ANJING GOLDEN : Cara Merawat, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

Anjing Golden – Anjing merupakan salah satu binatang yang paling banyak dijadikan peliharaan. Tingkah lucu dan bentuk yang menggemaskan adalah beberapa alasan orang sangat suka dengan hewan mamalia yang satu ini. Selain itu, banyaknya jenis atau ras anjing membuat orang memiliki banyak pilihan untuk dipelihara. Salah satu jenis anjing yang terkenal untuk peliharaan adalah anjing golden retriever atau anjing golden.

Anjing golden tidak hanya bisa dijadikan binatang peliharaan saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai anjing penjaga rumah. Hal tersebut karena anjing ini memiliki tingkat kesetiaan yang sangat besar terhadap pemiliknya. Postur tubuh yang cukup gagah dari anjing ini juga sangat mendukung untuk dijadikan penjaga rumah. Selain itu, anjing ini juga memiliki kepintaran lebih dibandingkan anjing jenis lain.

Sejarah/Asal Usul Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

Orang yang pertama mempopulerkan anjing golden retriever adalah Sir Dudley Coutts Marjobank MP atau biasa dikenal dengan nama Lord Tweedmouth. Beliau adalah seorang yang gemar sekali berburu. Tempat berburu favoritnya adalah di Skotlandia. Untuk mendukung hobi berburu tersebut Lord Tweedmouth membuat tempat beristirahat yang diberi nama Guischan Estate.

Sebagai pemburu, Lord Tweedmouth sangat menginginkan anjing yang dapat mendampinginya ketika berburu. Tidak hanya itu, Beliau juga menginginkan anjing yang memiliki kemampuan berburu sehingga dapat membantunya menangkap buruan ataupun mengantar hasil buruan kepadanya. Dengan adanya anjing seperti itu tentu akan mempermudah Beliau ketika melakukan perburuan.

Untuk mendapatkan anjing impiannya tersebut, Lord Tweedmouth melakukan eksperimen dengan mengawinkan anjing yellow retriever dengan anjing jenis water spaniel. Dari perkawinan silang tersebut menghasilkan 3 ekor anak anjing berbulu kuning. Ketiga anjing tersebutlah yang merupakan awal mula munculnya anjing golden retriever yaitu anjing berbulu emas dan memiliki kemampuan berburu yang baik.

Proses persilangan tersebut terus berlangsung selama tahun 1889 hingga 1890. Hingga pada akhirnya Lord Tweedmouth wafat pada tahun 1904. Namun, pengembangbiakan golden retriever terus berlangsung dari tahun ke tahun. Anjing golden retriever kemudian semakin menyebar dari mulai Amerika, Kanada, dan kemudian menyebar hampir ke semua penjuru dunia.

Ciri-Ciri Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

Jenis anjing di dunia ini sangat banyak sekali. Namun, setiap jenis atau ras anjing pasti memiliki ciri tersendiri yang membuatnya dapat dibedakan satu sama lain. Hal tersebut termasuk juga anjing golden yang memiliki ciri khas tersendiri. Untuk dapat dengan mudah mengenali anjing golden ini, berikut adalah ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh anjing golden retriever.

  1. Berbulu panjang dan lurus dengan jumbai yang bagus.
  2. Berbulu tebal dan tahan air.
  3. Memiliki bulu berwarna keemasan jika terkena sinar matahari. Namun, setiap anjing golden memiliki kecerahan warna bulu yang beragam dari mulai broken white sampai dengan cokelat kemerahan.
  4. Pada bagian belakang kaki depan dan bawah badan memiliki bulu dengan panjang sedang.
  5. Bagian leher depan, bawah ekor, belakang paha memiliki bulu yang lebat sedangkan pada kepala, kaki depan dan telapak kaki memiliki bulu yang rata dan pendek.
  6. Memiliki ukuran tubuh yang seimbang, tebal pada dada, dan juga pendek dengan tinggi anjing jantan sekitar 23-24 inci sedangkan betina memiliki tinggi 21,5-22,5 inci.
  7. Telinga memiliki ukuran sedang.
  8. Hidung memiliki warna hitam ataupun cokelat gelap.
  9. Mata cenderung berwarna gelap dan memiliki lingkaran berwarna gelap.
  10. Ekor datar dengan posisi punggung dengan panjang hingga mencapai hock atau siku belakang.
  11. Memiliki telapak kaki yang bulat layaknya kaki kucing.

Karakter Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

Untuk mengenal anjing golden dengan lebih baik, perlu adanya pengetahuan tentang sifat atau karakter dari anjing tersebut. Berikut ini merupakan karakter yang dimiliki oleh anjing golden.

  1. Memiliki pembawaan ramah dan selalu ingin menghibur dan menyenangkan pemiliknya.
  2. Sangat bersahabat dengan manusia, setia, dan sangat sayang kepada pemiliknya.
  3. Memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi sehingga mudah untuk dilatih trik.
  4. Selalu ceria dan dapat bersahabat dengan binatang peliharaan lain.
  5. Suka bermain dengan anak sehingga sangat aman terhadap anak-anak.
  6. Tidak agresif terhadap anjing lain.
  7. Aktif dan bertenaga.

Variasi Jenis Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

Secara umum terdapat 2 jenis anjing golden retriever di dunia ini. Kedua jenis tersebut tentu memiliki beberapa ciri yang sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan 2 jenis anjing golden yang ada di dunia.

1. Tipe Inggris

Golden retriever tipe Inggris ini memiliki berbagai variasi breed yaitu Australis, garis Amerika, dan juga Eropa. Ciri utama yang tampak dari anjing golden retriever tipe Inggris ini adalah memiliki tulang besar, moncong yang terlihat lebih berat dan juga kepala lebih menyiku. Pada umumnya, anjing jantan tipe ini memiliki panjang 56 sampai 61 cm sedangkan untuk betina sekitar 51 sampai dengan 56 cm.

2. Tipe Amerika

Golden retriever tipe Amerika ini memiliki tubuh yang lebih pendek dan gemuk jika dibandingkan dengan jenis Britania. Untuk pejantan memiliki bahu setinggi 58-61 cm sedangkan untuk betina 55-57 cm. Tipe ini memiliki gaya berjalan yang lebih lembut, bebas, penuh tenaga dan koordinasi yang baik. Ciri lain dari tipe Amerika ini adalah mata anjing tampak segitiga dan cenderung terpisah.

Kelebihan Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing golden memiliki banyak kelebihan yang tidak dipunyai oleh jenis anjing lainnya. Berikut ini merupakan kelebihan yang dimiliki oleh anjing golden retriever.

1. Anjing Penggembala

Di negara Jerman, anjing jenis golden retriever ini sering dimanfaatkan sebagai anjing penggembala. Anjing ini dapat melakukan pengawasan, mengarahkan, dan juga memeriksa keadaan ternak. Kemampuan berlari yang gesit dan ditunjang dengan kecerdasan yang baik membuat anjing golden retriever ini sangat cocok untuk dijadikan anjing penggembala ternak.

2. Anjing Pelayan

Kelebihan selanjutnya dari anjing golden adalah dapat menjadi anjing pelayan. Hal ini banyak dimanfaatkan di negara seperti Amerika dan juga Jepang. Anjing golden yang pintar ini sangat mudah dilatih untuk membantu melakukan pelayanan sosial seperti membantu orang buta berjalan, menghibur para penderita tumor, dan lain sebagainya.

3. Anjing penyelamat

Anjing golden retriever juga dikenal sebagai anjing penyelamat di berbagai negara, salah satunya Amerika. Di Amerika, anjing golden dilatih sedemikian rupa hingga mampu bekerja untuk membantu misi penyelamatan seperti pelacakan bom ataupun narkoba. Selain itu, anjing golden juga dapat menolong dan mencari korban dalam keadaan darurat seperti bencana alam dan sebagainya.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memelihara Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

1. Tempat Tinggal

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tempat tinggal Anda. Sifat alamiah anjing golden yang sangat aktif dan suka bermain membuatnya butuh tempat yang berukuran luas sehingga anjing golden memiliki tempat bermain. Namun jika Anda tinggal di rumah susun ataupun apartemen, lebih baik Anda pikirkan lagi untuk memelihara anjing golden retriever.

2. Waktu

Hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah waktu. Apakah Anda memiliki waktu yang cukup untuk merawat anjing? Apakah pekerjaan Anda berlangsung seharian? Apabila Anda merupakan orang yang cukup sibuk sebaiknya berpikir ulang untuk memelihara anjing. Anjing golden merupakan anjing yang sangat butuh perhatian dan kasih sayang sehingga jika ditinggal terlalu lama dapat membuatnya stres.

3. Biaya

Sebelum memelihara anjing golden, lebih baik Anda menghitung biaya untuk memeliharanya, mulai dari pakan sampai dengan berbagai macam perawatan lainnya. Jangan sampai Anda salah perhitungan dan membebani kebutuhan sehari-hari Anda. Tidak sedikit orang yang tidak menghitung biaya tersebut sehingga anjing menjadi telantar bahkan sampai dibuang.

4. Kebebasan

Memelihara anjing memerlukan pengorbanan waktu. Hal itu tentu akan menyita waktu dan kebebasan Anda. Oleh karena itu, perlu ada niat dan keseriusan dari dalam diri Anda untuk memelihara anjing. Jangan sampai Anda hanya senang di awal saja tetapi tidak mau meluangkan waktu untuk merawat si anjing dengan sepenuh hati dan kasih sayang.

5. Adopsi

Setelah Anda telah siap dengan semua konsekuensi memelihara anjing, langkah berikutnya adalah membeli ataupun adopsi anjing. Sebelum melakukan adopsi, pastikan terlebih dahulu asal anjing tersebut supaya ada kejelasan status. Hal tersebut untuk mencegah Anda menerima anjing hasil curian ataupun penipuan ras atau keturunan anjing.

Cara Merawat Anak Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

Merawat anjing golden membutuhkan perhatian yang cukup besar, terlebih lagi untuk merawat anjing golden yang masih kecil. Hal tersebut karena anjing golden memiliki sifat yang sangat aktif dan senang bermain sehingga perlu diberikan perhatian yang khusus. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan cara atau tips untuk merawat anak anjing golden.

1. Memilih Makanan Anak Anjing Golden Retriever

Hal yang pertama harus diperhatikan dalam merawat anak anjing golden adalah makanan. Pemilihan makanan akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan anak anjing. Terlebih lagi, anjing golden memiliki bulu yang cukup lebat sehingga harus diberikan makanan yang menyehatkan bulunya. Makanan yang cocok pada usia tersebut adalah makanan yang terdapat kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

2. Memberikan Perhatian pada Bulu Anjing Golden

Tips selanjutnya dalam merawat anak anjing golden retriever adalah dengan memberikan perhatian lebih pada bulunya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rajin menyisir bulunya agar kerontokan bulunya dapat berkurang. Gunakanlah sisir khusus untuk anjing berbulu panjang. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengontrol bulu dari adanya kutu, luka, dan juga jamur yang dapat membuat bulu tidak sehat.

3. Mengenali Karakter dan Emosi dari Anjing Golden

Tips berikutnya dalam merawat anak anjing golden adalah dengan mengenali karakter dan juga emosi dari si anjing. Dengan mengetahui hal tersebut akan mempermudah dalam melakukan perawatan anak anjing golden. Namun, apabila anak anjing tersebut masih memiliki induk, akan lebih baik jika anak anjing dibiarkan dekat dengan induknya sampai beberapa saat agar dapat tumbuh dengan lebih baik lagi.

4. Mengajak Bermain

Seperti halnya anak manusia, anak anjing golden juga memiliki sifat yang suka bermain. Hal tersebut sesuai dengan sifat alaminya yaitu aktif dan suka bermain. Untuk itu, sangat penting untuk mengajak anak anjing golden bermain agar sifat alaminya dapat tersalurkan dengan baik. Namun, dalam bermain tetap harus diberikan pengawasan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak anjing berjalan-jalan keluar setiap harinya. Hal tersebut bisa dilakukan di halaman rumah ataupun keliling kompleks. Selain jalan-jalan, hal lain yang bisa dilakukan bersama anak anjing golden adalah bermain lempar tangkap. Untuk melakukan permainan ini dapat menggunakan Frisbee ataupun bola tenis yang sudah tidak terpakai.

Cara Merawat Anjing Golden Dewasa

Anjing Golden

Anjing Golden

1. Melakukan Perawatan Harian

Anjing golden terkenal sangat aktif dan suka bermain. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu meluangkan waktu bersamanya. Hal tersebut bertujuan untuk mengatasi rasa bosan pada anjing. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan waktu bermain pada anjing di halaman ataupun mengajaknya keluar untuk jalan-jalan keliling area kompleks atau taman.

Pada saat ditinggal pergi, ada baiknya anjing golden dimasukkan ke dalam kandang. Memasukkan anjing golden ke kandang dapat menghindarkan berbagai macam risiko pada saat tidak ada orang di rumah seperti tersengat listrik, menelan benda asing, dan sebagainya. Selain itu, dengan menaruh anjing di dalam kandang juga dapat melatih kedisiplinannya.

2. Melakukan Perawatan Bulu

Perawatan bulu untuk anjing golden cukup mudah. Anda dapat mengelap bulu menggunakan kanebo setiap hari agar kelembaban dan kebersihan bulu tetap terjaga. Selain itu, perlu juga pemberian nutrisi dan vitamin agar bulu anjing golden dapat tumbuh dengan baik dan terhindar dari kerontokan. Namun apabila Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda dapat membawa anjing ke salon untuk perawatan secara berkala.

3. Pemberian Makanan

Untuk pemberian makanan, Anda dapat menggunakan beberapa jenis dog food sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anjing. Untuk anjing yang sedang mengandung atau menyusui bisa menggunakan dog food yang premium, sedangkan untuk anjing posisi idle dapat diberikan dog food yang memiliki grade di bawahnya. Hal tersebut bertujuan agar pakan lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan harian anjing.

Takaran atau ukuran pemberian pakan juga harus disesuaikan dengan kondisi anjing. Hal tersebut karena tidak semua takaran penggunaan dog food sesuai dengan kondisi pencernaan si anjing. Oleh karena itu diperlukan beberapa kali percobaan beberapa merek dog food hingga menemukan makanan yang tepat untuk si anjing. Dengan begitu pertumbuhan anjing dapat berjalan lancar tanpa gangguan serius.

Syarat Kandang Anjing yang Baik

Anjing Golden

Anjing Golden

Berikut ini merupakan syarat kandang yang baik untuk anjing golden peliharaan Anda agar dapat hidup dengan baik dan nyaman.

  1. Pastikan kandang anjing memiliki tempat untuk anjing berlindung dari panas sinar matahari dan hujan. Ukuran tempat berteduh dengan tempat terbuka sekitar 40:60 atau 30:70.
  2. Sediakan ruang yang cukup untuk anjing bermain.
  3. Sediakan ruang yang cukup untuk anjing buang kotoran.
  4. Tempat berteduh sebaiknya menghadap ke timur agar terhindar dari panasnya matahari sore.
  5. Pastikan aliran udara dalam kandang lancar.
  6. Usahakan lantai memiliki kemiringan cukup agar tidak terdapat genangan air.
  7. Untuk bagian tempat bermain gunakan semen atau tanah yang ditanami rumput.
  8. Ukuran kandang harus disesuaikan dengan jumlah anjing yang tinggal di dalamnya.

Perawatan Kandang Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

1. Rajin Membersihkan Kandang

Kebersihan kandang merupakan hal yang sangat penting. Terlebih lagi untuk anjing yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kandang. Kandang yang kotor dan kumuh dapat menjadi sarang penyakit dan juga virus. Oleh karena itu, pembersihan kandang secara rutin harus dilakukan agar anjing golden kesayangan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Bersihkan Kotoran Anjing

Selain rutin membersihkan kandang, hal lain yang perlu diperhatikan adalah membersihkan kotoran anjing pada litter box. Jangan sampai kotoran anjing di litter box dibiarkan terlalu lama. Hal tersebut karena dapat memancing datangnya berbagai macam penyakit dan juga virus yang berbahaya untuk kesehatan anjing golden. Kotoran anjing sebaiknya dibuang setiap hari pada pagi hari.

3. Mencuci Kandang Anjing

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk merawat kandang anjing adalah dengan mencucinya. Mencuci kandang dapat dilakukan secara berkala seperti seminggu sekali ataupun sebulan sekali. Untuk mencuci kandang anjing gunakanlah sabun cair ataupun serbuk. Ketika mencuci kadang jangan lupa untuk menyikatnya agar kotoran pada besi kandang dapat terangkat dengan sempurna.

Pakan Terbaik untuk Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

Pemberian pakan anjing harus disesuaikan dengan usianya. Hal tersebut untuk membuat nutrisi pakan dapat sesuai dengan tahap pertumbuhan anjing. Untuk anjing berusia 1-2 tahun dapat diberikan makanan anjing yang biasa dijual di pet shop. Selain itu, tambahan vitamin pertumbuhan dan tulang juga dapat diberikan untuk menunjang pertumbuhan anjing golden.

Untuk anjing yang berusia 2 tahun lebih, pemberian pakan dengan kalsium tinggi sudah mulai dapat dihentikan karena pada usia ini anjing sudah tidak mengalami pertumbuhan lagi. Sebagai gantinya, pakan yang dapat diberikan adalah daging atau jeroan yang segar sekitar 2 kg per hari. Untuk menjaga kesehatan anjing, bisa juga diberikan vaksin satu kali setiap tahun.

Anjing golden juga dapat diberikan makanan pendamping utama seperti madu, telur rebus, jeroan, sayuran kukus, dan lain sebagainya. Makanan pendamping tersebut dapat menunjang pertumbuhan anjing agar dapat tumbuh dengan maksimal. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tidak semua anjing cocok dengan semua makanan pendamping tersebut sehingga perlu selektif dalam memilih pakan pendamping.

Harga Anjing Golden di Pasaran

Anjing Golden

Anjing Golden

Harga anjing golden retriever dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kualitas dari si anjing golden retriever sendiri. Untuk mengetahui kualitas anjing golden dapat dilihat dari bentuk fisiknya. Selain itu dokumen atau sertifikasi asal usul dari si anjing golden retriever juga dapat mempengaruhi harga jual dari anjing ini.

Harga anjing golden juga dapat meningkat dilihat dari jejak prestasinya. Anjing golden pemenang kontes tentu akan memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan anjing golden retriever standar. Harga yang lebih mahal tersebut juga akan berpengaruh pada anakan anjing golden yang berasal dari induk yang pernah memenangkan suatu kontes anjing.

Berikut ini merupakan gambaran harga anjing golden retriever di pasaran:

Jenis AnjingHarga
Non-StamboomRp 1.500.000 – Rp 2.000.000
StamboomRp. 5.000.000
Stamboom Full VaksinRp 5.500.000
Best Quality / ImportRp 9.000.000

 

Periode Kawin Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

Untuk anjing jantan, pada umumnya perkawinan dapat terjadi saat anjing jantan sampai pada masa subur. Pada saat masa kawin, anjing jantan dapat mencium aroma hormon pheromones yang dikeluarkan anjing betina hingga radius 5 km. Pada musim kawin, biasanya anjing jantan akan datang mendekati anjing betina. Biasanya akan terjadi pertarungan sesama jantan demi memperebutkan anjing betina.

Anjing betina hanya dapat dikawinkan di masa subur saja. Masa kawin betina dimulai adanya mens pada umur 6-7 bulan. Hal tersebut berulang setiap 6 bulan sekali. Pada umumnya anjing betina mengalami masa subur sekitar hari 8-14 dari hari loop pertama. Namun, hal tersebut tergantung pada kondisi kesuburan setiap anjing golden betina.

Berikut ini tanda betina telah siap dikawinkan:

  • -Alat kelamin bengkak dan mengeluarkan cairan berwarna pink dan lendir bening.
  • -Pada saat kelamin tersentuh pejantan akan terdiam dan kaku.
  • -Ketika buntut ditekan spontan akan bergerak dan apabila kelamin disentuh akan terasa empuk.

Cara Mengawinkan Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

Perkawinan anjing biasanya terjadi secara alami. Namun hal tersebut hanya berlaku pada anjing yang dilepas di luar. Untuk anjing rumahan seperti anjing golden, biasanya dibutuhkan beberapa bantuan selama musim kawin agar anjing golden Anda tidak kawin sembarangan dengan anjing liar. Berikut ini merupakan gambaran cara untuk membantu proses perkawinan anjing golden retriever.

  1. Pada umumnya, anjing pejantan telah memiliki naluri untuk melakukan proses perkawinan. Dalam proses ini, kita tinggal membantu menjaga anjing betina agar tidak menggigit pejantan dan berontak. Namun, untuk pejantan yang belum memiliki insting kawin, Anda dapat membantu pejantan naik ke punggung anjing betina agar kelamin jantan dapat masuk ke dalam kelamin betina.
  2. Pada saat proses perkawinan, pegang anjing betina agar posisinya tidak bergerak berlebihan. Hal tersebut bertujuan agar pejantan dapat dengan mudah naik ke tubuh betina. Kemudian ekor anjing betina dapat dikesampingkan agar kelamin betina tidak tertutup. Sebelum membantu proses perkawinan, harus dipastikan keadaan jari kita telah steril agar pada saat membantu perkawinan tidak membawa bakteri.
  3. Setelah posisi kawin telah dirasa benar, selanjutnya tahan hingga kelamin anjing jantan besar dan terkunci.
  4. Setelah terkunci, posisi anjing harus dibuat saling membelakangi.
  5. Proses perkawinan ini biasanya terjadi selama 5 sampai dengan 20 menit tergantung situasi dan kondisi. Pada proses ini pejantan akan menyemprot sperma ke dalam rahim betina.
  6. Setelah proses kawin selesai, anjing betina belum boleh melompat-lompat ataupun berlari supaya tidak mengalami keguguran.
  7. Perkawinan pada umumnya akan diulang lagi dengan selang waktu sehari. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan peluang keberhasilan.

Cara Menjaga Kesehatan Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden

Sama seperti binatang peliharaan lainnya, anjing Golden juga membutuhkan perawatan khusus yang dilakukan dengan baik dan benar. Perawatan yang dilakukan dengan tepat akan membuat anjing golden lebih nyaman dan terjaga kesehatannya. Apa saja cara merawat anjing jenis ini? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Cek Kondisi Setiap Hari

Anjing termasuk hewan yang cukup rawan terkena penyakit. Dari mulai penyakit kulit sampai dengan penyakit yang mematikan. Untuk mencegah hal tersebut, perlu dilakukan pengecekan kesehatan setiap harinya. Pengecekan kesehatan tidak perlu terlalu detail, cukup dengan pengecekan sederhana saja. Apabila terjadi sesuatu yang tidak beres, Anda dapat membawa anjing ke dokter hewan terdekat.

2. Menjaga Keseimbangan Pola Makan

Saat ini sangat mudah memperoleh makanan anjing yang berkualitas. Akan tetapi, pemberian pakan tetap harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing. Pemberian makan juga harus dilakukan secara teratur dan porsi yang tepat. Dengan demikian, anjing golden dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari ancaman obesitas atau kegemukan.

3. Memberikan Minum Yang Cukup

Seperti halnya manusia, anjing juga membutuhkan air. Meskipun kebutuhan air anjing tidak sebanyak manusia tetapi anjing tetap membutuhkannya setiap hari. Anda dapat memberikan air pada saat anjing selesai beraktivitas dan makan. Gantilah air setiap hari karena air yang didiamkan terlalu lama dapat tercemar oleh virus dan juga bakteri.

4. Grooming

Grooming merupakan hal yang diperlukan oleh anjing terlebih lagi anjing berbulu lebat dan panjang. Selain berfungsi untuk mencegah datangnya penyakit kulit, bulu yang terawat dapat membuat anjing nyaman. Untuk melakukan grooming ini, Anda dapat melakukannya sendiri ataupun menyewa jasa grooming. Sebaiknya grooming dilakukan 3 sampai 6 minggu sekali untuk hasil yang optimal.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Anjing Golden

Leave a Reply