Site icon Sumber Informasi

Peluang Usaha Warnet (Lengkap dengan analisa Bisnis)

Peluang Usaha Warnet – Usaha warnet merupakan salah satu bukti bahwa Anda membuka mata terhadap perkembangan zaman dan menjadikan inovasi di bidang teknologi sebagai sumber penghasilan. Terlebih sekarang ini potensi berbisnis warnet tidak hanya untuk meramaikan sosial media, namun juga untuk bermain game online.

Semakin banyaknya game online yang berkembang, semakin asyik juga apabila bermain di warnet agar bisa mudah berkomunikasi satu sama lain. Daripada main sendirian di rumah, tidak ada teman mendiskusikan strategi.

Gambaran Modal Berbisnis Warnet Rumahan

Untuk Anda yang berminat membuka bisnis warnet di rumah, kita akan memberikan gambaran besaran modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha warnet. Perkiraan modal tersebut dibedakan atas berbagai perlengkapan yang harus dibeli serta biaya bulanan yang wajib dikeluarkan.

Gambaran di bawah ini merupakan gambaran kasarnya saja:

1. Modal Peralatan

Ada berbagai jenis alat yang wajib dibeli ketika hendak berbisnis warnet, diantaranya:

2. Biaya Bulanan

Untuk biaya bulanan yang akan rutin dibayar ketika berbisnis warnet, diantaranya:

Dengan begitu total modal awal yang harus Anda keluarkan untuk berbisnis warnet adalah kurang lebih Rp 67.000.000 rupiah. Untuk total nilai sebesar 63 sekian juta hanya akan dikeluarkan di awal pembukaan warnet, sementara selanjutnya biaya per bulan yang Anda wajib keluarkan hanya 3,1 juta.

Sekarang jika kita asumsikan harga per jam dari satu unit komputer adalah Rp 8.000 dan Anda membuka usaha selama 20 jam. Jika semua komputer penuh dan per harinya mendapatkan 20 pelanggan per komputer maka keuntungan yang bisa didapatkan adalah Rp 8.000 x 20 x 10 = Rp 1.600.000/ hari.

Untuk keuntungan sebulan sama dengan Rp 48.000.000 dikurangi biaya bulanan sebesar Rp 3.100.000 maka keuntungan bersih yang akan Anda kantongi ialah senilai 44.900.000 rupiah.

Tips Membuat Bisnis Warnet Ramai Pengunjung

Gambaran modal serta keuntungan dari berjalannya bisnis warnet yang dilakukan tentu merupakan kasaran saja. Anda bisa jadi mendapatkan penghasilan tidak sama dengan seperti di atas, bergantung harga, unit komputer, dan banyaknya jam yang digunakan pelanggan selama ada di warung internet.

Namun, karena tujuan dari berbisnis adalah mengeruk sebanyak mungkin keuntungan, maka sebaiknya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan supaya pelanggan terus berdatangan ke warnet Anda. berbagai hal tersebut diantaranya:

1. Kualitas Komputer yang Terbaik

Membeli unit komputer bekas tentu sah-sah saja karena prinsip bisnis adalah mengeluarkan modal sesedikit mungkin dan mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Namun, jangan mengabaikan kualitas komputer juga sebab komputer adalah aset utama dalam berbisnis warnet.

2. Jam Buka

Jangan terlalu kaku untuk menentukan jam buka, misalkan dari 24 jam Anda bisa menentukan jam buka selama 20 jam dengan sistem dua pergantian pegawai. Sisa 4 jamnya bisa digunakan untuk mengistirahatkan komputer.

3. Pemilihan Lokasi

Pemilihan lokasi untuk berbisnis warnet yang tepat akan berpotensi bagus jika ada di dekat sekolah. Tujuannya untuk mempermudah siswa ketika membutuhkan tempat untuk mengerjakan tugas.

4. Fasilitas Pendukung

Hanya memberikan fasilitas utama saja tentu tidak cukup, sekurang-kurangnya Anda harus memberikan fasilitas tambahan, seperti kipas angin supaya pelanggan tidak merasa kepanasan.

5. Pasarnya Jelas

Ketika membuka usaha di bidang warnet, pastikan juga Anda sudah memiliki pasar yang jelas. Jangan asal membuka usaha karena tergiur keuntungannya tanpa membaca pasar yang pasti. Oleh karena itu, analisis pasar sebelum memulai usaha adalah hal yang sangat penting.

6. Akses Internet Terbaik

Ini yang tidak kalah penting dari disediakannya komputer yang canggih, yakni koneksi internet yang stabil. Jika koneksi internet sekadar untuk browsing saja mudah gangguan, tidak menjamin konsumen akan kembali lagi ke warnet Anda.

7. Usaha Tambahan

Yang tidak boleh dilewatkan juga adalah kesempatan Anda untuk menjual berbagai minuman atau makanan ringan bagi para pengguna jasa warnet. Anda bisa menyediakan es teh manis dan mie instan, dijamin keuntungannya berlipat ganda.

Peluang Menjanjikan Berbisnis Warnet

Katakanlah sekarang ini sudah banyak game yang diadaptasi oleh mobile phone, namun fakta tersebut tetap tidak mengurangi kunjungan gamer ke warnet. Pasalnya ada beberapa jenis game yang tidak bisa dimainkan di handphone, sehingga membutuhkan komputer untuk menjalankan game tersebut.

Untuk komputer sendiri, tidak sembarang komputer yang bisa dijadikan media untuk bermain game online. Jika spesifikasinya tidak memadai, maka mau tidak mau beberapa gamer harus pergi ke warnet. Peluang usaha seperti inilah yang semestinya dibaca oleh pebisnis ketika membuka jasa warnet.

Jangan hanya terpaku dengan fungsi warnet untuk berselancar di sosial media atau untuk mencari referensi tugas, mengupgrade komputer supaya bisa bermain game online juga penting dipertimbangkan. Ditambah lagi ketika bermain di warnet ini banyak gamer bisa bermain bersama.

Peluang menjalankan usaha rumahan seperti warnet ini diperkirakan akan terus berkembang pesat karena tidak semua gamer mampu membeli komputer dengan spesifikasi memadai untuk bermain game. Kalaupun ada komputernya, tambahan pendukung lain adalah harus tersedia wifi di rumah.

Belum lagi kalau karakteristik gamer tersebut adalah seseorang yang tidak terlalu didukung oleh keluarga untuk bermain game, otomatis terlalu lama di depan komputer pun akan mendatangkan omelan. Namun, jangan juga pergi ke warnet dengan mengabaikan hal- hal penting lain.

Bermain atau menjalankan hobi main game adalah hal wajar selama Anda tidak mengabaikan kepentingan utama, seperti sekolah. Sesuka apa pun terhadap game, tentu wajib memiliki batasan supaya tidak kecanduan dan demi menjaga kesehatan mata dari berbagai ancaman iritasi penglihatan.

Bermain di warnet dengan pengaturan waktu yang tepat dapat menguntungkan bagi gamer, misal sebagai media berlatih untuk turnamen game online atau sekadar menambah link pertemanan. Tidak jarang pula orang-orang justru mendapatkan pemahaman teknologi secara autodidak dari warnet.

Rasanya akan berbeda ketika belajar komputer di sekolah yang notabene terlalu sulit untuk improvisasi dengan belajar komputer langsung di warnet yang notabene Anda suka untuk mengeksplor kemampuan.

Cara Menjalankan Bisnis Warnet dengan Modal Pas-pasan

Siapa bilang usaha seperti warnet ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki banyak uang? Sebab apabila Anda mengerti strateginya, tentu tidak akan ada masalah berarti untuk membuka bisnis satu ini. Sama halnya ketika Anda memutuskan menjalankan usaha jual pulsa, bisnis warnet pun ada triknya.

Beberapa trik di bawah ini bisa Anda aplikasikan untuk membangkitkan semangat meskipun modal usaha pas-pasan:

1. Cari Komputer Bekas

Membeli komputer bekas yang masih berkualitas bagus tidak akan sulit jika Anda mendapatkan orang yang menjual karena butuh uang. Alih-alih mencari komputer baru, sebaiknya memanfaatkan komputer bekas untuk mengurangi beban biaya lain-lain yang harus dikeluarkan sebagai modal berbisnis warnet.

Supaya tidak mudah kena tipu, Anda sendiri harus membekali diri dengan pengetahuan yang memadai terkait dunia teknologi. Sehingga tidak mudah dibohongi calon penjual yang hanya mengeruk keuntungan. Memiliki ilmu juga akan mempermudah Anda melakukan negosiasi jual beli komputer.

2. Analisa Keuntungan

Ini poin paling penting dalam berbisnis, yakni melakukan analisa keuntungan yang akan Anda dapatkan per bulannya. Analisa ini harus dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran kira-kira minimalnya berapa pendapatan yang diterima, jangan hanya memikirkan maksimal pendapatan yang diterima saja.

Persiapan yang terkesan klise dalam berbisnis, namun akan selalu relevan adalah mempersiapkan diri untuk pendapatan terbanyak dan mempersiapkan diri untuk pendapatan terendah. Ketika ada di titik terendah, Anda harus tetap semangat, ketika ada di titik tertinggi, harus menyimpan dana cadangan.

3. Gunakan Jasa Teman sebagai Teknisi

Menggunakan jasa teman sebagai teknisi bukan berarti Anda tidak membayar jasa yang dilakukan. Setidaknya bekerja sama bersama teman bisa menegosiasikan harga dan teman pun tidak akan keberatan jika Anda melakukan komunikasi dengan baik, seperti menawarkan untuk berlangganan jasa.

4. Promosi yang Tepat

Terakhir, yang tidak kalah penting dari semua hal yang disebutkan adalah cara promosi yang tepat. Usaha yang dibuka tidak akan begitu saja diketahui publik jika Anda tidak menyebarluaskan informasi. Setidaknya, Anda memberikan promo atau menyebarkan informasi dari pelanggan ke pelanggan lain.

Masa Depan Cerah untuk Bisnis Warnet

Pada zaman yang sudah serba maju ini, di mana setiap gadget dilengkapi dengan fasilitas yang canggih, apakah bisnis warnet tetap memiliki masa depan cerah? Setidaknya ada orang yang bertanya seperti itu. Jawabannya, bisnis warnet seperti usaha catering yang merupakan kebutuhan pokok manusia modern.

Tidak dapat dimungkiri bahwa citra warnet di zaman dulu adalah sebuah tempat bermain game yang tidak ada positifnya sama sekali. Padahal, sekarang ini sudah ada pengakuan resmi negara terhadap game online dalam payung esport. Langkah itu saja bisa membalikkan citra buruk warnet di masyarakat.

Alasan lainnya kenapa warnet masih menjanjikan untuk dijadikan media berbisnis adalah banyak developer game yang masih mengeluarkan game versi desktop. Katakan saja megaxus, lyto, zepeto, dan banyak lainnya. Sebelum dibuat game versi ramah gadget, lebih dulu dirilis game untuk komputer.

Kesempatan ini tentu semestinya bisa dibaca oleh para pebisnis di dunia warnet karena untuk gamer sejati, merasakan lebih dulu sensasi gamenya sangat berbeda rasanya dengan menunggu game rilis versi handphone. Jangan dulu mudah menyerah karena banyaknya gadget yang diciptakan untuk main game.

Membaca peluang usaha di bidang internet sebagai bisnis yang menjanjikan juga bisa terlihat dari bermunculannya komunitas para pebisnis warnet. Ini pentingnya Anda memiliki link untuk memperkuat kerajaan bisnis. Sebab tidak dimungkiri warnet adalah penyumbang pembelian komputer terbanyak.

Bukan hal yang tidak mungkin ketika Anda membuka event, seperti turnamen game online di warnet Anda, banyak vendor atau distributor yang rela menjadi sponsorship. Jika mendapatkan dukungan seperti ini, tentu banyak pihak yang diuntungkan, mulai dari Anda selaku pebisnis sampai pelanggan.

Keuntungan bagi Anda yang membuka bisnis warnet adalah tidak mengeluarkan modal banyak. Keuntungan bagi pemain adalah berpotensi mendapatkan hadiah mahal dan menarik. Keuntungan untuk vendor adalah brandnya semakin terkenal dan merajalela. Cukup menarik bukan? Selamat mencoba!

Peluang Usaha Warnet (Lengkap dengan analisa Bisnis)

Exit mobile version