoyed memiliki tubuh yang cukup beroto kuat. Anjing tersebut juga memiliki kaki yang bentuknya sangat serasi dan juga dengan bentuk badannya yang tipis. Anjing tersebut juga memiliki karakter yang cukup aktif, pintar dan juga patuh. Hal ini juga yang membuatnya tidak heran, sering dijadikan sebagai hewan di salah satu pertunjukan.

Selain memiliki bentuk tubuh yang cukup unik, anjing ini juga sering berada di pertunjukan sirkus karena memang memiliki ratusan gaya ekspresi untuk tersenyum. Hal ini juga yang sering membuat anjing Samoyed yang satu ini di juluki sebagai Samoyed Smile, karena sering tersenyum.

Cara Merawat Anak Anjing  Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Selain mudah untuk merawat anjing Samoyed dewasa, untuk merawat anak anjing Samoyed sendiri juga cukup mudah. Untuk dapat merawat anak anjing Samoyed ini, anda dapat menggunakan shampoo whitening saat memandikannya. Untuk waktu memandikannya, jangan terlalu sering melainkan 2 minggu sekali. Setelah anak anjing Samoyed telah mandi dengang bersih, keringkan.

Keringkan bulu atau rambut anjing Samoyed hingga keseluruhannya benar-benar kering. Hal ini akan sangat berbahaya jika ternyata rambut dari anjing Samoyed yang anda miliki, tidak kering dengan benar. Hal ini akan membuat anjing mudah terserang penyakit dan berubah menjadi kemerahan. Selanjutnya, sisir dan juga sikat rambut dari Samoyed tersebut sebanyak 2 kali dalam semingu.

Hal ini dilakukan agar tetap membuat bulu atau rambut si anjing tetap dalam keadaan bersih. Jika anda tidak melakukan hal tersebut, khawatir akan membuat rambut dari anjing akan menggumpal bahkan mengeras sama seperti yang akan terjadi pada anjing Samoyed dewasa. Jika keadan rambut sudah menggumpal dan mengeras, maka anda dapat mengelapnya dengan tissur bayi.

Tissue bayi ini dinilai dapat membantu untuk memutihkan rambut, dimana akan membuat keadaan rambut dari anjing Samoyed dalam keadaan yang cantik dan sehat. Setelah perawatan rambut dirasa sudah selesai, anda dapat memotong kuku hingga pendek, dan jangan melupakan untuk merawat gigi dan juga telinga dari Samoyed secara rutin.

Untuk tempat tinggal dari anjing Samoyed, walaupun memiliki tempat tinggal yang berada di udara dingin namun dalam hal ini anjing Samoyed dapat dengan mudah beradaptasi dengan baik di suhu yang panas sekalipun. Jadi untuk tempat tinggal atau perawatan dari anjing Samoyed, anda tidak membutuhkan AC tambahan atau pendingin ruangan. Biarkan anjing yang anda miliki beradaptasi dengan sendirinya.

Hal Penting Perawatan Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Beberapa hal yang harus anda perhatikan mengenai anjing Samoyed adalah bahwa anjing tersebut membutuhkan banyak minum. Tentunya anda juga harus memperhatikan dan menyiapkan dengan baik minum yang akan di konsumsi oleh anjing Samoyed tersebut. Karena berada di daerah yang tropis, maka hal itulah yang membuat anak anjing Samoyed membutuhkan banyak asupan air.

Hal ini dikarenakan udara yang panas, membuat anjing tersebut akan cepat menguras cadangan air yang dimiliki di dalam tubuhnya. Bahkan jika anjing Samoyed kekurangan asupan air, hal ini akan membuat anjing Samoyed tersebut mati secara mendadak atau terkena heat stroke sama seperti anjing dewasa Samoyed. Selain memberikan air secara rutin, jangan lupa untuk memberikan minyak jagung secara teratur.

Selain minyak jagung, anda dapat menggunakan minyak ikan yang mana memiliki kandungan omega 3 dan juga omega 6 yang baik untuk kesehatan anak anjing Samoyed. Untuk memberikannya, anda dapat memberikannya dalam bentuk cair, dimana dapat langsung di campurkan langsung dengan makanan yang dimilikinya. Untuk bentuk kapsul, anda dapat memasukannya dengan paksa.

Perhatikan juga bagaimana anjing anda, dapat memiliki kandungan vitamin E untuk memberikan nutrisi yang baik untuk kulit dan juga rambut anjing Samoyed yang anda miliki.

Cara Mengawinkan Anjing  Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Untuk dapat mengawinkan anjing Samoyed jantan dan juga betina, anda dapat mulai untuk mengawinkannya saat anjing sudah mencapai usia minimal yaitu 18 bulan. Tentunya perkawinan yang akan di lakukan, harus di lakukan setelah 11 hingga 14 hari dimana saat awal siklus dimulai saat keluarnya darah pada anjing Samoyed betina. Waktu tersebut merupakan waktu subur untuk anjing.

Selain itu, anda juga dapat mengetahui bahwa periode kehamilan yang dimiliki oleh anjing dengan jenis Samoyed ini, adalah 58- 63 hari lamanya. Memang tidak dibutuhkan perubahan yang mana signifikan untuk komposisi makanan yang dimilikinya pada bulan pertama anjing Samoyed tersebut hamil, namun pastikan bahwa anda juga memberikan tambahan suplemen vitamin dan juga mineral secara rutin.

Hal ini akan memberikan kandungan si ibu dan juga anak anjing tetap dalam keadaan sehat, dan memiliki tumbuh dan kembang yang baik. Saat periode kehamilan ini, tentunya tidak aka nada perubahan perilaku yang signifikan. Namun jangan heran jika nantinya anjing Samoyed yang anda miliki, akan lebih sering tertidur. Anda juga perlu dengan sering mengajak anjing Samoyed yang anda miliki berjalan lebih sering agar kandungan yang dimilikinya sehat.

Pakan Terbaik untuk Anjing  Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Jika membicarakan masalah pakan, memang tidak ada kesulitan dalam memberikan pakan untuk anjing Samoyed yang anda miliki. Namun yang paling penting adalah, cobalah untuk memperhatikan bagaimana porsi dari makanan anjing yang akan anda berikan. Porsi makanan harian yang dianjurkan untuk anjing anda adalah 1,5 hingga 2,5 cangkir makanan kering yang pastinya berkualitas tinggi.

Anda dapat membaginya menjadi 2 kali porsi makan. Anak anjing Samoyed juga membutuhkan pertumbuhan yang mana lebih lambat dan juga dapat lebih stabil. Jangan lupa untuk selalu memberikan makanan yang mana memiliki kualitas terbaik, pastikan bahwa pakan yang akan diberikan kepada anjing peliharaan anda memiliki kandungan 22% – 24% protein dan juga kadar lemak sebanyak 12 – 15%.

Anda juga tetap harus menjaga kondisi kesehatan yang dimiliki Samoyed, dengan cara menakar makanan yang dimilikinya sebanyak dua kali dalam sehari. Jangan langsung memberikan makanan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Beberapa bahan makanan dirasa paling ideal untuk diberikan kepada anjing Samoyed.

Dalam hal ini bahan makanan yang paling ideal, untuk diberikan kepada anjing Samoyed  adalah ayam, sapi, ikan dan juga daging domba. Namun anda dapat memberikan makanan kalengan, namun tetap pastikan bahwa makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik dan cukup untuk anjing Samoyed.

Perawatan Kandang Anjing  Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Untuk kandang atau tempat tinggal dari anjing Samoyed, memang tidak membutuhkan banyak hal yang merepotkan. Pastikan saja bahwa suhu yang dimiliki kandang terasa sejuk dan juga sediakan ruang untuk bermain. Anjing Samoyed bukan merupakan hewan yang cocok untuk tinggal di apartemen atau kondominium. Hal ini dikarenakan anjing Samoyed sendiri merupakan tipe anjing yang cocok untuk bekerja, dan membutuhkan ruang lebih untuk bermain.

Bahkan anjing dengan jenis Samoyed, akan sangat cocok untuk tinggal di rumah yang memiliki halaman yang cukup besar dan memiliki pagar. Anjing Samoyed ini juga akan semakin dan lebih cocok, untuk tinggal pada daerah yang memiliki iklim yang cukup dingin. Hal ini akan membuat anjing merasa sensitive terhadap cuaca atau udara yang panas sekalipun.

Selain itu, anda juga tidak perlu untuk membiarkannya berolahraga saat cuaca atau udara di luar sedang dalam keadaan panas. Lebih baik untuk dapat membatasi aktivitas, yang mana dilakukan ketika pagi, atau bahkan malam hari saat cuaca sedang sejuk agar kondisi tubuh anjing Samoyed tetap dalam kondisi yang baik. Jika memang udara di luar ruangan sedang panas, anda dapat membiarkannya di dalam ruangan dengan menggunakan AC.

Sejarah/Asal Usul Anjing  Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed adalah satu satu jenis anjing, yang mana berasal dari kutub utara. Anjing Samoyed sering di gunakan untuk membantu dalam menarik kereta, seperti dalam suasana natal atau bahkan seperti dalam kisah santa claus. Namun walaupun anjing ini berasal dari kutub utara sendiri, anda tetap dapat menjadikannya sebagai hewan peliharaan di udara tropis.

Nama Samoyed, pertama kali dikenal dan juga di kembangkan di kawasan Timur Laut Asia. Anjing yang satu ini bahkan sudah dianggap menjadi salah satu anggota keluarga, karena sifatnya yang ramah dan juga penyayang. Bahkan di tempat asalnya, anjing Samoyed ini juga dijadikan sebagai gembala untuk kawanan rusa. Samoyed merupakan salah satu anjing medium.

Harga Anjing Samoyed

JenisHarga
Samoyed Indonesia4 – 7 juta
Samoyed Thailand7 – 12 juta
Samoyed EropaDiatas 20 juta
Samoyed Hibrida1 – 2 juta

Kepribadian Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Samoyed merupakan anjing yang memiliki kepribadian yang unik. Kepribadian yang dimiliki oleh Samoyed adalah cerdas, lembut, ceria dan juga setia. Anjing yang satu ini juga sangat penuh dengan kasih sayang, terutama jika berteman dengan anak-anak. Hal inilah yang membuat anjing Samoyed ini cocok untuk dijadikan teman atau anggota baru dalam keluarga.

Anjing Samoyed ini juga tidak cocok untuk ditinggalkan sendiri, atau ditempatkan di daerah yang sepi. Anda juga dapat menjadikannya sebagai anjing pengawas yang baik, karena memiliki loyalitas dan juga kewaspadaan yang cukup baik.

Perilaku Anjing Samoyed

walaupun memang masih termasuk dalam anjing pemburu, hal ini juga yang membuat anjing yang satu ini masih suka untuk mengejar hewan kecil yang dilihatnya sebagai mangsa. Anda dapat merantainya ketika berada di rumah sendirian, jika tidak memiliki pagar. Hal ini dapat membatasi pergerakannya agar tidak berlari kemana-mana. Perilaku anjing Samoyed ini juga beragam, namun hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh beberapa factor.

Fakta Menarik Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Anjing Samoyed

Banyak hal yang perlu anda ketahui tentang anjing jenis ras yang satu ini. Anjing Samoyed memiliki bulu putih yang lembut, lebat, dan halus. Bulu yang lebat ini difungsikan sebagai penghangat tubuh, karena anjing ini biasanya hidup di daerah bersuhu dingin. Lalu apa saja fakta menarik mengenai anjing samoyed? Inilah penjelasan selengkapnya.

1. Ras murni

Dalam hal ini, Samoyed berasal dari benua Eropa. Tubuhnya yang tegak, membuatnya menjadi salah satu anjing ras yang murni yang ada di dunia. Tentunya hal ini merupakan salah satu keunikan dari anjing Samoyed.

2. Bulu Serba Guna

Perlu anda ketahui, bukan hanya sekedar tebal saja melainkan bulu yang dimiliki oleh anjing Samoyed ini juga sangat serbaguna. Kedua lapisan bulu yang di milikinya memiliki manfaatnya untuk tubuh anjing Samoyed.

3. Anjing Ramah

Walaupun memiliki tubuh yang cenderung besar, anjing Samoyed mencapai umur hingga 12 tahun dan dikenal sebagai anjing yang ramah dan juga senang dalam bermain. Untuk anda yang memiliki anak kecil, anjing Samoyed akan senantiasa untuk mengajaknya bermain dan membantu anak anda untuk lebih akrab bersama dengan binatang.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Anjing Samoyed

Leave a Reply