Peluang Usaha Cuci Sepatu yang Menjanjikan (Analisa Lengkap)

Usaha Cuci Sepatu – Seiring berkembangnya jaman dimana semua manusia menjadi sangat sibuk, maka bukan hal yang aneh lagi bahwa manusia membutuhkan semuanya yang serba cepat dan instan. Orang-orang cenderung tidak ingin melakukan sesuatu yang menyita waktu untuk segala urusan yang dimilikinya. Inilah yang melatarbelakangi adanya usaha cuci sepatu ramai dilakukan.

Prospek Usaha Cuci Sepatu

Prospek Usaha Cuci Sepatu

Sepatu adalah benda yang sudah umum digunakan untuk sehari-hari. Mulai dari pergi sekolah, ke kampus, untuk bekerja, bahkan untuk jalan-jalan.

Harga sepatunya pun juga beragam. Ada sepatu yang berharga puluhan ribu bahkan hingga puluhan juta. Dapat dikatakan bahwa keberadaan sepatu sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.

Sepatu yang digunakan oleh orang dapat menjadi cerminan pribadi orang yang menggunakan. Dalam hal ini, kenyamanan juga menjadi point yang penting untuk diperhatikan dalam menggunakan sepatu.

Orang yang menggunakan sepatu dengan ukuran yang pas, warna yang tepat, model yang sesuai dengan kepribadian, dan juga kebersihan sepatu dapat menggambarkan pribadi orang yang menggunakannya.

Dalam membersihkan sepatu dapat mnejadi hal yang cukup menguras waktu. Bukan hanya itu, jika salah dalam hal mencuci sepatu, maka dapat menyebabkan kualitas sepatu tersebut menurun. Misalnya, warnanya menjadi pudar, kain sepatu menjadi rusak, dan lain sebagainya. Jika sepatu tidak awet maka nantinya diperlukan lagi uang yang lebih banyak untuk membeli sepatu yang baru.

Apalagi, jika sepatu yang Anda miliki adalah sepatu dengan branded yang bagus dengan harga mencapai jutaan rupiah. Jika Anda salah merawat sepatu Anda, maka sepatu kesayangan Anda menjadi tidak awet dan cepat rusak.

Hal inilah yang menyebabkan akhirnya banyak orang yang memilih mempercayakan kebersihan dan perawatan sepatunya di perusahaan cuci sepatu.

Dengan mencuci sepatu ditempat usaha cuci sepatu, sepatu yang Anda miiliki akan terawat dengan baik. Bahkan, sepatu yang Anda miliki dapat terlihat seperti sepatu yang baru saja dibeli.

Biaya yang dibutuhkan untuk sekali mencuci sepatu yang terbilang murah juga menjadi alasan prospek bisnis satu ini merupakan usaha yang menjanjikan untuk  para pebisnis maupun para kustomernya.

Cara Memulai Usaha Cuci Sepatu

Cara Memulai Usaha Cuci Sepatu

Kini Anda telah mengetahui bahwa prospek usaha cuci sepatu memang sangat besar dan berpotensi menguntungkan. Tetapi, mungkin Anda bingung bagaimana cara untuk memulai bisnis yang satu ini. Berikut adalah cara untuk memulai bisnis cuci sepatu yang harus Anda ketahui!

1. Menentukan bagaimana konsep usaha Anda

Menentukan konsep usaha adalah hal mendasar yang harus diketahui oleh siapapun pelaku bisnis yang akan memulai usaha. Baik bisnis tersebut adalah usaha cuci helm, cuci motor, dan berbagai jenis usaha jasa lainnya.

Anda harus menentukan bagaimana konsep usaha cuci sepatu ini dijalankan. Mulai dari marketing, nama tokonya, dan lain sebagainya. Usahakan membuat konsep sematang mungkin sehingga ketika usaha tersebut dijalankan, tidak akan terkendala masalah konsepnya.

2. Menentukan lokasi usaha Anda

Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi yang tepat. Lokasi yang tepat akan sangat memudahkan Anda dalam menjaring konsumen. Misalnya, usaha barbershop akan tepat jika diletakkan dijalan raya yang mudah untuk dilihat. Untuk usaha cuci sepatu, mungkin akan lebih tepat jika lokasinya dekat dengan kampus atau mungkin kantor-kantor para pekerja.

3. Menyiapkan modal

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam membuka usaha cuci sepatu adalah mempersiapkan modal. Jenis usaha yang satu ini pada dasarnya tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Meskipun begitu, jika Anda kesulitan dalam hal modal, tersedia banyak sekali alternatif yang bisa Anda jalankan agar masalah tersebut dapat teratasi.

4. Mencari pegawai

Untuk usaha yang satu ini, Anda  bisa saja mengerjakannya sendiri atau dengan menambah pegawai. Jika usaha ini merupakan usaha sampingan Anda atau Anda cukup sibuk, maka mencari pegawai adalah langkah yang tepat. Usahakan mencari pegawai yang setidaknya memiliki sifat jujur, suka kebersihan, dan telaten.

Mencari pegawai yang telah berpengalaman dibidang cuci sepatu mungkin memang dapat diutamakan. Tetapi, pegawai yang belum berpengalaman pun dapat Anda bekali dengan dasar-dasar dalam merawat sepatu. Anda juga harus memberikan aturan yang jelas kepada karyawan Anda sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

5. Promosi

Langkah dasar terakhir dalam membuka usaha cuci sepatu adalah dengan melakukan berbagai strategi promosi. Hal ini perlu Anda lakukan agar banyak orang yang mengetahui keberadaan bisnis Anda yang satu ini.

Apalagi, dengan keberadaan media sosial maka Anda dapat memangkas biaya promosi. Anda bisa menyebarluaskan pamflet digital Anda di berbagai sosial media yang tersedia mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kemungkinan banyak calon pelanggan akan menemukan bisnis Anda pun semakin besar.

Anda juga bisa membuat penawaran khusus agar banyak pelanggan mau menggunakan jasa cuci sepatu Anda. Misalnya, Anda memberikan program gratis cuci sepatu satu kali setelah menggunakan jasa perusahaan Anda sebanyak 7x. Atau Anda bisa membuat penawaran diskon 50% untuk pelanggan yang mau memposting pamflet digital Anda disosial media dan lain sebagainya.

Simulasi Modal Usaha Cuci Sepatu dan Keuntungannya

Simulasi Modal Usaha Cuci Sepatu dan Keuntungannya

Berikut adalah estimasi modal yang diperlukan bagi Anda yang ingin membuka usaha cuci sepatu. Estimasi dan rincian modalnya antara lain adalah sebagai  berikut:

  1. Sikat sepatu untuk perangkat mencuci : Rp 26.000
  2. Sikat sepatu untuk peralatan memoles sepatu : Rp 25.000
  3. Sabun pembersih sepatu : Rp 35.000
  4. Pengering sepatu elektrik: Rp 210.000
  5. Sabun Pewangi sepatu: Rp 90.000
  6. Semir sepatu warna hitam putih : Rp 40.000
  7. Kantong plastik untuk sepatu : Rp 20.000
  8. Ember untuk mencuci @3 buah : Rp 15.000 x 3 = Rp. 45.000
  9. Banner promosi (Opsional) : Rp 100.000

Total= Rp. 591.000

Bisnis usaha mencuci sepatu biasanya dipatok tarif yang beragam, dengan kisaran mulai dari Rp. 10.000 hingga 30.000. Jika diasumsikan bahwa perusahaan Anda mematok tarif sebesar Rp. 15.000 per sepatunya dan dianggap dalam satu hari Anda menerima 4 pasang sepatu maka dalam sehari setidaknya pemasukan Anda adalah sebesar Rp. 60.000 dan setara dengan pemasukan kotor Rp. 1.800.000 dalam sebulan.

Tips Dalam Membuka Usaha Cuci Sepatu

Tips Dalam Membuka Usaha Cuci Sepatu

Dalam membuka usaha satu ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui bagaimana cara merawat sepatu dengan baik dan benar

Saat Anda membuka usaha yang satu ini, maka Anda akan menghadapi kotoran sepatu yang beragam. Mulai dari kotoran yang mudah dibersihkan hingga kotoran yang membandel. Selain itu, Anda akan menangani sepatu biasa hingga sepatu yang berharga jutaan rupiah.

Dikarenakan perusahaan Anda ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa, maka tentu kualitas pelayanan Anda lah yang dijual disini. Maka dari itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara merawat sepatu yang baik. Anda dapat mempelajarinya diberbagai literatur yang ada. Setelah Anda mahir melakukan ini, Anda dapat mengajarkannya kepada pegawai Anda.

2. Memilih lokasi yang sesuai

Anda harus juga menentukan lokasi usaha yang sesuai. Sebaiknya, Anda menentukan lokasi usaha ini ditempat yang kemungkinan orang-orangnya sibuk. Orang yang sibuk umumnya tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan sepatunya sehingga akhirnya Ia memilih menggunakan jasa Anda.

Anda juga bisa memilih tempat yang letaknya dekat dari tempat yang umumnya menggunakan sepatu sebagai kewajiban. Tempat tersebut misalnya adalah kampus dan kantor-kantor. Disana memiliki potensi yang cukup tinggi untuk menggunakan jasa Anda karena disana sepatu yang bersih adalah kewajiban yang harus dipenuhi.

3. Memastikan kualitas pelayanan usaha Anda

Usaha Anda memanglah usaha yang bergerak dibidang jasa. Maka dari itu, kualitas pelayanan yang Anda berikan akan sangat menentukan kemajuan usaha yang Anda jalani. Pastikan setiap karyawan Anda memberikan performa kerja dengan sangat baik, bersikap ramah, serta pelayanan yang cepat.

Tingkat kepuasan para pelanggan yang menggunakan jasa Anda akan berbanding lurus dengan kelanggengan usaha Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu melakukan evaluasi dan juga perbaikan atas pelayanan yang Anda berikan.

4. Kelebihan dan Kekurangan Usaha Cuci Sepatu

Selayaknya suatu bisnis, selalu ada kelebihan dan kekurangan yang menyertainya. Begitu juga dengan bisnis yang akan Anda tekuni satu ini. Adanya kelebihan dan kekurangan yang ada akan menjadi hal yang bisa disiasati apabila Anda jeli dalam melihat peluangnya. Kelebihan dalam berbisnis cuci sepatu antara lain adalah sebagai berikut:

5. Membutuhkan modal yang kecil

Dalam membuka bisnis cuci sepatu, memang Anda bisa menggunakan mesin cuci sepatu modern yang harganya masih jutaan. Tetapi tanpa mesin tersebut pun Anda tetap bisa memulai usaha yang satu ini. Bahkan pada artikel diatas telah dijabarkan modal awal yang harus Anda sediakan untuk bisnis yang satu ini.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha yang satu ini dapat dikategorikan kecil. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir kerugian yang akan Anda rasakan jikalau ada hal yang buruk terjadi. Selain itu, Anda bisa memulainya tanpa harus berhutang banyak pada pihak lain.

6. Keuntungan yang menjanjikan

Meskipun bermodal kecil, keuntungan yang mungkin didapatkan juga dapat dikategorikan cukup besar. Sehingga, bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan tambahan pendapatan diluar pendapatan utama Anda.

7. Memiliki prospek bagus kedepannya

Meskipun bisnis ini tergolong baru, tetapi bisnis yang satu ini memiliki prospek yang bagus kedepannya. Orang-orang yang semakin sibuk akan lebih memilih menggunakan jasa yang satu ini dibandingkan harus mencucinya sendiri. Bahkan kedepannya, usaha cuci sepatu dapat menjadi hal yang sangat wajar selayaknya laundry baju.

Selain kelebihan yang dimilikinya, ternyata usaha ini juga diliputi kekurangan. Kekurangan dari bisnis satu ini adalah pesaing bisnis ini yang cukup tinggi. Ada banyak orang yang mulai membuka usaha ini sehingga Anda harus memikirkan stategi lain sehingga usaha Anda tidak kalah dengan kompetitornya.

Bagaimana? Apakah Anda kini semakin yakin untuk membuka usaha yang satu ini? Memang, usaha cuci sepatu dengan berbagai kelebihannya dan juga kekurangan yang meliputinya tetap menjadi juara dan pilihan bisnis yang tepat bagi banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat!

Peluang Usaha Cuci Sepatu yang Menjanjikan (Analisa Lengkap)

 

Add Comment